Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Praktek Piano

8820902600

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

27 April 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.




Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

PLO-9

Menganalisis dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berisi; tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum pada setiap satuan pendidikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dalam memainkan instrumen piano.

PO - 2

Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan perkuliahan Instrumen Pendamping (bidang keahlian piano) meliputi studi pustaka untuk mendapatkan data bentuk bentuk model piano dan teknik bermain piano, melakukan browsing internet untuk mendapatkan data bentuk pola latihan instrumen piano yang terbaru dengan cara mengunduh pada situs yang gratis atau yang berbayar.

PO - 3

Merancang/ menyusun/ mendiskusikan/ mempresentasikan/ bentuk pola-pola baru dalam instrumen piano.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Dasar Praktek Piano bertujuan untuk mengajarkan keterampilan dasar bermain piano kepada mahasiswa, termasuk teknik dasar, pembacaan notasi, dan interpretasi musik. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), mahasiswa diberikan tantangan praktis, seperti menyiapkan dan memainkan repertoar untuk kebutuhan pertunjukan atau proyek kolaboratif, sehingga mereka belajar memecahkan masalah secara kreatif dalam praktik bermain piano. Pendekatan ini mengacu pada lifelong learning, mendorong mahasiswa untuk terus berlatih, mengembangkan teknik, dan menyesuaikan diri dengan berbagai gaya musik sepanjang karier mereka. Selain itu, pembelajaran ini juga menanamkan prinsip kewirausahaan, mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi peluang sebagai pianis profesional atau pengajar piano, serta mempersiapkan mereka agar mampu menawarkan layanan piano yang kompetitif di dunia seni pertunjukan dan pendidikan.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co.
  2. 2. Thompson, John. First Lesson.
  3. 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company.
  4. 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard.

Pendukung :

  1. Sud Diasih, Tangga Nada dan Akord

Dosen Pengampu

Senyum Sadhana, S.Sn., M.Pd.

Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat.

• Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming
2 x 50
Sinkronous
Diskusi
Brainstorming
2 x 50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat.

• Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming
2 x 50
Sinkronous
Diskusi
Brainstorming
2 x 50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memainkan tangga nada C, G, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam permainan piano secara tepat.

• Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming
2 x 50
Sinkronous
Diskusi
Brainstorming
2 x 50
Materi: Sud Diasih, Tangga Nada dan Akord
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat

  1. • Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat
  2. • Mampu memainkan etude piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x 50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x 50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co.
5%

6

Minggu ke 6

Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil
Pustaka: 2. Thompson, John. First Lesson.
5%

7

Minggu ke 7

Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil
Pustaka: 2. Thompson, John. First Lesson.
5%

8

Minggu ke 8

Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil

Praktek

Kriteria:

praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

2x50

2x50
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan piano secara terampil
Pustaka: 2. Thompson, John. First Lesson.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
Pustaka: 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
Pustaka: 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company.
5%

11

Minggu ke 11

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: • Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
Pustaka: 3. Bastien, James. 2001. Bastien Piano Basics: Primer Level, Piano Lessons. San Diego: Neil A. Kjos Music Company.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.

• Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat, serta mengaplikasikan petunjuk dinamika.
Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam bentuk searah (Legato dan Staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: 4. Rossi, Isabella. 2022. First Steps in Piano Technique. New York: Hal Leonard.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
Materi: Mampu menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B (2 Oktaf) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: Sud Diasih, Tangga Nada dan Akord
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Praktik / Unjuk Kerja 60%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.