Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penulisan dan Pementasan Drama

7920102169

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

28 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




M. Erwan Saing, M.A.; Dr. Ririe Rengganis; Rahmi Rahmayati, M.Pd.




Prof. Setya Yuwana, M.A.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menghasilkan (menulis) naskah drama dan mementaskannya secara bertanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-9
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu dan menguasai teori dan praktik penulisan naskah drama serta konsep-konsep menyutradarai sebuah naskah: memilih naskah, memilih pemain, berlatih untuk menyiapkan pementasan serta bagaimana mengelola sebuah pementasan (drama panggung atau drama reading atau film dokumenter sederhana).

Pustaka

Utama :

  1. Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
  2. Lutters, Elizabeth. 2018. Kunci Sukses Menjadi Aktor . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).
  3. Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran . Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
  4. Prasmadji, R.H. 1984. Teknik Menyutradarai Drama Konvensional . Jakarta: Balai Pustaka.
  5. Hamzah, Adjib. 1985. Pengantar Bermain Drama . Bandung: Rosda Karya.
  6. Harymawan. 1988. Dramaturgi . Bandung: Rosda Karya.
  7. Rendra. 1985. Tentang Bermain Drama . Jakarta: Pustaka Jaya.
  8. Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting . Bandung: Rosda Karya.
  9. Sitorus, Eka D. 2002. The Art of Acting . Jakarta: Gramedia.
  10. . Beberapa naskah drama panggung.

Pendukung :

  1. Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
  2. Beberapa naskah drama karya pengarang Asing (terjemahan)
  3. Beberapa contoh pementasan drama (dokumentasi video)

Dosen Pengampu

Drs. Parmin, M.Hum.

Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.

Muhammad Erwan Saing, M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasikan pengertian drama sebagai naskah dan panggung

Mendiskusikan pengertian drama sebagai naskah dan panggung

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
  4. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  5. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
2 X 50

Materi: pengertian drama sebagai naskah dan panggung
Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
10%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasikan unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama

Mendiskusikan unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
  4. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  5. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik mengidentifikasikan unsur-unsur pembangun naskah drama
2 X 50

Materi: unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama
Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
10%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasikan struktur fisik (bentuk) naskah drama

Mendiskusikan struktur fisik (bentuk) naskah drama

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
  4. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  5. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik identifikasikan struktur fisik (bentuk) naskah drama
2 X 50

Materi: unsur-unsur-unsur pembangun naskah drama
Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
10%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasikan topik-topik (menarik) yang dapat diangkat menjadi naskah drama

Mendiskusikan topik-topik (menarik) yang dapat diangkat menjadi naskah drama

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
  4. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  5. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: topik-topik (menarik) yang dapat diangkat menjadi naskah drama
Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
5%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan dan menuliskan kerangka naskah drama sebagai dasar penulisan naskah drama (radio maupun panggung)

Mendiskusikan dan menuliskan kerangka naskah drama sebagai dasar penulisan naskah drama (radio maupun panggung)

Kriteria:

Disesuaikan dengan ketentuan penulisan kerangka naskah drama panggung (bentuk dan isi)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: kerangka naskah drama sebagai dasar penulisan naskah drama (radio maupun panggung)
Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
5%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasikan struktur fisik (bentuk) naskah drama melalui beberapa contoh naskah drama (radio maupun panggung)

Mengeksplorasi struktur fisik (bentuk) naskah drama melalui beberapa contoh naskah drama (radio maupun panggung)

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab tidak urut, lengkap, dan tepat, nilainya 4
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan tepat, nilainya 3
  4. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  5. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: struktur fisik (bentuk) naskah drama melalui beberapa contoh naskah drama (radio maupun panggung)
Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
5%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan topik dan kerangka naskah drama terpilih menjadi naskah drama (radio maupun panggung) serta menyuntingnya

Mengembangkan topik dan kerangka naskah drama terpilih menjadi naskah drama (radio maupun panggung) serta menyuntingnya

Kriteria:

menyesuaikan, intinya berdasarkan topik, bentuk, serta isinya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: topik dan kerangka naskah drama terpilih menjadi naskah drama (radio maupun panggung) serta menyuntingnya
Pustaka: Endraswara, Suwardi, 2012. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian . Yogyakarta: Caps Publishing.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteria tentang penulisan naskah drama.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
2 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan Praktik Seni Peran . Bantul Yogyakarta: Penerbit Media Kreatifa.
10%

9

Minggu ke 9

Menganalisis dan membedah salah satu naskah drama yang akan dipentaskan

  1. Mendiskusikan cara menganalisis dan membedah naskah
  2. Curah gagasan tentang naskah tertentu yang akan dipentaskan
Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteris bentuk dan isi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Bedah naskah
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun naskah drama panggung dan menyusun jadwal berlatih

Mendiskusikan langkah-langkah menyusun naskah drama dan jadwal berlatihMendiskusikan tentang tahapan penulisan naskah drama panggung dan menyusun jadwal berlatih

Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteria penulisan naskah drama panggung, bentuk dan isi, serta jadwal berlatih


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL
2 X 50
PjBL
Materi: Jadwal berlatih
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%

11

Minggu ke 11

Mengidentifikasi aktor dan keaktoran teater

Mendiskusikan tentang aktor dan keaktoranMendiskusikan tentang tahapan menjadi seorang aktor yang baik

Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteria penilaian: jelas, runtut, dan ada contoh konkret


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik tentang keaktoran (seni dasar akting atau pemeranan)
2 X 50
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Praktik tentang keaktoran (seni dasar akting atau pemeranan)
Materi: Keaktoran
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%

12

Minggu ke 12

Memilih pemain dan pendukung pementasan (kru pementasan)

Mendiskusikan tentang teknik pemilihan aktor dan tim pendukungMendiskusikan tentang tahapan memilih aktor dan kru pementasan yang lain

Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteria: sesuai yang dibutuhkan, kompetensi, memiliki kemauan, dan pekerja keras


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Demo memilih aktor sesuai peran
2 X 50

Materi: pemain dan pendukung pementasan (kru pementasan)
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%

13

Minggu ke 13

Berlatih dengan fokus utama komposisi panggung

Mendiskusikan tentang komposisi pentas Curah gagasan tentang komposisi pentas yang efektif

Kriteria:

Disesuaikan dengan kebutuhan pementasan: mudah dikerjakan, tersedia, artistik, dan menarik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
2 X 50
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
Materi: komposisi panggung
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%

14

Minggu ke 14

Mengidentifikasikan artistik sebuah pementasan

Mendiskusikan artistik sebuah pementasan drama panggung Curah gagasan tentang artistik panggung

Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteria: jelas, rinci, dan kreatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Berlatih dengan fokus artistik
2 X 50
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal Berlatih dengan fokus artistik
Materi: artistik pementasan
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%

15

Minggu ke 15

Mengidentifikasikan manajemen pementasan yang efektif

Mendiskusikan tentang manajemen pementasan drama panggung Diskusi dan curah gagasan tentang manajemen pentas drama panggung

Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteria penilaian: jelas, rinci, dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
2 X 50
Diskusi kelompok di (secara) kelas Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
Materi: manajemen pentas
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%

16

Minggu ke 16

Mengidentifikasikan penonton teater

Mendiskusikan tentang penonton Diskusi dan curah gagasan tentang penonton teater panggung

Kriteria:

Disesuaikan dengan kriteria: jelas, rinci, dan argumentatif


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Beberapa naskah drama karya pengarang Indonesia
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33.33%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 48.33%
3. Penilaian Portofolio 13.33%
4. Tes 5%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.