Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Probabilitas Statistik

2010189127

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di probabilitas dan statistik serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang teknik elektro

PO - 2

Mampu menguasai konsep teoritis probabilitas dan statistik serta metode perancangan pada Sistim Tenaga dan Inteligensi,Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi

PO - 3

Mampu menguasai metode aplikasi probabilitas dan statistik i di bidang Teknik Elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu Sistim Tenaga dan Inteligensi, Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Probabilistik dan statistik ini mengkaji tentang cara memilih formulasi statistika yang sesuai dengan jenis data untuk mendeskripsikan data serta melakukan analisis inferensial dan interpretasinya menggunakan perangkat lunak untuk kepentingan menyusun kesimpulan analisis research. Pembelajaran diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada mahasiswa, yaitu inquiry-based learning dan project-based learning dengan metode pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project).

Pustaka

Utama :

  1. Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
  2. Bartoszynski, R. and Bugaj, M.N., 1996, Probability and Statistical Inference, John Wiley & Sons, New York.
  3. Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi probabilitas, eksperimen acak, ruang sampel, dan peristiwa.
  2. Mahasiswa dapat menggunakan hukum probabilitas untuk menghitung probabilitas peristiwa tunggal maupun gabungan
  3. Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah probabilitas sederhana yang melibatkan permutasi dan kombinasi.
  4. Mahasiswa dapat memberikan contoh penerapan probabilitas dalam bidang teknik elektro, seperti dalam sistem komunikasi dan pengolahan sinyal.
  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep probabilitas dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan
  2. Dapat menerapkan aksioma dan hukum probabilitas dengan benar dalam perhitungan probabilitas peristiwa tunggal dan gabungan.
  3. Menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi dengan tepat dan lengkap.
  4. Mampu memberikan contoh penerapan probabilitas yang relevan dengan teknik elektro, serta menjelaskan dengan baik.
  5. Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dengan kontribusi yang relevan dan bermanfaat.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Pendahuluan pada Teori Probabilitas
Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi probabilitas, eksperimen acak, ruang sampel, dan peristiwa.
  2. Mahasiswa dapat menggunakan hukum probabilitas untuk menghitung probabilitas peristiwa tunggal maupun gabungan
  3. Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah probabilitas sederhana yang melibatkan permutasi dan kombinasi.
  4. Mahasiswa dapat memberikan contoh penerapan probabilitas dalam bidang teknik elektro, seperti dalam sistem komunikasi dan pengolahan sinyal.
  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep probabilitas dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan
  2. Dapat menerapkan aksioma dan hukum probabilitas dengan benar dalam perhitungan probabilitas peristiwa tunggal dan gabungan.
  3. Menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi dengan tepat dan lengkap.
  4. Mampu memberikan contoh penerapan probabilitas yang relevan dengan teknik elektro, serta menjelaskan dengan baik.
  5. Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dengan kontribusi yang relevan dan bermanfaat.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Variabel Acak dan Distribusi
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Fungsi Distribusi dan Fungsi Kepadatan.
  2. Mahasiswa dapat memberikan contoh penerapan probabilitas dalam bidang teknik elektro, seperti dalam sistem komunikasi dan pengolahan sinyal.
  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Fungsi Distribusi dan Fungsi Kepadatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Fungsi Distribusi dan Fungsi Kepadatan
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan Nilai Harapan, Varians, dan Momen

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Nilai Harapan, Varians, dan Momen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Nilai Harapan, Varians, dan Momen
Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Distribusi Bersama dan Keterkaitan Antar Variabel Acak

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Distribusi Bersama dan Keterkaitan Antar Variabel Acak:


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Distribusi Bersama dan Keterkaitan Antar Variabel Acak
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan Teori Estimasi

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Teori Estimasi dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Teori Estimasi
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Pengujian Hipotesi

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mendefinisikan Pengujian Hipotesi
  2. Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dengan kontribusi yang relevan dan bermanfaat.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Pengujian Hipotesis
Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian formatif

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep probabilitas dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: Bartoszynski, R. and Bugaj, M.N., 1996, Probability and Statistical Inference, John Wiley & Sons, New York.
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Memahami dan menjelaskan Analisis Varian (ANOVA)

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Memahami dan menjelaskan Analisis Regresi dan Korelasi dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Analisis Regresi dan Korelasi
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

10

Minggu ke 10

Memahami dan menjelaskan Analisis Varian (ANOVA)

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Memahami dan menjelaskan Analisis Varian (ANOVA) dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Analisis Varian (ANOVA)
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

11

Minggu ke 11

Memahami dan menjelaskan Statistika Nonparametrik

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Statistika Nonparametrik
Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
5%

12

Minggu ke 12

Memahami dan menjelaskan Teori Limit

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Memahami dan menjelaskan Teori Limit dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Teori Limit:
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

13

Minggu ke 13

Memahami dan menjelaskan Model Probabilitas untuk Data yang Berhubungan

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Memahami dan menjelaskan Model Probabilitas untuk Data yang Berhubungan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Model Probabilitas untuk Data yang Berhubungan
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

14

Minggu ke 14

Memahami dan menjelaskan Simulasi Monte Carlo

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Memahami dan menjelaskan Simulasi Monte Carlo


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Simulasi Monte Carlo
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)

Materi: Simulasi Monte Carlo:
Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
5%

15

Minggu ke 15

Memahami dan menjelaskan Aplikasi Statistik Multivariat

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

Memahami dan menjelaskan Aplikasi Statistik Multivariat dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Aplikasi Statistik Multivariat:
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
5%

16

Minggu ke 16

Mengerjakan ujian sumatif

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
  2. Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
  3. Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
  4. Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
  5. Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
Kriteria:

mengerjakan ujian sumatif dnegan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning
6 X 50

Materi: Penilaian formatif
Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 72.5%
2. Penilaian Portofolio 27.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.