Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Manajemen Informatika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pemrograman Game

5730102215

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

4 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dimas Novian Aditia Syahputra, S.Tr.T., M.Tr.T.




Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T.




DODIK ARWIN DERMAWAN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pekerjaan dalam bidang teknologi informasi dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur serta memanfaatkannya untuk menganalisa, mendokumentasikan dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk laporan yang terjamin keshahihannya.

PLO-9

Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat atau teknologi modern untuk merancang dan mewujudkan bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non fungsional secara spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah kultural, sosial, dan lingkungan dengan mengacu kepada metode dan standar industri.

PLO-10

Mampu menerapkan matematika dan prinsip rekayasa dalam mengidentifikasi, memformulasikan, melakukan penelusuran referensi atau standar, menganalisis dan menyelesaikan masalah bidang rekayasa perangkat lunak menggunakan perangkat analisa pada bidang teknologi informasi.

PLO-12

Menguasai konsep matematika terapan, pengetahuan dasar TIK (Algoritma, Pemrograman, Basis Data), sains dan prinsip rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen pada rekayasa perangkat lunak.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman game

PO - 2

Menguasai teknik dasar pembuatan aset dan integrasi aset multimedia dalam Game Engine dan memilih tools yang tepat untuk pengembangan Game.

PO - 3

Mahasiswa mampu menerapkan mekanika permainan, pemrograman interaktif, dan animasi dalam Game Engine.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengembangkan Game berdasarkan praktik terbaik dan menghasilkan produk game siap guna.

PO - 5

Menyusun laporan & mendemokan proyek game

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9PLO-10PLO-12
PO-1   
PO-2  
PO-3   
PO-4 
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam desain aset 3D dan animasi menggunakan Blender, pemrograman, serta pengembangan game berbasis Unity. Mahasiswa akan belajar membuat game 3D dan menyelesaikan proyek akhir berupa game berbasis VR yang interaktif. Learning Path Unity akan digunakan sebagai panduan utama dalam materi praktikum dan proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA
  2. Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition
  3. Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress
  4. www.blender.org
  5. http://unity3d.com
  6. www.youtube.com
  7. SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game

Pendukung :

  1. Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.
  2. Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.
  3. Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.
  4. Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.

Dosen Pengampu

Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T.

Binti Kholifah, S.Kom., M.Tr.Kom.

Dimas Novian Aditia Syahputra, S.Tr.T., M.Tr.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami dasar PjBL & SKKNI 172/2024 dalam konteks pengembangan game

Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup standar kompetensi

Kriteria:

Tes awal & diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Luring: briefing, diskusi kelompok
Daring: membaca modul & forum diskusi
Pembagian kelompok dan topik proyek game
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Pengantar Industri Game dan Unity/Blender
Pustaka: www.youtube.com

Materi: Pengantar Industri Game
Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress

Materi: Pengembang Game
Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game
2%

2

Minggu ke 2

Menyusun ide & alur game dalam bentuk Game Design Document (GDD)

Mahasiswa mampu menyusun Draft GDD sederhana

Kriteria:
  1. Tinggi: Ide game orisinal dan jelas.
  2. Sedang: Ide cukup jelas namun sederhana.
  3. Rendah: Ide kurang relevan dan tidak detail.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat konsep proyek yang akan dibuat berdasarkan topik yang telah dibagi
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Ideation dan Konsep Game
Pustaka: www.youtube.com

Materi: Ideation dan Konsep Game
Pustaka: Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA

Materi: Pengembang Game
Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game
2%

3

Minggu ke 3

Merancang requirement teknis & memilih game engine

Dokumen requirement, pemilihan tools tepat

Kriteria:

Rubrik laporan teknis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Dasar Desain Karakter 3D
Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition

Materi: Dasar Desain Karakter 3D
Pustaka: www.blender.org

Materi: Dasar Desain Karakter 3D
Pustaka: www.youtube.com
3%

4

Minggu ke 4

Merancang requirement teknis & memilih game engine

Dokumen requirement, pemilihan tools tepat

Kriteria:

Rubrik laporan teknis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Membuat aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Dasar Desain Karakter 3D
Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition

Materi: Dasar Desain Karakter 3D
Pustaka: www.blender.org

Materi: Dasar Desain Karakter 3D
Pustaka: www.youtube.com
3%

5

Minggu ke 5

Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring)

Mahasiswa Dapat Prototipe game sederhana

Kriteria:

Penilaian proyek (demo laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan rigging pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: http://unity3d.com/...

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.
5%

6

Minggu ke 6

Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring)

Mahasiswa Dapat Prototipe game sederhana

Kriteria:

Penilaian proyek (demo laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan rigging pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: http://unity3d.com/...

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.
5%

7

Minggu ke 7

Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring)

Mahasiswa Dapat Prototipe game sederhana

Kriteria:

Penilaian proyek (demo laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Melakukan rigging pada aset model 3D sesuai dengan kebutuhan proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: http://unity3d.com/...

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Desain UI/UX dalam Game
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.
5%

8

Minggu ke 8

UTS (Project Review 1): Demo prototipe tahap 1

  1. Prototipe bisa dijalankan
  2. Kelengkapan dan kualitas game
Kriteria:
  1. Tinggi: Game lengkap.
  2. Sedang: Game cukup lengkap.
  3. Rendah: Game tidak lengkap.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi Progress UTS

Materi: UTS
Pustaka: SKKNI Nomor 172 Tahun 2024 Keahlian Pengembangan Video Game

Materi: Pengembang Game
Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.

Materi: Pengembang Game
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.

Materi: Pengembang Game
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.
20%

9

Minggu ke 9

Mengembangkan fitur lanjutan (AI, level design, database/networking)

Implementasi fitur tambahan sesuai GDD

Kriteria:

Rubrik proyek & laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memulai memberikan script sederhana pada proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
5%

10

Minggu ke 10

Mengembangkan fitur lanjutan (AI, level design, database/networking)

Implementasi fitur tambahan sesuai GDD

Kriteria:

Rubrik proyek & laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memulai memberikan script sederhana pada proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
5%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan fitur lanjutan (AI, level design, database/networking)

Implementasi fitur tambahan sesuai GDD

Kriteria:

Rubrik proyek & laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memulai memberikan script sederhana pada proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Essentials Pathway: Memperkenalkan dasar penggunaan Unity, antarmuka, dan navigasi.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.

Materi: Integrasi Aset Visual ke Unity
Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
5%

12

Minggu ke 12

Optimasi performa & debugging

Hasil optimasi & dokumentasi bug fixing

Kriteria:

Laporan teknis & demo


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memberikan elemen UI pada proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Unity Learn:
Pustaka: http://unity3d.com/...

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
5%

13

Minggu ke 13

Uji coba & evaluasi game project (beta testing)

Feedback & hasil pengujian

Kriteria:

Laporan hasil uji coba


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memberikan elemen UI pada proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Unity Learn:
Pustaka: http://unity3d.com/...

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
5%

14

Minggu ke 14

Uji coba & evaluasi game project (beta testing)

Feedback & hasil pengujian

Kriteria:

Laporan hasil uji coba


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Memberikan elemen UI pada proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Unity Learn:
Pustaka: http://unity3d.com/...

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity Creative Core Pathway: Menyediakan keterampilan dalam desain aset 3D, visual effects, dan animasi.

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity Junior Programmer Pathway: Fokus pada dasar pemrograman dengan C# dan implementasi logika dalam game.

Materi: Quality Assurance dan Pengujian Game
Pustaka: Unity VR Development Pathway: Memfokuskan pada pengembangan game VR, mulai dari konfigurasi perangkat hingga optimisasi VR.
5%

15

Minggu ke 15

Menyusun laporan & dokumentasi proyek sesuai standar SKKNI

Laporan teknis lengkap & rapi

Kriteria:

Rubrik laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Kuliah, praktikum
Project Based Learning
Tugas :
Menyelesaikan proyek game kelompok
[PB:1x(4x50”)]
Asynchronous : penyelesaian tugas game kelompok
[PT,KM: (1,1)x(4x60”)]
Materi: Strategi Monetisasi
Pustaka: www.youtube.com

Materi: Strategi Monetisasi
Pustaka: http://unity3d.com/...
5%

16

Minggu ke 16

UAS (Final Project Presentation & Demo Game)

Game final sesuai GDD & standar SKKNI

Kriteria:

Presentasi, demo, laporan akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Final Game Project

Materi: UAS
Pustaka: Novak, Jeannie. 2012. Game Development Essentials: An Introduction, Third Edition. Delmar, Cengage Learning. USA

Materi: UAS
Pustaka: Chronister, James. 2011. Blender Basics Classroom Tutorial Book 4th Edition

Materi: UAS
Pustaka: Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development with Unity 4 Second Edition. Apress

Materi: UAS
Pustaka: http://unity3d.com/...
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 3%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Penilaian Praktikum 42%
4. Praktik / Unjuk Kerja 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.