Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Pembelajaran Sains dalam Kondisi Khusus

8400102073

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si




Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengkaji pengembangan pembelajaran sains dalam kondisi khusus yang meliputi pembelajaran sains bagi siswa berkebutuhan khusus, pembelajaran sains mitigasi bencana, pembelajaran sains home schooling, pembelajaran sains di luar kelas

PO - 2

Memecahkan permasalahan pembelajaran sains dalam kondisi khusus

PO - 3

Menyusun argumen dan solusi keilmuan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori tentang pembelajaran sains dalam kondisi khusus

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian terhadap pembelajaran sains dalam kondisi khusus yang meliputi pembelajaran sains bagi siswa berkebutuhan khusus, pembelajaran sains mitigasi bencana, pembelajaran sains home schooling, pembelajaran sains di luar kelas dan menuliskan hasil kajiannya sebagai artikel ilmiah. Perkuliahan dilakukan dengan metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian, produk rancangan, dan artikel.

Pustaka

Utama :

  1. Reich, C. Price. J., Rubin, E., & Steiner, M. A. 2010. Inclusion, Disabilities, and Informal Science Learning. Washington: Center for Advancement of Informal Science Education
  2. Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet.
  3. Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
  4. Alleem, R. 2018. Quality Education. UAE: Alleem Research & Development Center

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

  1. Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
  2. Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
2 x 50 menit

Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

  1. Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
  2. Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
2 x 50 menit

Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
Pustaka:
0%

3

Minggu ke 3

Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

  1. Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
  2. Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
2 x 50 menit

Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
Pustaka:
0%

4

Minggu ke 4

Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

  1. Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
  2. Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
2 x 50 menit

Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
Pustaka:
0%

5

Minggu ke 5

Memahami pembelajaran sains mitigasi bencana

  1. Menjelaskan pembelajaran sains mitigasi bencana
  2. Merancang pembelajaran sains mitigasi bencana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran sains mitigasi bencana
Pustaka: Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet.
0%

6

Minggu ke 6

Memahami pembelajaran sains mitigasi bencana

  1. Menjelaskan pembelajaran sains mitigasi bencana
  2. Merancang pembelajaran sains mitigasi bencana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran sains mitigasi bencana
Pustaka: Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet.
0%

7

Minggu ke 7

Memahami pembelajaran sains mitigasi bencana

  1. Menjelaskan pembelajaran sains mitigasi bencana
  2. Merancang pembelajaran sains mitigasi bencana

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran sains mitigasi bencana
Pustaka: Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet.
0%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator dari TM-1 sampai TM-7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS

Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Memahami pembelajaran Home Schooling

  1. Menjelaskan pembelajaran Home Schooling
  2. Merancang pembelajaran Home Schooling

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran Home Schooling
Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
0%

10

Minggu ke 10

Memahami pembelajaran Home Schooling

  1. Menjelaskan pembelajaran Home Schooling
  2. Merancang pembelajaran Home Schooling

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran Home Schooling
Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
0%

11

Minggu ke 11

Memahami pembelajaran Home Schooling

  1. Menjelaskan pembelajaran Home Schooling
  2. Merancang pembelajaran Home Schooling

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran Home Schooling
Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
0%

12

Minggu ke 12

Memahami pembelajaran Di luar Sekolah

  1. Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
  2. Merancang pembelajaran di luar sekolah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah
Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
0%

13

Minggu ke 13

Memahami pembelajaran Di luar Sekolah

  1. Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
  2. Merancang pembelajaran di luar sekolah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah
Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
0%

14

Minggu ke 14

Memahami pembelajaran Di luar Sekolah

  1. Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
  2. Merancang pembelajaran di luar sekolah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah
Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
0%

15

Minggu ke 15

Memahami pembelajaran Di luar Sekolah

  1. Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
  2. Merancang pembelajaran di luar sekolah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah
Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
0%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM- 9 sampai dengan TM-15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.