Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fluida, Gelombang, dan Optik

8420803209

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ahmad Fauzi Hendratmoko, M.Pd. Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si.Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd.Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd.Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd. Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D.Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd. Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd




-




Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi

PLO-10

Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen/penyelidikan dalam pembelajaran sains terintegrasi untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, , dan menginterpretasi data

PLO-11

Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fluida, gelombang, dan optik untuk pembelajaran sains guna mengembangkan diri secara berkelanjutan

PO - 2

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi dalam fluida, gelombang, dan optik serta penerapannya untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, dan menginterpretasi data

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan eksperimen atau penyelidikan dalam fluida, gelombang, dan optik untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, dan menginterpretasi data

PO - 4

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan dalam fluida, gelombang, dan optik secara efektif, baik lisan maupun tulisan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6PLO-10PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar sains yang di bagi tiga area: fluida, gelombang, dan optik. Pada bagian fluida, materi mencakup tekanan pada fluida, hukum Pascal, prinsip Archimedes, serta konsep fluida dinamis yang melibatkan persamaan kontinuitas, persamaan Bernoulli, serta hukum Poiseuille dan Stokes untuk memahami aliran dan viskositas. Di bagian gelombang, mahasiswa mempelajari osilasi sederhana dan teredam, serta fenomena gelombang seperti interferensi, difraksi, dan efek Doppler yang menggambarkan bagaimana gelombang merambat dan berinteraksi. Bagian optik mencakup hukum pemantulan dan pembiasan, cermin sferis, lensa tipis, serta fenomena gelombang cahaya seperti polarisasi, interferensi, dan difraksi. Dengan mempelajari materi ini, mahasiswa mendapatkan pemahaman komprehensif tentang bagaimana prinsip dasar beroperasi dalam berbagai konteks alam dan teknologi.

Pustaka

Utama :

  1. Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.
  2. Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
  3. Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.
  4. Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.
  5. Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.
  6. Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.

Pendukung :

  1. Nurita, T., & Permatasari, J. (2024, May). The impact of experiential learning toward student’science process skills on vibration chapter. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3116, No. 1). AIP Publishing.

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si.

Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd.

Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd.

Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd.

Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D.

Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd.

Ahmad Fauzi Hendratmoko, M.Pd.

Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa menganalisis konsep fluida statis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mengidentifikasi karakteristik fluida statis
  3. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida statis
  4. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida statis
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa menganalisis konsep fluida statis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mengidentifikasi karakteristik fluida statis
  3. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida statis
  4. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida statis
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Statis
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa menganalisis fluida dinamis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida dinamis
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida dinamis
  4. Mengidentifikasi karakteristik fluida dinamis
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa menganalisis fluida dinamis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida dinamis
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida dinamis
  4. Mengidentifikasi karakteristik fluida dinamis
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida Dinamis
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa menganalisis tekanan darah yang berkaitan dengan konsep fluida untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis tekanan darah pada hewan dan manusia dalam kehidupan sehari-hari
  2. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan tekanan darah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa menganilisis difusi pada peristiwa respirasi, tekanan osmosis, dan transport pada tumbuhan untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis difusi pada peristiwa respirasi dalam kehidupan sehari-hari
  2. Menganalisis tekanan osmosis dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menganalisis sistem transport pada tumbuhan
  4. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan difusi pada peristiwa respirasi, tekanan osmosis, dan transport pada tumbuhan
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa menganalisis getaran untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep getaran dalam kehidupan sehari-hari
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan terkait getaran
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan getaran
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Getaran
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Getaran
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Getaran
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.

Materi: Getaran
Pustaka: Nurita, T., & Permatasari, J. (2024, May). The impact of experiential learning toward student’science process skills on vibration chapter. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3116, No. 1). AIP Publishing.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS): Sesuai materi pada pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-7

Sesuai indikator penilaian pada pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-7

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50

Materi: Fluida
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida dan Getaran
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida dan Getaran
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida dan Getaran
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa menganalisis berbagai jenis gelombang, seperti gelombang transversal dan longitudinal, serta deskripsi matematis gelombang, dan menjelaskan konsep kekuatan dan intensitas gelombang untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Gelombang
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Gelombang
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Gelombang
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa menganalisis berbagai jenis gelombang, seperti gelombang transversal dan longitudinal, serta deskripsi matematis gelombang, dan menjelaskan konsep kekuatan dan intensitas gelombang untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Gelombang
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Gelombang
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Gelombang
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa menganalisis gelombang bunyi dan penerapannya pada sistem pendengaran untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganilisis konsep gelombang bunyi dan penerapannya pada sistem pendengaran
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang bunyi dalam sistem pendengaran
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang bunyi dan sistem pendengaran
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Bunyi
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Bunyi
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Bunyi
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa menganalisis gelombang cahaya untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang cahaya
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang cahaya
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Gelombang Cahaya
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Gelombang Cahaya
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Gelombang Cahaya
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa menganalisis mata sebagai alat optik yang berkaitan dengan titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah

  1. Menganalisis konsep mata sebagai alat optik yang berkaitan dengan titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata
  2. Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan tentang mata sebagai alat optik yang berkaitan dengan titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata
  3. Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan mata sebagai alat optik tentang titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Optik
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan alat-alat optik (mikroskop, lup, teropong, dll)

Menganalisis penggunaan alat-alat optik (mikroskop, lup, teropong, dll)

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fluida, gelombang, dan optik untuk pembelajaran sains guna mengembangkan diri secara berkelanjutan

Mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fluida, gelombang, dan optik

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case based learning dan peer interaction
3 x 50

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS): Sesuai materi pada pertemuan ke-9 sampai pertemuan ke-15

Sesuai indikator penilaian pada pertemuan ke-9 sampai pertemuan ke-15

Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian)


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 x 50

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.

Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik
Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30.35%
2. Penilaian Praktikum 8.35%
3. Tes 60.35%
99.05%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.