|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penulisan dan Pementasan Drama |
7920102169 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
28 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
M. Erwan Saing, M.A.; Dr. Ririe Rengganis; Rahmi Rahmayati, M.Pd.
|
Prof. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menghasilkan (menulis) naskah drama dan mementaskannya secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu dan menguasai teori dan praktik penulisan naskah drama serta konsep-konsep menyutradarai sebuah naskah: memilih naskah, memilih pemain, berlatih untuk menyiapkan pementasan serta bagaimana mengelola sebuah pementasan (drama panggung atau drama reading atau film dokumenter sederhana). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
- Lutters, Elizabeth. 2018. Kunci Sukses Menjadi Aktor . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).
- Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran . Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
- Prasmadji, R.H. 1984. Teknik Menyutradarai Drama Konvensional . Jakarta: Balai Pustaka.
- Hamzah, Adjib. 1985. Pengantar Bermain Drama . Bandung: Rosda Karya.
- Harymawan. 1988. Dramaturgi . Bandung: Rosda Karya.
- Rendra. 1985. Tentang Bermain Drama . Jakarta: Pustaka Jaya.
- Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting . Bandung: Rosda Karya.
- Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting . Jakarta: Gramedia.
- . Beberapa naskah drama panggung.
|
Pendukung : |
|
- Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
- Beberapa naskah drama karya pengarang Asing (terjemahan)
- Beberapa contoh pementasan drama (dokumentasi video)
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Parmin, M.Hum. Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum. Muhammad Erwan Saing, M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasikan pengertian drama sebagai naskah dan panggung |
Mendiskusikan pengertian drama sebagai naskah dan panggung |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal 2 X 50 |
|
Materi: pengertian drama sebagai naskah dan panggung Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasikan unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama |
Mendiskusikan unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik mengidentifikasikan unsur-unsur pembangun naskah drama 2 X 50 |
|
Materi: unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasikan struktur fisik (bentuk) naskah drama |
Mendiskusikan struktur fisik (bentuk) naskah drama |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik identifikasikan struktur fisik (bentuk) naskah drama 2 X 50 |
|
Materi: unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasikan topik-topik (menarik) yang dapat diangkat menjadi naskah drama |
Mendiskusikan topik-topik (menarik) yang dapat diangkat menjadi naskah drama |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: topik-topik (menarik) yang dapat diangkat menjadi naskah drama Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan dan menuliskan kerangka naskah drama sebagai dasar penulisan naskah drama (radio maupun panggung) |
Mendiskusikan dan menuliskan kerangka naskah drama sebagai dasar penulisan naskah drama (radio maupun panggung) |
Kriteria:
Disesuaikan dengan ketentuan penulisan kerangka naskah drama panggung (bentuk dan isi) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: kerangka naskah drama sebagai dasar penulisan naskah drama (radio maupun panggung) Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentifikasikan struktur fisik (bentuk) naskah drama melalui beberapa contoh naskah drama (radio maupun panggung) |
Mengeksplorasi struktur fisik (bentuk) naskah drama melalui beberapa contoh naskah drama (radio maupun panggung) |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: struktur fisik (bentuk) naskah drama melalui beberapa contoh naskah drama (radio maupun panggung) Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengembangkan topik dan kerangka naskah drama terpilih menjadi naskah drama (radio maupun panggung) serta menyuntingnya |
Mengembangkan topik dan kerangka naskah drama terpilih menjadi naskah drama (radio maupun panggung) serta menyuntingnya |
Kriteria:
menyesuaikan, intinya berdasarkan topik, bentuk, serta isinya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: topik dan kerangka naskah drama terpilih menjadi naskah drama (radio maupun panggung) serta menyuntingnya Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteria tentang penulisan naskah drama. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 2 X 50 |
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran . Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis dan membedah salah satu naskah drama yang akan dipentaskan |
- Mendiskusikan cara menganalisis dan membedah naskah
- Curah gagasan tentang naskah tertentu yang akan dipentaskan
|
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteris bentuk dan isi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Bedah naskah Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun naskah drama panggung dan menyusun jadwal berlatih |
Mendiskusikan langkah-langkah menyusun naskah drama dan jadwal berlatihMendiskusikan tentang tahapan penulisan naskah drama panggung dan menyusun jadwal berlatih |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteria penulisan naskah drama panggung, bentuk dan isi, serta jadwal berlatih Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Jadwal berlatih Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengidentifikasi aktor dan keaktoran teater |
Mendiskusikan tentang aktor dan keaktoranMendiskusikan tentang tahapan menjadi seorang aktor yang baik |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteria penilaian: jelas, runtut, dan ada contoh konkret Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik tentang keaktoran (seni dasar akting atau pemeranan) 2 X 50 |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik tentang keaktoran (seni dasar akting atau pemeranan)
|
Materi: Keaktoran Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memilih pemain dan pendukung pementasan (kru pementasan) |
Mendiskusikan tentang teknik pemilihan aktor dan tim pendukungMendiskusikan tentang tahapan memilih aktor dan kru pementasan yang lain |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteria: sesuai yang dibutuhkan, kompetensi, memiliki kemauan, dan pekerja keras Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Demo memilih aktor sesuai peran 2 X 50 |
|
Materi: pemain dan pendukung pementasan (kru pementasan) Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Berlatih dengan fokus utama komposisi panggung |
Mendiskusikan tentang komposisi pentas Curah gagasan tentang komposisi pentas yang efektif |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kebutuhan pementasan: mudah dikerjakan, tersedia, artistik, dan menarik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal 2 X 50 |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
|
Materi: komposisi panggung Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengidentifikasikan artistik sebuah pementasan |
Mendiskusikan artistik sebuah pementasan drama panggung Curah gagasan tentang artistik panggung |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteria: jelas, rinci, dan kreatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Berlatih dengan fokus artistik 2 X 50 |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Berlatih dengan fokus artistik
|
Materi: artistik pementasan Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengidentifikasikan manajemen pementasan yang efektif |
Mendiskusikan tentang manajemen pementasan drama panggung Diskusi dan curah gagasan tentang manajemen pentas drama panggung |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteria penilaian: jelas, rinci, dan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal 2 X 50 |
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
|
Materi: manajemen pentas Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mengidentifikasikan penonton teater |
Mendiskusikan tentang penonton Diskusi dan curah gagasan tentang penonton teater panggung |
Kriteria:
Disesuaikan dengan kriteria: jelas, rinci, dan argumentatif Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia |
5% |