|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Matematika II |
8320103056 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
27 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T. Inaya Retno Putri, S.Pd., M.Eng.
|
Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora (Umum). |
PLO-11 |
Memiliki pengetahuan yang luas dibidang matematika, sains dan teknik elektro sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program keahlian teknik ketenagalistrikkan dan teknik elektronika dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah (SSC2.2). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
|
PO - 2 |
Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan yang berkenaan dengan topik dasar matematika teknik
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan metode dan keterampilan dasar matematika teknik yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang teknik elektro
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa mampu memahami secara konseptual tentang Persamaan Diferensial biasa, Fungsi Peubah banyak (Turunan Parsial, vektor gradien, nilai ekstrim), Integral rangkap, Transformasi Laplace dan Deret Fourier dan Transformasi Fourier. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
|
Pendukung : |
|
- Ratnadewi,dkk. 2019. Matematika Teknik untuk Perguruan Tinggi. Rekayasa Sains, Bandung
- Bronson, Richard & Gabriel B. Costa. 2022. Differential Equations. McGraw-Hill
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T. Inaya Retno Putri, S.Pd., M.Eng. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa dapat membentuk Persamaan Diferensial
- Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
|
- Mahasiswa dapat membentuk persamaan diferensial
- Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
|
Kriteria:
- Kemampuan membentuk persamaan diferensial
- Kemampuan menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Persamaan diferensial orde satu Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa dapat membentuk Persamaan Diferensial
- Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
|
- Mampu membentuk persamaan diferensial
- Mampu menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
|
Kriteria:
- Kemampuan membentuk persamaan diferensial
- Kemampuan menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Persamaan diferensial orde satu Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa dapat membentuk persamaan diferensial
- Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
|
- Mampu membentuk persamaan diferensial
- Mampu menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
|
Kriteria:
- Kemampuan membentuk persamaan diferensial
- Kemampuan menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Persamaan diferensial orde satu Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa dapat menentukan turunan parsial pertama dan kedua
- Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
- Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
|
- Mahasiswa mampu menentukan turunan parsial pertama dan kedua
- Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
- Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
|
Kriteria:
- Kemampuan menentukan turunan parsial pertama dan kedua
- Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
- Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, tanya jawab, latihan soal bervariasi, penugasan 3x50‘ |
|
Materi: Turunan parsial pertama dan kedua, nilai ekstrim fungsi multivariabel, nilai ekstrim pengali lagrange Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa dapat menentukan turunan parsial pertama dan kedua
- Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
- Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
|
- Mahasiswa mampu menentukan turunan parsial pertama dan kedua
- Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
- Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
|
Kriteria:
- Kemampuan menentukan turunan parsial pertama dan kedua
- Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
- Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, tanya jawab, latihan soal bervariasi, penugasan 3x50‘ |
|
Materi: Turunan parsial pertama dan kedua, nilai ekstrim fungsi multivariabel, nilai ekstrim pengali lagrange Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa dapat menghitung Integral rangkap dua dan tiga
- Mahasiswa dapat menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
|
- Mahasiswa mampu menghitung Integral rangkap dua dan tiga
- Mahasiswa mampu menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
|
Kriteria:
- Kemampuan menghitung Integral rangkap dua dan tiga
- Kemampuan menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
- Kemampuan mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Integral rangkap dua dan tiga Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa dapat menghitung Integral rangkap dua dan tiga
- Mahasiswa dapat menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
|
- Mahasiswa mampu menghitung Integral rangkap dua dan tiga
- Mahasiswa mampu menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
|
Kriteria:
- Kemampuan menghitung Integral rangkap dua dan tiga
- Kemampuan menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
- Kemampuan mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Integral rangkap dua dan tiga Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Mampu memahami diferensial orde satu, turunan parsial kedua dan ketiga, pengali lagrange, integral rangkap |
Kriteria:
Nilai penuh apabila dikerjakan dan menjawab semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
3x50‘ |
|
Materi: Diferensial orde satu, turunan parsial kedua dan ketiga, pengali lagrange, integral rangkap Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa dapat menentukan invers TL
|
- Mahasiswa mampu menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa mampu menentukan invers TL
|
Kriteria:
- Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Kemampuan menentukan invers TL
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Transformasi laplace, Invers TL Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa dapat menentukan invers TL
|
- Mahasiswa mampu menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa mampu menentukan invers TL
|
Kriteria:
- Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Kemampuan menentukan invers TL
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Transformasi laplace, Invers TL Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa dapat menentukan invers TL
|
- Mahasiswa mampu menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa mampu menentukan invers TL
|
Kriteria:
- Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Kemampuan menentukan invers TL
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Transformasi laplace, Invers TL Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa dapat menentukan invers TL
|
- Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Mahasiswa dapat menentukan invers TL
|
Kriteria:
- Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
- Kemampuan menentukan invers TL
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Transformasi laplace, Invers TL Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa dapat memahami Deret Fourier dan Transformasi Fourier
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
|
- Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
|
Kriteria:
- Kemampuan memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
- Kemampuan mengaplikasikan konsep deret fourier
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Deret fourier Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa dapat memahami : 1. Deret Fourier dan Transformasi Fourier
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan tentang teori Deret Fourier
|
- Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
|
Kriteria:
- Kemampuan memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
- Kemampuan mengaplikasikan konsep deret fourier
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Deret fourier Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa dapat memahami Deret Fourier dan Transformasi Fourier
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
|
- Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
|
Kriteria:
- Kemampuan memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
- Kemampuan mengaplikasikan konsep deret fourier
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi 3x50‘ |
|
Materi: Deret fourier Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Mahasiswa mampu menyelesaikan transformasi laplace, invers transformasi laplace, deret fourier, transformasi fourier |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
3x50‘ |
|
Materi: Transformasi laplace, invers transformasi laplace, deret fourier, transformasi fourier Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
20% |