Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Teori Ekonomi

8721103117

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

PLO-S4 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja baik secara individu maupun kelompok

PLO-9

Mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis di bidang pendidikan dan keilmuan Tata Niaga (Bisnis dan Pemasaran)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengintegrasikan kegiatan ekonomi dan permasalahan ekonomi dengan tepat

PO - 2

Mahasiswa mampu menelaah dengan benar konsep-konsep teori ekonomi mikro

PO - 3

Mahasiswa mampu menelaah dengan benar konsep-konsep ekonomi makro

PO - 4

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas, teliti, dan tangguh dalam kegiatan pembelajaran pengantar teori ekonomi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar ekonomi mikro dan makro dalam menganalisis perekonomian dan kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi yang di dalamnya terdapat materi tentang perilaku konsumen, perilaku produsen, penetapan harga pemerintah, keseimbangan ekonomi dua sektor, keseimbangan ekonomi tiga sektor, keseimbangan ekonomi terbuka. Metode pembelajaran yang digunakan adalah simulasi dengan mencoba menyimulasikan peran baik sebagai pemerintah, konsumen dan produsen dalam mengambil dan menganalisis kebijakan pemerintah di bidang ekonomi, analisis studi kasus, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.Course DescriptionThis course contains the basic concepts of micro and macro economics in analyzing the economy and government policies in economics which includes material on consumer behavior, producer behavior, government pricing, two-sector economic balance, three-sector economic balance, and open economy balance. The learning method used is simulation by trying to simulate the roles of both the government, consumers and producers in taking and analyzing government policies in the economic field, case study analysis, discussions, project assignments, and reflection.

Pustaka

Utama :

  1. Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
  2. Mankiw, Gregory. 1994. MacroEconomics . New York: Worth Publishers.
  3. Sukirno, Sadono. 2000. Makro EkonomiModern . Jakarta:Rajagrafindo Persada. 4. Soediyono ReksoPrayitno. 2000. EkonomiMakro . Pengantar AnalisaPendapatan Nasional. Yogyakarta: Bpfe.
  4. Karl E. Case dan Ray C. Fair. 2009. 1CPrinsip-PrinsipEkonomi 1D Jilid I . Erlangga.
  5. Sadono Sukirno. 2013. Mikro Ekonomi TeoriPengantar . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  6. N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
  7. Ari Sudarman, 2006. Teori Ekonomi Mikro . Yogyakarta: BPFE

Pendukung :

Dosen Pengampu

Septyan Budy Cahya, S.Pd., M.Pd.

Ni'matush Sholikhah, S.Pd., M.Pd.

Putri Hestiningrum, M.Pd.

Eka Indah Nurlaili, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Konsep Dasar Ekonomi Makro dan Mikro

1.1. Menjelaskan Cakupan dan Metode Ilmu 1.2. Menjelaskan Permasalahan Ekonomi 1.3. Menjelaskan Kegiatan Ekonomi 1.4. Mengaplikasikan dan Menganalisis Kegiatan Produksi

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b.Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d.UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mencermati Orientasi Dosen
3 X 50

Materi: 1. Cakupan dan Metode Ilmu Ekonomi 2. Permasalahan Ekonomi 3. Kegiatan Ekonomi 4. Kegiatan Produksi
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.

Materi: 1. Cakupan dan Metode Ilmu Ekonomi 2. Permasalahan Ekonomi 3. Kegiatan Ekonomi 4. Kegiatan Produksi
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
3%

2

Minggu ke 2

Memahami Konsep Permintaan dan Penawaran serta aplikasinya dalam kehidupan Sehari-hari

2.1. Menjelaskan Konsep Permintaan dan Penawaran. 2.2. Menjelaskan Hukum Permintaan dan Penawaran. 2.3. Menjelaskan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b.Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d.UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mencermati Orientasi Dosen, Diskusi Kelompok dan Mengerjakan Tugas
3 X 50

Materi: 1. Konsep Permintaan dan Penawaran 2. Hukum Permintaan dan Penawaran 3. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran 4. Tabel/Skala Permintaan dan Penawaran 5. Kurva Permintaan dan Penawaran
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.

Materi: 1. Konsep Permintaan dan Penawaran 2. Hukum Permintaan dan Penawaran 3. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran 4. Tabel/Skala Permintaan dan Penawaran 5. Kurva Permintaan dan Penawaran
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
3%

3

Minggu ke 3

Memahami Konsep Permintaan dan Penawaran serta aplikasinya dalam kehidupan Sehari-hari

2.1. Menjelaskan Konsep Permintaan dan Penawaran. 2.2. Menjelaskan Hukum Permintaan dan Penawaran. 2.3. Menjelaskan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b.Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d.UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mencermati Orientasi Dosen, Diskusi Kelompok dan Mengerjakan Tugas
3 X 50

Materi: 1. Konsep Permintaan dan Penawaran 2. Hukum Permintaan dan Penawaran 3. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran 4. Tabel/Skala Permintaan dan Penawaran 5. Kurva Permintaan dan Penawaran
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.

Materi: 1. Konsep Permintaan dan Penawaran 2. Hukum Permintaan dan Penawaran 3. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran 4. Tabel/Skala Permintaan dan Penawaran 5. Kurva Permintaan dan Penawaran
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
3%

4

Minggu ke 4

Memahami Konsep Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar, Koefisien Elastisitas, dan Penetapan Harga Oleh Pemerintah

4.1. Menjelaskan Mekanisme Pembentukan Harga Di Pasar.

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mencermati Orientasi Dosen, Diskusi Kelompok dan Mengerjakan Tugas
3 X 50

Materi: 1. Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar 2. Koefisien Elastisitas
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Materi: 1. Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar 2. Koefisien Elastisitas
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
4%

5

Minggu ke 5

Memahami Konsep Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar, Koefisien Elastisitas, dan Penetapan Harga Oleh Pemerintah

4.1. Menjelaskan Mekanisme Pembentukan Harga Di Pasar.

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mencermati Orientasi Dosen, Diskusi Kelompok dan Mengerjakan Tugas
3 X 50

Materi: 1. Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar 2. Koefisien Elastisitas
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Materi: 1. Mekanisme Pembentukan Harga di Pasar 2. Koefisien Elastisitas
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
4%

6

Minggu ke 6

Memahami dan Menganalisis Perilaku Konsumen Individual

6.1. Menganalisis Teori Konsumen Ordinal dan Kardinal

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mencermati Orientasi Dosen, Diskusi Kelompok dan Mengerjakan Tugas
3 X 50

Materi: Teori Perilaku Konsumen (Pendekatan Guna Kardinal dan Guna Ordinal)
Pustaka: Sadono Sukirno. 2013. Mikro Ekonomi TeoriPengantar . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Materi: Teori Perilaku Konsumen (Pendekatan Guna Kardinal dan Guna Ordinal)
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
4%

7

Minggu ke 7

Memahami dan Menganalisis Perilaku Produsen Individual

7.1. Menjelaskan Teori Produksi

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mencermati Orientasi Dosen, Diskusi Kelompok dan Mengerjakan Tugas
3 X 50

Materi: Teori Produksi
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
4%

8

Minggu ke 8

UTS

Tes

Kriteria:

Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut: 1. Benar 1 nilai 20 2. Benar 2 nilai 40 3. Benar 3 nilai 60 4. Benar 4 nilai 80 5. Benar 5 nilai 100


Bentuk Penilaian :
Tes

1 X 1

Materi: permintaan, pnawaran, pembentukan harga, perilaku konsumen, perilaku produsen
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menyusun peta konsep teori ekonomi makro

9.1. Menjelaskan pengertian ekonomi makro 9.2. Mengidentifikasi ruang lingkup kajian ekonomi makro 9.3. Menjelaskan alat analisis teori ekonomi makro 9.4. mengidentifikasi perbedaan antara teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan membaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajarMembaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajarTugas membaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajarMendiskusikan dengan teman sejawat
3 X 50

Materi: 1. Pengertian ekonomi makro 2. Ruang lingkup kajian ekonomi makro 3. Alat analisis teori ekonomi makro 4. Perbedaan antara teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
3%

10

Minggu ke 10

Mampu mendeskripsikan konsep pendapatan nasional.

10.1. Menjelaskan pengertian pendapatan nasional10.2. Mengidentifikasi komponen perhitungan pendapatan nasional menurut pendekatan produksi, pengeluaran dan penerimaan10.3. Menghitung pendapatan nasional dengan menggunakan pendekatan produksi, pengeluaran dan penerimaan10.4. Mengidentifikasi sifat perhitungan pendaptan nasional10.5. Mengidentifikasi manfaat perhitungan GDP10.6. membedakan GDP dan GNP10.7. Menguraikan NNP, NNI, PI, dan DI10.8. Menghitung GNP, NNP, NNI, PI, dan DI10.9. Membedakan GDP riil dan GDP nominal10.10. Menghitung GDP deflator

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajarMembaca literatur dan mendiskusikan dengan teman sejawat.Latihan menghitung pendapatan nasionalMembaca literatur dan mendiskusikan dengan teman sejawatLatihan menghitung NNP, NNI, PI dan DILatihan menghitung GDP deflator
3 X 50

Materi: 1. Konsep pendapatan nasional 2. Pendapatan per kapita 3. Struktur perekonomian
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu mendeskripsikan konsep pendapatan nasional.

10.1. Menjelaskan pengertian pendapatan nasional10.2. Mengidentifikasi komponen perhitungan pendapatan nasional menurut pendekatan produksi, pengeluaran dan penerimaan10.3. Menghitung pendapatan nasional dengan menggunakan pendekatan produksi, pengeluaran dan penerimaan10.4. Mengidentifikasi sifat perhitungan pendaptan nasional10.5. Mengidentifikasi manfaat perhitungan GDP10.6. membedakan GDP dan GNP10.7. Menguraikan NNP, NNI, PI, dan DI10.8. Menghitung GNP, NNP, NNI, PI, dan DI10.9. Membedakan GDP riil dan GDP nominal10.10. Menghitung GDP deflator

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajarMembaca literatur dan mendiskusikan dengan teman sejawat.Latihan menghitung pendapatan nasionalMembaca literatur dan mendiskusikan dengan teman sejawatLatihan menghitung NNP, NNI, PI dan DILatihan menghitung GDP deflator
3 X 50

Materi: 1. Konsep pendapatan nasional 2. Pendapatan per kapita 3. Struktur perekonomian
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
3%

12

Minggu ke 12

Mampu mendeskripsikan konsumsi dan tabunganMampu mendeskripsikan investasi

12.1. Menjelaskan pengertian konsumsi12.2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi12.3. Merumuskan fungsi konsumsi12.4. Membedakan APC dan MPC12.5. Menghitung fungsi konsumsi 12.6. Menggambar kurva konsumsi12.7. Menjelaskan pengertian tabungan12.8. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan12.9. Merumuskan fungsi tabungan12.10. Membedakan APS dan MPS12.11. Menghitung fungsi tabungan12.12. Menggambar kurva tabungan12.13. Mengidentifikasi keterkaitan antara MPC dan MPS

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendiskusikan dengan teman sejawat dan mendengarkan penjelasan pembelajar. Latihan menghitung fungsi konsumsi Latihan menggambar kurva konsumsi Latihan menghitung fungsi tabungan Latihan menggambar kurva tabungan Membaca literatur dan mendiskusikan dengan teman sejawat Membaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajar Latihan menghitung fungsi investasi Latihan menggambar kurva permintaan investasi
3 X 50

Materi: 1. Konsep konsumsi 2. Konsep tabungan 3. Konsep investasi
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
4%

13

Minggu ke 13

Mampu mendeskripsikan perekonomian dua sektor

13.1. Mengidentifikasi pelaku ekonomi perekonomian dua sektor 13.2. Mengidentifikasi peran pelaku ekonomi perekonomian 2 sektor 13.3. Menguraikan circular flow perekonomian 2 sektor 13.4. Mengidentifikasi keseimbangan perekonomian dua sektor 13.5. Menghitung pendapatan nasional keseimbangan dua sektor 13.6. Menggambar kurva keseimbangan pendapatan nasional dua sektor

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur dan mendiskusikan dengan teman sejawat Membaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajar Latihan menghitung pendapatan nasional keseimbangan dua sektor dan tiga sektor Latihan menggambar kurva keseimbangan pendapatan nasional dua sektor tiga sektor
3 X 50

Materi: 1. Pelaku ekonomi perekonomian dua sektor 2. Peran pelaku ekonomi perekonomian 2 sektor 3. Circular flow perekonomian 2 sektor 4. Keseimbangan perekonomian dua sektor 5. Perhitungan pendapatan nasional keseimbangan dua sektor 6. Kurva keseimbangan pendapatan nasional dua sektor
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
4%

14

Minggu ke 14

Mampu mendiskripsikan perekonomian tiga sektor

14.1. Mengidentifikasi pelaku ekonomi perekonomian tiga sektor 14.2. Mengidentifikasi peran pemerintah dalam perekonomian 14.3. Menjelaskan pengertian, komponen, dan fungsi APBN 14.4. Menguraikan circular flow perekonomian tiga sektor 14.5. Mengidentifikasi keseimbangan perekonomian tiga sektor 14.6. Menghitung pendapatan nasional keseimbangan tiga sektor 14.7. Menggambar kurva keseimbangan pendapatan nasional tiga sektor

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendiskusikan dengan teman sejawat dan mendengarkan penjelasan pembelajarMembaca literatur dan mendengarkan penjelasan pembelajarLatihan menghitung pendapatan nasional keseimbangan tiga sektor
3 X 50

Materi: 1. Pelaku ekonomi perekonomian tiga sektor 2. Peran pemerintah dalam perekonomian 3. Pengertian, komponen, dan fungsi APBN 4. Circular flow perekonomian 3 sektor 5. Keseimbangan perekonomian tiga sektor 6. Pendapatan nasional keseimbangan tiga sektor 7. Kurva keseimbangan pendapatan nasional tiga sektor
Pustaka: Karel. E Case& Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi jilid I dan jilid II (Terjm) . Jakarta Prinhallindo.
4%

15

Minggu ke 15

Mampu mendeskripsikan perekonomian empat sektor

15.1. Menjelaskan tentang sistem dan pelaku perekonomian terbuka 15.2. Menjelaskan pengertian, factor penyebab, manfaat dan kebijakan perdagangan internasional 15.3. Menjelaskan pengertian, mekanisme, komponen, dan sistem pencatatan neraca pembayaran 15.4. Menguraikan circular flow perekonomian empat sektor 15.5. Mengidentifikasi keseimbangan perekonomian empat sektor 15.6. Menghitung pendapatan nasional keseimbangan empat sektor 15.7. Menggambar kurva keseimbangan pendapatan nasional empat sektor

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a.UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 . Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membaca literatur, mendiskusikan dengan teman sejawat dan mendengarkan penjelasan pembelajar Latihan menghitung pendapatan nasional keseimbangan empat sektor Latihan menggambar kurva pendapatan nasional keseimbangan empat sektor
3 X 50

Materi: 1. Sistem dan pelaku perekonomian terbuka 2. Pengertian, factor penyebab, manfaat dan kebijakan perdagangan internasional 3. Circular flow perekonomian empat sektor 4. Keseimbangan perekonomian empat sektor 5. Perhitungan pendapatan nasional keseimbangan empat sektor 6. Kurva keseimbangan pendapatan nasional empat sektor
Pustaka: N. Gregory Mankiw, Euston Quah dan PeterWilson. 2014. Pengantar Ekonomi .Jakarta: Penerbit Salemba Empat
4%

16

Minggu ke 16

UAS

Tes

Kriteria:

Skor maksimal dengan jawaban benar semua bernilai: 100 dengan kriteria sebagai berikut: 1. Benar 1 nilai 20 2. Benar 2 nilai 40 3. Benar 3 nilai 60 4. Benar 4 nilai 80 5. Benar 5 nilai 100


Bentuk Penilaian :
Tes

1 X 1

Materi: Makro Ekonomi
Pustaka: Karl E. Case dan Ray C. Fair. 2009. 1CPrinsip-PrinsipEkonomi 1D Jilid I . Erlangga.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.