|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Manajemen Informatika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pemrograman Game |
5730102215 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
3 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dimas Novian Aditia Syahputra, S.Tr.T., M.Tr.T.
|
Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T.
|
Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika diwujudkan dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
PLO-6 |
Mampu melakukan kerjasama dengan pembimbing, kolega, sejawat sebagai warga negara yang memiliki rasa nasionalisme, sportivitas serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan. |
PLO-7 |
Dapat mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memberikan solusi serta bertanggung jawab terhadap hasil kerja kelompok maupun mandiri yang bermutu dan terukur dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya. |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pekerjaan dalam bidang teknologi informasi dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur serta memanfaatkannya untuk menganalisa, mendokumentasikan dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk laporan yang terjamin kesahihannya. |
PLO-9 |
Menguasai pengetahuan dan teknik berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa indonesia dan inggris. |
PLO-10 |
Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat atau teknologi modern untuk merancang dan mewujudkan bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non fungsional secara spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah kultural, sosial, dan lingkungan dengan mengacu kepada metode dan standar industri. |
PLO-11 |
Mampu menerapkan matematika dan prinsip rekayasa dalam mengidentifikasi, memformulasikan, melakukan penelusuran referensi atau standar, menganalisis dan menyelesaikan masalah bidang rekayasa perangkat lunak menggunakan perangkat analisa pada bidang teknologi informasi |
PLO-12 |
Mampu meningkatkan kinerja atau mutu suatu proses dalam perangkat lunak melalui pengujian, pengukuran obyek kerja, analisis dan interpretasi data sesuai prosedur dan standar. |
PLO-13 |
Menguasai konsep matematika terapan, pengetahuan dasar TIK (Algoritma, Pemrograman, Basis Data), sains dan prinsip rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen pada rekayasa perangkat lunak |
PLO-14 |
Menguasai konsep, prinsip dan teknik analisis serta pengetahuan kode dan standar yang berlaku pada bidang teknologi rekayasa secara teoritis dan mampu menggunakannya pada tataran praktikal serta memanfaatkannya untuk wirausaha. |
PLO-15 |
Memiliki pengetahuan mengenai perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang rekayasa perangkat serta prinsip dan isu terkini terkait faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), sosial, ekologi secara umum. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman game
|
PO - 2 |
Menguasai teknik dasar pembuatan aset 3D di Blender dan integrasi aset multimedia dalam Unity.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan mekanika permainan, pemrograman interaktif, dan animasi dalam Unity.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengembangkan game VR yang dapat dimainkan dengan perangkat VR sebagai proyek akhir.
|
PO - 5 |
Menguasai pengujian, debugging, dan optimisasi game untuk platform VR.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu melakukan monetesi dan publikasi game
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-12 | PLO-13 | PLO-14 | PLO-15 | PO-1 | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam desain aset 3D dan animasi menggunakan Blender, pemrograman, serta pengembangan game berbasis Unity. Mahasiswa akan belajar membuat game 3D dan menyelesaikan proyek akhir berupa game berbasis VR yang interaktif. Learning Path Unity akan digunakan sebagai panduan utama dalam materi praktikum dan proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA
- Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition
- Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress
- www.blender.org
- http://unity3d.com
- www.youtube.com
- SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game
|
Pendukung : |
|
- Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.
- Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.
- Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.
- Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
|
Dosen Pengampu
|
Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T. Binti Kholifah, S.Kom., M.Tr.Kom. Dimas Novian Aditia Syahputra, S.Tr.T., M.Tr.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar industri game dan pengenalan Unity serta Blender. SKKNI UNIT J.62GIM00.001.2 |
Pemahaman tentang konsep dasar game. |
Kriteria:
- Tinggi: Mahasiswa memahami peran Unity dan Blender secara komprehensif.
- Sedang: Pemahaman cukup namun kurang detail.
- Rendah: Kesulitan memahami konsep industri game.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Instalasi blender,
Pembagian kelompok dan topik proyek game [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Pengantar Industri Game dan Unity/Blender Pustaka: www.youtube.com Materi: Pengantar Industri Game Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: Pengembang Game Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menghasilkan konsep dan tema game.SKKNI UNIT J.62GIM00.002.2 |
Kejelasan ide dan orisinalitas konsep. |
Kriteria:
- Tinggi: Ide game orisinal dan jelas.
- Sedang: Ide cukup jelas namun sederhana.
- Rendah: Ide kurang relevan dan tidak detail.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat konsep proyek yang akan dibuat berdasarkan topik yang telah dibagi [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Ideation dan Konsep Game Pustaka: www.youtube.com Materi: Ideation dan Konsep Game Pustaka: Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA Materi: Pengembang Game Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat membuat karakter sesuai proporsi. SKKNI UNIT J.62GIM00.020.1 dan SKKNI UNIT J.62GIM00.021.1 |
Kesesuaian proporsi dan tekstur. |
Kriteria:
- Tinggi: Desain proporsional dan detail.
- Sedang: Desain cukup proporsional.
- Rendah: Desain tidak sesuai proporsi.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: www.blender.org Materi: Dasar Desain Karakter 3D Pustaka: www.youtube.com |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat membuat lingkungan yang mendukung gameplay. SKKNI UNIT J.62GIM00.020.1 dan SKKNI UNIT J.62GIM00.021.1 |
Kesesuaian desain lingkungan dengan tema. |
Kriteria:
- Tinggi: Lingkungan kohesif dan sesuai tema.
- Sedang: Lingkungan cukup sesuai.
- Rendah: Lingkungan kurang sesuai.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Menerapkan tekstur dan material pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Pengembangan Lingkungan dan Level Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: Pengembangan Lingkungan dan Level Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Pengembangan Lingkungan dan Level Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu membuat UI/UX sesuai kebutuhan game. SKKNI UNIT J.62GIM00.044.1 |
Kualitas desain UI/UX. |
Kriteria:
- Tinggi: Desain intuitif dan fungsional.
- Sedang: Desain cukup intuitif.
- Rendah: Desain tidak fungsional.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan rigging pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Desain UI/UX dalam Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat mengimplementasikan mekanika dasar kontrol karakter. SKKNI UNIT J.62GIM00.003.2 dan SKKNI UNIT J.62GIM00.043.2 |
Responsivitas kontrol. |
Kriteria:
- Tinggi: Kontrol responsif.
- Sedang: Kontrol cukup baik.
- Rendah: Kontrol tidak responsif.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Instalasi unity, Membuat proyek baru di unity [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Mekanika Dasar Game Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Mekanika Dasar Game Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: Mekanika Dasar Game Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Mekanika Dasar Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat membuat logika permainan dasar dengan C#. SKKNI UNIT J.62GIM00.003.2 dan SKKNI UNIT J.62GIM00.043.2 |
Membuat logika permainan dasar dengan C#. |
Kriteria:
- Tinggi: Logika permainan berjalan lancar.
- Sedang: Logika cukup baik.
- Rendah: Logika tidak berjalan.
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat logika permainan dasar dengan C#. [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Pemrograman Dasar Game dengan C# Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: Pemrograman Dasar Game dengan C# Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Pemrograman Dasar Game dengan C# Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa dapat mengembangkan game 3D sederhana.
- Menyelesaikan prototipe game 3D. SKKNI UNIT J.62GIM00.014.2
|
- Game Berjalan
- Kelengkapan dan kualitas game 3D
|
Kriteria:
- Tinggi: Game lengkap.
- Sedang: Game cukup lengkap.
- Rendah: Game tidak lengkap.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi Progress UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game Materi: Pengembang Game Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Pengembang Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Pengembang Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat memahami dasar pemrograman C# dalam Unity dan dapat membuat script sederhana. SKKNI UNIT J.62GIM00.026.2 SKKNI UNIT J.62GIM00.027.2 |
Ketepatan integrasi. |
Kriteria:
- Tinggi: Integrasi baik.
- Sedang: Beberapa kesalahan.
- Rendah: Integrasi gagal.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memulai memberikan script sederhana pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat membuat lingkungan dasar dalam Unity yang mendukung jalannya game. SKKNI UNIT J.62GIM00.042.2 dan SKKNI UNIT J.62GIM00.046.2 |
Kesesuaian audio. |
Kriteria:
- Tinggi: Audio mendukung tema.
- Sedang: Audio cukup sesuai.
- Rendah: Audio tidak relevan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat lingkungan sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Desain dan Integrasi Audio Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Desain dan Integrasi Audio Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa dapat mengonfigurasi proyek Unity dari format game 3D ke VR.
- Menyesuaikan kontrol, antarmuka, dan mekanika game agar sesuai dengan platform VR.
- Mampu menggunakan perangkat VR untuk pengujian game yang sudah dimigrasi. SKKNI UNIT J.62GIM00.042.2 dan SKKNI UNIT J.62GIM00.046.2
|
- Keberhasilan migrasi aset dan mekanika game dari format 3D ke VR.
- Penyesuaian kontrol dan antarmuka untuk VR yang intuitif dan mudah digunakan.
|
Kriteria:
- Skor Tinggi: Migrasi berhasil dengan kontrol VR yang responsif, antarmuka yang intuitif, dan mekanika game berjalan lancar di VR.
- Skor Sedang: Migrasi berhasil namun terdapat beberapa penyesuaian yang belum optimal, misalnya dalam kontrol atau UI.
- Skor Rendah: Migrasi kurang berhasil dengan banyak fitur yang tidak berfungsi dengan baik di VR.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan kontrol pada obyek game sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Migrasi Game 3D ke VR Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. Materi: Migrasi Game 3D ke VR Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Migrasi Game 3D ke VR Pustaka: www.youtube.com |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menghasilkan game bebas dari bug. SKKNI UNIT J.62GIM00.048.1 |
Keberhasilan debugging. |
Kriteria:
- Tinggi: Minim bug.
- Sedang: Ada bug minor.
- Rendah: Banyak bug.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memberikan elemen UI pada proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Unity Learn: Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game. Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat mengoptimalkan performa game. SKKNI UNIT J.62GIM00.047.2 |
Kemampuan debugging. |
Kriteria:
- Tinggi: Debugging efektif.
- Sedang: Beberapa error tersisa.
- Rendah: Banyak error.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Menerapkan efek physics pada obyek sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Debugging Lanjutan Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: Debugging Lanjutan Pustaka: http://unity3d.com/... Materi: Debugging Lanjutan Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat membuat rencana monetisasi sesuai game. SKKNI UNIT J.62GIM00.047.2 |
Kesesuaian strategi monetisasi. |
Kriteria:
- Tinggi: Strategi tepat.
- Sedang: Cukup relevan.
- Rendah: Tidak relevan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Menyelesaikan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Strategi Monetisasi Pustaka: www.youtube.com Materi: Strategi Monetisasi Pustaka: http://unity3d.com/... |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat membuat rencana publikasi yang efektif. SKKNI UNIT J.62GIM00.052.2 dan SKKNI UNIT J.62GIM00.054.2 |
Kualitas rencana publikasi. |
Kriteria:
- Tinggi: Rencana rinci.
- Sedang: Rencana cukup jelas.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Menyelesaikan proyek game kelompok [PB:1x(4x50”)] |
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok [PT,KM: (1,1)x(4x60”)] |
Materi: Persiapan Publikasi dan Promosi Pustaka: www.youtube.com |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- UAS / Evaluasi Akhir Semester: melakukan validasi penilaian akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa
- Mahasiswa dapat menyelesaikan game VR sesuai spesifikasi.
|
Kelengkapan dan kualitas game VR. |
Kriteria:
- Tinggi: Game lengkap dan sesuai spesifikasi.
- Sedang: Game cukup lengkap.
- Rendah: Banyak fitur tidak berjalan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Final Game Project
|
|
Materi: UAS Pustaka: Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA Materi: UAS Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition Materi: UAS Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress Materi: UAS Pustaka: http://unity3d.com/... |
20% |