Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Matematika II

8320103056

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

27 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T. Inaya Retno Putri, S.Pd., M.Eng.




Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora (Umum).

PLO-11

Memiliki pengetahuan yang luas dibidang matematika, sains dan teknik elektro sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program keahlian teknik ketenagalistrikkan dan teknik elektronika dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah (SSC2.2).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan

PO - 2

Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan yang berkenaan dengan topik dasar matematika teknik

PO - 3

Mampu menerapkan metode dan keterampilan dasar matematika teknik yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang teknik elektro

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-11
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa mampu memahami secara konseptual tentang Persamaan Diferensial biasa, Fungsi Peubah banyak (Turunan Parsial, vektor gradien, nilai ekstrim), Integral rangkap, Transformasi Laplace dan Deret Fourier dan Transformasi Fourier.

Pustaka

Utama :

  1. K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga

Pendukung :

  1. Ratnadewi,dkk. 2019. Matematika Teknik untuk Perguruan Tinggi. Rekayasa Sains, Bandung
  2. Bronson, Richard & Gabriel B. Costa. 2022. Differential Equations. McGraw-Hill

Dosen Pengampu

Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T.

Inaya Retno Putri, S.Pd., M.Eng.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa dapat membentuk Persamaan Diferensial
  2. Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
  1. Mahasiswa dapat membentuk persamaan diferensial
  2. Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
Kriteria:
  1. Kemampuan membentuk persamaan diferensial
  2. Kemampuan menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal bervariasi
3x50‘

Materi: Persamaan diferensial orde satu
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa dapat membentuk Persamaan Diferensial
  2. Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
  1. Mampu membentuk persamaan diferensial
  2. Mampu menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
Kriteria:
  1. Kemampuan membentuk persamaan diferensial
  2. Kemampuan menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Persamaan diferensial orde satu
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa dapat membentuk persamaan diferensial
  2. Mahasiswa dapat menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
  1. Mampu membentuk persamaan diferensial
  2. Mampu menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu
Kriteria:
  1. Kemampuan membentuk persamaan diferensial
  2. Kemampuan menentukan SUPD dan SKPD dari persamaan diferensial orde satu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Persamaan diferensial orde satu
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa dapat menentukan turunan parsial pertama dan kedua
  2. Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
  3. Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
  1. Mahasiswa mampu menentukan turunan parsial pertama dan kedua
  2. Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
  3. Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
Kriteria:
  1. Kemampuan menentukan turunan parsial pertama dan kedua
  2. Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
  3. Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, tanya jawab, latihan soal bervariasi, penugasan
3x50‘

Materi: Turunan parsial pertama dan kedua, nilai ekstrim fungsi multivariabel, nilai ekstrim pengali lagrange
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa dapat menentukan turunan parsial pertama dan kedua
  2. Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
  3. Mahasiswa dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
  1. Mahasiswa mampu menentukan turunan parsial pertama dan kedua
  2. Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
  3. Mahasiswa mampu menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange
Kriteria:
  1. Kemampuan menentukan turunan parsial pertama dan kedua
  2. Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dari suatu fungsi multivariabel
  3. Kemampuan dapat menentukan nilai ekstrim dengan pengali Lagrange

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, tanya jawab, latihan soal bervariasi, penugasan
3x50‘

Materi: Turunan parsial pertama dan kedua, nilai ekstrim fungsi multivariabel, nilai ekstrim pengali lagrange
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa dapat menghitung Integral rangkap dua dan tiga
  2. Mahasiswa dapat menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
  1. Mahasiswa mampu menghitung Integral rangkap dua dan tiga
  2. Mahasiswa mampu menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
Kriteria:
  1. Kemampuan menghitung Integral rangkap dua dan tiga
  2. Kemampuan menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
  3. Kemampuan mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Integral rangkap dua dan tiga
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa dapat menghitung Integral rangkap dua dan tiga
  2. Mahasiswa dapat menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
  1. Mahasiswa mampu menghitung Integral rangkap dua dan tiga
  2. Mahasiswa mampu menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap
Kriteria:
  1. Kemampuan menghitung Integral rangkap dua dan tiga
  2. Kemampuan menentukan batas-batas integrasi apabila integratornya ditukar
  3. Kemampuan mengaplikasikan di bidang teknik untuk materi Integral rangkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, tanya jawab, latihan soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Integral rangkap dua dan tiga
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mampu memahami diferensial orde satu, turunan parsial kedua dan ketiga, pengali lagrange, integral rangkap

Kriteria:

Nilai penuh apabila dikerjakan dan menjawab semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes

3x50‘

Materi: Diferensial orde satu, turunan parsial kedua dan ketiga, pengali lagrange, integral rangkap
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
10%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa dapat menentukan invers TL
  1. Mahasiswa mampu menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa mampu menentukan invers TL
Kriteria:
  1. Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Kemampuan menentukan invers TL

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Transformasi laplace, Invers TL
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa dapat menentukan invers TL
  1. Mahasiswa mampu menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa mampu menentukan invers TL
Kriteria:
  1. Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Kemampuan menentukan invers TL

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Transformasi laplace, Invers TL
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa dapat menentukan invers TL
  1. Mahasiswa mampu menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa mampu menentukan invers TL
Kriteria:
  1. Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Kemampuan menentukan invers TL

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Transformasi laplace, Invers TL
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa dapat menentukan invers TL
  1. Mahasiswa dapat menentukan transformasi Laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Mahasiswa dapat menentukan invers TL
Kriteria:
  1. Kemampuan menentukan transformasi laplace dari fungsi-fungsi yang diberikan
  2. Kemampuan menentukan invers TL

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Transformasi laplace, Invers TL
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa dapat memahami Deret Fourier dan Transformasi Fourier
  2. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
  2. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
Kriteria:
  1. Kemampuan memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
  2. Kemampuan mengaplikasikan konsep deret fourier

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Deret fourier
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa dapat memahami : 1. Deret Fourier dan Transformasi Fourier
  2. Mahasiswa dapat mengaplikasikan tentang teori Deret Fourier
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
  2. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
Kriteria:
  1. Kemampuan memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
  2. Kemampuan mengaplikasikan konsep deret fourier

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Deret fourier
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa dapat memahami Deret Fourier dan Transformasi Fourier
  2. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
  2. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep Deret Fourier
Kriteria:
  1. Kemampuan memahami dan menyelesaikan persoalan deret fourier
  2. Kemampuan mengaplikasikan konsep deret fourier

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan soal-soal yang bervariasi
3x50‘

Materi: Deret fourier
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Mahasiswa mampu menyelesaikan transformasi laplace, invers transformasi laplace, deret fourier, transformasi fourier

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes

3x50‘

Materi: Transformasi laplace, invers transformasi laplace, deret fourier, transformasi fourier
Pustaka: K.A. Stroud. 2010. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.