|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Tesis |
8712008068 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=6 |
P=0 |
ECTS=13.44 |
3 |
23 Oktober 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agus Suprijono, M.Si
|
Dr. Agus Suprijono, M.Si
|
Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif pembelajaran IPS melalui riset interdisiplin atau multidiisplin dan publikasi ilmiah |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah pendidikan IPS melalui riset interdisiplin atau multidisiplin |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi IPS melalui riset interdisiplin atau multidiplin dan publikasi ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menghasilkan karya ilmiah berbentuk tesis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Tesis pada merupakan tugas akhir bagi mahasiswa S2 atau magister isinya memaparkan secara ilmiah yaitu logis dan sistematis suatu bahasan atau serangkaian gagasan yang merupakan hasil kajian berdasarkan fakta yang disampaikan secara akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Tesis menjadi bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan mahasiswa S2 di dalam di dalam disiplin ilmunya. Semakin baik kualitas tesis, maka semakin membuktikan juga kemampuan mahasiswa dalam menguasai disiplin ilmu yang akan dipraktikkan. Tesis merupakan karya ilmiah yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar magister. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya
|
Pendukung : |
|
- pedoman penulisan tesis
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S. Prof. Dr. Warsono, M.S. Dr. Sugeng Harianto, M.Si. Dr. Wisnu, M.Hum. Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Dr. Agus Suprijono, M.Si. Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd. Dr. M. Jacky, S.Sos., M.Si. Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A. Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. Dr. Kusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
- Merumuskan masalah penelitian
- Merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
- Mampu menulis latar belakang penelitian
- Mampu merumuskan masalah penelitian
- Mampu merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
- Merumuskan masalah penelitian
- Merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
- Mampu menulis latar belakang penelitian
- Mampu merumuskan masalah penelitian
- Mampu merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
- Merumuskan masalah penelitian
- Merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
- Mampu menulis latar belakang penelitian
- Mampu merumuskan masalah penelitian
- Mampu merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengembangkan latar belakang penelitian berdasarkan penelusuran penelitian terdahulu berbasis artikel jurnal
- Merumuskan masalah penelitian
- Merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
- Mampu menulis latar belakang penelitian
- Mampu merumuskan masalah penelitian
- Mampu merumuskan tujuan penelitian
- Merumuskan manfaat penelitian
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
- Merumuskan kerangka berpikir
|
- Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
- Merumuskan kerangka berpikir
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
- Merumuskan kerangka berpikir
|
- Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
- Merumuskan kerangka berpikir
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
- Merumuskan kerangka berpikir
|
- Menganalisis konsep dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis proposisi dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Menganalisis prinsip dari teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Merumuskan hipotesis untuk penelitian kuantitatif
- Merumuskan kerangka berpikir
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mengembangkan instrumen penelitian
- Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mengumpulkan data penelitian
- Mengolah data penelitian
- Menganalisis data penelitian
|
- Mampu mengembangakan instrumen penelitian
- Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mampu mengumpulkan data
- Mampu mengolah data
- Mampu menganlisis data
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
9
Minggu ke 9 |
- Mengembangkan instrumen penelitian
- Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mengumpulkan data penelitian
- Mengolah data penelitian
- Menganalisis data penelitian
|
- Mampu mengembangakan instrumen penelitian
- Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mampu mengumpulkan data
- Mampu mengolah data
- Mampu menganlisis data
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mengembangkan instrumen penelitian
- Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mengumpulkan data penelitian
- Mengolah data penelitian
- Menganalisis data penelitian
|
- Mampu mengembangakan instrumen penelitian
- Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mampu mengumpulkan data
- Mampu mengolah data
- Mampu menganlisis data
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mengembangkan instrumen penelitian
- Menguji validitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mengumpulkan data penelitian
- Mengolah data penelitian
- Menganalisis data penelitian
|
- Mampu mengembangakan instrumen penelitian
- Mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk penelitian kuantitatif
- Mampu mengumpulkan data
- Mampu mengolah data
- Mampu menganlisis data
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Menyajikan hasil penelitian
- Menyajikan pembahasan hasil penelitian
- Menyajikan dialog hasil penelitian dengan teori yang relevan
|
- Menyajikan hasil penelitian
- Menyajikan pembahasan hasil penelitian
- Menyajikan dialog hasil hasil penelitian dan teori yang relevan
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menyajikan hasil penelitian
- Menyajikan pembahasan hasil penelitian
- Menyajikan dialog hasil penelitian dengan teori yang relevan
|
- Menyajikan hasil penelitian
- Menyajikan pembahasan hasil penelitian
- Menyajikan dialog hasil hasil penelitian dan teori yang relevan
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Menyajikan hasil penelitian
- Menyajikan pembahasan hasil penelitian
- Menyajikan dialog hasil penelitian dengan teori yang relevan
|
- Menyajikan hasil penelitian
- Menyajikan pembahasan hasil penelitian
- Menyajikan dialog hasil hasil penelitian dan teori yang relevan
|
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menarik kesimpulan |
Menarik kesimpulan |
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Menulis tesis |
Menulis tesis |
Kriteria:
Kriteria penilaian acuan patokan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 4 X 50 |
|
Materi: Latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian Pustaka: Pedoman Penulisan Tesis Universitas Negeri Surabaya |
15% |