Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

SOCIAL MEDIA MARKETING

6120903062

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Fresha kharisma,S.E.,M.SM. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.




Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS untuk menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi dengan perkembangan media sosial

PO - 2

Menguasai konsep teoritis bidang teknologi-teknologi media digital secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang perkembangan teknologi media sosial, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural

PO - 3

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang media sosial dan customer engagement

PO - 4

Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial

PO - 5

Mahasiswa dapat mengerjakan karya copywriting secara individu di media sosial untuk pemasaran produk/jasa perusahaan

PO - 6

Mahasiswa dapat berkerja dengan tim untuk merancang strategi pemasaran digital dan iklan melalui sosial media dalam jangka panjang

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi keberhasilan pemasaran sosial media dengan social media marketing analytics

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8PLO-11
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah social media marketing dirancang untuk mengajarkan mahasiswa cara menggunakan platform media sosial secara efektif untuk mencapai tujuan pemasaran. Mata kuliah berbasis project ini mencakup berbagai topik, termasuk Dasar-Dasar Platform media sosial; Pembuatan Konten Pemasaran Media Sosial; Pengembangan Strategi pemasaran media sosial yang selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan; Periklanan di media sosial; Analisis dan Pelaporan dan Manajemen Komunitas untuk terlibat dengan audiens perusahaan, menangani pertanyaan pelanggan, dan mengelola reputasi online.

Pustaka

Utama :

  1. Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
  2. Heggde, Githa, And G. Shainesh. 2019. Social Media Marketing: Emerging Concepts And Applications
  3. Zarella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. Canada: O'Reilly Media, Inc.
  4. Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc

Pendukung :

  1. David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly
  2. Artikel jurnal Elsevier/Emerald

Dosen Pengampu

Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.

Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM.

Fresha Kharisma, S.E., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan Social Media Marketing dan customer engagement

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Social Media Marketing
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan customer engagement
Kriteria:

Meringkas materi kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, course

Tugas 1:
Menyusun poster infografis perkembangan social media marketing selama 10 tahun terakhir

Materi: customer engagement
Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc
6%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan new role of the customer

  1. Mampu menjelaskan perkembangan CRM di social media
  2. Mampu menjelaskan social business ecosystem
Kriteria:

Meringkas materi kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, course

Tugas 2:
Menganalisis 2 perbandingan hasil penelitian di artikel jurnal yang membahas tentang perkembangan karakteristik CRM di social media

Materi: Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
Pustaka:
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu merumuskan perencanaan dan penjadwalan Social Media Marketing

  1. Mampu merancang perencanaan Social Media Marketing untuk perusahaan/brand
  2. Mampu mempresentasikan ide rancangan perencanaan Social Media Marketing untuk perusahaan/brand
Kriteria:

Merancang desain output perkuliahan secara berkelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Discussion, course

Secara berkelompok tentukan pembagian tugas sebagai:
1. Social Media Specialist
2. Social Media Strategist/Manager
3. Graphic Designer
4. Social Media Analyst
dan menyusun social media marketing plan selama 1 tahun untuk produk/jasa

Materi: Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengerjakan copywriting pemasaran digital melalui sosial media untuk produk/jasa dari sektor: industri, tourism, retail, jasa, pertanian/kelautan secara individu.

  1. Mahasiswa dapat menyusun hasil copywriting untuk iklan melalui social media
  2. Mampu merumuskan Penjadwalan Social Media Marketingl
Kriteria:

meringkas materi kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Discussion, course

Menyusun minimal 2 materi iklan digital di minimal 2 social media platform

Materi: Copywriting
Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengerjakan copywriting pemasaran digital melalui sosial media untuk produk/jasa dari sektor: industri, tourism, retail, jasa, pertanian/kelautan secara individu.

  1. Mahasiswa dapat menyusun hasil copywriting untuk iklan melalui social media
  2. Mampu merumuskan Penjadwalan Social Media Marketingl
Kriteria:

meringkas materi kuliah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, course

Menyusun minimal 2 materi iklan digital di minimal 2 social media platform

Materi: copywriting
Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial: Instagram, Facebook, X (Twitter), TikTok, LinkedIn< Youtube

Mampu membuat output social media marketing secara utuh dalam bentuk iklan digital di platform media sosial.

Kriteria:

merumuskan perencanaan dan penjadwalan social media marketing


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, course
( [PB: 2x(3x50”)]
Tugas 5/project evaluasi tengah semester:
Menyusun iklan digital selama 3 pekan di minimal 2 platform media sosial

Materi: social media marketing multiplatform
Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial: Instagram, Facebook, X (Twitter), TikTok, LinkedIn< Youtube

Mampu membuat output social media marketing secara utuh dalam bentuk iklan digital di platform media sosial.

Kriteria:

merumuskan perencanaan dan penjadwalan social media marketing


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, course
( [PB: 2x(3x50”)]
Tugas 5/project evaluasi tengah semester:
Menyusun iklan digital selama 3 pekan di minimal 2 platform media sosial

Materi: social media marketing multiplatform
Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement.

  1. Mampu melakukan analisis Social Analytics
  2. Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
Kriteria:
  1. Meringkas materi kuliah
  2. Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)

[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5

Materi: Word of Mouth (WOM) Versus Social Media WOM
Pustaka: Heggde, Githa, And G. Shainesh. 2019. Social Media Marketing: Emerging Concepts And Applications

Materi: analisis social media
Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement.

  1. Mampu melakukan analisis Social Analytics, Mampu melakukan analisis metrics dan measurement. 3. membuat konten social media marketing youtube
  2. Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
  3. membuat konten social media marketing youtube
Kriteria:

Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)

[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5

Materi: social media marketing analytics
Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement.

  1. Mampu melakukan analisis Social Analytics, Mampu melakukan analisis metrics dan measurement. 3. membuat konten social media marketing youtube
  2. Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
  3. membuat konten social media marketing youtube
Kriteria:

Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)

[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5

Materi: social media marketing analytics
Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc

Materi: CRM social media marketing
Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc

Materi: social media marketing analytics
Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mampu memahami implementasi CRM di sosial media 2. Mampu memahami implementasi ORM di social media 3. Mampu melaksanakan manajemen komunitas
  2. Mampu memahami implementasi ORM di social media
  3. Mampu melaksanakan manajemen komunitas
Kriteria:

Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)

[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 7:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media

Materi: artikel
Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mampu memahami implementasi CRM di sosial media 2. Mampu memahami implementasi ORM di social media 3. Mampu melaksanakan manajemen komunitas
  2. Mampu memahami implementasi ORM di social media
  3. Mampu melaksanakan manajemen komunitas
Kriteria:

Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)

[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 7:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media

Materi: artikel
Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun riset tentang implementasi sosial media marketing

Mampu menyusun penelitian tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project T3-6

Kriteria:

Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)

[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 8/evaluasi akhir semester:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project 3-6 dan submit di International Review of Management and Marketing

Materi: implementasi social media marketing
Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun riset tentang implementasi sosial media marketing

Mampu menyusun penelitian tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project T3-6

Kriteria:

Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)

[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 8/evaluasi akhir semester:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project 3-6 dan submit di International Review of Management and Marketing

Materi: implementasi social media marketing
Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald
10%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Tengah Semester



Materi: implementasi social media marketing
Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 16.33%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 57%
3. Penilaian Praktikum 9.17%
4. Praktik / Unjuk Kerja 11.67%
5. Tes 5.83%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.