Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Telaah Kritis Filsafat Pendidikan Sains

8400103064

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suyono, M.Si.




Prof. Dr. Suyono, M.Si.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi) atas IPA (natural science) sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif atas tiga komponen keilmuan (produk ilmiah, metode ilmiah, dan sikap ilmiah) serta implementasinya dalam kehidupan yang beragama.

PO - 2

Merubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait sains, teknologi, dan/atau seni.

PO - 3

Mengelola dan mengembangkan riset berbasis pada nalar yang benar dan komprehensif, serta memanfaatkaN tools of science (bahasa, logika, matematika, dan statistika) dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) dengan target akhir sebuah kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat ilmu, konseptualisasi, dan metodologi keilmuan, serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi sains, karakteristik dan hakikat sains sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan sains dan pendidikan sains serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat.

Pustaka

Utama :

  1. Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer
  2. Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer
  3. Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge
  4. James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge
  5. Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung
  6. Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press
  7. Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc
  8. Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  9. Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
  10. Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.

Pendukung :

  1. Nadi Suprapto, 2021, Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Berbasis Literatur Review Secara Daring Bagi Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya (Solusi bagi Mahasiswa Program Skripsi di masa Pandemi Covid 19), dalam Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Suyono, M.Pd.

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai cara-cara berpikir filsafati/kefilsafatan sebagai dasar pengembangan sains yang meliputi: target akhir kajian kefilsafatan, berpikir tentang berpikir agar komprehensif (mendalam & meluas), dan tiga aliran dalam berpikir (rasionalisme, empirisme, dan pragmatism)

  1. Menyajikan contoh dan non contoh tentang kebijaksanaan sebagai target akhir berpikir filsafati dalam bidang sains
  2. Menyajikan contoh ratitikasi nasehat Rene Descartes dan Socrates untuk mencapai kekomprehensifan dalam kajian sains.
  3. Menghasilkan tulisan singkat contoh kajian konsep IPA berbasis tiga pertanyaan keilmuan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah dan penugasan literasi tentang keretakan antara filsafat, ilmu, dan teknologi
(Tugas literasi Informasi)
3 x 50 menit
Materi: 1. Surat Einstein kepada Presiden Roosevelt [Ref: web].
Pustaka:

Materi: 2. Nasehat filosofis Rene Descartes
Pustaka:

Materi: 3. Nasehat filosofis Socrates.
Pustaka:

Materi: 4. Tiga pertanyaan kelimuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi)[Ref 8]
Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
5%

2

Minggu ke 2

Menguasai tiga komponen keilmuan (scientific product, scientific method, dan scientific attitude) dan tools of science.

  1. Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific method dalam pembelajaran IPA.
  2. Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific attitude dalam pembelajaran IPA
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan Presentasi PPT
(Tugas Literasi Informasi)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No 1-3 dan 7
Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer

Materi: Referensi No 1-3 dan 7
Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge

Materi: Referensi No 1-3 dan 7
Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc
5%

3

Minggu ke 3

Menguasai tiga komponen keilmuan (scientific product, scientific method, dan scientific attitude) dan tools of science.

  1. Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific method dalam pembelajaran IPA.
  2. Menghasilkan narasi singkat tentang implementasi scientific attitude dalam pembelajaran IPA
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan Presentasi PPT
(Tugas Literasi Informasi)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No 1-3 dan 7
Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer

Materi: Referensi No 1-3 dan 7
Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge

Materi: Referensi No 1-3 dan 7
Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan

Menyajikan hasil analisis fakta, konsep, dan prinsip pada konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_01.2)

3 x 50 menit
Materi: Referensi No 1- 5 dan 7
Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan

Menyajikan hasil analisis fakta, konsep, dan prinsip pada konten IPA yang dipilih dan ditetapan sebagai bahan pengembangan kajian pustaka disertasi yang direncanakan

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_01.2)

3 x 50 menit
Materi: Referensi No 1- 5 dan 7
Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung

Materi: Referensi No 1-5 dan 7
Pustaka: Herron, J. Dudley; Cantu, Luis L.; Ward, Richard; and Srinivasan, Venu. (1977). Problems Associated with Concept Analysis. Science Education 61 (2): 185-199. John Wiley & Sons, Inc
5%

6

Minggu ke 6

Mampu merencanakan pembelajaran (skenario & perangkat pendukungnya) sesuai kompetensi tertentu dengan memanfaatkan hasil analisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan dalam rangka penyusunan disertasi.

Menyajikan konsepsi rencana pembelajaran IPA yang diwarnai pendekatan induktif atau deduktif sesuai hirarki hubungan antar produk keilmuan.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.1)

3 x 50 menit
Materi: Referensi No. 10
Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu merencanakan pembelajaran (skenario & perangkat pendukungnya) sesuai kompetensi tertentu dengan memanfaatkan hasil analisis fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori atas konten IPA yang dipilih dan ditetapan dalam rangka penyusunan disertasi.

Menyajikan konsepsi rencana pembelajaran IPA yang diwarnai pendekatan induktif atau deduktif sesuai hirarki hubungan antar produk keilmuan.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Penugasan dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.1)

3 x 50 menit
Materi: Referensi No. 10
Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.
5%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
3 x 50 menit
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mampu mengevaluasi rencana pembelajaran IPA berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method dan scientific attitude.

Menyajikan hasil evaluasi rencana pembelajaran yang telah didefinisikan dan ditulis.berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.3)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No 8, 9, dan 10
Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Materi: Referensi No 8, 9, dan 10
Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.

Materi: Referensi No 8, 9, dan 10
Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengevaluasi rencana pembelajaran IPA berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method dan scientific attitude.

Menyajikan hasil evaluasi rencana pembelajaran yang telah didefinisikan dan ditulis.berbasis pesan-pesan edukatif yang terkandung di dalam scientific method.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL_02.3)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No 8, 9, dan 10
Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Materi: Referensi No 8, 9, dan 10
Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.

Materi: Referensi No 8, 9, dan 10
Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu mengevaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi ontologi

Menyajikan hasil evaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi ontologi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan Presentasi hasil evaluasi.
(Case Method 01.1)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
7%

12

Minggu ke 12

Mampu mengevaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi epistemologi

Menyajikan hasil evaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi epistemologi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Penugasan, dan Presentasi hasil evaluasi.
(Case Method 01.2)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
7%

13

Minggu ke 13

Mampu mengevaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi aksiologi

Menyajikan hasil evaluasi kerangka berpikir (KB) riset pembelajaran IPA sebagai paradigma pemecahan masalah pembelajaran IPA, dari dimensi aksiologi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan Presentasi hasil evaluasi.
(Case Method 01.3)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to philosophy of science. NewYork: Springer

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Anna Poedjiadi, 2001. , Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press

Materi: Referensi No. 1-6, dan 9
Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.
7%

14

Minggu ke 14

Mampu mengembangkan kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA.

Menghasilkan draft awal sebuah kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL 03.1)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No. 8, 9, dan 10
Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Materi: Referensi No. 8, 9, dan 10
Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.

Materi: Referensi No. 8, 9, dan 10
Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.
7%

15

Minggu ke 15

Mampu mengembangkan kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA.

Menghasilkan draft akhir sebuah kerangka berpikir dalam rangka pemecahan masalah pembelajaran IPA yang siap disubmit ke jurnal ilmiah.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan, dan presentasi hasil proyek.
(PjBL 03.1)
3 x 50 menit
Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021)
Pustaka: Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021)
Pustaka: Suriasumantri, J.S., 2013. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2013.

Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021)
Pustaka: Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, ans Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Abridge Edition. New York: Longman, Inc.

Materi: Referensi No. 8, 9, 10 dan Pustaka pendukung (Suprapto, 2021)
Pustaka: Nadi Suprapto, 2021, Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Berbasis Literatur Review Secara Daring Bagi Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya (Solusi bagi Mahasiswa Program Skripsi di masa Pandemi Covid 19), dalam Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
10%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15

Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
3 x 50 menit
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.5%
3. Penilaian Portofolio 38%
98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.