Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kepemimpinan & Manajemen Satuan PAUD

8610703024

T=2

P=1

ECTS=6.72

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Sri Setyowati, M.Pd




Dr. Sri Setyowati, M.Pd




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Sikap Mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang menunjukkan kepribadianya tentang Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh melalui perkuliahan manajemen PAUD.

PO - 2

Keterampilan Umum Mahasiswa mampu menganalisis konsep-konsep dan mampu menerapkan pengelolaan PAUD dalam organisasi lembaga pendidikan

PO - 3

Keterampilan Khusus Mahasiswa mampu berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat dalam mengaplikasikan keilmuan manajemen PAUD

PO - 4

Pengetahuan Mahasiswa mampu menganalisis konsep-konsep kepemipinan dan Manajemen Pendidikan hingga mampu memahami konsep manajemen penyelenggaraannya di Lembaga PAUD berdasarkan pada karakteristik aspek pengembangan anak usia dini yang diaplikasikan dalam pengelolaan organisasi lembaga pendidikan

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji pengalaman dan pengembangan dari MK Dasar-Dasar kepemimpinan dan manajemen Pendidikan, untuk kemudian dapat memahami dan menganalisis penyelenggaraannya di Lembaga Pendidikan anak Usia Dini. Konsep dari mata kuliah ini adalah teori Manajemen Pendidikan terkhusus penyelenggaraannya di PAUD. Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (obsservasi mandiri di lapangan / Lembaga PAUD)

Pustaka

Utama :

  1. Permendikbud Ristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan PAUD
  2. Permendikbud Ristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada PAUD
  3. Permendikbud Ristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada PAUD

Pendukung :

  1. 1. Arikunto, S. dan Yuliana, L. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
  2. 2. Asmawati, L., dkk. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka
  3. 3. Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press
  4. 4. Fridani, L., dkk. 2010. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
  5. 5. Weikart, D. P. 2000. Early Childhood Education: Need and Opportunity. Paris: UNESCO

Dosen Pengampu

Dr. Sri Setyowati, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Ruang lingkup pengelolaan di lembaga PAUD

Memahami tentang Latar belakang kepentingan pengelolaan kegiatan di lembaga PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Klarifikasi materi dan identifikasi kebutuhan.
Diskusi
Jelajah internet
Presentasi studi kasus
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Latar belakang kepentingan pengelolaan kegiatan di Kelompok Bermain Dan di Taman Penitipan Anak
Pustaka:
2%

2

Minggu ke 2

Rambu-rambu pendirian lembaga PAUD

Memahami Dasar legalitas PAUD di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pendirian lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
Diskusi
Refleksi/evaluasi.
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pendirian lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Diskusi Refleksi /evaluasi.
Pustaka:
2%

3

Minggu ke 3

Rambu-rambu pendirian lembaga PAUD

Memahami Dasar legalitas PAUD di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengajuan rintisan program Pendidikan Anak Usia Dini
diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengajuan rintisan program Pendidikan Anak Usia Dini diskusi Refleksi /evaluasi.
Pustaka:
0%

4

Minggu ke 4

Pengelolaan lingkungan belajar indoor di lembaga PAUD

Teknik penataan ruangan dan lingkungan belajar di Kelompok bermain (Play-Group)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di Kelompok bermain (Play-Group)
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di Kelompok bermain (Play-Group) Diskusi Refleksi /evaluasi
Pustaka:
8%

5

Minggu ke 5

Pengelolaan lingkungan belajar indoor di lembaga PAUD

Teknik penataan ruangan dan lingkungan belajar di TPA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di TPA (Taman Penitipan Anak)
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di TPA (Taman Penitipan Anak) Diskusi Refleksi/ evaluasi
Pustaka:
2%

6

Minggu ke 6

Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD

Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Kelompok Bermain (PG/KB)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Kelompok Bermain
Diskusi
Refleksi/evaluasi.
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Kelompok Bermain Diskusi Refleksi /evaluasi
Pustaka:
2%

7

Minggu ke 7

Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD

Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Taman Penitipan Anak


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Taman Penitipan Anak
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Taman Penitipan Anak Diskusi Refleksi /evaluasi
Pustaka:
2%

8

Minggu ke 8

Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS)

Ruang lingkup, tujuan, pendekatan, prosedur dan Penilaian Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi studi kasus Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS)
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS) Diskusi Refleksi /evaluasi.
Pustaka:
18%

9

Minggu ke 9

Pengelolaan Circle Time di TPA dan di Kelompok Bermain

Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di TPA (Taman Penitipan Anak)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di TPA (Taman Penitipan Anak)
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di TPA (Taman Penitipan Anak) Diskusi Refleksi/ evaluasi.
Pustaka:
6%

10

Minggu ke 10

Pengelolaan Circle Time di TPA dan di Kelompok Bermain

Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di Kelompok Bermain (PG/KB)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di Kelompok Bermain (PG/KB)
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di Kelompok Bermain (PG/KB) Diskusi Refleksi /evaluasi
Pustaka:
6%

11

Minggu ke 11

Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA

Pengertian, manfaat, jenis, prinsip, pendekatan, dan rambu-rambu Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengertian, manfaat, jenis, prinsip, pendekatan, dan rambu-rambu Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengertian, manfaat, jenis, prinsip, pendekatan, dan rambu-rambu Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA Diskusi Refleksi/evaluasi
Pustaka:
6%

12

Minggu ke 12

Pengelolaan Sentra persiapan di KB dan TPA

tahap perkembangan anak pada sentra persiapan Penataan ruang dan media, serta rambu-rambu pelaksanaan sentra persiapan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra persiapan di KB dan TPA
Penataan ruang dan media, serta rambu-rambu pelaksanaannya.
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra persiapan di KB dan TPA Penataan ruang dan media, serta rambu-rambu pelaksanaannya. Diskusi Refleksi /evaluasi
Pustaka:
6%

13

Minggu ke 13

Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB

Pengelolaan Sentra Main Peran di TPA dan KB Pengelolaan Sentra Sains di TPA dan KB


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB Diskusi Refleksi /evaluasi
Pustaka:
6%

14

Minggu ke 14

Pengelolaan Sentra Pembangunan di Lembaga PAUD

Sentra Balok dan Sentra Seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Pembangunan di Lembaga PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Pembangunan di Lembaga PAUD Diskusi Refleksi/evaluasi.
Pustaka:
6%

15

Minggu ke 15

Penilaian kegiatan di Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak

Penilaian kegiatan di KB dan TPA Prosedur penilaian Circle Time berdasarkan metode BCCT


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus Penilaian kegiatan di Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak
Diskusi100 menit luring
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Penilaian kegiatan di Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak Diskusi Refleksi/ evaluasi
Pustaka:
0%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UAS
100 menit

Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 83%
2. Tes 9%
92%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.