Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Hidrolika

2220103222

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

3

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampumelihat gayahidrostatika pada permukaan dipermukaan air ciptaan Tuhan Yang Maha Esa,

PO - 2

Mampumenghitung dan memperagakan kesetimbanganbenda dalam air,

PO - 3

Mampumengembangkan dasar-dasar aliran fluida dalam saluran terbuka,

PO - 4

Mampumengevaluasi hasil hitungan, data praktikum dalamsaluran tertutup/pipa.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengenalan sifat-sifat fluida, definisi hidrolika, gaya hidrostatika, pengapungan dan pengambangan, macam saluran,,dasar pola aliran fluida, profil permukaan air, profilpermukaan dasar saluran, aliran fluida dalam saluran terbuka, aliran dalam saluran tertutup/ pipa dan penerapannya pada praktikum.

Pustaka

Utama :

  1. Triatmodjo, B. 1991. Hidraulika. Beta Offset, Yogyakarta
  2. Anggraini. 1995. Saluran Terbuka. Jakarta: Erlangga
  3. Djoni Irianto. 2001. Hidrolika. Unesa Press
  4. Soemitro Herman Widodo, Ronald V. Giles. 1990. Mekanika fluida & Hidrolika. Jakarta: Erlangga
  5. Suyatman dkk., Ven Te Chow. 1985. Hidrolika dan Saluran Terbuka. Jakarta: Erlangga
  6. ASCE. 2015. Jurnal of Hydraulic Engineering.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengenal karakteristik ilmu hidrolika

Menjelaskan karakteristik ilmu hidrolika

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi dan tanya jawab
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab
3 X 50
Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Giles terjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolika dan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mampu melihat konsep dasar hidrolika macam pola aliran air tekanan hidrostatik (mengapung mengambang), Mengembangkan klasifikasi aliran aliran kompresible klasifikasi profil permukaan air. penghitungan aliran kritis menggambar energy spesifik lebar kritis saluran.

Melihat konsep dasar hidrolika pola aliran tekanan hidrosatika, Mengembangkan bagian klasifikasi aliran kompresible klasifikasi profilpermukaan air. langkah penghitungan aliran kritis menggambar energy spesifik lebar kritis saluran.

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: Triatmodjo B. 1991 Hidraulika Beta Offset Yogyakarta.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995 Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika Unesa Press.
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolika dan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mampu melihat konsep dasar hidrolika macam pola aliran air tekanan hidrostatik (mengapung mengambang), Mengembangkan klasifikasi aliran aliran kompresible klasifikasi profil permukaan air. penghitungan aliran kritis menggambar energy spesifik lebar kritis saluran.

Melihat konsep dasar hidrolika pola aliran tekanan hidrosatika, Mengembangkan bagian klasifikasi aliran kompresible klasifikasi profilpermukaan air. langkah penghitungan aliran kritis menggambar energy spesifik lebar kritis saluran.

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: Triatmodjo B. 1991 Hidraulika Beta Offset Yogyakarta.
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolika dan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mampu melihat konsep dasar hidrolika macam pola aliran air tekanan hidrostatik (mengapung mengambang), Mengembangkan klasifikasi aliran aliran kompresible klasifikasi profil permukaan air. penghitungan aliran kritis menggambar energy spesifik lebar kritis saluran.

Melihat konsep dasar hidrolika pola aliran tekanan hidrosatika, Mengembangkan bagian klasifikasi aliran kompresible klasifikasi profilpermukaan air. langkah penghitungan aliran kritis menggambar energy spesifik lebar kritis saluran.

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: Triatmodjo B. 1991 Hidraulika Beta Offset Yogyakarta.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995 Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika Unesa Press.
Pustaka:

Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Giles terjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menghitung dan memperagakan aliran steady/ unsteady uniform/ ununiform laminar/ turbulent sub kritis kritis super kritis hokum konservasi, menghitung kedalaman kritis kedalaman normal, penghitungan hidraulik jump pada bukaan bawah.

Menghitung dan memperagakan kriteria pola aliran steady/unsteadyuniform/ ununiform laminar/ turbulent sub kritis kritis super kritis hokum konservasi hidrolika. Menghitung kedalaman kritis kedalaman normal. Mengevaluasi langkah penghitungan hidraulik jump pada bukaan bawah pintu

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: TriatmodjoB. 1991 Hidraulika Beta OffsetYogyakarta.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995 Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress.
Pustaka:

Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Gilesterjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menghitung dan memperagakan aliran steady/ unsteady uniform/ ununiform laminar/ turbulent sub kritis kritis super kritis hokum konservasi, menghitung kedalaman kritis kedalaman normal, penghitungan hidraulik jump pada bukaan bawah.

Menghitung dan memperagakan kriteria pola aliran steady/unsteadyuniform/ ununiform laminar/ turbulent sub kritis kritis super kritis hokum konservasi hidrolika. Menghitung kedalaman kritis kedalaman normal. Mengevaluasi langkah penghitungan hidraulik jump pada bukaan bawah pintu

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: Anggraini. 1995 Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress.
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menghitung dan memperagakan aliran steady/ unsteady uniform/ ununiform laminar/ turbulent sub kritis kritis super kritis hokum konservasi, menghitung kedalaman kritis kedalaman normal, penghitungan hidraulik jump pada bukaan bawah.

Menghitung dan memperagakan kriteria pola aliran steady/unsteadyuniform/ ununiform laminar/ turbulent sub kritis kritis super kritis hokum konservasi hidrolika. Menghitung kedalaman kritis kedalaman normal. Mengevaluasi langkah penghitungan hidraulik jump pada bukaan bawah pintu

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: TriatmodjoB. 1991 Hidraulika Beta OffsetYogyakarta.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995 Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress.
Pustaka:

Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Gilesterjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
3 X 50

3 X 50
15%

9

Minggu ke 9

Mengenal karakteristik pola aliran pada saluran tertutup, menjunjung tinggi rancangan konsep dasar hidrolika saluran tertutup, dan pemodelan saluran

Menjelaskan karakteristik pola aliran, Menjunjung tinggi konsep dasar gerak beraturan air mengalir-melaju akibat pembendungan

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: TriatmodjoB. 1991 Hidraulika Beta OffsetYogyakarta.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995 Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress.
Pustaka:

Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Gilesterjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mengenal karakteristik pola aliran pada saluran tertutup, menjunjung tinggi rancangan konsep dasar hidrolika saluran tertutup, dan pemodelan saluran

Menjelaskan karakteristik pola aliran, Menjunjung tinggi konsep dasar gerak beraturan air mengalir-melaju akibat pembendungan

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: TriatmodjoB. 1991 Hidraulika Beta OffsetYogyakarta.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress.
Pustaka:

Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Gilesterjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menghitung dan mengoperasikan aliran pada flume tidak sempurna dan sempurna, menganalisis penghitung lengkung muka air terbendung positif dan negatif

Mengoperasikan perbedaan aliran pada saluran lurus dengan aliran pada alat ventury flume tidak sempurna dan sempurna, Menganalisis perbedaan rumus penghitungan terbendung pesitif dan negatif

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: TriatmodjoB. 1991 Hidraulika Beta OffsetYogyakarta.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress
Pustaka:

Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Gilesterjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menghitung dan mengoperasikan aliran pada flume tidak sempurna dan sempurna, menganalisis penghitung lengkung muka air terbendung positif dan negatif

Mengoperasikan perbedaan aliran pada saluran lurus dengan aliran pada alat ventury flume tidak sempurna dan sempurna, Menganalisis perbedaan rumus penghitungan terbendung pesitif dan negatif

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: TriatmodjoB. 1991 Hidraulika Beta OffsetYogyakarta.
Pustaka:

Materi: Anggraini. 1995 Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menghitung dampak pembendungan di hulu dengan model Breese dan Ruhlmann, menghitung tinggi air (hm) tetap dan tinggi air kritis (hc),

Menjelaskan model hitungan Breese dan Ruhlmann, Menjelaskan perbedaan tinggi air (hm) tetap dan tinggi air kritis (hc)

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menghitung dampak pembendungan di hulu dengan model Breese dan Ruhlmann, menghitung tinggi air (hm) tetap dan tinggi air kritis (hc),

Menjelaskan model hitungan Breese dan Ruhlmann, Menjelaskan perbedaan tinggi air (hm) tetap dan tinggi air kritis (hc)

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menyusun laporan tertulis penghitungan gerak air melaju ke mengalir menghitung head loss pada saluran tertutup.

Menyusun laporan tertulis secara lengkap model perhitungan gerak air mengalir ke melaju dan head loss yang terjadi pada tutup saluran

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Ceramah diskusi dan tanya jawab.
Latihan
3 X 50
Materi: TriatmodjoB. 1991 Hidraulika Beta OffsetYogyakarta.
Pustaka:

Materi: Djoni Irianto 2001 Hidrolika UnesaPress.
Pustaka:

Materi: Soemitro Herman Widodo Ronald V. Gilesterjemah 1990 Mekanika fluida & Hidrolika Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: Suyatman dkk. Ven Te Chow 1985 Hidrolikadan Saluran Terbuka Jakarta: Erlangga
Pustaka:

Materi: ASCE 2015 Jurnal of Hydraulic Engineering.
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menyusun laporan tertulis penghitungan gerak air melaju ke mengalir menghitung head loss pada saluran tertutup.

Menyusun laporan tertulis secara lengkap model perhitungan gerak air mengalir ke melaju dan head loss yang terjadi pada tutup saluran

Kriteria:
  1. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
  2. Laporan Hasil Praktikum baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian Akhir Semester
3 X 50
Ujian Akhir Semester
3 X 50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.5%
3. Penilaian Praktikum 20%
4. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.