|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teknologi Motor Bensin |
8320302188 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
27 April 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.
|
Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat mejelaskan serta mengalisis cara kerja motor bakar, 2. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis cara kerja sistem bahan bakar konvensional dan elektrik, 3. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis cara kerja sistem pendinginan pada motor pembakaran dalam, 4 Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis cara kerja sistem pelumasan pada motor pembakaran dalam
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman teori-teori komponen motor bensin meliputi: motor bakar, sistem bahan bakar, , sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem pembuangan, sistem mekanik katup, perhitungan dasar motor, bahan bakar, dan teori dasar sepeda motor. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc
- Heywood, John B. 1988. Internal Combustion Engine Fundamentals . New York: McGraw-Hill, Inc
- Heisler, Heinz. 1995. Advanced Engine Technology . London: Edward Arnold
- Crouse, William H. & Anglin, Donald L. 1997. Automotive Mechanics. Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
- Robert Bosch Gmbh. 1988. Automotive Electric/Electronic System. Jerman: Stuttgart
- Robert Bosch Gmbh. 1999. Gasoline Engine Management. Jerman: Stuttgart
- Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak . Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB
- Sutantra, I Nyoman. 2001. Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya
- Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press.
- Warju. 2013. Teknologi Reduksi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press.
- Suyanto, Wardan. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
- Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor
- Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
- Wardhana, Wisnu Arya. 2001. Dampak Pencemaran Lingkungan . Yogyakarta: Penerbit Andi
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami RPS, SOP pelaksaan perkuliahan, dan mekanisme penilaian |
non tes |
Kriteria:
non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: tune-up motor diesel 1 selinder Pustaka: Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami konsep motor pembakaran dalam |
Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis motor bakar, berdasarkan letak ruang bakar, bahan bakar yang dipakai, pemanfaatannya, langkah tiap siklus |
Kriteria:
A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100, B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: Motor bakar dan pembakaran dalam Pustaka: Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat memahami konsep motor bensin |
Mahasiswa dapat menjelaskan siklus 2 dan 4 tak, mahasiswa dapat menjelaskan komponen-komponen motor 2 tak dan 4 tak, mahasiswa dapat menjelaskan diagram katup motor 4 tak |
Kriteria:
- Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
- Jika Jawaban Kurang sempuna = 70
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: motor bensin 2 tak dan 4 tak Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat memahami torsi dan daya motor pembakaran dalam |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi karakteristik bahan bakar |
Kriteria:
- A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
- B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: peforma motor bakar Pustaka: Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak . Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB Materi: peforma motor bakar Pustaka: Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat memahami konsep sistem bahan bakar konvensional dan elekronik |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep karburasi, mahasiswa dapat menjelaskan fungsi komponen karburator mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem ahan bakar elektronik, mahasiswa dapat menjelaskan fungsi komponen-komponen sistem elektronik |
Kriteria:
- A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
- B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: sistem karburator Pustaka: Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Melalui pengujian pada dyno meter mahasiswa dapat menganalisa torsi dan daya yang dihasilkan oleh motor bensin |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: pengujian torsi dan daya Pustaka: Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor . Surabaya: Unesa University Press. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Melalui pengujian pada dyno meter mahasiswa dapat menganalisa torsi dan daya yang dihasilkan oleh motor bensin |
Mahasiwa dapat mempresentasikan artikel secara online serta dapat menjawab pertanyaan dari dosen dan teman sejawat |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: pengujian torsi dan daya Pustaka: Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak . Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiwa dapat mengerjakan soal UTS dengan jujur, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan |
A) Mahasiswa dapat menjawab soal yang diberikan secara acak, B) mahasiswa dapat menjawab soal dan mengumpulkan sesuai dengan waktu yang ditentukan |
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Tes |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: konsep motor bensin Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat mendeseminasikan laporan hasil analisis torsi dan daya di depan kelas dengan baik |
Mahasiswa dapat memperesentasikan hasil |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
|
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat memahami konsep sistem pendinginan pada motor bensin |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem pendingin motor bensin, mahasiswa dapat menjelaskan fungsi komponen sistem pendingin, mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik cairan pendingin |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: sistem pendingin motor bensin Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor Materi: sistem pedinginan motor bakar Pustaka: Heisler, Heinz. 1995. Advanced Engine Technology . London: Edward Arnold |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Melalui pengujian mahasiswa dapat mengetahui performa cairan yang digunakan pada pendinginan pada motor bensin |
Mahasiswa dapat menyebutkan nama, fungsi komponen serta cara kerja sistem pendingan, jenis-jenis pendingan pada motor bensin |
Kriteria:
Jika mahasiswa dapat menjawab dengan benar salah satu soal =100Jika mahasiswa memberikan jawaban kurang sempurna = 70 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Discovery learning 2 X 50 |
|
Materi: sistem pendingin motor bakar Pustaka: Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat mendeseminasikan laporan hasil analisis performa cairan pendingin pada motor bensin di depan kelas dengan baik |
Mahasiswa dapat menampilkan bahan presentasi dengan baik, Mahasiswa dapat mempresentasikan laporan hasil praktikum, mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar |
Kriteria:
- Materi presentasi,
- Kemampuan presentasiKerja sama TeamTanggung jawab
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: sistem pendingin motor bakar Pustaka: Toyota Astra Motor. 1985. Materi Pelajaran Engine Group . Jakarta: PT. Toyota Astra Motor |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat memahami konsep sistem pelumasan pada motor bensin |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem pelumasan motor bensin, mahasiswa dapat menjelaskan cara kerja komponen-komponen sistem pelumasan, mahasiswa dapat menjelasakan karakteristik minyak pelumas |
Kriteria:
- A) Jika mahasiswa dapat menjawab soal nilai = 100,
- B) Jika Jawaban Kurang sempuna = 70
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
discovery learning/project based learning 2 X 50 |
|
Materi: konsep sistem pelumasan Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Melalui pengujian mahasiswa dapat mengetahui performa minyak pelumas yang digunakan pada sistem pelumasan pada motor bensin |
Mahasiwa dapat mempresentasikan artikel secara online serta dapat menjawab pertanyaan dari dosen dan teman sejawat |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: karakteristik minyak pelumas Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat mendeseminasikan laporan hasil analisis performa minyak pelumas pada moto bensin depan kelas dengan baik |
Mahasiwa dapat mempresentasikan artikel secara online serta dapat menjawab pertanyaan dari dosen dan teman sejawat |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning/Project based learning 2 X 50 |
|
Materi: sistem pelumasan Pustaka: Toyota Astra Motor. 1986. New Step I . Jakarta.PT. Toyota-Astra Motor |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
- mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep motor bensi
- mahasiswa dapat menjelasakan tentang sistem bahan bakar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Discovery learning
|
|
Materi: konsep motor bakar' Pustaka: Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution . Third Edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc |
11% |