|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DESAIN DAN BUDAYA |
8310102069 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
26 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr.Irma Russanti, S.Pd., M.Ds.
|
Dr.Irma Russanti, S.Pd., M.Ds.
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
(1) Mahasiswa mampu menguraikan secara analitis, logis tentang perkembangan aspek teoritis desain dan kebudayaan
|
PO - 2 |
(2) Mahasiswa mampu menjelaskan konsep budaya dari negara-negara yang berpengaruh sebelum zaman pencerahan sampai zaman modern
|
PO - 3 |
(3) Mahasiswa mampu menganalisis bentuk karya visual yang ditemukan dari hasil peninggalan masa lalu maupun kaitannya dengan perkembangan kebudayaan masa kini.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang desain dan relevansinya dengan kebudayaan melalui sejarah munculnya teori-teori yang mendasari keilmuan desain, perkembangan teknologi dan industrialisasi desain mulai abad 19 hingga abad 21 |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB.
- 2. John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra.
- 4. Agus Sachari. 2007. Budaya Visual Indonesia . Jakarta: Erlangga.
- 6. David Kaplan dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Pendukung : |
|
- PPT, ebook
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ratna Suhartini, M.Si. Dr.Sn. Inty Nahari, S.Pd., M.Ds. Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mampu memahami konsep teoritis desain dan kebudayaan |
Pemahaman konsep dasar desain dan kebudayaan |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
daring 2x50 |
Materi: kajian teoritis desain dan kebudayaan Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami teori Achsenzeit Karl Jasper |
Mahasiswa Mengidentifikasi skema teori zaman poros (Achsenzeit) |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 |
Materi: Teori Archesenzeit Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami Falsafah Yunani dan Metode Perancangan Desain |
Mendeskripsikan falsafah Yunani dan metode perancangan desain |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 |
Materi: Falsafah yunani dan metode prancangan desain Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis Teori jasper pada perancangan desain |
mengkaji artikel jurnal dengan teori jasper |
Kriteria:
sesuai penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Daring 2x50 |
Materi: Mengkaji teori jasper Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis karya desain menggunakan metode perancangan desain |
Mengkaji topik bidang fashion menggunakan metode perancangan desain |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 50x2 |
|
Materi: Analisis menggunakan Metode perancangan desain Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami perkembangan desain dan kebudayaan pada abad renaisans |
Mengkaji perkembanngan desain dan kebudayaan pada abad renaisans |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 50x2 |
|
Materi: Desain dan kebudayaan abad renaisans Pustaka: 2. John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami teori Zaman Pencerahan |
Mengkaji teori pada jaman pencerahan |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Teori Zaman Pencerahan Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Tes |
|
Tes 2x50 |
Materi: Desain dan Budaya Pustaka: 2. John A. Walker. 2010. Desain, Sejarah, Budaya; Sebuah Pengantar Komprehensif . Yogyakarta: Jalasutra. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami perkembangan desain moderen |
mempresentasikan perkembangan desain moderen |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2x50 |
|
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami perkembangan desain moderen |
mempresentasikan perkembangan desain moderen |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2x50 |
|
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion |
mampu menganalisis perkembngan desain fashion |
Kriteria:
menyusun artikel Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
project base learning 2x50 |
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Analisis perkembangan desain moderen bidang fashion |
mampu menganalisis perkembngan desain fashion |
Kriteria:
menyusun artikel Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
project base learning 2x50 |
Materi: Desain moderen Pustaka: 1. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan . Bandung: Penerbit ITB. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |