Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Program Bela Negara

8820220218

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Terampil menerapkan konsep budaya berdasarkan pemahaman tradisi Jawa yang berwawasan kearifan lokal;

PLO-12

Mampu melakukan penelitian bahasa, sastra, budaya Jawa, dan pembelajarannya sesuai dengan konsep metode ilmiah;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep-konsep kearifan lokal dalam program Bela Negara untuk memperkuat identitas nasional (C3)

PO - 2

Menganalisis dampak program Bela Negara terhadap pemahaman dan pelestarian budaya Jawa (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program Bela Negara dalam integrasi nilai-nilai budaya Jawa dengan kehidupan modern (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi pengajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (C6)

PO - 5

Menerapkan metode penelitian ilmiah untuk mengkaji efektivitas program Bela Negara di lingkungan pendidikan (C3)

PO - 6

Menganalisis peran pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dalam mendukung program Bela Negara (C4)

PO - 7

Mengevaluasi keterkaitan antara materi Bela Negara dengan kurikulum pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (C5)

PO - 8

Menciptakan modul pembelajaran yang mengintegrasikan konsep Bela Negara dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-12
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Analisis Program Bela Negara pada jenjang S1 program studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai program-program bela negara yang ada dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa akan mempelajari berbagai program bela negara yang telah dan sedang dilaksanakan, menganalisis keefektifan, keberlanjutan, serta dampak dari program-program tersebut. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman konsep bela negara, analisis program-program bela negara yang telah dilakukan, serta perumusan rekomendasi untuk pengembangan program bela negara yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep kearifan lokal dalam konteks program Bela Negara untuk memperkuat identitas nasional.

  1. Pemahaman konsep kearifan lokal
  2. Kemampuan menerapkan konsep kearifan lokal dalam program Bela Negara
  3. Kreativitas dalam mengaitkan kearifan lokal dengan identitas nasional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan kearifan lokal dalam program Bela Negara
Materi: Pengertian Kearifan Lokal, Hubungan Kearifan Lokal dengan Identitas Nasional, Studi Kasus Penerapan Kearifan Lokal dalam Program Bela Negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep kearifan lokal dalam program Bela Negara untuk memperkuat identitas nasional.

  1. Pemahaman konsep kearifan lokal
  2. Kemampuan mengaplikasikan kearifan lokal dalam program Bela Negara

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan kearifan lokal dalam program Bela Negara
Materi: Pengenalan kearifan lokal, Penerapan kearifan lokal dalam program Bela Negara, Studi kasus implementasi kearifan lokal
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara program Bela Negara dengan pemahaman dan pelestarian budaya Jawa serta mengidentifikasi dampak positifnya.

  1. Pemahaman hubungan program Bela Negara dengan budaya Jawa
  2. Kemampuan menganalisis dampak positif program Bela Negara

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang dampak program Bela Negara terhadap budaya Jawa
Materi: Sejarah Program Bela Negara, Budaya Jawa dan Nilai-nilainya, Metode Analisis Dampak Program
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara program Bela Negara dengan pemahaman dan pelestarian budaya Jawa.

  1. Pemahaman konsep program Bela Negara
  2. Kemampuan menganalisis dampak program Bela Negara
  3. Kemampuan mengidentifikasi upaya pelestarian budaya Jawa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang dampak program Bela Negara terhadap budaya Jawa
Materi: Sejarah Program Bela Negara, Budaya Jawa dan Nilai-nilainya, Dampak Program Bela Negara terhadap Budaya Jawa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas program Bela Negara dalam integrasi nilai-nilai budaya Jawa dengan kehidupan modern.

  1. Pemahaman konsep integrasi budaya Jawa dan kehidupan modern
  2. Analisis efektivitas program Bela Negara
  3. Kemampuan menilai dampak integrasi budaya Jawa dalam kehidupan modern

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi budaya Jawa dalam kehidupan modern
Materi: Sejarah budaya Jawa, Nilai-nilai budaya Jawa, Program Bela Negara, Integrasi budaya Jawa dalam kehidupan modern
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi program Bela Negara dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya Jawa dalam konteks kehidupan modern.

  1. Pemahaman konsep integrasi budaya Jawa dan kehidupan modern
  2. Analisis efektivitas program Bela Negara
  3. Kemampuan mengevaluasi dampak integrasi budaya terhadap kehidupan modern

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang analisis efektivitas program Bela Negara dalam integrasi budaya Jawa dengan kehidupan modern
Materi: Sejarah budaya Jawa, Nilai-nilai budaya Jawa, Program Bela Negara, Integrasi nilai-nilai budaya dengan kehidupan modern
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan strategi pengajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.

  1. Kemampuan merancang strategi pengajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Bela Negara
  2. Kemampuan menjelaskan pentingnya integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam pengajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Materi: Pengenalan nilai-nilai Bela Negara, Pengembangan strategi pengajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu merancang strategi pengajaran yang dapat mengintegrasikan nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.

  1. Kemampuan merancang strategi pengajaran yang relevan dengan nilai-nilai Bela Negara
  2. Kemampuan menjelaskan pentingnya integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai Bela Negara dalam pengajaran
Materi: Konsep Bela Negara, Metode integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan strategi pengajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.

  1. Pemahaman konsep Bela Negara dalam konteks Bahasa dan Sastra Jawa
  2. Kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan
  3. Kreativitas dalam menciptakan strategi pengajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang konsep Bela Negara dalam Bahasa dan Sastra Jawa, Penugasan membuat rencana integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan
Materi: Konsep Bela Negara, Integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa, Strategi pengajaran yang relevan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan strategi pengajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.

  1. Kemampuan menciptakan strategi pengajaran
  2. Integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang implementasi strategi pengajaran Bela Negara
Materi: Pengenalan nilai-nilai Bela Negara, Pengembangan strategi pengajaran, Integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan strategi pengajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.

  1. Pemahaman nilai-nilai Bela Negara
  2. Kemampuan menciptakan strategi pengajaran
  3. Relevansi strategi dengan kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif.
Diskusi daring tentang strategi pengajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Bela Negara
Materi: Pengenalan nilai-nilai Bela Negara, Pengembangan strategi pengajaran, Integrasi nilai-nilai Bela Negara dalam kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode penelitian ilmiah untuk mengkaji efektivitas program Bela Negara di lingkungan pendidikan.

  1. Kemampuan merancang penelitian ilmiah
  2. Kemampuan mengumpulkan dan menganalisis data secara ilmiah
  3. Kemampuan menyusun laporan penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan online memungkinkan, Penugasan individu untuk menyusun rancangan penelitian Bela Negara
Materi: Metode penelitian ilmiah, Rancangan penelitian, Pengumpulan dan analisis data, Penyusunan laporan penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dengan program Bela Negara serta mampu mengidentifikasi kontribusi Bahasa dan Sastra Jawa dalam memperkuat nilai-nilai Bela Negara.

  1. Kemampuan menganalisis peran Bahasa dan Sastra Jawa dalam Bela Negara
  2. Kemampuan mengidentifikasi kontribusi Bahasa dan Sastra Jawa dalam memperkuat nilai-nilai Bela Negara

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang peran Bahasa dan Sastra Jawa dalam Bela Negara
Materi: Sejarah pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Nilai-nilai Bela Negara dalam Bahasa dan Sastra Jawa, Analisis teks Bahasa dan Sastra Jawa terkait Bela Negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hubungan antara materi Bela Negara dengan kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa.

  1. Kemampuan menganalisis keterkaitan
  2. Kemampuan menyusun argumentasi yang jelas
  3. Kemampuan mengaitkan konsep Bela Negara dengan kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang keterkaitan Bela Negara dengan kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa
Materi: Pengenalan kurikulum Bahasa dan Sastra Jawa, Analisis materi Bela Negara, Keterkaitan antara kedua materi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan modul pembelajaran yang mengintegrasikan konsep Bela Negara dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa sesuai dengan Taksonomi Bloom level C6.

  1. Kreativitas dalam mengintegrasikan konsep Bela Negara
  2. Ketepatan dalam penerapan konsep Bela Negara dalam Bahasa dan Sastra Jawa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang integrasi konsep Bela Negara dengan Bahasa dan Sastra Jawa
Materi: Nilai-nilai Bela Negara, Penggunaan Bahasa dan Sastra Jawa dalam konteks Bela Negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan modul pembelajaran yang mengintegrasikan konsep Bela Negara dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa.

  1. Kreativitas dalam menciptakan modul pembelajaran
  2. Kesesuaian modul dengan konsep Bela Negara
  3. Kesesuaian modul dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, dan studi kasus.
Diskusi daring tentang konsep Bela Negara dan Bahasa Jawa, Pembuatan draft modul pembelajaran secara daring
Materi: Nilai-nilai Bela Negara, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa, Pengembangan modul pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.