
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Biokimia |
8420404332 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
14 Maret 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
apt. Aulia Charis Aqsha., M.Farm
|
Prof. Rudiana Agustini, M.Pd
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia |
PLO-8 |
Menguasai prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), mengelola laboratorium, dan menggunakan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang struktur dan fungsi makromolekul seperti protein, enzim, karbohidrat, lipid, asam nukleat, membran, dan lintas katabolik, serta keterampilan analisis kualitatif dan kuantitatif melalui praktikum |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman
- Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
- Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta
- Color Atlas of Biochemistry, 2005, Koolman, J and Roehm K.H., 2nd edition, Stutgard New York
- Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd. Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si. Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si. Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si. Rahmad Aji Prasetya , S.Farm., Apt., M.Sc. Muhammad Nurrohman Sidiq, S.Si., M.Sc., Ph.D. Subhan Rullyansyah , S.Farm., Apt., M.Farm. apt. Aulia Charis Aqsha, S.Farm., M.Farm. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami molekul organisme hidup (biomolekul) dan komposisinya |
- Menjelaskan ciri-ciri zat hdiup
- Menjelaskan proses kimiawi dalam zat hidup
- Menjelaskan bahwa sel merupakan bagian terkecil dari kehidupan
- Menjelaskan bagian-bagian sel hidup
- Menjelaskan fungsi masing-masing organel
- Menjelaskan organisasi molekul dalam sel
- Menjelaskan penggunaan energi dalam sistem hidup untuk mempertahankan strukturnya
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, diskusi, refleksi 3 x 50 |
|
Materi: Ciri-ciri zat hidup, Biokimia dalam zat hidup, sel sebagai unit terkecil kehidupan, struktur dasar sel dan fungsinya, organisasi molekul dalam sel, energi bagi sistem hidup Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim |
- Menjelaskan struktur asam amino dan penggolongan asam amino
- Menjelaskan sifat asam basa amfoter titik isoelektrik pemisahan asam amino (elektroforesis dan kromatografi ) reaksi khusus asam amino
- Menjelaskan tentang reaksi pembentukan ikatan peptida dan fungsi peptida dalam sistem hidup
- Menjelaskan reaksi-reaksi asam amino
- Menjelaskan terkait homolog
- Menjelasskan penggolongan protein berdasarkan fungsi unsur penyusun dan bentuknya
- Menjelaskan tentang konfigurasi dan konformasi
- Menjelaskan tentang struktur primer, sekunder, dan tersier asam amino
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, diskusi, refleksi 3 x 50 |
|
Materi: Struktur dan sifat asam amino, ikatan peptida dan fungsinya dalam sistem hidup, pemisahan dan pemurnian asam amino serta pengertian protein homolog, Struktur kovalen dan fungsi protein (Protein primer, sekunder, tertier) Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim |
- Menjelaskan struktur asam amino dan penggolongan asam amino
- Menjelaskan sifat asam basa amfoter titik isoelektrik pemisahan asam amino (elektroforesis dan kromatografi ) reaksi khusus asam amino
- Menjelaskan tentang reaksi pembentukan ikatan peptida dan fungsi peptida dalam sistem hidup
- Menjelaskan reaksi-reaksi asam amino
- Menjelaskan terkait homolog
- Menjelasskan penggolongan protein berdasarkan fungsi unsur penyusun dan bentuknya
- Menjelaskan tentang konfigurasi dan konformasi
- Menjelaskan tentang struktur primer, sekunder, dan tersier asam amino
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, diskusi, refleksi 3 x 50 |
|
Materi: Struktur dan sifat asam amino, ikatan peptida dan fungsinya dalam sistem hidup, pemisahan dan pemurnian asam amino serta pengertian protein homolog, Struktur kovalen dan fungsi protein (Protein primer, sekunder, tertier) Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim |
- Menjelaskan struktur enzim
- Menjelaskan sifat enzim
- Menjelaskan fungsi enzim
- Menjelaskan perbedaan penamaan enzim secara trivial dan sistematik
- Menyebutkan enam golongan enzim beserta gugus yang diserang
- Menjelaskan terkait kinetika enzim
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Struktur, sifat dan fungsi enzim, tata cara penamaan enzim, mekanisme reaksi enzimatik, kinetika reaksi enzimatik, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas enzim, inhibisi enzim, sistem multi enzim Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman Materi: Struktur, sifat dan fungsi enzim, tata cara penamaan enzim, mekanisme reaksi enzimatik, kinetika reaksi enzimatik, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas enzim, inhibisi enzim, sistem multi enzim Pustaka: Color Atlas of Biochemistry, 2005, Koolman, J and Roehm K.H., 2nd edition, Stutgard New York |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami struktur dan fungsi Karbohidrat |
- Mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan jumlah monomer penyusunnya gugus fungsi dan penyusunnya
- Menjelaskan pusat asimetri struktur cincin hawort mutarotasi dan anomer
- Menjelaskan fungsi-fungsi monosakarida, disakarida, dan polisakarida dalam sistem biologi
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Struktur karbohidrat, fungsi karbohidrat dalam sistem biologi Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami struktur dan fungsi Karbohidrat |
- Mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan jumlah monomer penyusunnya gugus fungsi dan penyusunnya
- Menjelaskan pusat asimetri struktur cincin hawort mutarotasi dan anomer
- Menjelaskan fungsi-fungsi monosakarida, disakarida, dan polisakarida dalam sistem biologi
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Struktur karbohidrat, fungsi karbohidrat dalam sistem biologi Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami struktur dan fungsi Lipida serta bio-membran |
- Menjelaskan struktur lipid
- Menjelaskan fungsi lipid dalam sistem biologi
- Menjelaskan komponen utama membran
- Menggambarkan struktur dan fungsi membran
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, menjawab soal-soal latihan 2 x 50 |
|
Materi: Struktur dan Fungsi Lipida Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta Materi: Struktur dan Fungsi Lipida Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pemberian tes tertulis Subsumatif 3 x 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami struktur dan fungsi Asam Nukleat |
- Menjelaskan komponen nukleosida dan nukleotida
- Menjelaskan komponen utama asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menggambarkan struktur asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menjelaskan sifat asam nukleat DNA RNA, peran serta aplikasi genetika
- Menjelaskan sifat tRNA, rRNA, dan mRNA
- Menjelaskan hubungan transkripsi translasi sisntesis protein
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, Diskusi, Refleksi 3 x 50 |
|
Materi: Komponen nukleosida, nukleotida, asam nukleat, Struktur asam nukleat, nikleotida bebas, peran asam nukleat dalam sintesis protein Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami struktur dan fungsi Asam Nukleat |
- Menjelaskan komponen nukleosida dan nukleotida
- Menjelaskan komponen utama asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menggambarkan struktur asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menjelaskan sifat asam nukleat DNA RNA, peran serta aplikasi genetika
- Menjelaskan sifat tRNA, rRNA, dan mRNA
- Menjelaskan hubungan transkripsi translasi sisntesis protein
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, Diskusi, Refleksi 3 x 50 |
|
Materi: Komponen nukleosida, nukleotida, asam nukleat, Struktur asam nukleat, nikleotida bebas, peran asam nukleat dalam sintesis protein Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami terkait lintas metabolisme |
- Menjelaskan Daur CO2 dan N2
- Menjelaskan hubungan heterotrof dan autotrof
- Menjelaskan perbedaan katabolisme dan anabolisme
- Menjelaskan siklus ATP, NADH/NAD, FADH2/FAD
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian tugas terukur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot
- Tes sumatif sebagai nilai UAS diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) (Nilai UAS (3)) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
|
Materi: Aspek makro dan mikro metabolisme, siklus energi Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami terkait lintas metabolisme |
Overview metabolisme dari karbohidrat, asam amino, dan lipida |
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian tugas terukur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot
- Tes sumatif sebagai nilai UAS diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) (Nilai UAS (3)) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
|
Materi: Aspek makro dan mikro metabolisme, siklus energi Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Memahami prinsip dasar peralatan yang dipergunakan dalam kegiatan praktikum di laboraturium Biokimia, teknik pelaksanaan praktikum Biokumua dan tata tertib praktikum
- Memahami prinsip dasar kegiatan praktikum penentuan kadar glukosa dalam darah
|
- Menjelaskan dasar-dasar praktikum biokimia
- Menjelaskan prinsip dasar pengujian secara kualitatif dan kuantitatid dan perhitungan pada praktikum biokimia
- Menjelaskan prinsip dasar kromatografi kertas
- Menjelaskan analisis data dengan kromatografi kertas
- Menjelaskan prinsip dasar isolasi glukosa dalam darah
- Menjelaskan metode analisis kadar glukosa dalam darah
- Menjelaskan analisis data dnegan spektrofotometer UV-Vis
|
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, dan demonstrasi 3 x 50 |
|
Materi: Prinsip dasar kegiatan praktikum dan penentuan kadar glukosa dalam darah Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Prinsip dasar kegiatan praktikum bahwa pH dan konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret |
- Menjelaskan prinsip dasar faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim
- Menjelaskan metode analisis penentuan aktivitas enzim amilase dalam air liur
- Menjelaskan analisis data dengan spektrofotometer UV-Vis
- Menjelaskan prinsip dasar metode buret untuk penentuan kadar protein
- Menjelaskan analisis data kadar protein dengan spektrofotometer UV-Vis
|
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, dan demonstrasi 3 x 50 |
|
Materi: Prinsip dasar kegiatan praktikum bahwa pH dan konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menentukan asam amino yang terdapat dalam sampel dengan kromatografi kertas |
Terampil melakukan kromatografi kertas dengan menggunakan sampel asam amino dan menganalisis hasil |
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, dan demonstrasi 3 x 50 |
|
Materi: Prinsip dasar analisis Asam Amino Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Menjelaskan analisis data kadar protein dengan spektrofotometer UV-Vis |
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikaor 1-7 lewat ujian tulis, dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 kewat ujian tulis dan hasilnya diberi bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
2 x 50 |
|
|
10% |