Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Seni Musik 1

8620602116

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

6 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengetahuan dan pemahaman wawasan teori musik dasar meliputi notasi, nada, tangga nada, dan simbol-simbol yang digunakan dalam bermusik.

Pustaka

Utama :

  1. Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
  2. Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
  3. Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
  4. Yuniastuti, Yuyun. 2015. Teori Musik Tingkat Muda. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.

Pendukung :

Dosen Pengampu

YOYOK YERMIANDHOKO

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengetahui garis besar materi perkuliahanMemahami kontrak perkuliahan

  1. Menyebutkan garis besar materi perkuliahan
  2. Menyepakati kontrak perkuliahan
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Ceramah
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mengetahui bentuk, nama, dan nilai notasi musik.Memahami bentuk, nama, dan nilai notasi musik

  1. Menyebutkan bentuk, nama, dan nilai notasi dengan tepat.
  2. Membaca dan menuliskan bentuk, nama, dan nilai notasi dengan tepat.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mengetahui bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat.Memahami bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat.

  1. Menyebutkan bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat dengan tepat.
  2. Membaca dan menuliskan bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat dengan tepat.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan saintifik Ceramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mengetahui fungsi tanda titik dan busur penghubung pada notasi balokMemahami fungsi titik dan busur penghubung pada notasi balok

  1. Menyebutkan fungsi tanda titik dan busur penghubung pada notasi balok dengan tepat.
  2. Mampu membaca dan menuliskan notasi yang menggunakan tanda titik dan busur penghubung
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mengetahui ragam birama dan fungsi tanda biramaMemahami ragam dan fungsi tanda birama

  1. Menyebutkan ragam birama dan fungsi tanda birama dengan tepat.
  2. Mampu membaca dan menulis notasi sesuai ragam biramanya
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan Saintifik Ceramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mengetahui ragam ritme berdasar sukatMemahami ragam ritme berdasar sukat

  1. Menyebutkan ragam ritme berdasar tanda birama dengan tepat.
  2. Mampu membaca dan menulis ritme sesuai ragam biramanya
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan Saintifik Ceramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mengetahui nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nadaMemahami nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nada

  1. Menyebutkan nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nada dengan tepat.
  2. Mampu membaca dan menulis nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nada dengan tepat
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya JawabPemberian Tugas
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menguasai materi yang telah disampaikan pada pertemuan ke-2 sampai dengan pertemuan ke-7

Mengerjakan soal dengan menjawab pertanyaan soal USS

Kriteria:
  1. Rubrik Penilaian
  2. Nilai Akhir ( Jumlah :40 ) x 100
  3. Keterangan:Skor 4 : Penjelasan lengkap dan tepat, Skor 3 : Penjelasan lengkap dan kurang tepat.
  4. Skor 2 : Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat, Skor 1 : Penjelasan tidak lengkap.

2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mengetahui macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi.Memahami macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi

  1. Menyebutkan macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi dengan tepat.
  2. Mampu menerapkan macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi dengan tepat.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya JawabPemberian tugas
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mengetahui macam tangga nada diatonis mayorMemahami teori lingkaran kwint dank kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.

  1. Menyebutkan macam tangga nada diatonis mayor dengan sistem kruis dan mol.
  2. Mampu menerapkan teori lingkaran kwint dan kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan saintifikCeramahDiskusiTanya JawabPemberian tugas
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mengetahui macam tangga nada diatonis mayorMemahami teori lingkaran kwint dank kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.

  1. Menyebutkan macam tangga nada diatonis mayor dengan sistem kruis dan mol.
  2. Mampu menerapkan teori lingkaran kwint dan kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian tugas
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mengetahui macam tangga nada diatonis mayorMemahami teori lingkaran kwint dank kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.

  1. Menyebutkan macam tangga nada diatonis mayor dengan sistem kruis dan mol.
  2. Mampu menerapkan teori lingkaran kwint dan kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian tugas
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mengetahui macam dan fungsi clef dan key signature.Memahami macam dan fungsi clef dan key signature

  1. Menyebutkan macam dan fungsi clef dan key signature pada paranada dengan tepat.
  2. Mampu menerapkan macam dan fungsi clef dan key signature dengan tepat.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian tugas
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mengetahui macam dan fungsi clef dan key signature.Memahami macam dan fungsi clef dan key signature

  1. Menyebutkan macam dan fungsi clef dan key signature pada paranada dengan tepat.
  2. Mampu menerapkan macam dan fungsi clef dan key signature dengan tepat.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian Tugas
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mengetahui macam dan fungsi clef dan key signature.Memahami macam dan fungsi clef dan key signature

  1. Menyebutkan macam dan fungsi clef dan key signature pada paranada dengan tepat.
  2. Mampu menerapkan macam dan fungsi clef dan key signature dengan tepat.
Kriteria:
  1. RUBRIK PENILAIAN
  2. SKOR
  3. KRITERIA
  4. 4
  5. Penjelasan lengkap dan tepat
  6. 3
  7. Penjelasan lengkap namun kurang tepat
  8. 2
  9. Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
  10. 1
  11. Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian Tugas
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.