|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Probabilitas Statistik |
2010189127 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di probabilitas dan statistik serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang teknik elektro
|
PO - 2 |
Mampu menguasai konsep teoritis probabilitas dan statistik serta metode perancangan pada Sistim Tenaga dan Inteligensi,Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi
|
PO - 3 |
Mampu menguasai metode aplikasi probabilitas dan statistik i di bidang Teknik Elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu Sistim Tenaga dan Inteligensi, Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Probabilistik dan statistik ini mengkaji tentang cara memilih formulasi statistika yang sesuai dengan jenis data untuk mendeskripsikan data serta melakukan analisis inferensial dan interpretasinya menggunakan perangkat lunak untuk kepentingan menyusun kesimpulan analisis research. Pembelajaran diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada mahasiswa, yaitu inquiry-based learning dan project-based learning dengan metode pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
- Bartoszynski, R. and Bugaj, M.N., 1996, Probability and Statistical Inference, John Wiley & Sons, New York.
- Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition)
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi probabilitas, eksperimen acak, ruang sampel, dan peristiwa.
- Mahasiswa dapat menggunakan hukum probabilitas untuk menghitung probabilitas peristiwa tunggal maupun gabungan
- Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah probabilitas sederhana yang melibatkan permutasi dan kombinasi.
- Mahasiswa dapat memberikan contoh penerapan probabilitas dalam bidang teknik elektro, seperti dalam sistem komunikasi dan pengolahan sinyal.
|
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep probabilitas dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan
- Dapat menerapkan aksioma dan hukum probabilitas dengan benar dalam perhitungan probabilitas peristiwa tunggal dan gabungan.
- Menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi dengan tepat dan lengkap.
- Mampu memberikan contoh penerapan probabilitas yang relevan dengan teknik elektro, serta menjelaskan dengan baik.
- Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dengan kontribusi yang relevan dan bermanfaat.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Pendahuluan pada Teori Probabilitas Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi probabilitas, eksperimen acak, ruang sampel, dan peristiwa.
- Mahasiswa dapat menggunakan hukum probabilitas untuk menghitung probabilitas peristiwa tunggal maupun gabungan
- Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah probabilitas sederhana yang melibatkan permutasi dan kombinasi.
- Mahasiswa dapat memberikan contoh penerapan probabilitas dalam bidang teknik elektro, seperti dalam sistem komunikasi dan pengolahan sinyal.
|
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep probabilitas dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan
- Dapat menerapkan aksioma dan hukum probabilitas dengan benar dalam perhitungan probabilitas peristiwa tunggal dan gabungan.
- Menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi dengan tepat dan lengkap.
- Mampu memberikan contoh penerapan probabilitas yang relevan dengan teknik elektro, serta menjelaskan dengan baik.
- Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dengan kontribusi yang relevan dan bermanfaat.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Variabel Acak dan Distribusi Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Fungsi Distribusi dan Fungsi Kepadatan.
- Mahasiswa dapat memberikan contoh penerapan probabilitas dalam bidang teknik elektro, seperti dalam sistem komunikasi dan pengolahan sinyal.
|
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Fungsi Distribusi dan Fungsi Kepadatan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Fungsi Distribusi dan Fungsi Kepadatan Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Nilai Harapan, Varians, dan Momen |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Nilai Harapan, Varians, dan Momen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Nilai Harapan, Varians, dan Momen Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Distribusi Bersama dan Keterkaitan Antar Variabel Acak |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Distribusi Bersama dan Keterkaitan Antar Variabel Acak: Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Distribusi Bersama dan Keterkaitan Antar Variabel Acak Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Teori Estimasi |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep Teori Estimasi dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Teori Estimasi Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Pengujian Hipotesi |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mendefinisikan Pengujian Hipotesi
- Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dengan kontribusi yang relevan dan bermanfaat.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Pengujian Hipotesis Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian formatif |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan).
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan).
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar).
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mendefinisikan seluruh konsep probabilitas dengan jelas dan tepat, tanpa kesalahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Interaktif dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Bartoszynski, R. and Bugaj, M.N., 1996, Probability and Statistical Inference, John Wiley & Sons, New York. Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami dan menjelaskan Analisis Varian (ANOVA) |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Memahami dan menjelaskan Analisis Regresi dan Korelasi dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Analisis Regresi dan Korelasi Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami dan menjelaskan Analisis Varian (ANOVA) |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Memahami dan menjelaskan Analisis Varian (ANOVA) dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Analisis Varian (ANOVA) Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami dan menjelaskan Statistika Nonparametrik |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Statistika Nonparametrik Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami dan menjelaskan Teori Limit |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Memahami dan menjelaskan Teori Limit dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Teori Limit: Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami dan menjelaskan Model Probabilitas untuk Data yang Berhubungan |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Memahami dan menjelaskan Model Probabilitas untuk Data yang Berhubungan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Model Probabilitas untuk Data yang Berhubungan Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami dan menjelaskan Simulasi Monte Carlo |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Memahami dan menjelaskan Simulasi Monte Carlo Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Simulasi Monte Carlo Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) Materi: Simulasi Monte Carlo: Pustaka: Allan G. Bluman. 2012. Elementary Statistics: A Step by Step Approach. Eight Edotion. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc. E E. Bassett, et. al. 2000. Statistics. Problems and Solutions. Second Edition. Singapore: World Scientific Publishing Co. Re. Ltd.Siegel, Andrew F and Charles J. Morgan. 1996. Statistics and Data Analysis An Introduction. 2 nd Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami dan menjelaskan Aplikasi Statistik Multivariat |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
Memahami dan menjelaskan Aplikasi Statistik Multivariat dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Aplikasi Statistik Multivariat: Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mengerjakan ujian sumatif |
- Kemampuan menjawab pertanyaan definisi secara lisan atau tertulis (skor berdasarkan kelengkapan dan ketepatan)
- Hasil latihan soal perhitungan probabilitas dengan rumus yang benar (skor berdasarkan ketepatan perhitungan)
- Ketepatan solusi yang diberikan dalam soal permutasi dan kombinasi (skor berdasarkan langkah-langkah yang benar)
- Presentasi atau diskusi singkat tentang penerapan probabilitas (skor berdasarkan pemahaman dan keterkaitan dengan dunia nyata).
- Pengamatan partisipasi dan kontribusi dalam diskusi (skor berdasarkan frekuensi dan relevansi kontribusi).
|
Kriteria:
mengerjakan ujian sumatif dnegan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 6 X 50 |
|
Materi: Penilaian formatif Pustaka: Ronald E. Walpole, Raymond H. Myers, Sharon L. Myers, Keying E. Ye, Probability and Statistics for Engineers and Scientists (9th Edition) |
10% |