Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Biokimia

8420404332

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

14 Maret 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




apt. Aulia Charis Aqsha., M.Farm




Prof. Rudiana Agustini, M.Pd




Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia

PLO-8

Menguasai prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), mengelola laboratorium, dan menggunakan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang struktur dan fungsi makromolekul seperti protein, enzim, karbohidrat, lipid, asam nukleat, membran, dan lintas katabolik, serta keterampilan analisis kualitatif dan kuantitatif melalui praktikum

Pustaka

Utama :

  1. Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman
  2. Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
  3. Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta
  4. Color Atlas of Biochemistry, 2005, Koolman, J and Roehm K.H., 2nd edition, Stutgard New York
  5. Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd.

Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si.

Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.

Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si.

Rahmad Aji Prasetya , S.Farm., Apt., M.Sc.

Muhammad Nurrohman Sidiq, S.Si., M.Sc., Ph.D.

Subhan Rullyansyah , S.Farm., Apt., M.Farm.

apt. Aulia Charis Aqsha, S.Farm., M.Farm.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami molekul organisme hidup (biomolekul) dan komposisinya

  1. Menjelaskan ciri-ciri zat hdiup
  2. Menjelaskan proses kimiawi dalam zat hidup
  3. Menjelaskan bahwa sel merupakan bagian terkecil dari kehidupan
  4. Menjelaskan bagian-bagian sel hidup
  5. Menjelaskan fungsi masing-masing organel
  6. Menjelaskan organisasi molekul dalam sel
  7. Menjelaskan penggunaan energi dalam sistem hidup untuk mempertahankan strukturnya
Kriteria:
  1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
  2. Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
  3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
  4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab, diskusi, refleksi
3 x 50

Materi: Ciri-ciri zat hidup, Biokimia dalam zat hidup, sel sebagai unit terkecil kehidupan, struktur dasar sel dan fungsinya, organisasi molekul dalam sel, energi bagi sistem hidup
Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman
5%

2

Minggu ke 2

Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim

  1. Menjelaskan struktur asam amino dan penggolongan asam amino
  2. Menjelaskan sifat asam basa amfoter titik isoelektrik pemisahan asam amino (elektroforesis dan kromatografi ) reaksi khusus asam amino
  3. Menjelaskan tentang reaksi pembentukan ikatan peptida dan fungsi peptida dalam sistem hidup
  4. Menjelaskan reaksi-reaksi asam amino
  5. Menjelaskan terkait homolog
  6. Menjelasskan penggolongan protein berdasarkan fungsi unsur penyusun dan bentuknya
  7. Menjelaskan tentang konfigurasi dan konformasi
  8. Menjelaskan tentang struktur primer, sekunder, dan tersier asam amino
Kriteria:
  1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
  2. Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
  3. Penilaian Tugas terstruktur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
  4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab, diskusi, refleksi
3 x 50

Materi: Struktur dan sifat asam amino, ikatan peptida dan fungsinya dalam sistem hidup, pemisahan dan pemurnian asam amino serta pengertian protein homolog, Struktur kovalen dan fungsi protein (Protein primer, sekunder, tertier)
Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
5%

3

Minggu ke 3

Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim

  1. Menjelaskan struktur asam amino dan penggolongan asam amino
  2. Menjelaskan sifat asam basa amfoter titik isoelektrik pemisahan asam amino (elektroforesis dan kromatografi ) reaksi khusus asam amino
  3. Menjelaskan tentang reaksi pembentukan ikatan peptida dan fungsi peptida dalam sistem hidup
  4. Menjelaskan reaksi-reaksi asam amino
  5. Menjelaskan terkait homolog
  6. Menjelasskan penggolongan protein berdasarkan fungsi unsur penyusun dan bentuknya
  7. Menjelaskan tentang konfigurasi dan konformasi
  8. Menjelaskan tentang struktur primer, sekunder, dan tersier asam amino
Kriteria:
  1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
  2. Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
  3. Penilaian Tugas terstruktur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
  4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab, diskusi, refleksi
3 x 50

Materi: Struktur dan sifat asam amino, ikatan peptida dan fungsinya dalam sistem hidup, pemisahan dan pemurnian asam amino serta pengertian protein homolog, Struktur kovalen dan fungsi protein (Protein primer, sekunder, tertier)
Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
5%

4

Minggu ke 4

Memahami struktur dan fungsi Protein dan Enzim

  1. Menjelaskan struktur enzim
  2. Menjelaskan sifat enzim
  3. Menjelaskan fungsi enzim
  4. Menjelaskan perbedaan penamaan enzim secara trivial dan sistematik
  5. Menyebutkan enam golongan enzim beserta gugus yang diserang
  6. Menjelaskan terkait kinetika enzim
Kriteria:
  1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
  2. Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
  3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
  4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi
3 x 50

Materi: Struktur, sifat dan fungsi enzim, tata cara penamaan enzim, mekanisme reaksi enzimatik, kinetika reaksi enzimatik, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas enzim, inhibisi enzim, sistem multi enzim
Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman

Materi: Struktur, sifat dan fungsi enzim, tata cara penamaan enzim, mekanisme reaksi enzimatik, kinetika reaksi enzimatik, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas enzim, inhibisi enzim, sistem multi enzim
Pustaka: Color Atlas of Biochemistry, 2005, Koolman, J and Roehm K.H., 2nd edition, Stutgard New York
5%

5

Minggu ke 5

Memahami struktur dan fungsi Karbohidrat

  1. Mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan jumlah monomer penyusunnya gugus fungsi dan penyusunnya
  2. Menjelaskan pusat asimetri struktur cincin hawort mutarotasi dan anomer
  3. Menjelaskan fungsi-fungsi monosakarida, disakarida, dan polisakarida dalam sistem biologi
Kriteria:
  1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
  2. Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
  3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
  4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi
3 x 50

Materi: Struktur karbohidrat, fungsi karbohidrat dalam sistem biologi
Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
5%

6

Minggu ke 6

Memahami struktur dan fungsi Karbohidrat

  1. Mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan jumlah monomer penyusunnya gugus fungsi dan penyusunnya
  2. Menjelaskan pusat asimetri struktur cincin hawort mutarotasi dan anomer
  3. Menjelaskan fungsi-fungsi monosakarida, disakarida, dan polisakarida dalam sistem biologi
Kriteria:
  1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
  2. Tes sub sumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
  3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
  4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi
3 x 50

Materi: Struktur karbohidrat, fungsi karbohidrat dalam sistem biologi
Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
5%

7

Minggu ke 7

Memahami struktur dan fungsi Lipida serta bio-membran

  1. Menjelaskan struktur lipid
  2. Menjelaskan fungsi lipid dalam sistem biologi
  3. Menjelaskan komponen utama membran
  4. Menggambarkan struktur dan fungsi membran
Kriteria:
  1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
  2. Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
  3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
  4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab, menjawab soal-soal latihan
2 x 50

Materi: Struktur dan Fungsi Lipida
Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta

Materi: Struktur dan Fungsi Lipida
Pustaka: Jeremy M. Berg, John L. Tymoczko, Gregory J. Gatto Jr. Lubert Stryer, 2015, Biochemistry, New York, W. H. Freeman
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

    Kriteria:
    1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    2. Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
    3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
    4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
    5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    Pemberian tes tertulis Subsumatif
    3 x 50

    10%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami struktur dan fungsi Asam Nukleat

    1. Menjelaskan komponen nukleosida dan nukleotida
    2. Menjelaskan komponen utama asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
    3. Menggambarkan struktur asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
    4. Menjelaskan sifat asam nukleat DNA RNA, peran serta aplikasi genetika
    5. Menjelaskan sifat tRNA, rRNA, dan mRNA
    6. Menjelaskan hubungan transkripsi translasi sisntesis protein
    Kriteria:
    1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    2. Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
    3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
    4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
    5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab, Diskusi, Refleksi
    3 x 50

    Materi: Komponen nukleosida, nukleotida, asam nukleat, Struktur asam nukleat, nikleotida bebas, peran asam nukleat dalam sintesis protein
    Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami struktur dan fungsi Asam Nukleat

    1. Menjelaskan komponen nukleosida dan nukleotida
    2. Menjelaskan komponen utama asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
    3. Menggambarkan struktur asam nukleat DNA dan RNA ; Nukleotida bebas
    4. Menjelaskan sifat asam nukleat DNA RNA, peran serta aplikasi genetika
    5. Menjelaskan sifat tRNA, rRNA, dan mRNA
    6. Menjelaskan hubungan transkripsi translasi sisntesis protein
    Kriteria:
    1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    2. Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
    3. Penilaian Tugas terstruktur dai masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
    4. Tes sumatif sebagai nilai Uas diberi bobot (3)
    5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab, Diskusi, Refleksi
    3 x 50

    Materi: Komponen nukleosida, nukleotida, asam nukleat, Struktur asam nukleat, nikleotida bebas, peran asam nukleat dalam sintesis protein
    Pustaka: Nelson, L.D., Cox, M.M. 2021. Lehninger Principle of Biochemistry 8th Edition, Mac Millan Learning University of Wiconsin
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami terkait lintas metabolisme

    1. Menjelaskan Daur CO2 dan N2
    2. Menjelaskan hubungan heterotrof dan autotrof
    3. Menjelaskan perbedaan katabolisme dan anabolisme
    4. Menjelaskan siklus ATP, NADH/NAD, FADH2/FAD
    Kriteria:
    1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    2. Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
    3. Penilaian tugas terukur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot
    4. Tes sumatif sebagai nilai UAS diberi bobot (3)
    5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) (Nilai UAS (3)) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, tanya jawab
    3 x 50

    Materi: Aspek makro dan mikro metabolisme, siklus energi
    Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami terkait lintas metabolisme

    Overview metabolisme dari karbohidrat, asam amino, dan lipida

    Kriteria:
    1. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    2. Tes subsumatif dilakukan dua kali mengases semua indikator yang relevan lewat ujian tulis dirata-rata dan diberi bobot (2)
    3. Penilaian tugas terukur dari masing-masing pengampu dan nilai dirata-rata kemudian diberi bobot
    4. Tes sumatif sebagai nilai UAS diberi bobot (3)
    5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) (Nilai UAS (3)) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, tanya jawab
    3 x 50

    Materi: Aspek makro dan mikro metabolisme, siklus energi
    Pustaka: Lehninger, 1988, Dasar0dasar Biokimia, Jilid 1, Terjemahan Maggi Thenawidjaya, Penerbit Erlangga, Jakarta
    5%

    13

    Minggu ke 13

    1. Memahami prinsip dasar peralatan yang dipergunakan dalam kegiatan praktikum di laboraturium Biokimia, teknik pelaksanaan praktikum Biokumua dan tata tertib praktikum
    2. Memahami prinsip dasar kegiatan praktikum penentuan kadar glukosa dalam darah
    1. Menjelaskan dasar-dasar praktikum biokimia
    2. Menjelaskan prinsip dasar pengujian secara kualitatif dan kuantitatid dan perhitungan pada praktikum biokimia
    3. Menjelaskan prinsip dasar kromatografi kertas
    4. Menjelaskan analisis data dengan kromatografi kertas
    5. Menjelaskan prinsip dasar isolasi glukosa dalam darah
    6. Menjelaskan metode analisis kadar glukosa dalam darah
    7. Menjelaskan analisis data dnegan spektrofotometer UV-Vis
    Kriteria:
    1. Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
    2. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    3. Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
    4. Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
    5. NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Praktikum
    Presentasi, diskusi, dan demonstrasi
    3 x 50

    Materi: Prinsip dasar kegiatan praktikum dan penentuan kadar glukosa dalam darah
    Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami Prinsip dasar kegiatan praktikum bahwa pH dan konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret

    1. Menjelaskan prinsip dasar faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim
    2. Menjelaskan metode analisis penentuan aktivitas enzim amilase dalam air liur
    3. Menjelaskan analisis data dengan spektrofotometer UV-Vis
    4. Menjelaskan prinsip dasar metode buret untuk penentuan kadar protein
    5. Menjelaskan analisis data kadar protein dengan spektrofotometer UV-Vis
    Kriteria:
    1. Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
    2. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    3. Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
    4. Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
    5. NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
    Presentasi, diskusi, dan demonstrasi
    3 x 50

    Materi: Prinsip dasar kegiatan praktikum bahwa pH dan konsentrasi enzim mempengaruhi aktivitas enzim dan memahami prinsip dasar kegiatan praktikum pada penentuan protein dengan metode buret
    Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Mampu menentukan asam amino yang terdapat dalam sampel dengan kromatografi kertas

    Terampil melakukan kromatografi kertas dengan menggunakan sampel asam amino dan menganalisis hasil

    Kriteria:
    1. Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikator 1-7 lewat ujian tulis dan diberi bobot (2)
    2. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    3. Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
    4. Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 lewat ujian tulis dan hasilnya dibeti bobot 5
    5. NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
    Presentasi, diskusi, dan demonstrasi
    3 x 50

    Materi: Prinsip dasar analisis Asam Amino
    Pustaka: Nelson D.L., and Cox M.M., 2003, Lehninger Principle of Biochemistry, 4th edition, Universiry of Winconsin-Madison
    5%

    16

    Minggu ke 16

    UAS

    Menjelaskan analisis data kadar protein dengan spektrofotometer UV-Vis

    Kriteria:
    1. Tes sub sumatif atau Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengases indikaor 1-7 lewat ujian tulis, dan diberi bobot (2)
    2. Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan (bobot 2)
    3. Penilaian tugas terstruktur dan laporan praktikum dirata-rata kemudian diberi bobot (3)
    4. Ujian Akhir Semester (UAS) digunakan untuk mengukur ketercapaian indikator 9-15 kewat ujian tulis dan hasilnya diberi bobot 5
    5. NA akhir adalah (Nilai partisipasi x 2) (Nilai tugas x 3) (Nilai UTS x 2) Nilai UAS (3) dibagi 10

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja

    2 x 50

    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 60%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.33%
    3. Penilaian Praktikum 13.33%
    4. Praktik / Unjuk Kerja 3.33%
    5. Tes 5%
    89.99%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.