
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Akuntansi Keberlanjutan |
6220103173 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
8 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ika Permatasari, SE. Ak., M.Ak., CA.
|
Bayu Rama Laksono, S.E., M.Ak
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan etika akademik dalam melaksanakan tugasnya.
|
PO - 2 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
|
PO - 3 |
Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi laporan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis dengan dukungan teknologi informasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Topik keberlanjutan menjadi semakin penting secara strategis dalam praktik perusahan karena meningkatnya tuntutan pemangku kepentingan eksternal dan internal. Transformasi keberlanjutan perusahaan yang sukses membutuhkan informasi yang ditargetkan tentang kinerja keberlanjutan perusahaan yang harus disediakan oleh akuntan manajemen karena keahlian khusus mereka dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi. Mata kuliah ini mengeksplorasi konsep, teori, dan praktik keberlanjutan organisasi yang mencakup tindakan yang berkaitan dengan perubahan iklim, polusi karbon, air, limbah, dan memikirkan kembali basis produk, serta inisiatif yang ditargetkan untuk karyawan, pelanggan, investor, dan/atau pemangku kepentingan yang lebih luas. Bahan kajian yang dibahas pada mata kuliah ini antara lain: (1) konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan; (2) konsep 5P dan SDGs akuntansi keberlanjutan termasuk people (manusia), planet (bumi), prosperity (kemakmuran), peace (perdamaian), dan partnership (kerjasama); (3) peran akuntan dalam memicu keberlanjutan; (4) teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan; (5) evolusi non-financial reporting; (6) bentuk non financial reporting dari GRI Standards; (7) bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC); dan (8) bentuk non financial reporting dari International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- de Villiers, C. and Maroun, W. 2018. Sustainability Accounting and Integrated Reporting. Routledge: New York.
- Esty, D.C. and Cort, T. 2020. Values at Work: Sustainable Investing and ESG Reporting. Palgrave Macmillan: Switzerland.
- Global Reporting Initiatives (GRI) Standards. https://www.globalreporting.org/how-to-use-the-gri-standards/gri-standards-bahasa-indonesia-translations/
- International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2.
- International Integrated Reporting Framework (IIRF). https://integratedreporting.ifrs.org/wp-content/uploads/2021/01/InternationalIntegratedReportingFramework.pdf
- Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York.
- Purvis, B., Mao, Y. & Robinson, D. 2019. Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins. Sustainability Science 14, 681–695. https://doi.org/10.1007/s11625-018-0627-5.
- Schaltegger, S. and Zvezdov, D. (2015), "Gatekeepers of sustainability information: exploring the roles of accountants", Journal of Accounting & Organizational Change, Vol. 11 No. 3, pp. 333-361. https://doi.org/10.1108/JAOC-10-2013-0083.
- Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York.
- Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press.
|
Pendukung : |
|
- Diwan, H., Amarayil Sreeraman, B. From financial reporting to ESG reporting: a bibliometric analysis of the evolution in corporate sustainability disclosures. Environment, Development and Sustainability 26, 13769–13805 (2024). https://doi.org/10.1007/s10668-023-03249-2.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan. |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar keberlanjutan.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis isu dan risiko yang berkaitan dengan ESG (environmental, social, and governance).
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar rantai nilai dan model bisnis berkelanjutan.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar akuntansi dan pelaporan berkelanjutan.
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Chapter 2 Pustaka: Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York. Materi: Chapter 2; Chapter 3 Pustaka: Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan. |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar keberlanjutan.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis isu dan risiko yang berkaitan dengan ESG (environmental, social, and governance).
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar rantai nilai dan model bisnis berkelanjutan.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar akuntansi dan pelaporan berkelanjutan.
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Chapter 2 Pustaka: Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York. Materi: Chapter 2; Chapter 3 Pustaka: Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan. |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar keberlanjutan.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis isu dan risiko yang berkaitan dengan ESG (environmental, social, and governance).
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar rantai nilai dan model bisnis berkelanjutan.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar akuntansi dan pelaporan berkelanjutan.
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Chapter 2 Pustaka: Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York. Materi: Chapter 2; Chapter 3 Pustaka: Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan dan menganalisis konsep 5P dan SDGs akuntansi keberlanjutan termasuk people (manusia), planet (bumi), prosperity (kemakmuran), peace (perdamaian), dan partnership (kerjasama). |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep 5P dalam SDGs.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep economic pillars di dalam SDGs.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep social pillars di dalam SDGs.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep environmental pillars di dalam SDGs.
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins Pustaka: Purvis, B., Mao, Y. & Robinson, D. 2019. Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins. Sustainability Science 14, 681–695. https://doi.org/.... |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan. |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan, yang meliputi peran dalam manajemen inovasi organisasi.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan, yang meliputi peran akuntan menurut literatur akuntansi konvensional.
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan, yang meliputi peran nyata akuntan dalam praktik akuntansi keberlanjutan perusahaan yang meliputi manajemen informasi keberlanjutan
|
Kriteria:
Rubrik holistik |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Gatekeepers of sustainability information: exploring the roles of accountants Pustaka: Schaltegger, S. and Zvezdov, D. (2015), |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan. |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan, yang meliputi: (1) Teori stakeholder (2) Teori legitimasi (3) Teori institusional (4) Teori agensi (5) Teori corporate social responsibility (6) Teori corporate sustainability (7) Teori green economics |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Chapter 3,4,5 Pustaka: de Villiers, C. and Maroun, W. 2018. Sustainability Accounting and Integrated Reporting. Routledge: New York. Materi: Chapter 2,3,5,6 Pustaka: Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan. |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan, yang meliputi: (1) Teori stakeholder (2) Teori legitimasi (3) Teori institusional (4) Teori agensi (5) Teori corporate social responsibility (6) Teori corporate sustainability (7) Teori green economics |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Chapter 3,4,5 Pustaka: de Villiers, C. and Maroun, W. 2018. Sustainability Accounting and Integrated Reporting. Routledge: New York. Materi: Chapter 2,3,5,6 Pustaka: Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press. |
7% |
8
Minggu ke 8 |
|
Ketepatan dalam menjawab soal-soal UTS. |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 1 sesi x 3 sks x 50 menit |
Ujian Tengah Semester 1 sesi x 3 sks x 50 menit |
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting. |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Sustainability Reporting Frameworks: Logic of Standardization Versus Fragmentation
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Frameworks for Non-Financial Reporting: (a) Global Reporting Initiative: Stakeholder Reporting (b) International Integrated Reporting Council: Integrated Reporting for Investors (c) Sustainability Accounting Standards Board: Focus on Financial Materiality for Investors
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Impact Reporting Frameworks for Small and Medium Enterprises
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Climate Change-Related Frameworks: (a) Carbon Disclosure Protocol (b) Climate Disclosure Standards Board (c) Task Force for Climate-Related Financial Disclosures
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi The Sustainable Development Goals as a Sustainability Reporting Framework
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Some Differentiating Attributes of Frameworks: (a) Stakeholders vs. Investors (b) The Meaning of Materiality (c) Incommensurable Climate Scenario Analysis
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Why Do Investors Need Information and Can Frameworks Provide It?
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi What Is Next in the Evolution of Frameworks?
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Chapter 2 Pustaka: Esty, D.C. and Cort, T. 2020. Values at Work: Sustainable Investing and ESG Reporting. Palgrave Macmillan: Switzerland. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting. |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Sustainability Reporting Frameworks: Logic of Standardization Versus Fragmentation
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Frameworks for Non-Financial Reporting: (a) Global Reporting Initiative: Stakeholder Reporting (b) International Integrated Reporting Council: Integrated Reporting for Investors (c) Sustainability Accounting Standards Board: Focus on Financial Materiality for Investors
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Impact Reporting Frameworks for Small and Medium Enterprises
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Climate Change-Related Frameworks: (a) Carbon Disclosure Protocol (b) Climate Disclosure Standards Board (c) Task Force for Climate-Related Financial Disclosures
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi The Sustainable Development Goals as a Sustainability Reporting Framework
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Some Differentiating Attributes of Frameworks: (a) Stakeholders vs. Investors (b) The Meaning of Materiality (c) Incommensurable Climate Scenario Analysis
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Why Do Investors Need Information and Can Frameworks Provide It?
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi What Is Next in the Evolution of Frameworks?
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: Chapter 2 Pustaka: Esty, D.C. and Cort, T. 2020. Values at Work: Sustainable Investing and ESG Reporting. Palgrave Macmillan: Switzerland. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards, yang meliputi: (1) GRI Standard 100 (2) GRI Standard 200 (3) GRI Standard 300 (4) GRI Standard 400 |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tugas Kelompok:
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan GRI. Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: GRI Standards Pustaka: Global Reporting Initiatives (GRI) Standards. https://www.globalreporting.org/... |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards, yang meliputi: (1) GRI Standard 100 (2) GRI Standard 200 (3) GRI Standard 300 (4) GRI Standard 400 |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tugas Kelompok:
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan GRI. Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: GRI Standards Pustaka: Global Reporting Initiatives (GRI) Standards. https://www.globalreporting.org/... |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC) |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC), yang meliputi: (1) Fundamental concepts (2) Guiding principles (3) Content elements |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tugas Kelompok
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan IIRC. Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: International Integrated Reporting Framework (IIRF) Pustaka: International Integrated Reporting Framework (IIRF). https://integratedreporting.ifrs.org/... |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC) |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC), yang meliputi: (1) Fundamental concepts (2) Guiding principles (3) Content elements |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tugas Kelompok
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan IIRC. Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: International Integrated Reporting Framework (IIRF) Pustaka: International Integrated Reporting Framework (IIRF). https://integratedreporting.ifrs.org/... |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2 |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2, yang meliputi: (1) IFRS S1 General Requirements for Disclosure of Sustainability-related Financial Information (2) IFRS S2 Climate-related Disclosures |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial
Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)
Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Vi-Learning: SIDIA Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit) |
Materi: IFRS S1 dan S2 Pustaka: International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2. |
13% |
16
Minggu ke 16 |
|
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 1 sesi x 3 sks x 60 menit |
Ujian Akhir Semester 1 sesi x 3 sks x 60 menit |
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press. |
20% |