|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Telaah Kritis Filsafat Pendidikan Sains |
8400103064 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suyono, M.Si.
|
Prof. Dr. Suyono, M.Si.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi) atas IPA (natural science) sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif atas tiga komponen keilmuan (produk ilmiah, metode ilmiah, dan sikap ilmiah) serta implementasinya dalam kehidupan yang beragama.
|
PO - 2 |
Merubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait sains, teknologi, dan/atau seni.
|
PO - 3 |
Mengelola dan mengembangkan riset berbasis pada nalar yang benar dan komprehensif, serta memanfaatkaN tools of science (bahasa, logika, matematika, dan statistika) dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) dengan target akhir sebuah kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | ✔ | PO-2 | ✔ | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat ilmu, konseptualisasi, dan metodologi keilmuan, serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi sains, karakteristik dan hakikat sains sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan sains dan pendidikan sains serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer
- Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer
- Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge
- James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge
- Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung
- Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press
- Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc
- Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
- Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Nadi Suprapto, 2021, Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Berbasis Literatur Review Secara Daring Bagi Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya (Solusi bagi Mahasiswa Program Skripsi di masa Pandemi Covid 19), dalam Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Suyono, M.Pd. Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai cara-cara berpikir filsafati/kefilsafatan sebagai dasar pengembangan sains yang meliputi: target akhir kajian kefilsafatan, berpikir tentang berpikir agar komprehensif (mendalam & meluas), dan tiga aliran dalam berpikir (rasionalisme, empirisme, dan pragmatism) |
- Menyajikan contoh dan non contoh tentang kebijaksanaan sebagai target akhir berpikir filsafati dalam bidang sains
- Menyajikan contoh ratitikasi nasehat Rene Descartes dan Socrates untuk mencapai kekomprehensifan dalam kajian sains.
- Menghasilkan tulisan singkat contoh kajian konsep IPA berbasis tiga pertanyaan keilmuan
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah dan penugasan literasi tentang keretakan antara filsafat, ilmu, dan teknologi
(Tugas literasi Informasi) 3 x 50 menit |
Materi: 1. Surat Einstein kepada Presiden Roosevelt [Ref: web]. Pustaka: Materi: 2. Nasehat filosofis Rene Descartes Pustaka: Materi: 3. Nasehat filosofis Socrates. Pustaka: Materi: 4. Tiga pertanyaan kelimuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi)[Ref 8] Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai tiga komponen keilmuan (scientific product, scientific method, dan scientific attitude) dan tools of science. |
- Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific method dalam pembelajaran IPA.
- Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific attitude dalam pembelajaran IPA
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan Presentasi PPT
(Tugas Literasi Informasi) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No 1-3 dan 7 Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer Materi: Referensi No 1-3 dan 7 Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge Materi: Referensi No 1-3 dan 7 Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai tiga komponen keilmuan (scientific product, scientific method, dan scientific attitude) dan tools of science. |
- Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific method dalam pembelajaran IPA.
- Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific attitude dalam pembelajaran IPA
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan Presentasi PPT
(Tugas Literasi Informasi) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No 1-3 dan 7 Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer Materi: Referensi No 1-3 dan 7 Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge Materi: Referensi No 1-3 dan 7 Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan |
Menyajikan hasil analisis fakta, konsep, dan prinsip pada konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_01.2)
|
3 x 50 menit |
Materi: Referensi No 1- 5 dan 7 Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan |
Menyajikan hasil analisis fakta, konsep, dan prinsip pada konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_01.2)
|
3 x 50 menit |
Materi: Referensi No 1- 5 dan 7 Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung Materi: Referensi No 1-5 dan 7 Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu merencanakan pembelajaran (skenario & perangkat pendukungnya) sesuai kompetensi tertentu dengan memanfaatkan hasil analisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan dalam rangka penyusunan disertasi. |
Menyajikan konsepsi rencana pembelajaran IPA yang diwarnai pendekatan induktif atau deduktif sesuai hirarki hubungan antar produk keilmuan. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.1)
|
3 x 50 menit |
Materi: Referensi No. 10 Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu merencanakan pembelajaran (skenario & perangkat pendukungnya) sesuai kompetensi tertentu dengan memanfaatkan hasil analisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan dalam rangka penyusunan disertasi. |
Menyajikan konsepsi rencana pembelajaran IPA yang diwarnai pendekatan induktif atau deduktif sesuai hirarki hubungan antar produk keilmuan. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.1)
|
3 x 50 menit |
Materi: Referensi No. 10 Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 3 x 50 menit |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengevaluasi rencana pembelajaran IPA berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method dan scientific attitude. |
Menyajikan hasil evaluasi rencana pembelajaran yang telah didefinisikan dan ditulis.berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.3) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No 8, 9, dan 10 Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Materi: Referensi No 8, 9, dan 10 Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. Materi: Referensi No 8, 9, dan 10 Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengevaluasi rencana pembelajaran IPA berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method dan scientific attitude. |
Menyajikan hasil evaluasi rencana pembelajaran yang telah didefinisikan dan ditulis.berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.3) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No 8, 9, dan 10 Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Materi: Referensi No 8, 9, dan 10 Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. Materi: Referensi No 8, 9, dan 10 Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengevaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi ontologi |
Menyajikan hasil evaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi ontologi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan Presentasi hasil evaluasi.
(Case Method 01.1) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengevaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi epistemologi |
Menyajikan hasil evaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi epistemologi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Penugasan, dan Presentasi hasil evaluasi.
(Case Method 01.2) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengevaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi aksiologi |
Menyajikan hasil evaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi aksiologi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan Presentasi hasil evaluasi.
(Case Method 01.3) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press Materi: Referensi No. 1-6, dan 9 Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengembangkan kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA. |
Menghasilkan draft awal sebuah kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL 03.1) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No. 8, 9, dan 10 Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Materi: Referensi No. 8, 9, dan 10 Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. Materi: Referensi No. 8, 9, dan 10 Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc. |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengembangkan kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA. |
Menghasilkan draft akhir sebuah kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA yang siap disubmit ke jurnal ilmiah. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL 03.1) 3 x 50 menit |
Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021) Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021) Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013. Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021) Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc. Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021) Pustaka: Nadi Suprapto, 2021, Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Berbasis Literatur Review Secara Daring Bagi Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya (Solusi bagi Mahasiswa Program Skripsi di masa Pandemi Covid 19), dalam Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 3 x 50 menit |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
10% |