|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Statistik |
8420402329 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
19 Oktober 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Antina Delhita, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyono, M.Pd.
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mampu melakukan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah |
PLO-11 |
Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, mendesain dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah serta mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami hakikat statistika bagi mahasiswa Pendidikan Kimia
|
PO - 2 |
Memahami tentang Data Penelitian
|
PO - 3 |
Memahami kapan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & non parametrik).
|
PO - 4 |
Memahami berbagai teknik uji statistika parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.
|
PO - 5 |
Memahami berbagai teknik uji statistika non parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.
|
PO - 6 |
Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.
|
PO - 7 |
Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika non parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | | PO-5 | ✔ | ✔ | | PO-6 | | ✔ | ✔ | PO-7 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang : statistik deskriptif; peluang dan distribusi peluang diskrit/kontinu; statistik inferensial yang berisi penaksiran parameter dan pengujian hipotesis; analisis data dengan program SPSS. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning
- Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito
- Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta
- Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta
- Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996
- Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
- RPS Statistik
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Antina Delhita, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- 1.Menjelaskan posisi dan/atau peran statistika dalam metode ilmiah/metode penelitian (Statistics is tool of science).
- 2.Menjelaskan CPMK Statistika Dasar sebagai bagian dari kontrak pembelajaran yang harus diinternalisasi (dirasakan).
|
- 1.Menghasilkan tulisan singkat berupa penjelasan tentang peran statistika sebagai tool of science dalam tahapan penelitian dalam kimia.
- 2.Menghasilkan pernyataan tertulis berisi kontrak pembelajaran Statistika Dasar yang akan dikerjakan dalam satu semester.
|
Kriteria:
- 1. Tulisan singkat yang dihasilkan memuat peran statistika deskriptif dan statistika inferensial dalam implementasi metode ilmiah dalam penelitian kimia.
- 2. Kontrak pembelajaran yang ditulis realistis dan sesuai dengan RPS Statistika Dasar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diberikan diagram alir metode ilmiah, mahasiswa diminta menjelaskan posisi dan/atau peran statistika dalam tahapan metode ilmiah (metode penelitian) dalam penelitian kimia. Mahasiswa diminta membaca RPS kemudian diminta menuliskan kontrak pembelajaran yang akan dipenuhi selama satu semester. 100 menit |
|
Materi: Peran statistika sebagai tool of science (peran statistika dalam implementasi metode ilmiah). Pustaka: Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. Materi: Penyusunan kontrak pembelajaran sesuai RPS Statistik. Pustaka: RPS Statistik |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- 1. Membedakan jenis-jenis skala data (nominal, ordinal, interval, dan ratio).
- 2. Mengorganisasikan data sesuai dengan kebutuhan/tujuan analisis data dalam penelitian bidang kimia.
|
- 1. Mahasiswa dapat menetapkan skala data yang tepat ketika diberikan contoh data penelitian kimia.
- 2. Mahasiswa dapat memilih cara pengorganisasian data yang tepat.
|
Kriteria:
- 1. Setiap mahasiswa dapat menjawab dengan benar ketika diminta menetapkan skala data yang tepat jika kepadanya diberikan contoh data penelitian yang diambilkan dari sebuah skripsi mahasiswa pendidikan kimia.
- 2. Setiap mahasiswa dapat memilih cara pengorganisasian data yang tepat ketika kepanya ditunjukkan tujuan penelitian.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menyajikan makalah singkat yang merepresentasi kemampuan mahasiswa dalam membedakan jenis-jenis skala data; hasil penugasan yang disampaikan pada akhir pertemuan pertama (diberlakukan untuk 50% jumlah mahasiswa). Menyajikan hasil book report (Buku Sudjana) tentang macam-macam pengorganisasian data penelitian; hasil penugasan yang diberikan pada akhir pertemuan pertama (diberlakukan untuk 50% jumlah mahasiswa). 100 menit |
|
Materi: Jenis-jenis Skala Data (nominal, ordinal, interval, dan ratio). Pustaka: Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning Materi: Macam-macam cara pengorganisasian data penelitian. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memanfaatkan program-program aplikasi statistika (excell atau yang lain) dalam memvisualisasi data ke dalam bentuk gambar. |
Menghasilkan laporan tertulis hasil transformasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar. |
Kriteria:
Transformasi data yang dilaporkan mendukung kepentingan analisis data dan tujuan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Praktik pengubahan organisasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar. 100 menit |
|
Materi: Cara-cara konvensional transformasi organisasi data dari bentuk daftar/tabel ke dalam bentuk diagram/gambar. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Penggunaan SPSS dalam transformasi organisasi data. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- 1. Menjelaskan perbedaan keberlakukan simpulan analisis data secara deskriptif dan secara inferensial.
- 2. Menjelaskan perbedaan "kekuatan" simpulan yang dikembangkan melalui analisis data secara parametrik dan secara non parametrik.
- 3. Menetapkan kesesuaian skala data dengan pilihan uji statistika parametrik atau non parametrik.
|
Ketika diberikan rumusan tujuan penelitian dan data pendukung yang tersedia, mahasiswa dapat menetapkan metoda statistika yang digunakan. |
Kriteria:
Ketika diberikan rumusan tujuan penelitian dan data pendukung yang tersedia, mahasiswa dapat menetapkan metoda statistika yang digunakan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Setelah diberikan informasi tentang aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (baik parametrik maupun nonparametrik) berbantuan presentasi materi (format PPT) mahasiswa diminta menetapkan pilihan statistika yang akan digunakan. 100 menit |
|
Materi: Aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & nonparametrik). Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aksiologi statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & nonparametrik). Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengevaluasi syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS). |
Menghasilkan laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi disertai pernyataan simpulan yang bermakna. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Praktik penggunaan SPSS dalam uji homogenitas dan uji normalitas kelompok data interval dan/atau ratio sebagai representasi populasi. 100 menit |
|
Materi: SPSS dalam analisis data. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengevaluasi syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS). |
Menghasilkan laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji hogenitas dan normalitas populasi disertai pernyataan simpulan yang bermakna. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Evaluasi kelas terhadap hasil praktik SPSS untuk uji homogenitas dan normalitas. 100 menit |
|
Materi: SPSS dalam analisis data. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu melakukan uji paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS. |
Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika parametrik komparasional berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika parametrik komparasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika parametrik komparasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100 menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika parametrik komparasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika parametrik komparasional. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 1 s.d. minggu ke 7. |
Indikator-indikator representasi (sampling) dari sub-CPMK pembelajaran minggu ke 1 s.d. minggu ke 7. |
Kriteria:
Seluruh indikator yang diuji dinyatakan 100% tercapai. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UTS 100 menit |
|
Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Howell, D. C, 2010,Statistical Methods For Psychology,US : Wardsworth Learning Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta Materi: Semua materi pertemuan 1-7 Pustaka: Suriasumantri, J.S. (2013). Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu melakukan uji parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS. |
Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika parametrik korelasional dua peubah berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika parametrik korelasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika parametrik korelasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika parametrik korelasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu melakukan uji non paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS. |
Menghasilkan sebuah laporan hasil praktik uji statistika non parametrik komparasional berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika non parametrik komparasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika non parametrik komparasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100 menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sugiyono, 2009,Statistika untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu melakukan uji non parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS. |
Mampu melakukan uji non parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS. |
Kriteria:
Laporan hasil praktik uji statistika non parametrik korelasional yang dibuat setiap mahasiswa memuat simpulan statitika dan simpulan penelitian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Presentasi dosen tentang berbagai teknik uji statistika non parametrik korelasional dilanjut dengan praktik penggunaannya berbantuan SPSS. 100 menit |
|
Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Berbagai macam uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta Materi: Aplikasi SPSS pada uji statistika non parametrik korelasional. Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengevaluasi kasus; kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah. |
Menghasilkan laporan berupa temuan sebuah skripsi atau artikel yang di dalamnya terdapat penggunaan uji statistika dengan tidak benar. |
Kriteria:
Laporan yang dibuat disertai dokumen/acuan pendukung atas klaim yang dibuat (pernyataan adanya kesalahan pemilihan uji statistika). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi kasus; searching laporan penelitian dan/atau artikel yang menggunakan uji statistika parametrik dengan tidak benar/tidak tepat. 100 menit |
|
Materi: Tujuh dosa besar dalam analisis statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996, |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan. |
Saran perbaikan yang ditulis didukung oleh rujukan ilmiah disertai dengan bukti empiris berupa analisis data ulang menggunakan SPSS. |
Kriteria:
Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa atas temuan dari studi kasus dan penyampaian saran perbaikan. 100 menit |
|
Materi: Tujuh dosa besar dari Analisis Statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996, |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan. |
Saran perbaikan yang ditulis didukung oleh rujukan ilmiah disertasi dengan bukti empiris berupa analisis data ulang menggunakan SPSS. |
Kriteria:
Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa atas temuan dari studi kasus dan penyampaian saran perbaikan. 100 menit |
|
Materi: Dosa yang mematikan dalam analisis statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan. |
Substansi hasil evaluasi mengindikasikan bahwa CPMK Statistika Dasar telah tuntas. |
Kriteria:
Menggunakan expert judgement dosen fasilitator terhadap laporan studi kasus yang dibuat mahasiswa. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Evaluasi bersama (dosen & mahasiswa) terhadap proses & produk pembelajaran yang telah dijalankan bersama. 100 menit |
|
Materi: Dosa yang mematikan dalam analisis statistika. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. |
Indikator-indikator representasi (sampling) dari subCPMK pembelajaran minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. |
Kriteria:
Semua mahasiswa tuntas dalam keseluruhan indikator yang dujikan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Akhir Semester (UAS) dengan level HOTS & Open Book 100 menit |
|
Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. Pustaka: Sudjana, 1996,Metoda Statistika, Bandung : Tarsito Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. Pustaka: Sugiyono, 2010,StatistikNonparametrisuntuk Penelitian, Bandung. Alfabeta Materi: Semua materi dari minggu ke 9 s.d. minggu ke 15. Pustaka: Kuzon, W.M., Urbancheck, M.G., & McCabe, S. (1996). The Seven Deadly Sins of Statistical Analysis. Annals of Plastic Surgery. Volume 37/Number 3/Sept 1996, |
15% |