Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain Otomotif

8320303307

T=1

P=2

ECTS=4.77

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu membuat gambar kerja secara manual

PO - 2

Mampu merencanakan gambar

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang proses desain komponen otomotif meliputi pengenalan peralatan gambar, jenis-jenis garis, proyeksi, potongan, ukuran, toleransi, merencanakan gambar, keterampilan menggunakan peralatan gambar dan software CAD. menggunakan bentuk pembelajaran berupa pembelajaran berbasis proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Anwari, 1978. Menggambar Teknik Mesin 2 . Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan
  2. Baharudin Yakob. 1979. Menggambar Mesin 3 . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Juhana Ohan, Suratman. M. 2000. Menggambar Teknik Mesin . Bandung: Pustaka Grafika
  4. Marbun, Moyn. 1993. Menggambar Teknik Mesin . Bandung: Penerbit M2S
  5. Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
  6. Yogaswara, Eka. 2004. Membaca Gambar Teknik SMK. Bandung: Armico

Pendukung :

  1. www.teachertube.com/video/orthographic-projection-252358
  2. https://www.youtube.com/watch?v=h1jRXwlSQXs

Dosen Pengampu

Akhmad Hafizh Ainur Rasyid, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan fungsi gambar teknik

Ketepatan menjelaskan fungsi gambar teknik

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik observasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50
Materi: fungsi gambar
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
3%

2

Minggu ke 2

Mampu menyebutkan berbagai peralatan gambar teknik, kontruksi geometris, dan huruf

  1. Ketepatan mengidentifikasi minimal 4 peralatan utama menggambar
  2. Ketepatan mengidentifikasi konstruksi geometris
  3. Ketepatan mengidentifikasi huruf sesuai standar iso
Kriteria:

kesesuaian dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: peralatan gambar
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
3%

3

Minggu ke 3

Mampu membuat geometri

Ketepatan membuat gambar geometri

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: menggambar geometri
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
4%

4

Minggu ke 4

Mampu menjelaskan macam-macam garis dan pengunaanya dalam gambar Teknik

  1. Ketepatan menjelaskan macam-macam garis
  2. Ketepatan menerapkan garis pada gambar sesuai setandar iso
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik observasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: garis
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
8%

5

Minggu ke 5

Mampu menjelaskan aturan proyeksi piktorial

Ketepatan memahami aturan proyeksi piktorial

Kriteria:

kesesuaian dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
3%

6

Minggu ke 6

Mampu Membuat gambar benda dengan aturan proyeksi piktorial

  1. Ketepatan membuat gambar dengan aturan proyeksi isometri
  2. Ketepatan membuat gambar dengan aturan proyeksi dimetri
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...
8%

7

Minggu ke 7

Mampu menjelaskan aturan proyeksi orthogonal

  1. Ketepatan memahami aturan proyeksi orthogonal amerika
  2. Ketepatan memahami aturan proyeksi orthogonal eropa
Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik observasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...
3%

8

Minggu ke 8

ujian sub sumatif

mampu menyelesaikan soal uss

Kriteria:

menyelesaikan soal uss sesuai rubrik penilaian

menyelesaikan soal uss
2 X 50
menyelesaikan soal uss
2 X 50
Materi: semua materi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
5%

9

Minggu ke 9

Mampu Membuat gambar benda dengan aturan proyeksi orthogonal amerika

Ketepatan membuat gambar dengan aturan proyeksi amerika

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...

Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
8%

10

Minggu ke 10

Mampu Membuat gambar benda dengan aturan proyeksi orthogonal eropa

Ketepatan membuat gambar dengan aturan proyeksi eropa

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...
8%

11

Minggu ke 11

Mampu menjelaskan aturan gambar potongan

Ketepatan memahami aturan pembuatan gambar potongan

Kriteria:

kesesuaian dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50
Materi: potongan
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
4%

12

Minggu ke 12

Mampu Membuat gambar proyeksi yang dilengkapi dengan potongan

Ketepatan membuat gambar dengan potongan

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: potongan
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
10%

13

Minggu ke 13

Mampu Membuat gambar 3d ke 2d menggunakan aturan proyeksi dan dilengkapi dengan potongan

Ketepatan membuat gambar 3d ke 2d menggunakan aturan proyeksi dan dilengkapi dengan potongan

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...

Materi: potongan
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
10%

14

Minggu ke 14

Mampu Membuat gambar 2d ke 3d menggunakan aturan proyeksi dan dilengkapi dengan potongan

Ketepatan membuat gambar 2d ke 3d menggunakan aturan proyeksi dan dilengkapi dengan potongan

Kriteria:

kesesuaian jawaban dengan kunci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, dan penugasan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...

Materi: potongan
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
10%

15

Minggu ke 15

Mampu mengevaluasi penggunaan proyeksi dan potongan pada gambar

Ketepatan mengevaluasi gambar

Kriteria:

kesesuaian jawaban dengan kunci

Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan
2 X 50
Materi: proyeksi
Pustaka: https://www.youtube.com/...

Materi: potongan
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
8%

16

Minggu ke 16

ujian sumatif

mampu menyelesaikan soal us

Kriteria:

menyelesaiakan soal us sesuai rubrik penilaian

mengerjakan soal us
2 X 50
mengerjakan soal us
2 X 50
Materi: semua materi
Pustaka: Sato Takhesi, Sugiarto. 1986. Menggambar Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 62%
82%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.