|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Biokimia |
8420404332 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
apt. Aulia Charis Aqsha., M.Farm
|
Prof. Rudiana Agustini, M.Pd
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia |
PLO-8 |
Menguasai prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), mengelola laboratorium, dan menggunakan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang struktur dan fungsi makromolekul seperti protein, enzim, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan membran, serta peran vitamin dan mineral, termasuk proses katabolisme dan anabolisme serta regulasi biomolekul seperti karbohidrat, lipid, protein, fosforilasi oksidatif, transfer elektron dalam fotosintesis, dan pengolahan informasi genetika; selain itu, mahasiswa juga dibekali keterampilan analisis kualitatif dan kuantitatif kadar glukosa, asam amino, lemak, dan vitamin dalam sampel, serta pengujian faktor-faktor yang memengaruhi enzim pada proses metabolisme, yang dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi, presentasi, tanya jawab, dan praktikum. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman
- Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
- Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta
- Color Atlas of Biochemistry, 2005, Koolman, J and Roehm K.H., 2nd edition, Stutgard New York
- Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd. Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si. Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si. Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si. RAHMAD AJI PRASETYA Muhammad Nurrohman Sidiq, S.Si., M.Sc., Ph.D. SUBHAN RULLYANSYAH apt. Aulia Charis Aqsha, S.Farm., M.Farm. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami molekul organisme hidup (biomolekul) dan komposisinya |
- Menjelaskan ciri-ciri zat hdiup
- Menjelaskan proses kimiawi dalam zat hidup
- Menjelaskan bahwa sel merupakan bagian terkecil dari kehidupan
- Menjelaskan bagian-bagian sel hidup
- Menjelaskan fungsi masing-masing organel
- Menjelaskan organisasi molekul dalam sel
- Menjelaskan penggunaan energi dalam sistem hidup untuk mempertahankan strukturnya
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, diskusi, refleksi 2 x 50 |
|
Materi: Ciri-ciri zat hidup, Biokimia dalam zat hidup, sel sebagai unit terkecil kehidupan, struktur dasar sel dan fungsinya, organisasi molekul dalam sel, energi bagi sistem hidup Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami struktur dan fungsi Karbohidat |
- Mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan jumlah monomer penyusunnya gugus fungsi dan penyusunnya
- Menjelaskan pusat asimetri struktur cincin hawort mutarotasi dan anomer
- Menjelaskan fungsi-fungsi monosakarida, disakarida, dan polisakarida dalam sistem biologi
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, diskusi, refleksi 2 x 50 |
|
Materi: 1. Struktur Karbohidrat 2. Fungsi karbohidrat dalam sistem biologi Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami struktur dan fungsi Karbohidat |
- Mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan jumlah monomer penyusunnya gugus fungsi dan penyusunnya
- Menjelaskan pusat asimetri struktur cincin hawort mutarotasi dan anomer
- Menjelaskan fungsi-fungsi monosakarida, disakarida, dan polisakarida dalam sistem biologi
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, diskusi, refleksi 2 x 50 |
|
Materi: 1. Struktur Karbohidrat 2. Fungsi karbohidrat dalam sistem biologi Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim |
- Menjelaskan struktur asam amino dan penggolongan asam amino
- Menjelaskan sifat asam basa amfoter titik isoelektrik pemisahan asam amino (elektroforesis dan kromatografi) reaksi khusus asam amino
- Menjelaskan tentang reaksi pembentukan ikatan peptida dan fungsi peptida dalam sistem hidup
- Menjelaskan pemisahan dengan proses dialisis filtrasi gel elektroforesis
- Menjelaskan penentuan deret asam amino dengan hidrolisis dan reaksi-reaksi asam amino dengan reagen FDNB dansil klorida edman
- Menjelaskan definisi homolog
- Menjelaskan tentang residu tetap residu titdak tetap homologi deret dan contoh pentingnya homologi deret dari berbagai spesies
- Menjelaskan penggolongan protein berdasarkan fungsi unsur penyusun dan bentuknya
- Menjelaskan tentang konfigurasi dan konformasi
- Menjelaskan struktur heliks jenis asam amino penyusunnya sidatnya dan strukturnya sebagai penyusun keratin
- Menjelaskan struktur pada fibroin sutera dan perbedaan sifatnya dengan heliks
- Menjelaskan struktur heliks penyusun kolagen sifat-sifat kolagen pada urat dan matriks tulang
- Menjelaskan struktur heliks penyusun elastin dan sifat elastin pada persendian
- Macam dan fungsi protein globular pada mioglobin
- Perbedaan struktur tersier pada beberapa protein globular
- Jenis ikatan yang menstabilkan struktur tersier
- Pengertian protein oligomer dan contoh protein oligomer
- Struktur kuartener menyusun protein oligomer
- Menjelaskan tentang fungsi hemoglobin dan mioglobin
- Menjelaskan tentang anemi sel sabit dan kelainan akibat mutasi gen lainnya
- Analisis Struktural proteomik dengan pendekatan bioinformatika dan aplikasinya
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Struktur dan sifat asam amino, ikatan peptida dan fungsinya dalam sistem hidurp, pemisahan dan pemurnian asam amino serta pengertian protein homolog, Struktur kovalen dan fungsi protein (Protein primer, sekunder, tertier), Karakteristik Protein serat dan globular, protein kuartener dan kelainan genetik protein Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim |
- Menjelaskan struktur asam amino dan penggolongan asam amino
- Menjelaskan sifat asam basa amfoter titik isoelektrik pemisahan asam amino (elektroforesis dan kromatografi) reaksi khusus asam amino
- Menjelaskan tentang reaksi pembentukan ikatan peptida dan fungsi peptida dalam sistem hidup
- Menjelaskan pemisahan dengan proses dialisis filtrasi gel elektroforesis
- Menjelaskan penentuan deret asam amino dengan hidrolisis dan reaksi-reaksi asam amino dengan reagen FDNB dansil klorida edman
- Menjelaskan definisi homolog
- Menjelaskan tentang residu tetap residu titdak tetap homologi deret dan contoh pentingnya homologi deret dari berbagai spesies
- Menjelaskan penggolongan protein berdasarkan fungsi unsur penyusun dan bentuknya
- Menjelaskan tentang konfigurasi dan konformasi
- Menjelaskan struktur heliks jenis asam amino penyusunnya sidatnya dan strukturnya sebagai penyusun keratin
- Menjelaskan struktur pada fibroin sutera dan perbedaan sifatnya dengan heliks
- Menjelaskan struktur heliks penyusun kolagen sifat-sifat kolagen pada urat dan matriks tulang
- Menjelaskan struktur heliks penyusun elastin dan sifat elastin pada persendian
- Macam dan fungsi protein globular pada mioglobin
- Perbedaan struktur tersier pada beberapa protein globular
- Jenis ikatan yang menstabilkan struktur tersier
- Pengertian protein oligomer dan contoh protein oligomer
- Struktur kuartener menyusun protein oligomer
- Menjelaskan tentang fungsi hemoglobin dan mioglobin
- Menjelaskan tentang anemi sel sabit dan kelainan akibat mutasi gen lainnya
- Analisis Struktural proteomik dengan pendekatan bioinformatika dan aplikasinya
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Struktur dan sifat asam amino, ikatan peptida dan fungsinya dalam sistem hidurp, pemisahan dan pemurnian asam amino serta pengertian protein homolog, Struktur kovalen dan fungsi protein (Protein primer, sekunder, tertier), Karakteristik Protein serat dan globular, protein kuartener dan kelainan genetik protein Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim |
- Menjelaskan struktur enzim
- Menjelaskan sifat enzim
- Menjelaskan fungsi enzim
- Menjelaskan perbedaan penamaan enzim secara trivial dan sistematik
- Menyebutkan enam golongan enzim beserta gugus yang diserang
- Menjelaskan persamaan Michaelis-Menten
- Menentukan harga Vmaks dan KM
- Menjelaskan persamaan Lineweaver-Burk
- Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas enzim
- Menjelaskan proses inhibisi enzim oleh inhibitor dengan disertai model pengikatannya
- Menjelaskan sistem multi enzim
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mempelajari materi dari buku, tanya jawab, dan menjawab soal-soal 3 x 50 |
|
Materi: Struktur, sifat dan fungsi enzim, tata cara penamaan enzim, mekanisme reaksi enzimatik, kinetika reaksi senzimatik, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas enzim, inhibisi enzim, sistem multi enzim Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman Materi: Struktur, sifat dan fungsi enzim, tata cara penamaan enzim, mekanisme reaksi enzimatik, kinetika reaksi senzimatik, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas enzim, inhibisi enzim, sistem multi enzim Pustaka: Color Atlas of Biochemistry, 2005, Koolman, J and Roehm K.H., 2nd edition, Stutgard New York |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami struktur dan fungsi Lipida serta bio-membran |
- Menjelaskan struktur lipid
- Menjelaskan fungsi lipid dalam sistem biologi
- Menjelaskan komponen utama membran
- Menggambarkan struktur fluida mosaik dari membran
- Menjelaskan sifat dwilapis lipid pada membran
- Menjelaskan fungsi membran
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, menjawab soal-soal latihan 2 x 50 |
|
Materi: Struktur dan Fungsi Lipida Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta Materi: Struktur dan Fungsi Lipida Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pemberian tes tertulis Subsumatif 3 x 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami struktur dan fungsi Asam Nukleat |
- Menjelaskan komponen nukleosida dan nukleotida
- Menjelaskan komponen utama asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menggambarkan struktur asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menjelaskan sifat asam nukleat DNA RNA
- Menjelaskan sifat tRNA, rRNA, dan mRNA
- Menjelaskan hubungan transkripsi translasi sisntesis protein
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, Diskusi, Refleksi 3 x 50 |
|
Materi: Komponen nukleosida, nukleotida, asam nukleat, Struktur asam nukleat, nikleotida bebas, peran asam nukleat dalam sintesis protein Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami struktur dan fungsi Asam Nukleat |
- Menjelaskan komponen nukleosida dan nukleotida
- Menjelaskan komponen utama asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menggambarkan struktur asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
- Menjelaskan sifat asam nukleat DNA RNA
- Menjelaskan sifat tRNA, rRNA, dan mRNA
- Menjelaskan hubungan transkripsi translasi sisntesis protein
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab, Diskusi, Refleksi 2 x 50 |
|
Materi: Komponen nukleosida, nukleotida, asam nukleat, Struktur asam nukleat, nikleotida bebas, peran asam nukleat dalam sintesis protein Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami beberapa aspek metabolisme dan perannya dalam sel |
- Menjelaskan Daur CO2 dan N2
- Menjelaskan hubungan heterotrof dan autotrof
- Menjelaskan perbedaan katabolisme dan anabolisme
- Menjelaskan siklus ATP, NADH/NAD, FADH2/FAD
|
Kriteria:
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
- Penilaian tugas terukur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot
- Tes sumatif sebagai nilai UAS diberi bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) (Nilai UAS (3)) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, tanya jawab 3 x 50 |
|
Materi: Aspek makro dan mikro metabolisme, siklus energi Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Lintas Metabolik pada makhluk hidup |
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
- Memahami prinsip dasar peralatan yang dipergunakan dalam kegiatan praktikum di laboraturium Biokimia, teknik pelaksanaan praktikum Biokumua dan tata tertib praktikum
- Memahami prinsip dasar kegiatan praktikum penentuan kadar glukosa dalam darah
|
- Menjelaskan dasar-dasar praktikum biokimia
- Menjelaskan prinsip dasar pengujian secara kualitatif dan kuantitatid dan perhitungan pada praktikum biokimia
- Menjelaskan prinsip dasar kromatografi kertas
- Menjelaskan analisis data dengan kromatografi kertas
- Menjelaskan prinsip dasar isolasi glukosa dalam darah
- Menjelaskan metode analisis kadar glukosa dalam darah
- Menjelaskan analisis data dnegan spektrofotometer UV-Vis
|
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, dan demonstrasi 3 x 50 |
|
Materi: Prinsip dasar kegiatan praktikum dan penentuan kadar glukosa dalam darah Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Prinsip dasar kegiatan praktikum bahwa pH dan konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret |
- Menjelaskan prinsip dasar faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim
- Menjelaskan metode analisis penentuan aktivitas enzim amilase dalam air liur
- Menjelaskan analisis data dengan spektrofotometer UV-Vis
- Menjelaskan prinsip dasar metode buret untuk penentuan kadar protein
- Menjelaskan analisis data kadar protein dengan spektrofotometer UV-Vis
|
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, dan demonstrasi 3 x 50 |
|
Materi: Prinsip dasar kegiatan praktikum bahwa pH dan konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menentukan asam amino yang terdapat dalam sampel dengan kromatografi kertas |
Terampil melakukan kromatografi kertas dengan menggunakan sampel asam amino dan menganalisis hasil |
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Presentasi, diskusi, dan demonstrasi 3 x 50 |
|
Materi: Prinsip dasar analisis Asam Amino Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Memahami prinsip dasar kegiatan praktikum bahwa pH dan konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan Memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret |
- Menjelaskan prinsip dasar faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim
- Menjelaskan metode analisis penentuan aktivitas enzim amilase dalam air liur
- Menjelaskan analisis data dengan Spektrofotometer UV-Vis
- Menjelaskan prinsip dasar metode Buret untuk penentuan kadar protein
- Menjelaskan analisis data kadar protein dengan spektrofotometer UV-Vis
|
Kriteria:
- Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikaor 1-7 lewat ujian tulis, dan diberi bobot (2)
- Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
- Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
- Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 kewat ujian tulis dan hasilnya diberi bobot 5
- NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi, dan demonstrasi 3 x 50 |
|
Materi: Prinsip dasar Kegiatan praktikum bahwa pH dan Konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison |
5% |