|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Seni Musik 1 |
8620602116 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengetahuan dan pemahaman wawasan teori musik dasar meliputi notasi, nada, tangga nada, dan simbol-simbol yang digunakan dalam bermusik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
- Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
- Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
- Yuniastuti, Yuyun. 2015. Teori Musik Tingkat Muda. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
YOYOK YERMIANDHOKO |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengetahui garis besar materi perkuliahanMemahami kontrak perkuliahan |
- Menyebutkan garis besar materi perkuliahan
- Menyepakati kontrak perkuliahan
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Ceramah 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mengetahui bentuk, nama, dan nilai notasi musik.Memahami bentuk, nama, dan nilai notasi musik |
- Menyebutkan bentuk, nama, dan nilai notasi dengan tepat.
- Membaca dan menuliskan bentuk, nama, dan nilai notasi dengan tepat.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mengetahui bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat.Memahami bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat. |
- Menyebutkan bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat dengan tepat.
- Membaca dan menuliskan bentuk, nama, dan nilai tanda istirahat dengan tepat.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan saintifik Ceramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mengetahui fungsi tanda titik dan busur penghubung pada notasi balokMemahami fungsi titik dan busur penghubung pada notasi balok |
- Menyebutkan fungsi tanda titik dan busur penghubung pada notasi balok dengan tepat.
- Mampu membaca dan menuliskan notasi yang menggunakan tanda titik dan busur penghubung
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mengetahui ragam birama dan fungsi tanda biramaMemahami ragam dan fungsi tanda birama |
- Menyebutkan ragam birama dan fungsi tanda birama dengan tepat.
- Mampu membaca dan menulis notasi sesuai ragam biramanya
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan Saintifik Ceramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mengetahui ragam ritme berdasar sukatMemahami ragam ritme berdasar sukat |
- Menyebutkan ragam ritme berdasar tanda birama dengan tepat.
- Mampu membaca dan menulis ritme sesuai ragam biramanya
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan Saintifik Ceramah Diskusi Tanya Jawab Pemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mengetahui nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nadaMemahami nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nada |
- Menyebutkan nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nada dengan tepat.
- Mampu membaca dan menulis nama nada, kesatuan, dan tinggi rendah nada dengan tepat
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya JawabPemberian Tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai materi yang telah disampaikan pada pertemuan ke-2 sampai dengan pertemuan ke-7 |
Mengerjakan soal dengan menjawab pertanyaan soal USS |
Kriteria:
- Rubrik Penilaian
- Nilai Akhir ( Jumlah :40 ) x 100
- Keterangan:Skor 4 : Penjelasan lengkap dan tepat, Skor 3 : Penjelasan lengkap dan kurang tepat.
- Skor 2 : Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat, Skor 1 : Penjelasan tidak lengkap.
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengetahui macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi.Memahami macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi |
- Menyebutkan macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi dengan tepat.
- Mampu menerapkan macam dan fungsi tanda kromatis pada notasi dengan tepat.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya JawabPemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mengetahui macam tangga nada diatonis mayorMemahami teori lingkaran kwint dank kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis. |
- Menyebutkan macam tangga nada diatonis mayor dengan sistem kruis dan mol.
- Mampu menerapkan teori lingkaran kwint dan kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan saintifikCeramahDiskusiTanya JawabPemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengetahui macam tangga nada diatonis mayorMemahami teori lingkaran kwint dank kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis. |
- Menyebutkan macam tangga nada diatonis mayor dengan sistem kruis dan mol.
- Mampu menerapkan teori lingkaran kwint dan kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengetahui macam tangga nada diatonis mayorMemahami teori lingkaran kwint dank kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis. |
- Menyebutkan macam tangga nada diatonis mayor dengan sistem kruis dan mol.
- Mampu menerapkan teori lingkaran kwint dan kwart dalam menyusun skala tangga nada diatonis.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengetahui macam dan fungsi clef dan key signature.Memahami macam dan fungsi clef dan key signature |
- Menyebutkan macam dan fungsi clef dan key signature pada paranada dengan tepat.
- Mampu menerapkan macam dan fungsi clef dan key signature dengan tepat.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengetahui macam dan fungsi clef dan key signature.Memahami macam dan fungsi clef dan key signature |
- Menyebutkan macam dan fungsi clef dan key signature pada paranada dengan tepat.
- Mampu menerapkan macam dan fungsi clef dan key signature dengan tepat.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian Tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengetahui macam dan fungsi clef dan key signature.Memahami macam dan fungsi clef dan key signature |
- Menyebutkan macam dan fungsi clef dan key signature pada paranada dengan tepat.
- Mampu menerapkan macam dan fungsi clef dan key signature dengan tepat.
|
Kriteria:
- RUBRIK PENILAIAN
- SKOR
- KRITERIA
- 4
- Penjelasan lengkap dan tepat
- 3
- Penjelasan lengkap namun kurang tepat
- 2
- Penjelasan kurang lengkap dan kurang tepat
- 1
- Penjelasan tidak lengkap dan tidak tepat
|
Pendekatan SaintifikCeramahDiskusiTanya jawabPemberian Tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |