|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Pembelajaran Sains dalam Kondisi Khusus |
8400102073 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si
|
Dr. I Gusti Made Sanjaya, M.Si
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengkaji pengembangan pembelajaran sains dalam kondisi khusus yang meliputi pembelajaran sains bagi siswa berkebutuhan khusus, pembelajaran sains mitigasi bencana, pembelajaran sains home schooling, pembelajaran sains di luar kelas
|
PO - 2 |
Memecahkan permasalahan pembelajaran sains dalam kondisi khusus
|
PO - 3 |
Menyusun argumen dan solusi keilmuan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori tentang pembelajaran sains dalam kondisi khusus
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kajian terhadap pembelajaran sains dalam kondisi khusus yang meliputi pembelajaran sains bagi siswa berkebutuhan khusus, pembelajaran sains mitigasi bencana, pembelajaran sains home schooling, pembelajaran sains di luar kelas dan menuliskan hasil kajiannya sebagai artikel ilmiah. Perkuliahan dilakukan dengan metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian, produk rancangan, dan artikel. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Reich, C. Price. J., Rubin, E., & Steiner, M. A. 2010. Inclusion, Disabilities, and Informal Science Learning. Washington: Center for Advancement of Informal Science Education
- Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet.
- Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge.
- Alleem, R. 2018. Quality Education. UAE: Alleem Research & Development Center
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus |
- Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
- Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus |
- Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
- Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus Pustaka: |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus |
- Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
- Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus Pustaka: |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus |
- Menjelaskan pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
- Merancang pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
Materi: Pembelajaran sains untuk siswa berkebutuhan khusus Pustaka: |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pembelajaran sains mitigasi bencana |
- Menjelaskan pembelajaran sains mitigasi bencana
- Merancang pembelajaran sains mitigasi bencana
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran sains mitigasi bencana Pustaka: Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet. |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pembelajaran sains mitigasi bencana |
- Menjelaskan pembelajaran sains mitigasi bencana
- Merancang pembelajaran sains mitigasi bencana
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran sains mitigasi bencana Pustaka: Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pembelajaran sains mitigasi bencana |
- Menjelaskan pembelajaran sains mitigasi bencana
- Merancang pembelajaran sains mitigasi bencana
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran sains mitigasi bencana Pustaka: Khorram-Manesh, A. 2017. Handbook of Disaster and Emergency Management. Sweden: Kompendiet. |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator dari TM-1 sampai TM-7 |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
|
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami pembelajaran Home Schooling |
- Menjelaskan pembelajaran Home Schooling
- Merancang pembelajaran Home Schooling
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran Home Schooling Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami pembelajaran Home Schooling |
- Menjelaskan pembelajaran Home Schooling
- Merancang pembelajaran Home Schooling
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran Home Schooling Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami pembelajaran Home Schooling |
- Menjelaskan pembelajaran Home Schooling
- Merancang pembelajaran Home Schooling
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran Home Schooling Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge. |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami pembelajaran Di luar Sekolah |
- Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
- Merancang pembelajaran di luar sekolah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami pembelajaran Di luar Sekolah |
- Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
- Merancang pembelajaran di luar sekolah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami pembelajaran Di luar Sekolah |
- Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
- Merancang pembelajaran di luar sekolah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge. |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami pembelajaran Di luar Sekolah |
- Menjelaskan pembelajaran di luar sekolah
- Merancang pembelajaran di luar sekolah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pembelajaran Di luar Sekolah Pustaka: Braund M. & Reiss M. 2005. Learning Science Outside the Classroom. USA: Routledge. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM- 9 sampai dengan TM-15 |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
0% |