Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8710302117

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=0

P=0

ECTS=0

3

4 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D




DWI YULI RAKHMAWATI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau karya inovatif yang teruji dengan pendekatan inter atau multidisiplin dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, berjiwa kewirausahaan, serta komitmen belajar sepanjang hayat melalui proses perancangan, pengembangan, pengujian, dan penyempurnaan instrumen penelitian yang valid, reliabel, etis, dan kontekstual sesuai kebutuhan penelitian pendidikan, ekonomi, dan sosial.

PO - 2

mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan menyempurnakan instrumen penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah dan standar kompetensi kerja di bidang penelitian pendidikan, ekonomi, dan sosial.

PO - 3

mahasiswa mampu menguasai metodologi pengembangan instrumen penelitian untuk menghasilkan karya ilmiah atau inovatif yang teruji di bidang pendidikan ekonomi melalui pendekatan inter dan multidisiplin, dengan penuh tanggung jawab serta mematuhi kaidah dan etika ilmiah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian membekali mahasiswa dengan kemampuan konseptual dan praktis dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan menyempurnakan instrumen penelitian yang valid dan reliabel untuk keperluan penelitian pendidikan, ekonomi, dan sosial. Mahasiswa mempelajari prinsip dasar pengukuran, operasionalisasi variabel, penyusunan indikator, pengembangan butir instrumen (tes dan non-tes), serta teknik uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kuantitatif dan kualitatif. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang akurat, etis, dan sesuai dengan kaidah ilmiah sebagai dasar pengumpulan data yang berkualitas dalam penelitian dan tugas akhir.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
  2. Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). London: McGraw-Hill Education.
  3. American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington, DC: APA.
  4. Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
  5. Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis.

Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 x 50 menit
Ceramah
2 x 50 menit
Materi: Menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis.
Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian.

Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian.

Kriteria:

Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 x 50 menit
Ceramah
2 x 50 menit
Materi: Membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian.
Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis.

Mahasiswa mampu mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 x 50 menit
Materi: Mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis.
Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran.

Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran.
Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa.

Mahasiswa mampu menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa.
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington, DC: APA.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya.

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya.
Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis.

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis.
Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif.

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif.


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50 menit
UTS
2 X 50 menit
Materi: Menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif.
Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis.

Mahasiswa mampu melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis.

Kriteria:

Mahasiswa mampu melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis.
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington, DC: APA.
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik.

Mahasiswa mampu mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik.
Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). London: McGraw-Hill Education.
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis.

Mahasiswa mampu menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis.
Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis.

Mahasiswa mampu merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis.

Kriteria:

Mahasiswa mampu merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis.
Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). London: McGraw-Hill Education.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional.

Mahasiswa mampu menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional.
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif.

Mahasiswa mampu mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif.
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah.

Mahasiswa mampu menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
2 X 50 menit
Ceramah
2 X 50 menit
Materi: Menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah.
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menunjukkan penguasaan komprehensif pengembangan instrumen penelitian melalui ujian akhir semester.

Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dengan baik dan benar

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50 menit
UAS
2 X 50 menit
Materi: Proposal dan Laporan Penelitian
Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.