Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Traklindas - Komunikasi 1

1120302039

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

12 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ananda Perwira Bakti




Abqariyatuzzahra Munasib




NUR ILLAHI ANJANI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga.

PLO-6

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja.

PLO-8

Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer.

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK1

PO - 2

CPMK-2

PO - 3

CPMK-3

PO - 4

CPMK-4

PO - 5

CPMK-5

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan keterampilan tentang Komunikasi yang meliputi prinsip dasar pengantar komunikasi, komunikasi massa, wawancara, presentasi ilmiah, komunikasi dokter dalam tim dan pemuka masyarakat, anamnesis identitas, anamnesis riwayat penyakit, anamnesis pada anak, anamnesis penelusuran riwayat konsumsi, komunikasi terapeutik, breaking bad newas, anamnesis pada kondisi khusus, rekam medis & surat-surat medis, dan surat-surat keterangan dokter. Pembelajaran dilaksanakan dengan project based learning. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah modelling dan demonstrasi.

Pustaka

Utama :

  1. Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
  2. Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
  3. Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama.
  4. Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.
  5. Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.
  6. Matondang C.S., dkk., 2000. Pemeriksaan Fisik pada Anak. Jakarta: Sagung Seto.
  7. Sameto, H. Cara Berbicara dan Presentasi Audio Visual. Gramedia Pustaka Utama.
  8. Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
  9. Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.

Pendukung :

Dosen Pengampu

dr. Iman Rachmanto, Sp.OG.

dr. Muhamad Fachry, Sp.OG.

dr. Azizati Rochmania, Sp.KFR.

dr. Nur Khozin, Sp.KFR

dr. Vitri Saktiwi, Sp.A.

dr. Tri Putra Rahmad Ramadani, Sp.Rad.

Dr. dr. Ananda Perwira Bakti, M.Kes.

dr. Nieke Andina Wijaya, M.Biomed., Sp. D.V.E, FINSDV

dr. Putra Gelar Parlindungan, Sp.B.

dr. Sisi Artayasuinda, Sp.KJ

dr. Rizky Patria Nevangga, M.Or.

dr. Nur Shanti Retno Pembayun, M.Or.

dr. Arifiana Wungu Kartika Dewi, M.Ked.Klin., Sp.D.V.E.

dr. Fiona Paramitha, Sp.A.

dr. Billy Jordan Wrahatnala, S.Ked., M.Ked.Trop.

dr. Shod Abdurrachman Dzulkarnain, M.Biomed

dr. Hafshah Yasmina Abidah, M.Biomed.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menyimulasikan prinsip dasar pengantar komunikasi

  1. Mampu mendefinisikan komunikasi kesehatan
  2. Mampu menyebutkan tujuan dan manfaat, unsur dasar, factor, bentuk, metode, Teknik, hambatan, dan jenis komunikasi
  3. Mampu mendemontrasikan komunikasi verbal dan nonverbal secara profesional
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: Keterampilan komunikasi
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.
1%

2

Minggu ke 2

Mampu menyimulasikan komunikasi massa

  1. Mampu mendefinisikan komunikasi massa
  2. Mampu memahami kelebihan dan kekurangan komunikasi
  3. Mampu mendemontrasikan komunikasi massa secara profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: keterampilan komunikasi massa
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
1%

3

Minggu ke 3

Mampu menyimulasikan wawancara

  1. Mampu mendefinisikan wawancara
  2. Mampu menyebutkan Langkah-langkah, manfaat, taktik, dan sikap pada saat wawancara
  3. Mampu mendemontrasikan wawancara secara profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: keterampilan wawancara
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
1%

4

Minggu ke 4

Mampu menyimulasikan presentasi ilmiah

  1. Mampu menyiapkan materi presentasi ilmiah
  2. Mampu mennyebutkan persiapan presentasi dan memilih alat bantu audiovisual
  3. Mampu mendemontrasikan presentasi ilmiah secara profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: keterampilan presentasi ilmiah
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.
1%

5

Minggu ke 5

Mampu menyimulasikan komunikasi dokter dalam tim dan pemuka masyarakat

  1. Mampu menyebutkan persiapan & cara pelaksanaan diskusi kelompok
  2. Mampu menganalisis dalam diskusi kelompok
  3. Mampu mendemontrasikan komunikasi dokter dalam tim dan pemuka Masyarakat secara profesional
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: Keterampilan Komunikasi Dokter dalam tim
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

6

Minggu ke 6

Mampu menyimulasikan anamnesis identitas

  1. Mampu menyebutkan Langkah-langkah anamnesis
  2. Mampu menyebutkan definisi, tujuan dan manfaat point-point anamnesis identitas
  3. Mampu mendemontrasikan sambung rasa dokter pasien
  4. Mampu mendemontrasikan anamnesis identitas pasien secara profesional
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: Keterampilan anamnesis identitas
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

7

Minggu ke 7

Mampu menyimulasikan anamnesis riwayat penyakit

  1. Mampu menetapkan keluhan utama dari beberapa keluhan yang disampaikan oleh pasien
  2. Mampu menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, dan keluarga yang berhubungan dengan keluhan utama dan Riwayat penyakit sekarang
  3. Mampu menggali anamnesis system yang berhubungan dengan keluhan utama
  4. Mampu menggali Riwayat psikososial yang berhubungan dengan keluhan utama dan Riwayat penyakit sekarang secara profesional
  5. Mampu mempraktekan anamnesis Riwayat penyakit pada pasien secara profesional
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: keterampilan anamnesis riwayat penyakit
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

8

Minggu ke 8

Mampu menyimulasikan anamnesis pada anak

  1. Mampu menyebutkan langkah-langkah anamnesis pada pasien anak
  2. Mampu menetapkan keluhan utama pada pasien anak
  3. Mampu menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, keluarga, dan system secara profesional
  4. Mampu menggali Riwayat kehamilan ibu, kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, makan, imunisasi, dan sosioekonomi keluarga secara profesional
  5. Mampu mempraktekan anamnesis pada pasien anak (heteroanamnesis) secara profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: anamnesis pada anak
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

9

Minggu ke 9

Mampu menyimulasikan anamnesis penelusuran Riwayat konsumsi

  1. Mampu menyebutkan Langkah-langkah anamnesis
  2. Mampu melakukan sambung rasa dokter dengan pasien
  3. Mampu menyebutkan tujuan dan manfaat penelusuran Riwayat konsumsi pada pasien
  4. Mampu mempraktekan penelusuran Riwayat konsumsi pada pasien secara profesional
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: anamnesis penelusuran Riwayat konsumsi
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu melakukan sambung rasa kepada pasien dengan lebih baik
  2. Mampu memahami dan melakukan komunikasi terapeutik secara verbal dan non verbal
  3. Mampu memahami prinsip-prinsip komunikasi terapeutik
  4. Mampu memahami tujuan dan fase-fase komunikasi terapeutik
  5. Mampu melakukan anamnesis komunikasi terapeutik secara profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: komunikasi terapeutik
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu melatih rasa empati kepada pasien
  2. Mampu menyampaikan berita buruk secara professional dengan menjunjung tinggi etika kedokteran secara profesional
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: breaking bad news
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

12

Minggu ke 12

Mampu menyimulasikan anamnesis pada kondisi khusus

  1. Mampu mengenali pasien dengan kondisi khusus atau kasus sensitive
  2. Mampu melakukan sambung rasa kepada pasien dengan lebih baik secara profesional
  3. Mampu melakukan dan menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, keluarga, system, dan psikososial yang berhubungan dengan keluhan utama secara profesional
  4. Mampu menyampaikan diagnosis pada kondisi khusus atau kasus sensitive secara profesional
  5. Mampu menyampaikan informasi pada kondisi khusus atau kasus sensitive secara profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: anamnesis pada kondisi khusus
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

13

Minggu ke 13

Mampu menyimulasikan rekam medis & surat-surat medis

  1. Mampu menyebutkan tahapan mendapatkan persetujuan atau penolakan medis
  2. Mampu memahami isi formular persetujuan atau penolakan medis
  3. Mampu menulis rujukan medis secara profesional
  4. Mampu memahami isi dan pentingnya rekam medis secara profesional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: rekam medis & surat-surat medis
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

14

Minggu ke 14

Mampu menyimulasikan surat-surat keterangan medis

  1. Mampu memahami macam surat keterangan yang dibuat oleh dokter
  2. Mampu membuat surat keterangan sehat dan sakit
  3. Mampu memahami macam dan fungsi dari surat visum
  4. Mampu membuat dan menulis isi dari surat visum secara profesional
Kriteria:

Kriteria: partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

Materi: surat-surat keterangan medis
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
1%

15

Minggu ke 15

Mampu mensimulasikan materi 1-14

Mampu mensimulasikan skill materi 1-14 sesuai ceklis secar profesional

Kriteria:

Partisipasi aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Observasi menggunakan rubrik penilaian, modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)

1%

16

Minggu ke 16

Mampu mensimulasikan skill materi 1-14 sesuai ceklis secara profesional

Kriteria:

Mendemontrasikan dan menyimulasikan keterampilan sesuai materi 1-14 secara profesional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UJIAN AKHIR OSCE

85%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 7%
3. Tes 42.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.