|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
SOCIAL MEDIA MARKETING |
6120903062 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Fresha kharisma,S.E.,M.SM. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.
|
Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS untuk menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi dengan perkembangan media sosial
|
PO - 2 |
Menguasai konsep teoritis bidang teknologi-teknologi media digital secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang perkembangan teknologi media sosial, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang media sosial dan customer engagement
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat mengerjakan karya copywriting secara individu di media sosial untuk pemasaran produk/jasa perusahaan
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat berkerja dengan tim untuk merancang strategi pemasaran digital dan iklan melalui sosial media dalam jangka panjang
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi keberhasilan pemasaran sosial media dengan social media marketing analytics
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah social media marketing dirancang untuk mengajarkan mahasiswa cara menggunakan platform media sosial secara efektif untuk mencapai tujuan pemasaran. Mata kuliah berbasis project ini mencakup berbagai topik, termasuk Dasar-Dasar Platform media sosial; Pembuatan Konten Pemasaran Media Sosial; Pengembangan Strategi pemasaran media sosial yang selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan; Periklanan di media sosial; Analisis dan Pelaporan dan Manajemen Komunitas untuk terlibat dengan audiens perusahaan, menangani pertanyaan pelanggan, dan mengelola reputasi online. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
- Heggde, Githa, And G. Shainesh. 2019. Social Media Marketing: Emerging Concepts And Applications
- Zarella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. Canada: O'Reilly Media, Inc.
- Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc
|
Pendukung : |
|
- David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly
- Artikel jurnal Elsevier/Emerald
|
Dosen Pengampu
|
Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com. Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM. Fresha Kharisma, S.E., M.SM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Social Media Marketing dan customer engagement |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Social Media Marketing
- Mahasiswa mampu menjelaskan customer engagement
|
Kriteria:
Meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
Tugas 1:
Menyusun poster infografis perkembangan social media marketing selama 10 tahun terakhir
|
|
Materi: customer engagement Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan new role of the customer |
- Mampu menjelaskan perkembangan CRM di social media
- Mampu menjelaskan social business ecosystem
|
Kriteria:
Meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Discussion, course
Tugas 2:
Menganalisis 2 perbandingan hasil penelitian di artikel jurnal yang membahas tentang perkembangan karakteristik CRM di social media
|
|
Materi: Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc. Pustaka: |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu merumuskan perencanaan dan penjadwalan Social Media Marketing |
- Mampu merancang perencanaan Social Media Marketing untuk perusahaan/brand
- Mampu mempresentasikan ide rancangan perencanaan Social Media Marketing untuk perusahaan/brand
|
Kriteria:
Merancang desain output perkuliahan secara berkelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Discussion, course
Secara berkelompok tentukan pembagian tugas sebagai:
1. Social Media Specialist
2. Social Media Strategist/Manager
3. Graphic Designer
4. Social Media Analyst
dan menyusun social media marketing plan selama 1 tahun untuk produk/jasa
|
|
Materi: Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc. Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengerjakan copywriting pemasaran digital melalui sosial media untuk produk/jasa dari sektor: industri, tourism, retail, jasa, pertanian/kelautan secara individu. |
- Mahasiswa dapat menyusun hasil copywriting untuk iklan melalui social media
- Mampu merumuskan Penjadwalan Social Media Marketingl
|
Kriteria:
meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Discussion, course
Menyusun minimal 2 materi iklan digital di minimal 2 social media platform
|
|
Materi: Copywriting Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengerjakan copywriting pemasaran digital melalui sosial media untuk produk/jasa dari sektor: industri, tourism, retail, jasa, pertanian/kelautan secara individu. |
- Mahasiswa dapat menyusun hasil copywriting untuk iklan melalui social media
- Mampu merumuskan Penjadwalan Social Media Marketingl
|
Kriteria:
meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
Menyusun minimal 2 materi iklan digital di minimal 2 social media platform
|
|
Materi: copywriting Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial: Instagram, Facebook, X (Twitter), TikTok, LinkedIn< Youtube |
Mampu membuat output social media marketing secara utuh dalam bentuk iklan digital di platform media sosial. |
Kriteria:
merumuskan perencanaan dan penjadwalan social media marketing Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
( [PB: 2x(3x50”)]
Tugas 5/project evaluasi tengah semester:
Menyusun iklan digital selama 3 pekan di minimal 2 platform media sosial
|
|
Materi: social media marketing multiplatform Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial: Instagram, Facebook, X (Twitter), TikTok, LinkedIn< Youtube |
Mampu membuat output social media marketing secara utuh dalam bentuk iklan digital di platform media sosial. |
Kriteria:
merumuskan perencanaan dan penjadwalan social media marketing Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Discussion, course
( [PB: 2x(3x50”)]
Tugas 5/project evaluasi tengah semester:
Menyusun iklan digital selama 3 pekan di minimal 2 platform media sosial
|
|
Materi: social media marketing multiplatform Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement. |
- Mampu melakukan analisis Social Analytics
- Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
|
Kriteria:
- Meringkas materi kuliah
- Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5
|
|
Materi: Word of Mouth (WOM) Versus Social Media WOM Pustaka: Heggde, Githa, And G. Shainesh. 2019. Social Media Marketing: Emerging Concepts And Applications Materi: analisis social media Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement. |
- Mampu melakukan analisis Social Analytics, Mampu melakukan analisis metrics dan measurement. 3. membuat konten social media marketing youtube
- Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
- membuat konten social media marketing youtube
|
Kriteria:
Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5
|
|
Materi: social media marketing analytics Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement. |
- Mampu melakukan analisis Social Analytics, Mampu melakukan analisis metrics dan measurement. 3. membuat konten social media marketing youtube
- Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
- membuat konten social media marketing youtube
|
Kriteria:
Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5
|
|
Materi: social media marketing analytics Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc Materi: CRM social media marketing Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc Materi: social media marketing analytics Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
5% |
12
Minggu ke 12 |
|
- Mampu memahami implementasi CRM di sosial media 2. Mampu memahami implementasi ORM di social media 3. Mampu melaksanakan manajemen komunitas
- Mampu memahami implementasi ORM di social media
- Mampu melaksanakan manajemen komunitas
|
Kriteria:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 7:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media
|
|
Materi: artikel Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
5% |
13
Minggu ke 13 |
|
- Mampu memahami implementasi CRM di sosial media 2. Mampu memahami implementasi ORM di social media 3. Mampu melaksanakan manajemen komunitas
- Mampu memahami implementasi ORM di social media
- Mampu melaksanakan manajemen komunitas
|
Kriteria:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 7:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media
|
|
Materi: artikel Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun riset tentang implementasi sosial media marketing |
Mampu menyusun penelitian tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project T3-6 |
Kriteria:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 8/evaluasi akhir semester:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project 3-6 dan submit di International Review of Management and Marketing
|
|
Materi: implementasi social media marketing Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun riset tentang implementasi sosial media marketing |
Mampu menyusun penelitian tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project T3-6 |
Kriteria:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 8/evaluasi akhir semester:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project 3-6 dan submit di International Review of Management and Marketing
|
|
Materi: implementasi social media marketing Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Tengah Semester |
|
|
|
|
Materi: implementasi social media marketing Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
20% |