Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Birokrasi dan politik

6720102022

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

17 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mi‘rojul Huda




Mi‘rojul Huda




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

PLO-13

Mampu menganalisa dan mensintesa dalam melakukan investigasi peristiwa politik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami dan menjelaskan konsep dasar birokrasi dan politik dalam konteks pemerintahan modern dan berbagai teori yang mendasarinya.

PO - 2

memahami dan Menganalisis struktur birokrasi dan peranannya dalam proses perumusan serta implementasi kebijakan publik.

PO - 3

Mengevaluasi dinamika hubungan antara birokrasi dan kekuasaan politik serta dampaknya terhadap efektivitas pemerintahan.

PO - 4

Mengidentifikasi isu-isu terkini dalam birokrasi dan politik, termasuk tantangan korupsi, reformasi birokrasi, dan pengaruh politik terhadap kebijakan.

PO - 5

Menilai implementasi kebijakan publik melalui perspektif birokrasi dan menganalisis faktor penghambat serta pendukungnya.

PO - 6

Menerapkan teori birokrasi Weberian dan post-Weberian dalam memahami realitas birokrasi di berbagai tingkatan pemerintahan.

PO - 7

Menganalisis kasus nyata tentang intervensi politik dalam birokrasi dan dampaknya terhadap pelayanan publik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Birokrasi Dan Politik membahas tentang hubungan antara birokrasi dan politik dalam konteks pemerintahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahami peran birokrasi dalam proses politik, analisis kebijakan publik, serta dinamika hubungan antara birokrasi dan kekuasaan politik. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori birokrasi, struktur birokrasi, peran birokrasi dalam implementasi kebijakan, serta isu-isu terkini dalam birokrasi dan politik.

Pustaka

Utama :

  1. 1) Heywood, Andre, 2002, Third Edition, Politics, Palgrave McMillan, London, UK.
  2. 2) Lipsky, Micheal, 1980, Street-Level Bureaucray: Dillemas of The Individual in Public Services, Russel Sage Publication, New York.
  3. 3) Said, M. Mas’ud, 2007, Birokrasi di Negara Birokratis, Penerbit UMM Press, Malang.
  4. 4) Setiyono, Budi, 2004, Birokrasi dalam Perspektif Politik dan Administrasi, Penerbit Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.
  5. 6) Thoha, Miftah, 2003, Birokrasi dan Politik di Indonesia, Penerbit Rajawali Press, Jakarta.
  6. 10) Gunawan, Jamil, dkk, 2004, Desentralisasi, Globalisasi, dan Demokrasi Lokal, Jakarta: LP3S.
  7. 11) Peters, B. Guy. The Politics of Bureaucracy
  8. 12) Weber, Max. Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology

Pendukung :

  1. Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia.
  2. 9) Robert van Niel. 2009. Munculnya Elite Modern Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya

Dosen Pengampu

Eko Satriya Hermawan, S.Hum., M.A.

Mi'rojul Huda, S.IP., M.IP.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami dan menganalisis konsep dasar birokrasi politik

keterlibatan dan partisipasi aktif di kelas

Kriteria:

ketepatan dalam menganalisis konsep yang dipilih


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
50x2

Materi: Pengantar Birokrasi Politik
Pustaka: 11) Peters, B. Guy. The Politics of Bureaucracy
5%

2

Minggu ke 2

Mengkaji dan menganalisis teori klasik dan kontemporer tentang birokrasi

mengurai dan menganalisis perkembangan birokrasi dari klasik hingga modern

Kriteria:

kemampuan dalam menganalisis konsep birokrasi klasik hingga modern


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: Pengantar Birokrasi Politik
Pustaka: 11) Peters, B. Guy. The Politics of Bureaucracy
5%

3

Minggu ke 3

Mengkaji dan menganalisis teori klasik dan kontemporer tentang birokrasi

kemampua dalam memberikan argumen yang kuat dalam menjelaskan konsep birokrasi klasik hingga modern

Kriteria:

Mahasiswa Mampu menganalisis birokrasi klasik hingga modern


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
100

Materi: Teori dan Model Birokrasi
Pustaka: 2) Lipsky, Micheal, 1980, Street-Level Bureaucray: Dillemas of The Individual in Public Services, Russel Sage Publication, New York.
5%

4

Minggu ke 4

Kemampuan Menganalisis interaksi antara birokrasi dan aktor politik

ketepatan dalam menganalisis interaksi antara birokrasi dan aktor politik

Kriteria:

kemampuan dalam menganalisis dan menjelaskan interaksi yang terjadi antara birokrasi dan politik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: Teori dan Model Birokrasi
Pustaka: 2) Lipsky, Micheal, 1980, Street-Level Bureaucray: Dillemas of The Individual in Public Services, Russel Sage Publication, New York.
5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis interaksi antara birokrasi dan aktor politik serta hubungannya dalam efektivitas pemerintahan

kemampuan dalam menganalisis hubungan antar aktor politik serta menjelaskan efektivitasnya dalam pemerintahan

Kriteria:

Kemampuan dalam menganalisis relasi aktor politik dan pemerintahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
100

Materi: Hubungan Birokrasi dan Politik
Pustaka: 6) Thoha, Miftah, 2003, Birokrasi dan Politik di Indonesia, Penerbit Rajawali Press, Jakarta.
5%

6

Minggu ke 6

Mengevaluasi peran birokrasi dalam pembuatan kebijakan

kemampuan dalam mengidentifikasi isu-isu serta tantangan birokrasi di Indonesia

Kriteria:

kemapuan dalam melakukan identifikasi dan pemetaan isu birokrasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: Hubungan Birokrasi dan Politik
Pustaka: 4) Setiyono, Budi, 2004, Birokrasi dalam Perspektif Politik dan Administrasi, Penerbit Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.
5%

7

Minggu ke 7

Mengevaluasi peran birokrasi dalam pembuatan kebijakan

kemampuan dalam mengidentifikasi isu-isu serta tantangan birokrasi di Indonesia

Kriteria:

kemapuan dalam melakukan identifikasi isu birokrasi di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: birokrasi dan isu politik
Pustaka: 4) Setiyono, Budi, 2004, Birokrasi dalam Perspektif Politik dan Administrasi, Penerbit Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

kemapuan dalam menjawab soal berdasarkan analisis dan tawaran solusi

Kriteria:

kemapuan dalam menjawab soal berdasarkan analisis serta memberikan alternatif solusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
100 Menit

Materi: UTS
Pustaka: 10) Gunawan, Jamil, dkk, 2004, Desentralisasi, Globalisasi, dan Demokrasi Lokal, Jakarta: LP3S.
15%

9

Minggu ke 9

kemampuan dalam menganalisis dampak birokrasi pada demokrasi

kemampuan dalam melakukan pemetaan serta analisis isu birokrasi serta hubungannya dengan demokrasi

Kriteria:

Kemampuan analisis isu serta pemecahan masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: Birokrasi dan Demokrasi
Pustaka: 12) Weber, Max. Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology
5%

10

Minggu ke 10

kemampuan dalam menganalisis dampak birokrasi pada demokrasi

kemampuan dalam melakukan pemetaan serta analisis isu birokrasi serta hubungannya dengan demokrasi

Kriteria:

Kemampuan analisis isu serta pemecahan masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: Birokrasi dan Demokrasi
Pustaka: 12) Weber, Max. Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology
5%

11

Minggu ke 11

kemampuan dalam melakukan identifikasi tantangan reformasi birokrasi

kemapuan dalam melakukan identifikasi potensi reformasi birokrasi di Indonesia

Kriteria:

kemapuan dalam melakukan analisis serta identifikasi potensi RB di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: Reformasi Birokrasi di Indonesia
Pustaka: 3) Said, M. Mas’ud, 2007, Birokrasi di Negara Birokratis, Penerbit UMM Press, Malang.
3%

12

Minggu ke 12

Kemapuan Mengidentifikasi tantangan reformasi birokrasi

Kemampuan dalam melakukan identifikasi pada reformasi birokrasi di Indonesia

Kriteria:

kemapuan dalam memberikan tawaran gagasan baru RB di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 Menit

Materi: RB dan tantangannya
Pustaka: 11) Peters, B. Guy. The Politics of Bureaucracy
5%

13

Minggu ke 13

Kemapuan Mengidentifikasi tantangan reformasi birokrasi

Kemampuan dalam melakukan identifikasi pada reformasi birokrasi di Indonesia

Kriteria:

kemapuan dalam memberikan tawaran gagasan baru RB di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 Menit

Materi: RB dan tantangannya
Pustaka: 11) Peters, B. Guy. The Politics of Bureaucracy
3%

14

Minggu ke 14

Kemapuan dalam mengkaji birokrasi dalam konteks sistem ketatanegaraan Indonesia

kemampuan dalam menghubungkan sistem birokrasi dan sistem ketatanegaraan di Indonesia

Kriteria:

kemampuan analisis dan inovasi birokrasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
100 Menit

Materi: birokrasi dan sistem ketatanegaraan
Pustaka: 4) Setiyono, Budi, 2004, Birokrasi dalam Perspektif Politik dan Administrasi, Penerbit Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.
4%

15

Minggu ke 15

kemapuan dalam mengkaji birokrasi dalam konteks internasional

kemampuan dalam menganalisis birokrasi Internasional

Kriteria:
  1. kemampuan analisis dan inovasi birokrasi
  2. kemampuan dalam menganalisis birokrasi Internasional dan dihubungkan dalam konteks Indonesia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
100 Menit

Materi: birokrasi global
Pustaka: 10) Gunawan, Jamil, dkk, 2004, Desentralisasi, Globalisasi, dan Demokrasi Lokal, Jakarta: LP3S.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

kemamuan dalam mejawab soal dengan argumen yang logis serta inovatif

Kriteria:

mampu menjawab dan menawarkan solusi permasalahan


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
100 menit

Materi: UAS
Pustaka: 11) Peters, B. Guy. The Politics of Bureaucracy
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 72.5%
2. Tes 27.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.