Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Menggambar Teknik Produksi

8320302078

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

12 Juni 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ali Hasbi Ramadani, S.Pd., M.Pd.




Ali Hasbi Ramadani, S.Pd., M.Pd.




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

PLO-9

Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam prosedur menggambar potongan, penggambaran khusus, memberi ukuran, memberi simbol pengerjaan, menggambar bagian mesin dan membuat gambar kerja

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-9
PO-1  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa dapat memahami bagaimana menggambar potongan, penggambaran khusus, memberi ukuran, memberi simbol pengerjaan, menggambar bagian mesin dan membuat gambar kerja.

Pustaka

Utama :

  1. [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan
  2. [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.
  4. [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Pendukung :

  1. [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.
  2. [6] Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico

Dosen Pengampu

Ali Hasbi Ramadani, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menyebutkan berbagai peralatan gambar teknik

Memilih alat gambar yang sesuai dengan kebutuhan

Kriteria:
  1. Mampu menunjukkan masing-masing alat gambar dan fungsinya
  2. Mampu menggambar dengan menggunakan peralatan gambar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah diskusi tanya jawab dan latihan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab dan latihan
3 X 50
Materi: Peralatan gambar teknik
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menggambar garis dan huruf

Terampil menggambar garis dengan ketebalan berbeda Terampil menggambar huruf menggunakan mal huruf

Kriteria:
  1. Mampu menyebutkan berbagai jenis garis.
  2. Mampu menjelaskan fungsi tiap jenis garis.
  3. Mampu menjelaskan berbagai tipe huruf.
  4. Mampu menggambar garis sesuai prosedur.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3x50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3x50
Materi: menggambar garis dan Huruf
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: menggambar garis dan Huruf
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: menggambar garis dan Huruf
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menggambar garis dan huruf

Terampil menggambar garis dengan ketebalan berbeda Terampil menggambar huruf menggunakan mal huruf

Kriteria:
  1. Mampu menyebutkan berbagai jenis garis.
  2. Mampu menjelaskan fungsi tiap jenis garis.
  3. Mampu menjelaskan berbagai tipe huruf.
  4. Mampu menggambar garis sesuai prosedur.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: menggambar garis dan Huruf
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: menggambar garis dan Huruf
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: menggambar garis dan Huruf
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dasar-dasar pemesinan

Mendeskripsikan definisi pemesinan Mendeskripsikan parameter pemotongan pengecoran Mengidentifikasi jenis-jenis pahat potong dan mesin-mesinnya Mengidentifikasi berbagai cacat dan permasalahan kualitas

Kriteria:
  1. Dapat Menjelaskan definisi proyeksi.
  2. Dapat Menjelaskan cirri-ciri proyeksi isometri
  3. Dapat Menjelaskan cirri-ciri proyeksi dimetri.
  4. Dapat Menjelaskan letak gambar pandangan menurut proyeksi eropa
  5. Dapat Menentukan pandangan benda menurut proyeksi eropa
  6. Dapat Menjelaskan letak gambar pandangan menurut proyeksi amerika
  7. Dapat Menentukan pandangan benda menurut proyeksi amerika.
  8. Dapat Menggambar proyeksi isometri
  9. Dapat Menggambar proyeksi dimetri
  10. Dapat Menggambar proyeksi amerika

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: proyeksi amerika
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: proyeksi eropa
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: macam-macam pandangan
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Materi: Poreksi ortogonal
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami dasar-dasar pemesinan

Mendeskripsikan definisi pemesinan Mendeskripsikan parameter pemotongan pengecoran Mengidentifikasi jenis-jenis pahat potong dan mesin-mesinnya Mengidentifikasi berbagai cacat dan permasalahan kualitas

Kriteria:
  1. Dapat Menjelaskan definisi proyeksi.
  2. Dapat Menjelaskan cirri-ciri proyeksi isometri
  3. Dapat Menjelaskan cirri-ciri proyeksi dimetri.
  4. Dapat Menjelaskan letak gambar pandangan menurut proyeksi eropa
  5. Dapat Menentukan pandangan benda menurut proyeksi eropa
  6. Dapat Menjelaskan letak gambar pandangan menurut proyeksi amerika
  7. Dapat Menentukan pandangan benda menurut proyeksi amerika.
  8. Dapat Menggambar proyeksi isometri
  9. Dapat Menggambar proyeksi dimetri
  10. Dapat Menggambar proyeksi amerika

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: proyeksi amerika
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: proyeksi eropa
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: macam-macam pandangan
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Materi: Poreksi ortogonal
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menggambar potongan dan penggambaran khusus

Terampil menggambar benda yang terpotong Terampil menggambar benda dengan pandangan khusus

Kriteria:
  1. Mampu Menjelaskan fungsi gambar potongan.
  2. Mampu Menjelaskan cara memotong benda.
  3. Mampu Menjelaskan cara menempatkan gambar potongan.
  4. Mampu Menjelaskan ketentuan menggambar arsiran.
  5. Mampu Menyebutkan berbagai macam gambar potongan.
  6. Mampu Mengidentifikasi penggambaran khusus benda
  7. Mampu Menggambar arsiran.
  8. Mampu Menggambar berbagai jenis potongan.
  9. Mampu Menggambar khusus benda.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: Gambar Potongan
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: Penyajian gambar potongan
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: penggamabaran potongan khusus
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menggambar potongan dan penggambaran khusus

Terampil menggambar benda yang terpotong Terampil menggambar benda dengan pandangan khusus

Kriteria:
  1. Mampu Menjelaskan fungsi gambar potongan.
  2. Mampu Menjelaskan cara memotong benda.
  3. Mampu Menjelaskan cara menempatkan gambar potongan.
  4. Mampu Menjelaskan ketentuan menggambar arsiran.
  5. Mampu Menyebutkan berbagai macam gambar potongan.
  6. Mampu Mengidentifikasi penggambaran khusus benda
  7. Mampu Menggambar arsiran.
  8. Mampu Menggambar berbagai jenis potongan.
  9. Mampu Menggambar khusus benda.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: Gambar Potongan
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: Penyajian gambar potongan
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: penggamabaran potongan khusus
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Kesesuaian dengan kunci jawaban

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Penugasan atau Proyek
3 x 50
Penugasan atau Proyek
3 x 50
Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memberi ukuran pada gambar dan memberi simbol pengerjaan pada gambar

Terampil menggambar dengan dilengkapi ukuran Terampil menggambar dengan dilengkapi symbol pengerjaan

Kriteria:
  1. Mampu Menggambar teknik dengan ukurannya
  2. Mampu Menggambar teknik beserta simbol pengerjaannya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: memberi ukuran
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: garis ukur
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: simbol gambar dan ukuran
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: pengerjaan mesin/ permukaan
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Materi: pengerjaan mesin/ permukaan
Pustaka: [6] Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memberi ukuran pada gambar dan memberi simbol pengerjaan pada gambar

Terampil menggambar dengan dilengkapi ukuran Terampil menggambar dengan dilengkapi symbol pengerjaan

Kriteria:
  1. Mampu Menggambar teknik dengan ukurannya
  2. Mampu Menggambar teknik beserta simbol pengerjaannya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: memberi ukuran
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: garis ukur
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: simbol gambar dan ukuran
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: pengerjaan mesin/ permukaan
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Materi: pengerjaan mesin/ permukaan
Pustaka: [6] Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menggambar bagian mesin

Terampil menggambar bagian mesin

Kriteria:
  1. Mampu Menggambar ulir dan pegas
  2. Mampu Menggambar roda gigi
  3. Mampu Menggambar benda yang di las

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: menggambar ulir
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: menggambar pegas
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: menggamabar roda gigi
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: menggambar pengelasan
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Materi: menggambar penyambungan pin
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menggambar bagian mesin

Terampil menggambar bagian mesin

Kriteria:
  1. Mampu Menggambar ulir dan pegas
  2. Mampu Menggambar roda gigi
  3. Mampu Menggambar benda yang di las

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Ceramah diskusi tanya jawab latihan dan penugasan
3 X 50
Materi: menggambar ulir
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: menggambar pegas
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: menggamabar roda gigi
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: menggambar pengelasan
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Materi: menggambar penyambungan pin
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu membuat gambar kerja

Terampil membuat gambar kerja

Kriteria:

Dapat Menggambar komponen mesin secara mendetail


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi tanya jawab, asistensi, penyelesaian proyek
3X 50
diskusi tanya jawab, asistensi, penyelesaian proyek
3X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: potongan
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: memberi ukuran
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: konfigurasi permukaan
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Materi: menggambar pegas dan ulir
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Materi: menggambar roda gigi, dan sambungan
Pustaka: [6] Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico
5%

14

Minggu ke 14

Mampu membuat gambar kerja

Terampil membuat gambar kerja

Kriteria:

Dapat Menggambar komponen mesin secara mendetail


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi tanya jawab, asistensi, penyelesaian proyek
3X 50
diskusi tanya jawab, asistensi, penyelesaian proyek
3X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: potongan
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: memberi ukuran
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: konfigurasi permukaan
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Materi: menggambar pegas dan ulir
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Materi: menggambar roda gigi, dan sambungan
Pustaka: [6] Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico
5%

15

Minggu ke 15

Mampu membuat gambar kerja

Terampil membuat gambar kerja

Kriteria:

Dapat Menggambar komponen mesin secara mendetail


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi tanya jawab, asistensi, penyelesaian proyek
3X 50
diskusi tanya jawab, asistensi, penyelesaian proyek
3X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: [1] Anwari. 1978. Menggambar Teknik Mesin 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Materi: potongan
Pustaka: [2] Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi: memberi ukuran
Pustaka: [3] Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Materi: konfigurasi permukaan
Pustaka: [4] Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Penerbit M2S.

Materi: menggambar pegas dan ulir
Pustaka: [5] Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Materi: menggambar roda gigi, dan sambungan
Pustaka: [6] Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Kesesuaian dengan kunci jawaban

Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
TEST
3 X 50
TEST
3 X 50
Materi: Semua materi
Pustaka: [6] Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55.83%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 15.83%
5. Tes 3.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.