
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Publikasi |
6310604013 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
3 |
11 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.
|
Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik |
PLO-6 |
Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik |
PLO-7 |
Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin |
PLO-12 |
Mampu mempublikasikan hasil penelitian |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menentulan topik penelitian atau gagasan ilmiah yang menarik dalam publikasi ilmiah bidang keilmuan administrasi publik
|
PO - 2 |
Menguasai sistematika, kaidah, dan prinsip penulisan karya ilmiah untuk publikasi jurnal nasional maupun jurnal internasional
|
PO - 3 |
Mampu menyusun draft awal artikel ilmiah bidang pendidikan nonformal yang siap untuk publikasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah penulisan artikel dan jurnal ilmiah terindeks (academic writing) bertujuan untuk melatih dan memberikan pedoman dalam penulisan artikel dan jurnal yang terideks dan sesuai dengan rambu-rambu yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman saat menulis sehingga sebagai langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting dan mempermudah akses terhadap publikasi jurnal ilmiah. Adapun yang dibahas secara umum dalam mata kuliah ini adalah mulai dari mengkaji dan menentukan ide yang menarik dalam menulis artikel dan jurnal, sistematika penulisan artikel, prinsip dasar membuat tulisan, serta menyusun artikel ke dalam bentuk tulisan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Adnan, Zifirdaus dan Indrawati Zifirdaus. 2005. Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia.
- Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication.
- Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication.
- Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. London: Roultledge.
- Murray, Rowena. 2005. Writing for Academic Journal. New York: Open University Press.
- Perocari, Diane. 2010. Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. New York: Continuum International Publishing Group
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan masyarakat ilmiah, struktur karya ilmiah, dan jenis-jenis karya ilmiah dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai struktur karya ilmiah dan jenis-jenis karya ilmiah |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami struktur karya ilmiah dan jenis-jenis karya ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi forum interaktif 150 menit |
Materi: Penjelasan Karya Tulis Ilmiah Pustaka: Adnan, Zifirdaus dan Indrawati Zifirdaus. 2005. Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mencari jurnal ilmiah/prosiding, mengidentifikasi jurnal ilmiah/prosiding yang cocok dengan artikel mahasiswa, mengidentifikasi status jurnal ilmiah/prosiding, dan menjelaskan gaya selingkung sebuah jurnal ilmiah/prosiding dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai jurnal ilmiah/prosiding, mengidentifikasi jurnal ilmiah/prosiding yang cocok dengan artikel mahasiswa, mengidentifikasi status jurnal ilmiah/prosiding, dan menjelaskan gaya selingkung sebuah jurnal ilmiah/prosiding dengan ketepatan 70% |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami mengenai jurnal ilmiah/prosiding, mengidentifikasi jurnal ilmiah/prosiding yang cocok dengan artikel mahasiswa, mengidentifikasi status jurnal ilmiah/prosiding, dan menjelaskan gaya selingkung sebuah jurnal ilmiah/prosiding dengan ketepatan 70% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Berbagai Jurnal Prosiding Pustaka: Adnan, Zifirdaus dan Indrawati Zifirdaus. 2005. Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk plagiarism dan menghindari plagiarisme dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai bentuk-bentuk plagiarism dan menghindari plagiarisme dengan ketepatan 70% |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami mengenai bentuk-bentuk plagiarism dan menghindari plagiarisme dengan ketepatan 70% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Tips Menghindari Plagiasi yang Tepat Pustaka: Perocari, Diane. 2010. Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. New York: Continuum International Publishing Group |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci |
Penguasan materi oleh mahasiswa dalam memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci |
Kriteria:
Ketepatan dalam memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Penulisan Judul dan Abstrak Pustaka: Murray, Rowena. 2005. Writing for Academic Journal. New York: Open University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menulis bagian pendahuluan dalam karya ilmiah |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian pendahuluan dalam karya ilmiah |
Kriteria:
Ketepatan dalam memilih judul artikel, menulis abstrak, dan menentukan kata kunci Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Penulisan Bagian Pendahuluan Pustaka: Hartley, James. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. London: Roultledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menulis bagian metodologi dalam karya ilmiah |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian metodologi dalam karya ilmiah |
Kriteria:
Ketepatan dalam menulis bagian pendahuluan karya ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Penulisan bagian Metodologi Pustaka: Murray, Rowena. 2005. Writing for Academic Journal. New York: Open University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menulis bagian hasil penelitian dalam karya ilmiah |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian hasil penelitian dalam karya ilmiah |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian hasil penelitian dalam karya ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Penulisan Bagian Hasil Penelitian Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjawab soal UTS dari materi pertemuan 1-7 |
Kesesuaian jawaban |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
|
Online berupa tes 150 menit |
Materi: Tips Menghindari Plagiasi yang Tepat Pustaka: Perocari, Diane. 2010. Academic Writing and Plagiarism: A Linguistic Analysis. New York: Continuum International Publishing Group Materi: Penulisan Judul dan Abstrak Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menulis bagian pembahasan hasil penelitian dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam memahami menulis bagian pembahasan hasil penelitian dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian pembahasan hasil penelitian dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Penulisan Bagian Pembahasan Penelitian Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menulis bagian simpulan dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian simpulan dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian simpulan dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Penulisan Bagian Kesimpulan Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menulis bagian referensi dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menulis bagian referensi dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam menulis bagian referensi dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan forum interaktif 150 menit |
Materi: Penulisan Bagian Referensi Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil review dan hasil perbaikan artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi, presentasi, dan tanya jawab 150 menit |
Materi: Peer Review Karya Ilmiah Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil review dan hasil perbaikan artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi, presentasi, dan tanya jawab 150 menit |
Materi: Peer Review Karya Ilmiah Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam menjadi peer review bagi mahasiswa lain dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil review dan hasil perbaikan artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi, presentasi, dan tanya jawab 150 menit |
Materi: Peer Review Karya Ilmiah Pustaka: Belcher, Wendy Laura. 2009. Writing Your Journal Article in 12 Weeks: A Guide to Publishing Success. New Delhi: SAGE Publication. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengirimkan artikel dalam jurnal tujuan sesuai persyaratan dan mampu mengecek status artikel dalam jurnal dengan tepat |
Penguasaan materi oleh mahasiswa dalam mengirimkan artikel dalam jurnal tujuan sesuai persyaratan dan mampu mengecek status artikel dalam jurnal dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengirimkan jurnal, memantau status artikel, dan berkorespondensi dengan pengelola jurnal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online berupa diskusi dan foum interaktif 150 menit |
Materi: Unggah Artikel Pada Jurnal Bereputasi Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal yang berasal dari pertemuan 1 sampai dengan 15 |
Ketepatan dalam mengerjakan soal |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
|
Online berupa tes 150 menit |
Materi: Unggah Artikel Pada Jurnal Bereputasi Pustaka: Epstein, Debby, Jane Kenway, dan Rebecca Boden. 2005. Writing for Publication. London: SAGE Publication. |
15% |