|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian PAUD ( TK, KB, TPA, PPT, SPS) |
8620704028 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
8 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep penyelenggaraan, Pengevaluasian, Pelaporan, dan Pembinaan pada TK/RA, KB/BA, TPA, PPT, SPS dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, dan memiliki etika yang baik, serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, dan saintifik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Referensi Utama Curtis, Deb and Margie Carter. 2008. Leaning together with young children. United states : Redleaf Press
- Eliason, Claudia and Loa Jenkins . 2008. A Practical Guied to Early Childhood Curriculum. USA: Pearson
- Jackman, Hilda L. 2009. Early Education Curriculum 13 A child 19s Connection to the world. USA: Delmar.
- Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak . Jakarta: Salemba
- Herr, Judy and Yvonne Libby Larson . 2004 . Creative Resources for the Early Childhood Classroom. USA: Delmar.
- Robertson, Cathie. 2003. Safety Nutrition and Health in Early Education. Canada : Delmar
- Juknis Penyelenggaraan TK/RA
- Juknis Penyelenggaraan KB/BA
- Juknis Penyelenggaraan TPA
- Juknis Penyelenggaraan POS PAUD
- Stacey, Susan. 2009. Emergent Curriculum in Early Childhood Settings. USA: Redleaf Press. Pendukung
- Berk, Laura E. 2006. Child Development . USA: Pearson
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd. Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi Konsep Kajian PAUD berdasarkan jenjang pendidikan |
- Menjelaskan Konsep PAUD sesuai DAP
- Menjelaskan jenis jenjang PAUD berdasarkan usia
- Menjelaskan macam lembaga PAUD
|
|
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai konsep penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA |
- Menjelaskan Sejarah TK
- Menjelaskan tujuan TK
- Mengidentifikasi perkembangan TK di Indonesia.
- Menjelaskan konsep penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA
|
|
Tanya jawab, diskusi, inquiri 4 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA |
- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan TK/RA sesuai dengan juknis |
|
tanya jawab, diskusi, inquiri, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA |
- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan TK/RA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan TK/RA sesuai dengan juknis |
|
tanya jawab, diskusi, inquiri, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan KB/BA |
- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan KB/BA sesuai dengan juknis |
|
presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan KB/BA |
- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan KB/BA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan KB/BA sesuai dengan juknis |
|
tanya jawab, diskusi, inquiri, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TPA |
- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan TPA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian TPA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan TPA sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan TPA sesuai dengan juknis |
|
presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
|
4 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan PPT |
- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan PPT sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian PPT sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan PPT sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pembinaan PPT sesuai dengan juknis |
|
presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis bentuk penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan SPS |
- Mengidentifikasi bentuk penyelenggaraan SPS sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pengevaluasian SPS sesuai dengan juknis - Mengidentifikasi bentuk pelaporan SPS sesuai dengan juknis Mengidentifikasi bentuk pembinaan SPS sesuai dengan juknis |
|
diskusi, tanya jawab, saintitik 4 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga TK/RA |
Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TK/RA dari hasil evaluasi |
|
diskusi, tanya jawab, saintifik 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga KB/BA |
Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan KB/BA dari hasil evaluasi |
|
diskusi, tanya jawab, inquiri 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga TPA |
- Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan TPA dari hasil evaluasi |
|
presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mendesain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan yang tepat pada lembaga PPT dan SPS |
- Membuat desain penyelenggaraan, pengevaluasian, pelaporan, pembinaan PPT dan SPS dari hasil evaluasi |
|
4 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun laporan hasil observasi dan pemecahan masalah di TK/RA, KB/BA, TPA, PPT, SPS |
- Pembuatan laporan hasil observasi dan pemecahan masalah di TK/RA, KB/BA, TPA, PPT, SPS |
|
presentasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
4 X 50 |
|
|
0% |