
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Manajemen Informatika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pemrograman Game |
5730102215 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
4 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dimas Novian Aditia Syahputra, S.Tr.T., M.Tr.T.
|
Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T.
|
DODIK ARWIN DERMAWAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pekerjaan dalam bidang teknologi informasi dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur serta memanfaatkannya untuk menganalisa, mendokumentasikan dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk laporan yang terjamin keshahihannya. |
PLO-9 |
Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat atau teknologi modern untuk merancang dan mewujudkan bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non fungsional secara spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah kultural, sosial, dan lingkungan dengan mengacu kepada metode dan standar industri. |
PLO-10 |
Mampu menerapkan matematika dan prinsip rekayasa dalam mengidentifikasi, memformulasikan, melakukan penelusuran referensi atau standar, menganalisis dan menyelesaikan masalah bidang rekayasa perangkat lunak menggunakan perangkat analisa pada bidang teknologi informasi. |
PLO-12 |
Menguasai konsep matematika terapan, pengetahuan dasar TIK (Algoritma, Pemrograman, Basis Data), sains dan prinsip rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen pada rekayasa perangkat lunak. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman game
|
PO - 2 |
Menguasai teknik dasar pembuatan aset dan integrasi aset multimedia dalam Game Engine dan memilih tools yang tepat untuk pengembangan Game.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan mekanika permainan, pemrograman interaktif, dan animasi dalam Game Engine.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengembangkan Game berdasarkan praktik terbaik dan menghasilkan produk game siap guna.
|
PO - 5 |
Menyusun laporan & mendemokan proyek game
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-12 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | ✔ | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam desain aset 3D dan animasi menggunakan Blender, pemrograman, serta pengembangan game berbasis Unity. Mahasiswa akan belajar membuat game 3D dan menyelesaikan proyek akhir berupa game berbasis VR yang interaktif. Learning Path Unity akan digunakan sebagai panduan utama dalam materi praktikum dan proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA
- Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition
- Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress
- www.blender.org
- http://unity3d.com
- www.youtube.com
- SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game
|
Pendukung : |
|
- Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.
- Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.
- Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.
- Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
|
Dosen Pengampu
|
Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T. Binti Kholifah, S.Kom., M.Tr.Kom. Dimas Novian Aditia Syahputra, S.Tr.T., M.Tr.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami dasar PjBL & SKKNI 172/2024 dalam konteks pengembangan game |
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup standar kompetensi |
Kriteria:
Tes awal & diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Luring: briefing, diskusi kelompok
Daring: membaca modul & forum diskusi
Pembagian kelompok dan topik proyek game [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Pengantar Industri Game dan Unity/Blender Pustaka: www.youtube.com Materi: Pengantar Industri Game Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: Pengembang Game Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menyusun ide & alur game dalam bentuk Game Design Document (GDD) |
Mahasiswa mampu menyusun Draft GDD sederhana |
Kriteria:
- Tinggi: Ide game orisinal dan jelas.
- Sedang: Ide cukup jelas namun sederhana.
- Rendah: Ide kurang relevan dan tidak detail.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat konsep proyek yang akan dibuat berdasarkan topik yang telah dibagi [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Ideation dan Konsep Game Pustaka: www.youtube.com Materi: Ideation dan Konsep Game Pustaka: Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA Materi: Pengembang Game Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Merancang requirement teknis & memilih game engine |
Dokumen requirement, pemilihan tools tepat |
Kriteria:
Rubrik laporan teknis Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: www.blender.org Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: www.youtube.com |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Merancang requirement teknis & memilih game engine |
Dokumen requirement, pemilihan tools tepat |
Kriteria:
Rubrik laporan teknis Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: www.blender.org Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: www.youtube.com |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring) |
Mahasiswa Dapat Prototipe game sederhana |
Kriteria:
Penilaian proyek (demo laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan rigging pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring) |
Mahasiswa Dapat Prototipe game sederhana |
Kriteria:
Penilaian proyek (demo laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan rigging pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring) |
Mahasiswa Dapat Prototipe game sederhana |
Kriteria:
Penilaian proyek (demo laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan rigging pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS (Project Review 1): Demo prototipe tahap 1 |
- Prototipe bisa dijalankan
- Kelengkapan dan kualitas game
|
Kriteria:
- Tinggi: Game lengkap.
- Sedang: Game cukup lengkap.
- Rendah: Game tidak lengkap.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi Progress UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game Materi: Pengembang Game Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Pengembang Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Pengembang Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mengembangkan fitur lanjutan (AI, level design, database/networking) |
Implementasi fitur tambahan sesuai GDD |
Kriteria:
Rubrik proyek & laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memulai memberikan script sederhana pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengembangkan fitur lanjutan (AI, level design, database/networking) |
Implementasi fitur tambahan sesuai GDD |
Kriteria:
Rubrik proyek & laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memulai memberikan script sederhana pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan fitur lanjutan (AI, level design, database/networking) |
Implementasi fitur tambahan sesuai GDD |
Kriteria:
Rubrik proyek & laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memulai memberikan script sederhana pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Optimasi performa & debugging |
Hasil optimasi & dokumentasi bug fixing |
Kriteria:
Laporan teknis & demo Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memberikan elemen UI pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Unity Learn: Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Uji coba & evaluasi game project (beta testing) |
Feedback & hasil pengujian |
Kriteria:
Laporan hasil uji coba Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memberikan elemen UI pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Unity Learn: Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Uji coba & evaluasi game project (beta testing) |
Feedback & hasil pengujian |
Kriteria:
Laporan hasil uji coba Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memberikan elemen UI pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Unity Learn: Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun laporan & dokumentasi proyek sesuai standar SKKNI |
Laporan teknis lengkap & rapi |
Kriteria:
Rubrik laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Menyelesaikan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Strategi Monetisasi Pustaka: www.youtube.com Materi: Strategi Monetisasi Pustaka: http://unity3d.com/... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS (Final Project Presentation & Demo Game) |
Game final sesuai GDD & standar SKKNI |
Kriteria:
Presentasi, demo, laporan akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Final Game Project
|
|
Materi: UAS Pustaka: Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA Materi: UAS Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition Materi: UAS Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: UAS Pustaka: http://unity3d.com/... |
20% |