Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kuliah Kerja Nyata (Kkn)

8520203316

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

3 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis dan mengevaluasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembelajaran dilakukan dengan pola Pra Penerjunan dan Penerjunan. Pra penerjunan, diberikandua bulan sebelum penerjunan KKN dengan memberikan materi kuliah

Pustaka

Utama :

  1. Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
  2. Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional

Pendukung :

  1. Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional

Dosen Pengampu

Achmad Rizanul Wahyudi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

2

Minggu ke 2

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

3

Minggu ke 3

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

4

Minggu ke 4

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
25%

5

Minggu ke 5

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

6

Minggu ke 6

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

7

Minggu ke 7

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

8

Minggu ke 8

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

9

Minggu ke 9

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

10

Minggu ke 10

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

11

Minggu ke 11

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

12

Minggu ke 12

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

13

Minggu ke 13

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

14

Minggu ke 14

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

15

Minggu ke 15

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%

16

Minggu ke 16

Menjalakan kegiatan kkn dan kordinasi dengan pendamping

mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami

Kriteria:

mahasiswa mampu menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan praktek
ceramah dan praktek
Materi: Mahasiswa memahami tujuan
Pustaka: Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Unesa Buku Pedoman KKN-PPM Perguruan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, DepartemenPendidikan Nasional
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.