|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kalkulus untuk Fisika |
4520103269 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
21 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nugrahani Primary Putri, M.Si.
|
Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.
|
Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis kalkulus sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan kalkulus
|
PO - 3 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan kalkulus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang: Fungsi linear dan fungsi transenden serta grafiknya, Limit fungsi, Diferensial biasa dan parsial, Integral fungsi dan Integral garis, Analisis vektor, serta Koordinat kurvilinier melalui pembelajaran aktif dengan menggunakan metode case study. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
- Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.
|
Pendukung : |
|
- Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Arie Realita, M.Si. Dr. Fitriana, S.Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi sesuai dengan bidang fisika |
1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi linier, kuadratik, cubic, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 dan Ch 5 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi dan grafiknya |
2. Mahasiswa mampu mensketsa dan menganalisis grafik fungsi linier, polynomial, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 dan Ch 5 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika |
3. Mahasiswa mampu membuat model matematis yang tepat dari permasalahan/kasus fisika |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 dan Ch 5 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis limit sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi
|
1. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal terkait limit dari suatu fungsi |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi |
2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan pendekatan limit |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi |
2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan pendekatan limit |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis differensial sesuai dengan bidang fisika |
1. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal diferensial fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial dan logaritmik. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Ceramah dan diskusi 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis limit sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi dan grafiknya
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi
|
- 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi linier, kuadratik, cubic, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial
- 2. Mahasiswa mampu mensketsa dan menganalisis grafik fungsi linier, polynomial, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial
- 3. Mahasiswa mampu membuat model matematis yang tepat dari permasalahan/kasus fisika.
- 1. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal terkait limit dari suatu fungsi.
- 2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan pendekatan limit.
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 2 x 50 menit |
Ujian Tengah Semester 2 x 50 menit |
Materi: Ch 0 dan 1 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch P dan 1 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis differensial sesuai dengan bidang fisika |
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal diferensial fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial dan logaritmik. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis diferensial |
- 6. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan diferensiasi parsial dan implisit menggunakan aturan rantai
- 7. Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan terkait nilai maksimum dan minimum
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan metode diferensial dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika |
Mahasiswa dapat menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep diferensial |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 2 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 2 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap sesuai dengan bidang fisika |
1. Mahasiswa mampu melakukan integrasi fungsi |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 3 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap sesuai dengan bidang fisika |
- 1. Mahasiswa mampu melakukan integrasi fungsi
- 2. Mahasiswa mampu melakukan integrasi lipat
|
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 3 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap |
3. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integrasi untuk menyelesaikan kasus fisika |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap |
3. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integrasi untuk menyelesaikan kasus fisika |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 x 50 menit |
Materi: Ch 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis differensial sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis diferensial
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan metode diferensial dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis integral dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Mahasiswa mampu menyelesaikan soal diferensial fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial dan logaritmik
- Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan diferensiasi parsial dan implisit menggunakan aturan rantai
- Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan terkait nilai maksimum dan minimum
- Mahasiswa dapat menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep diferensial
- Mahasiswa mampu melakukan integrasi fungsi
- Mahasiswa mampu melakukan integrasi lipat
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integrasi untuk menyelesaikan kasus fisika
|
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 2 x 50 menit |
Ujian Akhir Semester 2 x 50 menit |
Materi: Ch 4 dan 5 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Ch 4 dan 5 Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA. Materi: Ch 3 dan 4 Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed. |
30% |