Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Utilitas Bangunan *

2220102134

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman dan Penerapan tentang instalasi perpipaan air bersih, perpipaan air kotor, instalasi listrik dan perencanaan instalasi disertai gambar isometri dari Bangunan Gedung

Pustaka

Utama :

  1. Soufyan Moh. Noerbambang dan Takeo Morimura, 2005, Perancangan d an Pemeliharaan Sistem Plambing , PT. Pradnya Paramitha: Pusat Komunikasi Publik.
  2. Poerbo, Hartono, 2002, Bangunan Utilitas, Jakarta : Djambatan.
  3. Maryono, 2009, Modul Dasar Instalasi Listrik, SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. RW Monginsidi No 2 Yogyakarta 55223
  4. Ing P. J. M van der Meijs, 1983, Fisika Bangunan, Jakarta Pusat: ERLANGGA
  5. Freick Heinz,1980, Ilmu Konstruksi Bangunan ,Yogyakarta : Erlangga.
  6. Puspantoro Beni IGN,1984, Konstruksi Bangunan Gedung, Yogyakarta: Andi Offset.
  7. Direktorat PSMK,2009, Spektrum SMK , Jakarta : Depdiknas.
  8. Hadi Suyono. 2014, Perancangan Instalasi Listrik Pada Blok Pasar Modern dan Apartemen di Gedung Kawasan Pasar Teroadu Blimbing Malang . Malang: Unibraw

Pendukung :

Dosen Pengampu

Krisna Dwi Handayani, S.T., M.MT., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mengerti materi lanjutan tentang dasar instalasi Bangunan

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami dasar instalasi Bangunan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah. Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami tentang perencanaan sistem penyediaan air bersih

Mahasiswa mampu untuk menjelaskan tentang perencanaan sistem penyediaan air bersih

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah. Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat memahami tentang perancangan sistem penyediaan air bersih (lanjutan)

Mahasiswa mampu untuk menjelaskan tentang perencanaan sistem penyediaan air bersih

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah. Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami tentang Perancangan sistem penyediaan air bersih (lanjutan)

Mahasiswa mampu untuk menjelaskan tentang perencanaan sistem penyediaan air bersih

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah. Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami tentang Perancangan sistem penyediaan air bersih (lanjutan)

Mahasiswa mampu untuk menjelaskan tentang perencanaan sistem penyediaan air bersih

Kriteria:

Sesuai rubrik presentasi kelompok

Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami sistem perencanaan jaringan air buangan (air kotor) dan vent

Mahasiswa mampu menjelaskan sistem perencanaan jaringan air buangan (air kotor) dan vent

Kriteria:

Sesuai rubrik presentasi kelompok

Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

-

Kriteria:

-

-
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami Konsep instalasi air bersih dan air kotor Pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal

Mahasiswa mampu memahami Konsep instalasi air bersih dan air kotor Pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal

Kriteria:

Dapat memahami Konsep instalasi air bersih dan air kotor Pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
eramah/Diskusi/tanya jawab
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu Menghitung kebutuhan air bersih dengan beberapa dasar perhitungan, pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal

Menghitung kebutuhan air bersih dengan beberapa dasar perhitungan, pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal

Kriteria:

Dapat menghitung kebutuhan air bersih dengan beberapa dasar perhitungan, pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah. Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami tentang Perencanaan sistem AC (air conditioner)

Menghitung kebutuhan volume Septictank dan instalasi air kotor Pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal

Kriteria:

Dapat menghitung kebutuhan volume Septictank dan instalasi air kotor Pada Konstruksi Bangunan Rumah Tinggal

Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mengerti tentang Sistem penyediaan air panas

Tugas Sanitasi Air Bersih dan Kotor Pada Bangunan Rumah Tinggal 2 lantai selesai dikerjakan

Kriteria:

Gambar Sanitasi Air Bersih dan Sanitasi Air Kotor untuk Rumah Tinggal 2 Lantai


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah. Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menghitung Kebutuhan Daya Listrik Pada Bangunan Rumah Tinggal

Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem penyediaan air panas (lanjutan)

Kriteria:

Sesuai rubrik presentasi kelompok

Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu merencanakan Single Line Diagram Listrik pada Bangunan Rumah Tinggal

Mahasiswa mampu menjelaskan Perancangan sistem instalasi listrik

Kriteria:

Dapat Merencanakan Single Line Diagram Listrik pada Bangunan Rumah Tinggal

Ceramah. Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami tentang Perancangan sistem instalasi listrik (lanjutan)

Mahasiswa dapat mengetahui Perancangan sistem instalasi listrik (lanjutan)

Kriteria:

Dapat menyelesaikan Tugas Perencanaan Insatalasi Listrik, Single Line Diagram dan Kebutuhan Berlangganan Daya PLN Rumah Tinggal 2 Lantai


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi kelompok
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.