Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tesis

8712008068

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=6

P=0

ECTS=13.44

3

23 Oktober 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agus Suprijono, M.Si




Dr. Agus Suprijono, M.Si




Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif pembelajaran IPS melalui riset interdisiplin atau multidiisplin dan publikasi ilmiah

PLO-6

Mampu mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah pendidikan IPS melalui riset interdisiplin atau multidisiplin

PLO-7

Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi IPS melalui riset interdisiplin atau multidiplin dan publikasi ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menghasilkan karya ilmiah berbentuk tesis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Tesis pada merupakan tugas akhir bagi mahasiswa S2 atau magister isinya memaparkan secara ilmiah yaitu logis dan sistematis suatu bahasan atau serangkaian gagasan yang merupakan hasil kajian berdasarkan fakta yang disampaikan secara akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Tesis menjadi bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan mahasiswa S2 di dalam di dalam disiplin ilmunya. Semakin baik kualitas tesis, maka semakin membuktikan juga kemampuan mahasiswa dalam menguasai disiplin ilmu yang akan dipraktikkan. Tesis merupakan karya ilmiah yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar magister.

Pustaka

Utama :

  1. Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya

Pendukung :

  1. pedoman penulisan tesis

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S.

Prof. Dr. Warsono, M.S.

Dr. Sugeng Harianto, M.Si.

Dr. Wisnu, M.Hum.

Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Dr. Agus Suprijono, M.Si.

Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.

Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. M. Jacky, S.Sos., M.Si.

Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A.

Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T.

Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
  2. Merumuskan masalah penelitian
  3. Merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
  1. Mampu menulis latar belakang penelitian
  2. Mampu merumuskan masalah penelitian
  3. Mampu merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
  2. Merumuskan masalah penelitian
  3. Merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
  1. Mampu menulis latar belakang penelitian
  2. Mampu merumuskan masalah penelitian
  3. Mampu merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
  2. Merumuskan masalah penelitian
  3. Merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
  1. Mampu menulis latar belakang penelitian
  2. Mampu merumuskan masalah penelitian
  3. Mampu merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
  2. Merumuskan masalah penelitian
  3. Merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
  1. Mampu menulis latar belakang penelitian
  2. Mampu merumuskan masalah penelitian
  3. Mampu merumuskan tujuan penelitian
  4. Merumuskan manfaat penelitian
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  2. Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  3. Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  4. Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
  5. Merumuskan kerangka berpikir
  1. Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  2. Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  3. Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  4. Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
  5. Merumuskan kerangka berpikir
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

6

Minggu ke 6

  1. Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  2. Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  3. Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  4. Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
  5. Merumuskan kerangka berpikir
  1. Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  2. Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  3. Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  4. Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
  5. Merumuskan kerangka berpikir
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  2. Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  3. Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  4. Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
  5. Merumuskan kerangka berpikir
  1. Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  2. Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  3. Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
  4. Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
  5. Merumuskan kerangka berpikir
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mengembangkan instrumen penelitian
  2. Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mengumpulkan data penelitian
  4. Mengolah data penelitian
  5. Menganalisis data penelitian
  1. Mampu mengembangakan instrumen penelitian
  2. Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mampu mengumpulkan data
  4. Mampu mengolah data
  5. Mampu menganlisis data
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

9

Minggu ke 9

  1. Mengembangkan instrumen penelitian
  2. Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mengumpulkan data penelitian
  4. Mengolah data penelitian
  5. Menganalisis data penelitian
  1. Mampu mengembangakan instrumen penelitian
  2. Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mampu mengumpulkan data
  4. Mampu mengolah data
  5. Mampu menganlisis data
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mengembangkan instrumen penelitian
  2. Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mengumpulkan data penelitian
  4. Mengolah data penelitian
  5. Menganalisis data penelitian
  1. Mampu mengembangakan instrumen penelitian
  2. Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mampu mengumpulkan data
  4. Mampu mengolah data
  5. Mampu menganlisis data
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mengembangkan instrumen penelitian
  2. Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mengumpulkan data penelitian
  4. Mengolah data penelitian
  5. Menganalisis data penelitian
  1. Mampu mengembangakan instrumen penelitian
  2. Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
  3. Mampu mengumpulkan data
  4. Mampu mengolah data
  5. Mampu menganlisis data
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

12

Minggu ke 12

  1. Menyajikan hasil penelitian
  2. Menyajikan pembahasan hasil penelitian
  3. Menyajikan dialog hasil penelitian dengan teori yang relevan
  1. Menyajikan hasil penelitian
  2. Menyajikan pembahasan hasil penelitian
  3. Menyajikan dialog hasil hasil penelitian dan teori yang relevan
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

13

Minggu ke 13

  1. Menyajikan hasil penelitian
  2. Menyajikan pembahasan hasil penelitian
  3. Menyajikan dialog hasil penelitian dengan teori yang relevan
  1. Menyajikan hasil penelitian
  2. Menyajikan pembahasan hasil penelitian
  3. Menyajikan dialog hasil hasil penelitian dan teori yang relevan
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

14

Minggu ke 14

  1. Menyajikan hasil penelitian
  2. Menyajikan pembahasan hasil penelitian
  3. Menyajikan dialog hasil penelitian dengan teori yang relevan
  1. Menyajikan hasil penelitian
  2. Menyajikan pembahasan hasil penelitian
  3. Menyajikan dialog hasil hasil penelitian dan teori yang relevan
Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
5%

15

Minggu ke 15

Menarik kesimpulan

Menarik kesimpulan

Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
15%

16

Minggu ke 16

Menulis tesis

Menulis tesis

Kriteria:

Kriteria penilaian acuan patokan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
4 X 50

Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian
Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.