Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Akuntansi Keberlanjutan

6220103173

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

8 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ika Permatasari, SE. Ak., M.Ak., CA.




Bayu Rama Laksono, S.E., M.Ak




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan etika akademik dalam melaksanakan tugasnya.

PO - 2

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.

PO - 3

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi laporan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis dengan dukungan teknologi informasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Topik keberlanjutan menjadi semakin penting secara strategis dalam praktik perusahan karena meningkatnya tuntutan pemangku kepentingan eksternal dan internal. Transformasi keberlanjutan perusahaan yang sukses membutuhkan informasi yang ditargetkan tentang kinerja keberlanjutan perusahaan yang harus disediakan oleh akuntan manajemen karena keahlian khusus mereka dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi. Mata kuliah ini mengeksplorasi konsep, teori, dan praktik keberlanjutan organisasi yang mencakup tindakan yang berkaitan dengan perubahan iklim, polusi karbon, air, limbah, dan memikirkan kembali basis produk, serta inisiatif yang ditargetkan untuk karyawan, pelanggan, investor, dan/atau pemangku kepentingan yang lebih luas. Bahan kajian yang dibahas pada mata kuliah ini antara lain: (1) konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan; (2) konsep 5P dan SDGs akuntansi keberlanjutan termasuk people (manusia), planet (bumi), prosperity (kemakmuran), peace (perdamaian), dan partnership (kerjasama); (3) peran akuntan dalam memicu keberlanjutan; (4) teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan; (5) evolusi non-financial reporting; (6) bentuk non financial reporting dari GRI Standards; (7) bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC); dan (8) bentuk non financial reporting dari International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2.

Pustaka

Utama :

  1. de Villiers, C. and Maroun, W. 2018. Sustainability Accounting and Integrated Reporting. Routledge: New York.
  2. Esty, D.C. and Cort, T. 2020. Values at Work: Sustainable Investing and ESG Reporting. Palgrave Macmillan: Switzerland.
  3. Global Reporting Initiatives (GRI) Standards. https://www.globalreporting.org/how-to-use-the-gri-standards/gri-standards-bahasa-indonesia-translations/
  4. International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2.
  5. International Integrated Reporting Framework (IIRF). https://integratedreporting.ifrs.org/wp-content/uploads/2021/01/InternationalIntegratedReportingFramework.pdf
  6. Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York.
  7. Purvis, B., Mao, Y. & Robinson, D. 2019. Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins. Sustainability Science 14, 681–695. https://doi.org/10.1007/s11625-018-0627-5.
  8. Schaltegger, S. and Zvezdov, D. (2015), "Gatekeepers of sustainability information: exploring the roles of accountants", Journal of Accounting & Organizational Change, Vol. 11 No. 3, pp. 333-361. https://doi.org/10.1108/JAOC-10-2013-0083.
  9. Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York.
  10. Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press.

Pendukung :

  1. Diwan, H., Amarayil Sreeraman, B. From financial reporting to ESG reporting: a bibliometric analysis of the evolution in corporate sustainability disclosures. Environment, Development and Sustainability 26, 13769–13805 (2024). https://doi.org/10.1007/s10668-023-03249-2.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar keberlanjutan.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis isu dan risiko yang berkaitan dengan ESG (environmental, social, and governance).
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar rantai nilai dan model bisnis berkelanjutan.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar akuntansi dan pelaporan berkelanjutan.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Chapter 2
Pustaka: Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York.

Materi: Chapter 2; Chapter 3
Pustaka: Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York.
3%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar keberlanjutan.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis isu dan risiko yang berkaitan dengan ESG (environmental, social, and governance).
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar rantai nilai dan model bisnis berkelanjutan.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar akuntansi dan pelaporan berkelanjutan.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Chapter 2
Pustaka: Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York.

Materi: Chapter 2; Chapter 3
Pustaka: Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York.
3%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar, mulai dari definisi keberlanjutan hingga model bisnis, rantai nilai, dan kerangka kerja pelaporan.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar keberlanjutan.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis isu dan risiko yang berkaitan dengan ESG (environmental, social, and governance).
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar rantai nilai dan model bisnis berkelanjutan.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep dasar akuntansi dan pelaporan berkelanjutan.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Chapter 2
Pustaka: Laine, M., Tregidga, H., and Unerman, J. 2022. Sustainability Accounting and Accountability. 3rd edition. Routledge: New York.

Materi: Chapter 2; Chapter 3
Pustaka: Simoni, L. 2022. Business Model and Corporate Reporting: Defining the Platform to Illustrate Value Creation. Routledge: New York.
4%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan dan menganalisis konsep 5P dan SDGs akuntansi keberlanjutan termasuk people (manusia), planet (bumi), prosperity (kemakmuran), peace (perdamaian), dan partnership (kerjasama).

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep 5P dalam SDGs.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep economic pillars di dalam SDGs.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep social pillars di dalam SDGs.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis konsep environmental pillars di dalam SDGs.
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:

1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran:
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa:
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins
Pustaka: Purvis, B., Mao, Y. & Robinson, D. 2019. Three pillars of sustainability: in search of conceptual origins. Sustainability Science 14, 681–695. https://doi.org/....
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan, yang meliputi peran dalam manajemen inovasi organisasi.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan, yang meliputi peran akuntan menurut literatur akuntansi konvensional.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis peran akuntan dalam memicu keberlanjutan, yang meliputi peran nyata akuntan dalam praktik akuntansi keberlanjutan perusahaan yang meliputi manajemen informasi keberlanjutan
Kriteria:

Rubrik holistik

Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Gatekeepers of sustainability information: exploring the roles of accountants
Pustaka: Schaltegger, S. and Zvezdov, D. (2015),
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan.

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan, yang meliputi: (1) Teori stakeholder (2) Teori legitimasi (3) Teori institusional (4) Teori agensi (5) Teori corporate social responsibility (6) Teori corporate sustainability (7) Teori green economics

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Chapter 3,4,5
Pustaka: de Villiers, C. and Maroun, W. 2018. Sustainability Accounting and Integrated Reporting. Routledge: New York.

Materi: Chapter 2,3,5,6
Pustaka: Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press.
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan.

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis teori-teori yang mendasari akuntansi keberlanjutan, yang meliputi: (1) Teori stakeholder (2) Teori legitimasi (3) Teori institusional (4) Teori agensi (5) Teori corporate social responsibility (6) Teori corporate sustainability (7) Teori green economics

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Chapter 3,4,5
Pustaka: de Villiers, C. and Maroun, W. 2018. Sustainability Accounting and Integrated Reporting. Routledge: New York.

Materi: Chapter 2,3,5,6
Pustaka: Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press.
7%

8

Minggu ke 8

Ketepatan dalam menjawab soal-soal UTS.

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
1 sesi x 3 sks x 50 menit
Ujian Tengah Semester
1 sesi x 3 sks x 50 menit
20%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Sustainability Reporting Frameworks: Logic of Standardization Versus Fragmentation
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Frameworks for Non-Financial Reporting: (a) Global Reporting Initiative: Stakeholder Reporting (b) International Integrated Reporting Council: Integrated Reporting for Investors (c) Sustainability Accounting Standards Board: Focus on Financial Materiality for Investors
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Impact Reporting Frameworks for Small and Medium Enterprises
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Climate Change-Related Frameworks: (a) Carbon Disclosure Protocol (b) Climate Disclosure Standards Board (c) Task Force for Climate-Related Financial Disclosures
  5. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi The Sustainable Development Goals as a Sustainability Reporting Framework
  6. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Some Differentiating Attributes of Frameworks: (a) Stakeholders vs. Investors (b) The Meaning of Materiality (c) Incommensurable Climate Scenario Analysis
  7. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Why Do Investors Need Information and Can Frameworks Provide It?
  8. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi What Is Next in the Evolution of Frameworks?

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Chapter 2
Pustaka: Esty, D.C. and Cort, T. 2020. Values at Work: Sustainable Investing and ESG Reporting. Palgrave Macmillan: Switzerland.
5%

10

Minggu ke 10

Menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Sustainability Reporting Frameworks: Logic of Standardization Versus Fragmentation
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Frameworks for Non-Financial Reporting: (a) Global Reporting Initiative: Stakeholder Reporting (b) International Integrated Reporting Council: Integrated Reporting for Investors (c) Sustainability Accounting Standards Board: Focus on Financial Materiality for Investors
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Impact Reporting Frameworks for Small and Medium Enterprises
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Climate Change-Related Frameworks: (a) Carbon Disclosure Protocol (b) Climate Disclosure Standards Board (c) Task Force for Climate-Related Financial Disclosures
  5. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi The Sustainable Development Goals as a Sustainability Reporting Framework
  6. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Some Differentiating Attributes of Frameworks: (a) Stakeholders vs. Investors (b) The Meaning of Materiality (c) Incommensurable Climate Scenario Analysis
  7. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi Why Do Investors Need Information and Can Frameworks Provide It?
  8. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis evolusi non-financial reporting, yang meliputi What Is Next in the Evolution of Frameworks?

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: Chapter 2
Pustaka: Esty, D.C. and Cort, T. 2020. Values at Work: Sustainable Investing and ESG Reporting. Palgrave Macmillan: Switzerland.
5%

11

Minggu ke 11

Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards, yang meliputi: (1) GRI Standard 100 (2) GRI Standard 200 (3) GRI Standard 300 (4) GRI Standard 400

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Tugas Kelompok:
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan GRI.
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: GRI Standards
Pustaka: Global Reporting Initiatives (GRI) Standards. https://www.globalreporting.org/...
2%

12

Minggu ke 12

Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari GRI Standards, yang meliputi: (1) GRI Standard 100 (2) GRI Standard 200 (3) GRI Standard 300 (4) GRI Standard 400

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Tugas Kelompok:
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan GRI.
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: GRI Standards
Pustaka: Global Reporting Initiatives (GRI) Standards. https://www.globalreporting.org/...
3%

13

Minggu ke 13

Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC)

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC), yang meliputi: (1) Fundamental concepts (2) Guiding principles (3) Content elements


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Tugas Kelompok
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan IIRC.
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: International Integrated Reporting Framework (IIRF)
Pustaka: International Integrated Reporting Framework (IIRF). https://integratedreporting.ifrs.org/...
3%

14

Minggu ke 14

Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC)

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Integrated Reporting Council (IIRC), yang meliputi: (1) Fundamental concepts (2) Guiding principles (3) Content elements


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation

Tugas Kelompok
Setiap kelompok mengkritisi laporan keberlanjutan perusahaan publik di Indonesia dengan menggunakan acuan IIRC.
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: International Integrated Reporting Framework (IIRF)
Pustaka: International Integrated Reporting Framework (IIRF). https://integratedreporting.ifrs.org/...
0%

15

Minggu ke 15

Menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bentuk non financial reporting dari International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2, yang meliputi: (1) IFRS S1 General Requirements for Disclosure of Sustainability-related Financial Information (2) IFRS S2 Climate-related Disclosures

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran
1. Kuliah
2. Responsi dan tutorial

Metode Pembelajaran
Problem-based Learning (Case-based method)

Penugasan Mahasiswa
1. Membuat ringkasan materi kuliah.
2. Membuat power point presentation
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Vi-Learning: SIDIA
Tatap muka (1 sesi x 3 sks x 50 menit) Penugasan terstruktur (1 sesi x 3 sks x 60 menit) Belajar mandiri (1 sesi x 3 sks x 60 menit)
Materi: IFRS S1 dan S2
Pustaka: International Financial Reporting Standards (IFRS) S1 dan S2.
13%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester
1 sesi x 3 sks x 60 menit
Ujian Akhir Semester
1 sesi x 3 sks x 60 menit
Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: Tjahjadi, B., Soewarno, N., Permatasari, I., Harindahyani, S., dan Putri, W.H. 2024. Teori-teori Keberlanjutan. Kepel Press.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 58%
2. Tes 40%
98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.