
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fluida, Gelombang, dan Optik |
8420803209 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
2 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ahmad Fauzi Hendratmoko, M.Pd. Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si.Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd.Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd.Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd. Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D.Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd. Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd
|
-
|
Prof. Dr. Erman, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi |
PLO-10 |
Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen/penyelidikan dalam pembelajaran sains terintegrasi untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, , dan menginterpretasi data |
PLO-11 |
Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fluida, gelombang, dan optik untuk pembelajaran sains guna mengembangkan diri secara berkelanjutan
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi dalam fluida, gelombang, dan optik serta penerapannya untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, dan menginterpretasi data
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan eksperimen atau penyelidikan dalam fluida, gelombang, dan optik untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, dan menginterpretasi data
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan dalam fluida, gelombang, dan optik secara efektif, baik lisan maupun tulisan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | | | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar sains yang di bagi tiga area: fluida, gelombang, dan optik. Pada bagian fluida, materi mencakup tekanan pada fluida, hukum Pascal, prinsip Archimedes, serta konsep fluida dinamis yang melibatkan persamaan kontinuitas, persamaan Bernoulli, serta hukum Poiseuille dan Stokes untuk memahami aliran dan viskositas. Di bagian gelombang, mahasiswa mempelajari osilasi sederhana dan teredam, serta fenomena gelombang seperti interferensi, difraksi, dan efek Doppler yang menggambarkan bagaimana gelombang merambat dan berinteraksi. Bagian optik mencakup hukum pemantulan dan pembiasan, cermin sferis, lensa tipis, serta fenomena gelombang cahaya seperti polarisasi, interferensi, dan difraksi. Dengan mempelajari materi ini, mahasiswa mendapatkan pemahaman komprehensif tentang bagaimana prinsip dasar beroperasi dalam berbagai konteks alam dan teknologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur.
- Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
- Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press.
- Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley.
- Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga.
- Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd.
|
Pendukung : |
|
- Nurita, T., & Permatasari, J. (2024, May). The impact of experiential learning toward student’science process skills on vibration chapter. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3116, No. 1). AIP Publishing.
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si. Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd. Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd. Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd. Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd. Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D. Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc. Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd. Ahmad Fauzi Hendratmoko, M.Pd. Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa menganalisis konsep fluida statis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
- Mengidentifikasi karakteristik fluida statis
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida statis
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida statis
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida Statis Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Statis Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida Statis Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida Statis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida Statis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Statis Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa menganalisis konsep fluida statis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
- Mengidentifikasi karakteristik fluida statis
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida statis
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida statis
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida Statis Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Statis Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida Statis Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida Statis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida Statis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Statis Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa menganalisis fluida dinamis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida dinamis
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida dinamis
- Mengidentifikasi karakteristik fluida dinamis
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa menganalisis fluida dinamis untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan fluida dinamis
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan fluida dinamis
- Mengidentifikasi karakteristik fluida dinamis
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Dinamis Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa menganalisis tekanan darah yang berkaitan dengan konsep fluida untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis tekanan darah pada hewan dan manusia dalam kehidupan sehari-hari
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan tekanan darah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa menganilisis difusi pada peristiwa respirasi, tekanan osmosis, dan transport pada tumbuhan untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis difusi pada peristiwa respirasi dalam kehidupan sehari-hari
- Menganalisis tekanan osmosis dalam kehidupan sehari-hari
- Menganalisis sistem transport pada tumbuhan
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan difusi pada peristiwa respirasi, tekanan osmosis, dan transport pada tumbuhan
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa menganalisis getaran untuk pemecahan masalah yang relevan, mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep getaran dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan terkait getaran
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan getaran
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Getaran Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Getaran Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Getaran Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. Materi: Getaran Pustaka: Nurita, T., & Permatasari, J. (2024, May). The impact of experiential learning toward student’science process skills on vibration chapter. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3116, No. 1). AIP Publishing. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS): Sesuai materi pada pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-7 |
Sesuai indikator penilaian pada pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-7 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: Fluida Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida dan Getaran Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida dan Getaran Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida dan Getaran Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa menganalisis berbagai jenis gelombang, seperti gelombang transversal dan longitudinal, serta deskripsi matematis gelombang, dan menjelaskan konsep kekuatan dan intensitas gelombang untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Gelombang Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Gelombang Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Gelombang Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa menganalisis berbagai jenis gelombang, seperti gelombang transversal dan longitudinal, serta deskripsi matematis gelombang, dan menjelaskan konsep kekuatan dan intensitas gelombang untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Gelombang Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Gelombang Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Gelombang Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa menganalisis gelombang bunyi dan penerapannya pada sistem pendengaran untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganilisis konsep gelombang bunyi dan penerapannya pada sistem pendengaran
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang bunyi dalam sistem pendengaran
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang bunyi dan sistem pendengaran
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Bunyi Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Bunyi Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Bunyi Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa menganalisis gelombang cahaya untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan contoh permasalahan gelombang cahaya
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan gelombang cahaya
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Gelombang Cahaya Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Gelombang Cahaya Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Gelombang Cahaya Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa menganalisis mata sebagai alat optik yang berkaitan dengan titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata untuk pemecahan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah yang relevan, bertanggung jawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan timnya, dengan memanfaatkan sains dan teknologi dalam memecahkan masalah |
- Menganalisis konsep mata sebagai alat optik yang berkaitan dengan titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata
- Melakukan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan tentang mata sebagai alat optik yang berkaitan dengan titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata
- Memanfaatkan sains dan teknologi untuk memecahkan masalah berkaitan mata sebagai alat optik tentang titik buta, daya akomodasi, dan cacat mata
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Optik Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan alat-alat optik (mikroskop, lup, teropong, dll) |
Menganalisis penggunaan alat-alat optik (mikroskop, lup, teropong, dll) |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fluida, gelombang, dan optik untuk pembelajaran sains guna mengembangkan diri secara berkelanjutan |
Mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam bidang fluida, gelombang, dan optik |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case based learning dan peer interaction 3 x 50 |
|
Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS): Sesuai materi pada pertemuan ke-9 sampai pertemuan ke-15 |
Sesuai indikator penilaian pada pertemuan ke-9 sampai pertemuan ke-15 |
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan sesuai indikator penilaian (rubrik penilaian) Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 x 50 |
|
Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Bansal, R.K.(2008).A Textbook of Fluid Mechanics.Delhi : Ajit Printers, Old Maujpur. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Bruce, dkk.(2003).Mekanika Fluida Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Currie, I.G. (2012).Fundamental Mechanics of Fluids, Fourth Edition. USA: CRC Press. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2014). Physics: Principles with Applications I Ed 7E. California: Addison-Wesley. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giordano, Nicholas J. (2010). College Physics: Reasoning and Relationships, First Edition. Canada: Nelson Education, Ltd. Materi: Fluida, Gelombang, dan Optik Pustaka: Giancoli, Douglas. (2010). Fisika I. Jakarta: Erlangga. |
20% |