|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Praktek Piano |
8820902600 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
27 April 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.
|
Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler |
PLO-9 |
Menganalisis dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berisi; tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum pada setiap satuan pendidikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dalam memainkan instrumen piano.
|
PO - 2 |
Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan perkuliahan Instrumen Pendamping (bidang keahlian piano) meliputi studi pustaka untuk mendapatkan data bentuk bentuk model piano dan teknik bermain piano, melakukan browsing internet untuk mendapatkan data bentuk pola latihan instrumen piano yang terbaru dengan cara mengunduh pada situs yang gratis atau yang berbayar.
|
PO - 3 |
Merancang/ menyusun/ mendiskusikan/ mempresentasikan/ bentuk pola-pola baru dalam instrumen piano.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Dasar Praktek Piano bertujuan untuk mengajarkan keterampilan dasar bermain piano kepada mahasiswa, termasuk teknik dasar, pembacaan notasi, dan interpretasi musik. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), mahasiswa diberikan tantangan praktis, seperti menyiapkan dan memainkan repertoar untuk kebutuhan pertunjukan atau proyek kolaboratif, sehingga mereka belajar memecahkan masalah secara kreatif dalam praktik bermain piano. Pendekatan ini mengacu pada lifelong learning, mendorong mahasiswa untuk terus berlatih, mengembangkan teknik, dan menyesuaikan diri dengan berbagai gaya musik sepanjang karier mereka. Selain itu, pembelajaran ini juga menanamkan prinsip kewirausahaan, mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi peluang sebagai pianis profesional atau pengajar piano, serta mempersiapkan mereka agar mampu menawarkan layanan piano yang kompetitif di dunia seni pertunjukan dan pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co.
- 2. Thompson, John. First Lesson.
- 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company.
- 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard.
|
Pendukung : |
|
- Sud Diasih, Tangga Nada dan Akord
|
Dosen Pengampu
|
Senyum Sadhana, S.Sn., M.Pd. Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat. |
• Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming 2 x 50 |
Sinkronous
Diskusi
Brainstorming 2 x 50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat. |
• Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming 2 x 50 |
Sinkronous
Diskusi
Brainstorming 2 x 50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat. |
• Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming 2 x 50 |
Sinkronous
Diskusi
Brainstorming 2 x 50 |
Materi: Sud Diasih, Tangga Nada dan Akord Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat |
- • Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat
- • Mampu memainkan etude piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x 50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x 50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil Pustaka: 2. Thompson, John. First Lesson. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil Pustaka: 2. Thompson, John. First Lesson. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil |
Praktek |
Kriteria:
praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
2x50 |
2x50 |
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil Pustaka: 2. Thompson, John. First Lesson. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai Pustaka: 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai Pustaka: 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: • Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai Pustaka: 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika. |
• Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika. Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
|
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
|
Materi: Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: Sud Diasih, Tangga Nada dan Akord |
20% |