Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi Motor Bensin

8320302188

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

27 April 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.




Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat mejelaskan serta mengalisis cara kerja motor bakar, 2. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis cara kerja sistem bahan bakar konvensional dan elektrik, 3. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis cara kerja sistem pendinginan pada motor pembakaran dalam, 4 Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis cara kerja sistem pelumasan pada motor pembakaran dalam

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman teori-teori komponen motor bensin meliputi: motor bakar, sistem bahan bakar, , sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem pembuangan, sistem mekanik katup, perhitungan dasar motor, bahan bakar, dan teori dasar sepeda motor.

Pustaka

Utama :

  1. Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc
  2. Heywood, John B. 1988. Internal Combustion Engine Fundamentals . New York: McGraw-Hill, Inc
  3. Heisler, Heinz. 1995. Advanced Engine Technology . London: Edward Arnold
  4. Crouse, William H. & Anglin, Donald L. 1997. Automotive Mechanics. Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Robert Bosch Gmbh. 1988. Automotive Electric/Electronic System. Jerman: Stuttgart
  6. Robert Bosch Gmbh. 1999. Gasoline Engine Management. Jerman: Stuttgart
  7. Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak . Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB
  8. Sutantra, I Nyoman. 2001. Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya
  9. Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press.
  10. Warju. 2013. Teknologi Reduksi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press.
  11. Suyanto, Wardan. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  12. Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor
  13. Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
  14. Wardhana, Wisnu Arya. 2001. Dampak Pencemaran Lingkungan . Yogyakarta: Penerbit Andi

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami RPS, SOP pelaksaan perkuliahan, dan mekanisme penilaian

non tes

Kriteria:

non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discovery learning/Project based learning
2 X 50

Materi: tune-up motor diesel 1 selinder
Pustaka: Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami konsep motor pembakaran dalam

Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis motor bakar, berdasarkan letak ruang bakar, bahan bakar yang dipakai, pemanfaatannya, langkah tiap siklus

Kriteria:

A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100, B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Discovery learning/Project based learning
2 X 50

Materi: Motor bakar dan pembakaran dalam
Pustaka: Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami konsep motor bensin

Mahasiswa dapat menjelaskan siklus 2 dan 4 tak, mahasiswa dapat menjelaskan komponen-komponen motor 2 tak dan 4 tak, mahasiswa dapat menjelaskan diagram katup motor 4 tak

Kriteria:
  1. Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
  2. Jika Jawaban Kurang sempuna = 70

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discovery learning/Project based learning
2 X 50

Materi: motor bensin 2 tak dan 4 tak
Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat memahami torsi dan daya motor pembakaran dalam

Mahasiswa dapat menjelaskan definisi karakteristik bahan bakar

Kriteria:
  1. A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
  2. B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discovery learning/Project based learning
2 X 50

Materi: peforma motor bakar
Pustaka: Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak . Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB

Materi: peforma motor bakar
Pustaka: Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat memahami konsep sistem bahan bakar konvensional dan elekronik

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep karburasi, mahasiswa dapat menjelaskan fungsi komponen karburator mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem ahan bakar elektronik, mahasiswa dapat menjelaskan fungsi komponen-komponen sistem elektronik

Kriteria:
  1. A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
  2. B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discovery learning/Project based learning
2 X 50

Materi: sistem karburator
Pustaka: Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
5%

6

Minggu ke 6

Melalui pengujian pada dyno meter mahasiswa dapat menganalisa torsi dan daya yang dihasilkan oleh motor bensin


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    Materi: pengujian torsi dan daya
    Pustaka: Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press.
    10%

    7

    Minggu ke 7

    Melalui pengujian pada dyno meter mahasiswa dapat menganalisa torsi dan daya yang dihasilkan oleh motor bensin

    Mahasiwa dapat mempresentasikan artikel secara online serta dapat menjawab pertanyaan dari dosen dan teman sejawat

    Kriteria:

    5


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    Materi: pengujian torsi dan daya
    Pustaka: Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak . Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB
    5%

    8

    Minggu ke 8

    Mahasiwa dapat mengerjakan soal UTS dengan jujur, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

    A) Mahasiswa dapat menjawab soal yang diberikan secara acak, B) mahasiswa dapat menjawab soal dan mengumpulkan sesuai dengan waktu yang ditentukan

    Kriteria:

    Terlampir


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    Materi: konsep motor bensin
    Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor
    10%

    9

    Minggu ke 9

    Mahasiswa dapat mendeseminasikan laporan hasil analisis torsi dan daya di depan kelas dengan baik

    Mahasiswa dapat memperesentasikan hasil


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    10%

    10

    Minggu ke 10

    Mahasiswa dapat memahami konsep sistem pendinginan pada motor bensin

    Mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem pendingin motor bensin, mahasiswa dapat menjelaskan fungsi komponen sistem pendingin, mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik cairan pendingin

    Kriteria:

    5


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    Materi: sistem pendingin motor bensin
    Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor

    Materi: sistem pedinginan motor bakar
    Pustaka: Heisler, Heinz. 1995. Advanced Engine Technology . London: Edward Arnold
    0%

    11

    Minggu ke 11

    Melalui pengujian mahasiswa dapat mengetahui performa cairan yang digunakan pada pendinginan pada motor bensin

    Mahasiswa dapat menyebutkan nama, fungsi komponen serta cara kerja sistem pendingan, jenis-jenis pendingan pada motor bensin

    Kriteria:

    Jika mahasiswa dapat menjawab dengan benar salah satu soal =100Jika mahasiswa memberikan jawaban kurang sempurna = 70


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
    Discovery learning
    2 X 50

    Materi: sistem pendingin motor bakar
    Pustaka: Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiswa dapat mendeseminasikan laporan hasil analisis performa cairan pendingin pada motor bensin di depan kelas dengan baik

    Mahasiswa dapat menampilkan bahan presentasi dengan baik, Mahasiswa dapat mempresentasikan laporan hasil praktikum, mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar

    Kriteria:
    1. Materi presentasi,
    2. Kemampuan presentasiKerja sama TeamTanggung jawab

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    Materi: sistem pendingin motor bakar
    Pustaka: Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa dapat memahami konsep sistem pelumasan pada motor bensin

    Mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem pelumasan motor bensin, mahasiswa dapat menjelaskan cara kerja komponen-komponen sistem pelumasan, mahasiswa dapat menjelasakan karakteristik minyak pelumas

    Kriteria:
    1. A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
    2. B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    discovery learning/project based learning
    2 X 50

    Materi: konsep sistem pelumasan
    Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Melalui pengujian mahasiswa dapat mengetahui performa minyak pelumas yang digunakan pada sistem pelumasan pada motor bensin

    Mahasiwa dapat mempresentasikan artikel secara online serta dapat menjawab pertanyaan dari dosen dan teman sejawat


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    Materi: karakteristik minyak pelumas
    Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa dapat mendeseminasikan laporan hasil analisis performa minyak pelumas pada moto bensin depan kelas dengan baik

    Mahasiwa dapat mempresentasikan artikel secara online serta dapat menjawab pertanyaan dari dosen dan teman sejawat


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Discovery learning/Project based learning
    2 X 50

    Materi: sistem pelumasan
    Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor
    10%

    16

    Minggu ke 16

    1. mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep motor bensi
    2. mahasiswa dapat menjelasakan tentang sistem bahan bakar

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
    Discovery learning

    Materi: konsep motor bakar'
    Pustaka: Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc
    11%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 13.33%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 56.08%
    3. Penilaian Portofolio 8.33%
    4. Penilaian Praktikum 7.75%
    5. Praktik / Unjuk Kerja 2.75%
    6. Tes 12.75%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.