Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian PAUD ( TK, KB, TPA, PPT, SPS)

8620704028

T=4

P=0

ECTS=6.36

8

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep penyelenggaraan, Pengevaluasian, Pelaporan, dan Pembinaan pada TK/RA, KB/BA, TPA, PPT, SPS dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, dan memiliki etika yang baik, serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, dan saintifik.

Pustaka

Utama :

  1. Referensi Utama Curtis, Deb and Margie Carter. 2008. Leaning together with young children. United states : Redleaf Press
  2. Eliason, Claudia and Loa Jenkins . 2008. A Practical Guied to Early Childhood Curriculum. USA: Pearson
  3. Jackman, Hilda L. 2009. Early Education Curriculum 13 A child 19s Connection to the world. USA: Delmar.
  4. Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak . Jakarta: Salemba
  5. Herr, Judy and Yvonne Libby Larson . 2004 . Creative Resources for the Early Childhood Classroom. USA: Delmar.
  6. Robertson, Cathie. 2003. Safety Nutrition and Health in Early Education. Canada : Delmar
  7. Juknis Penyelenggaraan TK/RA
  8. Juknis Penyelenggaraan KB/BA
  9. Juknis Penyelenggaraan TPA
  10. Juknis Penyelenggaraan POS PAUD
  11. Stacey, Susan. 2009. Emergent Curriculum in Early Childhood Settings. USA: Redleaf Press. Pendukung
  12. Berk, Laura E. 2006. Child Development . USA: Pearson

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd.

Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.

Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd.

Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi Konsep Kajian PAUD berdasarkan jenjang pendidikan

  1. Menjelaskan Konsep PAUD sesuai DAP
  2. Menjelaskan jenis jenjang PAUD berdasarkan usia
  3. Menjelaskan macam lembaga PAUD
Ceramah, tanya jawab, diskusi
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menguasai konsep penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA

  1. Menjelaskan Sejarah TK
  2. Menjelaskan tujuan TK
  3. Mengidentifikasi perkembangan TK di Indonesia.
  4. Menjelaskan konsep penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA
Tanya jawab, diskusi, inquiri
4 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA

- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan TK/RA sesuai dengan juknis

tanya jawab, diskusi, inquiri, penugasan
4 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA

- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan TK/RA sesuai dengan juknis

tanya jawab, diskusi, inquiri, penugasan
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan KB/BA

- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan KB/BA sesuai dengan juknis

presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan
4 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan KB/BA

- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan KB/BA sesuai dengan juknis

tanya jawab, diskusi, inquiri, penugasan
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TPA

- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan TPA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian TPA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan TPA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan TPA sesuai dengan juknis

presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS


4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan PPT

- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan PPT sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian PPT sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan PPT sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan PPT sesuai dengan juknis

presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan SPS

- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan SPS sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian SPS sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan SPS sesuai dengan juknis Mengidentifikasi bentuk pembinaan SPS sesuai dengan juknis

diskusi, tanya jawab, saintitik
4 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga TK/RA

Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA dari hasil evaluasi

diskusi, tanya jawab, saintifik
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga KB/BA

Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan KB/BA dari hasil evaluasi

diskusi, tanya jawab, inquiri
4 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga TPA

- Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TPA dari hasil evaluasi

presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan
4 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga PPT dan SPS

- Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan PPT dan SPS dari hasil evaluasi


4 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menyusun laporan hasil observasi dan pemecahan masalah di TK/RA, KB/BA, TPA, PPT, SPS

- Pembuatan laporan hasil observasi dan pemecahan masalah di TK/RA, KB/BA, TPA, PPT, SPS

presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan
4 X 50

0%

16

Minggu ke 16


    4 X 50

    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.