Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi

6310604013

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=8.96

3

11 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.




Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-7

Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin

PLO-12

Mampu mempublikasikan hasil penelitian

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menentulan topik penelitian atau gagasan ilmiah yang menarik dalam publikasi ilmiah bidang keilmuan administrasi publik

PO - 2

Menguasai sistematika, kaidah, dan prinsip penulisan karya ilmiah untuk publikasi jurnal nasional maupun jurnal internasional

PO - 3

Mampu menyusun draft awal artikel ilmiah bidang pendidikan nonformal yang siap untuk publikasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7PLO-12
PO-1   
PO-2  
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah penulisan artikel dan jurnal ilmiah terindeks (academic writing) bertujuan untuk melatih dan memberikan pedoman dalam penulisan artikel dan jurnal yang terideks dan sesuai dengan rambu-rambu yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman saat menulis sehingga sebagai langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting dan mempermudah akses terhadap publikasi jurnal ilmiah. Adapun yang dibahas secara umum dalam mata kuliah ini adalah mulai dari mengkaji dan menentukan ide yang menarik dalam menulis artikel dan jurnal, sistematika penulisan artikel, prinsip dasar membuat tulisan, serta menyusun artikel ke dalam bentuk tulisan.

Pustaka

Utama :

  1. Adnan, Zifirdaus dan Indrawati Zifirdaus. 2005. Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia.
  2. Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication.
  3. Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
  4. Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. London: Roultledge.
  5. Murray, Rowena. 2005. Writing for Academic Journal. New York: Open University Press.
  6. Perocari, Diane. 2010. Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. New York: Continuum International Publishing Group

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan masyarakat ilmiah, struktur karya ilmiah, dan jenis-jenis karya ilmiah dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai struktur karya ilmiah dan jenis-jenis karya ilmiah

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami struktur karya ilmiah dan jenis-jenis karya ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi forum interaktif
150 menit
Materi: Penjelasan Karya Tulis Ilmiah
Pustaka: Adnan, Zifirdaus dan Indrawati Zifirdaus. 2005. Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mencari jurnal ilmiah/prosiding, mengidentifikasi jurnal ilmiah/prosiding yang cocok dengan artikel mahasiswa, mengidentifikasi status jurnal ilmiah/prosiding, dan menjelaskan gaya selingkung sebuah jurnal ilmiah/prosiding dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai jurnal ilmiah/prosiding, mengidentifikasi jurnal ilmiah/prosiding yang cocok dengan artikel mahasiswa, mengidentifikasi status jurnal ilmiah/prosiding, dan menjelaskan gaya selingkung sebuah jurnal ilmiah/prosiding dengan ketepatan 70%

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami mengenai jurnal ilmiah/prosiding, mengidentifikasi jurnal ilmiah/prosiding yang cocok dengan artikel mahasiswa, mengidentifikasi status jurnal ilmiah/prosiding, dan menjelaskan gaya selingkung sebuah jurnal ilmiah/prosiding dengan ketepatan 70%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Berbagai Jurnal Prosiding
Pustaka: Adnan, Zifirdaus dan Indrawati Zifirdaus. 2005. Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk plagiarism dan menghindari plagiarisme dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai bentuk-bentuk plagiarism dan menghindari plagiarisme dengan ketepatan 70%

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami mengenai bentuk-bentuk plagiarism dan menghindari plagiarisme dengan ketepatan 70%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Tips Menghindari Plagiasi yang Tepat
Pustaka: Perocari, Diane. 2010. Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. New York: Continuum International Publishing Group
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci

Penguasan materi oleh mahasiswa dalam memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci

Kriteria:

Ketepatan dalam memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penulisan Judul dan Abstrak
Pustaka: Murray, Rowena. 2005. Writing for Academic Journal. New York: Open University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menulis bagian pendahuluan dalam karya ilmiah

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian pendahuluan dalam karya ilmiah

Kriteria:

Ketepatan dalam memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penulisan Bagian Pendahuluan
Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. London: Roultledge.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menulis bagian metodologi dalam karya ilmiah

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian metodologi dalam karya ilmiah

Kriteria:

Ketepatan dalam menulis bagian pendahuluan karya ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penulisan bagian Metodologi
Pustaka: Murray, Rowena. 2005. Writing for Academic Journal. New York: Open University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menulis bagian hasil penelitian dalam karya ilmiah

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian hasil penelitian dalam karya ilmiah

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian hasil penelitian dalam karya ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penulisan Bagian Hasil Penelitian
Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjawab soal UTS dari materi pertemuan 1-7

Kesesuaian jawaban

Kriteria:

Kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes

Online berupa tes
150 menit
Materi: Tips Menghindari Plagiasi yang Tepat
Pustaka: Perocari, Diane. 2010. Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. New York: Continuum International Publishing Group

Materi: Penulisan Judul dan Abstrak
Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menulis bagian pembahasan hasil penelitian dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam memahami menulis bagian pembahasan hasil penelitian dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian pembahasan hasil penelitian dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penulisan Bagian Pembahasan Penelitian
Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menulis bagian simpulan dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian simpulan dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian simpulan dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penulisan Bagian Kesimpulan
Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menulis bagian referensi dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian referensi dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian referensi dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan forum interaktif
150 menit
Materi: Penulisan Bagian Referensi
Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil review dan hasil perbaikan artikel


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi, presentasi, dan tanya jawab
150 menit
Materi: Peer Review Karya Ilmiah
Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil review dan hasil perbaikan artikel


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi, presentasi, dan tanya jawab
150 menit
Materi: Peer Review Karya Ilmiah
Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil review dan hasil perbaikan artikel


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi, presentasi, dan tanya jawab
150 menit
Materi: Peer Review Karya Ilmiah
Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengirimkan artikel dalam jurnal tujuan sesuai persyaratan dan mampu mengecek status artikel dalam jurnal dengan tepat

Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam mengirimkan artikel dalam jurnal tujuan sesuai persyaratan dan mampu mengecek status artikel dalam jurnal dengan tepat

Kriteria:

Ketepatan dalam mengirimkan jurnal, memantau status artikel, dan berkorespondensi dengan pengelola jurnal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online berupa diskusi dan foum interaktif
150 menit
Materi: Unggah Artikel Pada Jurnal Bereputasi
Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari pertemuan 1 sampai dengan 15

Ketepatan dalam mengerjakan soal

Kriteria:

Kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes

Online berupa tes
150 menit
Materi: Unggah Artikel Pada Jurnal Bereputasi
Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.