
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
8710302117 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
4 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D
|
DWI YULI RAKHMAWATI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau karya inovatif yang teruji dengan pendekatan inter atau multidisiplin dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, berjiwa kewirausahaan, serta komitmen belajar sepanjang hayat melalui proses perancangan, pengembangan, pengujian, dan penyempurnaan instrumen penelitian yang valid, reliabel, etis, dan kontekstual sesuai kebutuhan penelitian pendidikan, ekonomi, dan sosial.
|
PO - 2 |
mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan menyempurnakan instrumen penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah dan standar kompetensi kerja di bidang penelitian pendidikan, ekonomi, dan sosial.
|
PO - 3 |
mahasiswa mampu menguasai metodologi pengembangan instrumen penelitian untuk menghasilkan karya ilmiah atau inovatif yang teruji di bidang pendidikan ekonomi melalui pendekatan inter dan multidisiplin, dengan penuh tanggung jawab serta mematuhi kaidah dan etika ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian membekali mahasiswa dengan kemampuan konseptual dan praktis dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan menyempurnakan instrumen penelitian yang valid dan reliabel untuk keperluan penelitian pendidikan, ekonomi, dan sosial. Mahasiswa mempelajari prinsip dasar pengukuran, operasionalisasi variabel, penyusunan indikator, pengembangan butir instrumen (tes dan non-tes), serta teknik uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kuantitatif dan kualitatif. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan instrumen penelitian yang akurat, etis, dan sesuai dengan kaidah ilmiah sebagai dasar pengumpulan data yang berkualitas dalam penelitian dan tugas akhir. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
- Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). London: McGraw-Hill Education.
- American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington, DC: APA.
- Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
- Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis. |
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 x 50 menit |
Ceramah 2 x 50 menit |
Materi: Menjelaskan ruang lingkup, peran, dan urgensi pengembangan instrumen penelitian dalam riset pendidikan ekonomi secara logis dan sistematis. Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian. |
Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 x 50 menit |
Ceramah 2 x 50 menit |
Materi: Membedakan jenis-jenis instrumen penelitian (tes dan non-tes) sesuai tujuan dan pendekatan penelitian. Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis. |
Mahasiswa mampu mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 x 50 menit |
Materi: Mengoperasionalisasikan variabel penelitian ke dalam indikator dan sub-indikator secara sistematis. Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran. |
Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Menyusun kisi-kisi instrumen penelitian sesuai indikator dan skala pengukuran. Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa. |
Mahasiswa mampu menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Menyusun butir instrumen yang valid secara konten dan bahasa. Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington, DC: APA. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Menjelaskan konsep validitas instrumen dan teknik pengujiannya. Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Menjelaskan konsep reliabilitas dan teknik pengujiannya secara kritis. Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif. |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif. Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 menit |
UTS 2 X 50 menit |
Materi: Menganalisis dan mengevaluasi konsep pengembangan instrumen penelitian secara komprehensif. Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis. |
Mahasiswa mampu melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Melakukan uji coba instrumen penelitian secara prosedural dan etis. Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington, DC: APA. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik. |
Mahasiswa mampu mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Mengolah data hasil uji coba instrumen menggunakan perangkat lunak statistik. Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). London: McGraw-Hill Education. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis. |
Mahasiswa mampu menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Menafsirkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen secara kritis. Pustaka: Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis. |
Mahasiswa mampu merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Merevisi dan menyempurnakan instrumen penelitian berdasarkan hasil analisis. Pustaka: Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). London: McGraw-Hill Education. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional. |
Mahasiswa mampu menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Menyusun pedoman penggunaan instrumen penelitian secara sistematis dan profesional. Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif. |
Mahasiswa mampu mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Mempresentasikan instrumen penelitian secara logis dan argumentatif. Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah. |
Mahasiswa mampu menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah 2 X 50 menit |
Ceramah 2 X 50 menit |
Materi: Menyusun laporan pengembangan instrumen penelitian sesuai kaidah ilmiah. Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menunjukkan penguasaan komprehensif pengembangan instrumen penelitian melalui ujian akhir semester. |
Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dengan baik dan benar |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 menit |
UAS 2 X 50 menit |
Materi: Proposal dan Laporan Penelitian Pustaka: Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta. |
30% |