Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Jurnalistik Olahraga

8520102061

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd.




.......................................




Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengidentifikasi pengertian, lingkup pembahasan, sejarah, serta kedudukan jurnalistik olahraga, mengidentifikasi jenis-jenis media dalam jurnalistik, menganalisis karakteristik bahasa jurnalistik dalam penulisan berita, mengidentifikasi teknik pencarian berita, melakukan penulisan berita dan views dalam jurnalistik, mengidentifikasi organisasi dan kode etik dalam jurnalistik, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas membuat penulisan produk berita maupun views.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengenalan dan pemahaman dasar-dasar jurnalistik dan penguasaan kemampuan menulis berita dan artikel keolahragaan di media massa dan elektronik. Perkuliahan dilaksanakan dengan presentasi dan diskusi, praktek, tugas proyek dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Kustadi Suhandang, Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik, 2010, Jakarta: Nuansa Cendekia
  2. Romli, Asep Syamsul M. 2003. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Iswara, Luwi. 2005. Catatan Jurnalistik Dasar. Jakarta: Kompas.
  4. Sports Journalism: An Introduction to Reporting and Writing. 2010. Kathryn T. Stofer. United States of America: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.

Pendukung :

  1. Aminuddin, Sikki, S., & Simbung, R. (2020). Hubungan Status Gizi Dengan Daya Tahan Kardiovaskular Pemain Bulutangkis. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2020, 1(1), 42–51
  2. Darisman, E. K., Prastyana, B. R., & Utomo, G. M. (2022). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Samudra Biru.
  3. Wahyudin, W. (2016). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan

Dosen Pengampu

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Faridha Nurhayati, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengertian, lingkup pembahasan, sejarah, serta kedudukan jurnalistik olahraga

  1. Mengidentifikasi sejarah dan kedudukan jurnalistik
  2. Mengidentifikasi pengertian dan ruang lingkup jurnalistik olahraga
Kriteria:

Bobot nilai 20, apabila dapat menjawab soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, penugasan dan tanya jawab
4 X 50

Materi: sejarah dan kedudukan jurnalistik
Pustaka: Kustadi Suhandang, Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik, 2010, Jakarta: Nuansa Cendekia
8%

2

Minggu ke 2

Memahami pengertian, lingkup pembahasan, sejarah, serta kedudukan jurnalistik olahraga

  1. Mengidentifikasi sejarah dan kedudukan jurnalistik
  2. Mengidentifikasi pengertian dan ruang lingkup jurnalistik olahraga
Kriteria:

Bobot nilai 20, apabila dapat menjawab soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, penugasan dan tanya jawab
4 X 50

Materi: sejarah dan kedudukan jurnalistik
Pustaka: Kustadi Suhandang, Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik, 2010, Jakarta: Nuansa Cendekia
5%

3

Minggu ke 3

Mengenal jenis-jenis media dalam jurnalistik

  1. Menjelaskan tentang jenis media
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis komunikasi massa
Kriteria:

Bobot nilai 25 apabila dapat menjawab soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: Jenis media
Pustaka: Romli, Asep Syamsul M. 2003. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: Remaja Rosdakarya.
6%

4

Minggu ke 4

Memahami karakteristik bahasa jurnalistik dalam penulisan berita

  1. Menganalisis karakteristik bahasa jurnalistik
  2. Menganalisis prinsip penggunaan bahasa jurnalistik dalam penulisan berita
Kriteria:

Bobot nilai 20 apabila dapat menjawab soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
4 X 50

Materi: Bahasa jurnalistik
Pustaka: Iswara, Luwi. 2005. Catatan Jurnalistik Dasar. Jakarta: Kompas.
8%

5

Minggu ke 5

Memahami karakteristik bahasa jurnalistik dalam penulisan berita

  1. Menganalisis karakteristik bahasa jurnalistik
  2. Menganalisis prinsip penggunaan bahasa jurnalistik dalam penulisan berita
Kriteria:

Bobot nilai 20 apabila dapat menjawab soal dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
4 X 50

Materi: Bahasa jurnalistik dalam penulisan berita
Pustaka: Iswara, Luwi. 2005. Catatan Jurnalistik Dasar. Jakarta: Kompas.
3%

6

Minggu ke 6

Mengenal teknik pencarian berita

  1. Mengidentifikasi teknik pencarian berita (reportase)
  2. Melakukan teknik pencarian berita
Kriteria:

Bobot nilai 20, apabila dapat menjawab soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: teknik pencarian berita
Pustaka: Sports Journalism: An Introduction to Reporting and Writing. 2010. Kathryn T. Stofer. United States of America: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
8%

7

Minggu ke 7

Menguasai penulisan berita dalam jurnalistik

  1. Melakukan pencarian berita
  2. Melakukan penulisan berita olahraga dengan menggunakan 5W1H
Kriteria:

bobot nilai 85, apabila dapat menyusun tugas sesuai dengan ketentuan 5W1H


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: penulisan berita dalam jurnalistik
Pustaka: Sports Journalism: An Introduction to Reporting and Writing. 2010. Kathryn T. Stofer. United States of America: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
8%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Bobot nilai 100 apabila mengerjakan soal semua dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Kustadi Suhandang, Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik, 2010, Jakarta: Nuansa Cendekia
8%

9

Minggu ke 9

Menguasai penulisan berita dalam jurnalistik

  1. Melakukan perencanaan penulisan straight news
  2. Melakukan penulisan straight news
  3. Melakukan perencanaan penulisan features
  4. Melakukan penulisan features
Kriteria:

bobot nilai 85, apabila dapat menyusun berita sesuai dengan kriteria 5W1H


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: penulisan berita dalam jurnalistik
Pustaka: Iswara, Luwi. 2005. Catatan Jurnalistik Dasar. Jakarta: Kompas.
8%

10

Minggu ke 10

Menguasai penulisan berita dalam jurnalistik

  1. Melakukan perencanaan penulisan straight news
  2. Melakukan penulisan straight news
  3. Melakukan perencanaan penulisan features
  4. Melakukan penulisan features
Kriteria:

Bobot Skor 85, apabila dapat menyusun berita sesuai dengan kriteria penulisan berita


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: penulisan berita dalam jurnalistik
Pustaka: Darisman, E. K., Prastyana, B. R., & Utomo, G. M. (2022). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Samudra Biru.
5%

11

Minggu ke 11

Menguasai penulisan views dalam jurnalistik

  1. Membuat outline opini
  2. Melakukan penulisan opini
  3. Melakukan perencanaan atau kisi-kisi artikel
  4. Melakukan penulisan artikel
Kriteria:

bobot nilai 85, apabila dapat menyusun opini dan artikel sesuai kaidah penulisan views.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: penulisan views dalam jurnalistik
Pustaka: Darisman, E. K., Prastyana, B. R., & Utomo, G. M. (2022). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Samudra Biru.
5%

12

Minggu ke 12

Menguasai penulisan views dalam jurnalistik

  1. Membuat outline opini
  2. Melakukan penulisan opini
  3. Melakukan perencanaan atau kisi-kisi artikel
  4. Melakukan penulisan artikel
Kriteria:

bobot nilai 85, apabila dapat menyusun opini dan artikel sesuai kaidah penulisan views.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: penulisan views dalam jurnalistik
Pustaka: Darisman, E. K., Prastyana, B. R., & Utomo, G. M. (2022). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Samudra Biru.
5%

13

Minggu ke 13

Menguasai penulisan views dalam jurnalistik

  1. Membuat outline opini
  2. Melakukan penulisan opini
  3. Melakukan perencanaan atau kisi-kisi artikel
  4. Melakukan penulisan artikel
Kriteria:

bobot nilai 85, apabila dapat menyusun opini dan artikel sesuai kaidah penulisan views.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: penulisan views dalam jurnalistik
Pustaka: Wahyudin, W. (2016). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan
5%

14

Minggu ke 14

Menguasai penulisan views dalam jurnalistik

  1. Membuat outline opini
  2. Melakukan penulisan opini
  3. Melakukan perencanaan atau kisi-kisi artikel
  4. Melakukan penulisan artikel
Kriteria:

bobot nilai 85, apabila dapat menyusun opini dan artikel sesuai kaidah penulisan views.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: penulisan views dalam jurnalistik
Pustaka: Aminuddin, Sikki, S., & Simbung, R. (2020). Hubungan Status Gizi Dengan Daya Tahan Kardiovaskular Pemain Bulutangkis. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2020, 1(1), 42–51
3%

15

Minggu ke 15

Mengenal organisasi dalam jurnalistik

  1. Menjelaskan tentang organisasi jurnalistik
  2. Mengidentifikasi organisasi jurnalistik
Kriteria:

bobot nilai 5, apabila dapat menjawab soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi
2 X 50

Materi: organisasi dalam jurnalistik
Pustaka: Kustadi Suhandang, Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik, 2010, Jakarta: Nuansa Cendekia
7%

16

Minggu ke 16

UAS

Bobot nilai 100 apabila mengerjakan soal semua dengan benar

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka: Wahyudin, W. (2016). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 73.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 26.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.