Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kepemimpinan & Manajemen Satuan PAUD

8610703024

T=2

P=1

ECTS=6.72

1

9 Juni 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ruqoyyah Fitri, S..Ag., M.Pd




Dr. Sri Setyowati, M.Pd




RUQOYYAH FITRI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-8

Melakukan penelitian dengan berbagai pendekatan inovatif serta mengkaji berbagai teori dan konsep PAUD sesuai perkembangan terbaru dalam penelitian anak usia dini yang diimplementasikan dalam masyarakat dalam pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, dan internasional (Keterampilan Khusus)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, kolaboratif, dan berintegritas dalam mengelola satuan PAUD secara efektif dan inklusif.

PO - 2

Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan prinsip kepemimpinan serta manajemen yang relevan dalam konteks satuan PAUD.

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai gaya kepemimpinan dan model manajemen satuan PAUD berdasarkan hasil kajian teoritik dan praktik terbaik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang strategi supervisi pembelajaran serta pengelolaan sumber daya satuan PAUD yang profesional, adaptif, dan inovatif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, teori, prinsip, dan praktik kepemimpinan serta manajemen yang efektif dalam mengelola lembaga PAUD. Mahasiswa dipandu untuk menganalisis, mengkritisi, serta mengembangkan model kepemimpinan dan manajemen yang tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, dan berjiwa kewirausahaan sesuai konteks kebutuhan lokal, nasional, dan global. Melalui pendekatan berbasis proyek, kajian kasus, dan penelitian aplikatif, mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan teori dan praktik dalam mengelola satuan PAUD, termasuk dalam merancang program, mengelola sumber daya manusia dan keuangan, membangun jejaring dengan masyarakat, serta melaksanakan supervisi pembelajaran yang berorientasi pada mutu layanan PAUD. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kompetensi kepemimpinan akademik dan manajerial yang profesional serta keterampilan meneliti dengan pendekatan inovatif di bidang kepemimpinan dan manajemen PAUD, sehingga mampu menghasilkan gagasan, strategi, dan model pengelolaan yang relevan dan aplikatif untuk pengembangan pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, maupun internasional Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (obsservasi mandiri di lapangan / Lembaga PAUD)

Pustaka

Utama :

  1. 1. Bush, T. (2020). Theories of Educational Leadership and Management. Sage Publications.
  2. 2. Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2021). Educational Administration: Theory, Research, and Practice. McGraw-Hill.
  3. 3. Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and Instructional Leadership. Pearson.
  4. 4. Bass, B. M., & Bass, R. (2008). The Bass handbook of leadership: Theory, research, and managerial applications (4th ed.). New York: Free Press.
  5. 5. Hallinger, P., & Heck, R. H. (2010). Collaborative leadership and school improvement: Understanding the impact on school capacity and student learning. School Leadership & Management, 30(2), 95–110. https://doi.org/10.1080/13632431003663214
  6. 6. Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice (9th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  7. 7. Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership & Management, 40(1).
  8. 8. Sergiovanni, T. J. (2019). Moral Leadership: Getting to the Heart of School Improvement. Jossey-Bass.
  9. 9. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior. Pearson.
  10. 10. Sujiono, Y. N. (2021). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
  11. 11. Mulyasa, E. (2022). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendukung :

  1. 1. Arikunto, S. dan Yuliana, L. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
  2. 2. Asmawati, L., dkk. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka
  3. 3. Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press
  4. 4. Fridani, L., dkk. 2010. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
  5. 5. Weikart, D. P. 2000. Early Childhood Education: Need and Opportunity. Paris: UNESCO

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.

Dr. Sri Setyowati, M.Pd.

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Dr. Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Ruang lingkup pengelolaan di lembaga PAUD

Mahasiswa mampu mengusai teori kepemimpinan dalam pengelolaan lembaga PAUD

Kriteria:

Kejelasan konsep, ketepatan istilah, relevansi dengan konteks PAUD.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Klarifikasi materi dan identifikasi kebutuhan.
Diskusi
Jelajah internet
Presentasi studi kasus
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Teori kepemimpinan dalam pengelolaan lembaga PAUD
Pustaka: 1. Bush, T. (2020). Theories of Educational Leadership and Management. Sage Publications.
2%

2

Minggu ke 2

Menganalisi konsep kepemimpinan manajerial

  1. Memahami definisi kepemimpinan manajerial
  2. Menganalisis kepemimpinan manajerial dalam konteks manajemen PAUD
Kriteria:

Kedalaman analisis teori, relevansi penerapan, referensi akademik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus kepemimpinan manajerial
Diskusi
Refleksi/evaluasi.
100 menit

Materi: kepemimpinan manajerial dalam konteks manajemen PAUD
Pustaka: 1. Bush, T. (2020). Theories of Educational Leadership and Management. Sage Publications.
2%

3

Minggu ke 3

Menganalisis kepemimpinan instruksional dalam konteks manajemen PAUD

  1. Memahami definisi kepemimpinan instruksional
  2. Menganalisis kepemimpinan instruksional dalam konteks manajemen PAUD
Kriteria:

Ketepatan pengidentifikasian, contoh konkret, keterkaitan dengan kualitas layanan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus kepemimpinan instruksional DI PAUD
diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Kepemimpinan instruksional dalam konteks manajemen PAUD
Pustaka: 4. Bass, B. M., & Bass, R. (2008). The Bass handbook of leadership: Theory, research, and managerial applications (4th ed.). New York: Free Press.
2%

4

Minggu ke 4

Menganalisis gaya kepemimpinan: Trait leadership dalam konteks manajemen PAUD

  1. Menganalisis konsep dan karakteristik gaya kepemimpinan berbasis sifat (trait leadership) dalam konteks manajemen pendidikan anak usia dini.
  2. Mengidentifikasi dan mengevaluasi sifat-sifat kepemimpinan yang berpengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan pendidikan
Kriteria:

Kejelasan strategi, relevansi dengan Kurikulum Merdeka/PAUD Holistik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi studi kasus gaya kepemimpinan: trait leadership
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: karakteristik gaya kepemimpinan berbasis sifat (trait leadership) dalam konteks manajemen pendidikan anak usia dini.
Pustaka:

Materi: sifat-sifat kepemimpinan yang berpengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan pendidikan
Pustaka:

Materi: karakteristik gaya kepemimpinan berbasis sifat (trait leadership) dalam konteks manajemen pendidikan anak usia dini.
Pustaka: 6. Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice (9th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: sifat-sifat kepemimpinan yang berpengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan pendidikan
Pustaka:
4%

5

Minggu ke 5

Menganalisis gaya kepemimpinan: situasional leadership dalam konteks manajemen PAUD

  1. Menjelaskan konsep dasar dan prinsip gaya kepemimpinan situasional
  2. Menganalisis penerapan gaya kepemimpinan situasional dalam berbagai kondisi manajerial PAUD
  3. Merefleksikan kemampuan pribadi dalam menerapkan gaya kepemimpinan situasional secara adaptif dan profesional
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan gaya kepemimpinan situasional .


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi gaya kepemimpinan: situasional leadership dalam konteks manajemen PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: penerapan gaya kepemimpinan situasional dalam berbagai kondisi manajerial PAUD
Pustaka:

Materi: konsep dasar dan prinsip gaya kepemimpinan situasional
Pustaka: 4. Bass, B. M., & Bass, R. (2008). The Bass handbook of leadership: Theory, research, and managerial applications (4th ed.). New York: Free Press.

Materi: konsep dasar dan prinsip gaya kepemimpinan situasional
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis Gaya kepemimpinan: transformational leadership dalam konteks manajemen PAUD

  1. Menjelaskan prinsip dan karakteristik kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan anak usia dini
  2. Menganalisis penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru di PAUD
  3. Merefleksikan kemampuan diri untuk mengembangkan karakter kepemimpinan transformasional dalam mengelola lembaga PAUD
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan prinsip kepemimpinan transformasional.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Gaya kepemimpinan: transformational leadership dalam konteks manajemen PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi.
100 menit

Materi: prinsip dan karakteristik kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan anak usia dini
Pustaka: 6. Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice (9th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru di PAUD
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis dan menerapkan prinsip-prinsip manajemen PAUD secara komprehensif untuk mengelola lembaga secara efektif, efisien, dan berorientasi pada mutu layanan pendidikan anak usia dini.

  1. Menjelaskan konsep dan ruang lingkup prinsip-prinsip manajemen PAUD
  2. Menganalisis penerapan prinsip manajemen PAUD dalam pengelolaan lembaga
  3. Mensimulasikan rencana pengelolaan lembaga PAUD yang sesuai dengan prinsip manajemen modern, efektif, dan berorientasi mutu.
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi prinsip-prinsip manajemen PAUD secara komprehensif
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: konsep dan ruang lingkup prinsip-prinsip manajemen PAUD
Pustaka: 7. Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership & Management, 40(1).

Materi: penerapan prinsip manajemen PAUD dalam pengelolaan lembaga
Pustaka:

Materi: rencana pengelolaan lembaga PAUD yang sesuai dengan prinsip manajemen modern, efektif, dan berorientasi mutu.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS)

  1. Kesesuaian Tema & Relevansi Kajian
  2. Kualitas Kajian Teoretis
  3. Kualitas Bahasa dan Format sitasi
Kriteria:

Kesesuaian isi tulisan ilmiah dengan indikator


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat produk tulisan ilmiah dengan memilih topik yang disediakan sebagai bahan pendukung pembuatan artikel
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS) Diskusi Refleksi /evaluasi.
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun perencanaan program PAUD yang sistematis, kontekstual, dan berorientasi pada mutu serta kebutuhan perkembangan anak usia dini.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen utama dalam perencanaan program PAUD secara logis dan sesuai dengan prinsip manajemen pendidikan anak usia dini.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis keterpaduan antara tujuan, strategi, sumber daya, dan evaluasi program PAUD berdasarkan kebutuhan dan konteks lembaga.
  3. Mahasiswa mampu merancang dokumen rencana program PAUD yang inovatif dan aplikatif dengan mempertimbangkan aspek mutu, keberlanjutan, dan karakteristik anak usia dini.
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan perencanaan program PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi perencanaan program PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: komponen utama dalam perencanaan program PAUD secara logis dan sesuai dengan prinsip manajemen pendidikan anak usia dini.
Pustaka: 2. Asmawati, L., dkk. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka

Materi: keterpaduan antara tujuan, strategi, sumber daya, dan evaluasi program PAUD berdasarkan kebutuhan dan konteks lembaga.
Pustaka:

Materi: rencana program PAUD yang inovatif dan aplikatif dengan mempertimbangkan aspek mutu, keberlanjutan, dan karakteristik anak usia dini.
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan strategi manajemen sumber daya PAUD secara kolaboratif dan berbasis riset untuk meningkatkan kapasitas sekolah serta mutu layanan pendidikan anak usia dini.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen dan strategi manajemen sumber daya PAUD secara efektif sesuai prinsip manajemen pendidikan anak
  2. Mahasiswa mampu mengaitkan hasil riset tentang kepemimpinan kolaboratif dengan praktik manajemen sumber daya PAUD untuk memperkuat kapasitas lembaga dan meningkatkan mutu layanan.
  3. Mahasiswa mampu merancang model strategi pengelolaan sumber daya PAUD yang inovatif, partisipatif, dan berkelanjutan berdasarkan temuan riset dan analisis kebutuhan lembaga.
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan manajemen sumber daya PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi manajemen sumber daya PAUD
Diskusi dengan rujukan artikel internasional
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: komponen dan strategi manajemen sumber daya PAUD secara efektif sesuai prinsip manajemen pendidikan anak
Pustaka: 11. Mulyasa, E. (2022). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: mengaitkan hasil riset tentang kepemimpinan kolaboratif dengan praktik manajemen sumber daya PAUD untuk memperkuat kapasitas lembaga dan meningkatkan mutu layana
Pustaka: 5. Hallinger, P., & Heck, R. H. (2010). Collaborative leadership and school improvement: Understanding the impact on school capacity and student learning. School Leadership & Management, 30(2), 95–110. https://doi.org/...

Materi: model strategi pengelolaan sumber daya PAUD yang inovatif, partisipatif, dan berkelanjutan berdasarkan temuan riset dan analisis kebutuhan lembaga.
Pustaka: 3. Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press

Materi: mengaitkan hasil riset tentang kepemimpinan kolaboratif dengan praktik manajemen sumber daya PAUD untuk memperkuat kapasitas lembaga dan meningkatkan mutu layana
Pustaka: 8. Sergiovanni, T. J. (2019). Moral Leadership: Getting to the Heart of School Improvement. Jossey-Bass.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan sistem manajemen keuangan PAUD yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan mutu layanan pendidikan anak usia dini.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen dan prinsip dasar manajemen keuangan PAUD (perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pengawasan) sesuai regulasi yang berlaku (level 4)
  2. Mahasiswa mampu menganalisis penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan PAUD berdasarkan studi kasus atau data lembaga nyata (level 5).
  3. Mahasiswa mampu menyusun rancangan sistem manajemen keuangan PAUD yang efisien dan berorientasi pada peningkatan mutu layanan dengan mempertimbangkan partisipasi pemangku kepentingan (level 6).
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan manajemen keuangan PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi manajemen keuangan PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: komponen dan prinsip dasar manajemen keuangan PAUD (perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pengawasan) sesuai regulasi yang berlaku
Pustaka: 3. Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press

Materi: prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan PAUD berdasarkan studi kasus atau data lembaga nyata
Pustaka: 1. Arikunto, S. dan Yuliana, L. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Materi: sistem manajemen keuangan PAUD yang efisien dan berorientasi pada peningkatan mutu layanan dengan mempertimbangkan partisipasi pemangku kepentingan
Pustaka: 11. Mulyasa, E. (2022). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan strategi manajemen hubungan masyarakat (humas) dan pengelolaan lembaga PAUD secara kolaboratif, komunikatif, dan berorientasi pada peningkatan mutu layanan pendidikan anak usia dini.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi peran, fungsi, dan ruang lingkup manajemen humas dalam pengelolaan lembaga PAUD untuk membangun citra positif dan dukungan masyarakat (level 4)
  2. Mahasiswa mampu menganalisis efektivitas strategi komunikasi dan kemitraan antara lembaga PAUD dengan orang tua, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya (level 5).
  3. Mahasiswa mampu merancang model manajemen humas dan pengelolaan PAUD yang kolaboratif dan inovatif guna memperkuat partisipasi publik serta keberlanjutan lembaga (level 6).
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan manajemen humas dalam pengelolaan lembaga PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi manajemen hubungan masyarakat (humas) dan pengelolaan lembaga PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: peran, fungsi, dan ruang lingkup manajemen humas dalam pengelolaan lembaga PAUD untuk membangun citra positif dan dukungan masyarakat
Pustaka: 11. Mulyasa, E. (2022). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: efektivitas strategi komunikasi dan kemitraan antara lembaga PAUD dengan orang tua, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya
Pustaka: 1. Arikunto, S. dan Yuliana, L. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Materi: model manajemen humas dan pengelolaan PAUD yang kolaboratif dan inovatif guna memperkuat partisipasi publik serta keberlanjutan lembaga
Pustaka: 1. Arikunto, S. dan Yuliana, L. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
5%

13

Minggu ke 13

Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep, prinsip, dan tujuan supervisi akademik dalam konteks pengelolaan dan peningkatan mutu pembelajaran di PAUD (level 4)
  2. Mahasiswa mampu menganalisis teknik dan pendekatan supervisi akademik yang efektif (misalnya klinis, kolaboratif, atau berbasis refleksi) untuk pengembangan kompetensi pendidik PAUD (level 5)
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan konsep supervisi akademik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi supervisi akademik di PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: konsep, prinsip, dan tujuan supervisi akademik dalam konteks pengelolaan dan peningkatan mutu pembelajaran di PAUD
Pustaka: 3. Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and Instructional Leadership. Pearson.

Materi: teknik dan pendekatan supervisi akademik yang efektif (misalnya klinis, kolaboratif, atau berbasis refleksi) untuk pengembangan kompetensi pendidik PAUD
Pustaka:

Materi: program supervisi akademik yang aplikatif dan berkelanjutan dengan mempertimbangkan hasil observasi, umpan balik, dan data kinerja guru PAUD
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan praktik supervisi klinis di PAUD secara reflektif, kolaboratif, dan berorientasi pada peningkatan profesionalisme guru serta mutu pembelajaran anak usia dini.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep, prinsip, dan tujuan supervisi klinis dalam konteks pengelolaan dan peningkatan mutu pembelajaran di PAUD (level 4).
  2. Mahasiswa mampu menganalisis teknik dan pendekatan supervisi klinis yang efektif (misalnya klinis, kolaboratif, atau berbasis refleksi) untuk pengembangan kompetensi pendidik PAUD (level 5)
  3. Mahasiswa mampu merancang program supervisi klinis yang aplikatif dan berkelanjutan dengan mempertimbangkan hasil observasi, umpan balik, dan data kinerja guru PAUD (level 6)..
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan supervisi klinis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi supervisi klinis
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: konsep, prinsip, dan tujuan supervisi klinis dalam konteks pengelolaan dan peningkatan mutu pembelajaran di PAU
Pustaka: 3. Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and Instructional Leadership. Pearson.

Materi: teknik dan pendekatan supervisi klinis yang efektif (misalnya klinis, kolaboratif, atau berbasis refleksi) untuk pengembangan kompetensi pendidik PAU
Pustaka:

Materi: program supervisi klinis yang aplikatif dan berkelanjutan dengan mempertimbangkan hasil observasi, umpan balik, dan data kinerja guru PAUD
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan strategi supervisi manajerial di PAUD secara sistematis, kolaboratif, dan berorientasi pada peningkatan efektivitas pengelolaan lembaga serta mutu layanan pendidikan anak usia dini.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi ruang lingkup, fungsi, dan prinsip supervisi manajerial dalam pengelolaan lembaga PAUD sesuai standar nasional pendidikan dan regulasi yang berlaku (level 4).
  2. Mahasiswa mampu menganalisis pelaksanaan supervisi manajerial dalam aspek perencanaan, organisasi, keuangan, sarana prasarana, dan SDM PAUD (level 5)
  3. Mahasiswa mampu merancang model supervisi manajerial yang inovatif dan partisipatif untuk mendukung peningkatan mutu manajemen dan kinerja lembaga PAUD (level 6).
Kriteria:

proses keterlibatan, kolaborasi, dan refleksi mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan supervisi manajerial.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi supervisi manajerial
Diskusi
Refleksi/evaluasi
100 menit

Materi: Presentasi studi kasus Penilaian kegiatan di Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak Diskusi Refleksi/ evaluasi
Pustaka:

Materi: ruang lingkup, fungsi, dan prinsip supervisi manajerial dalam pengelolaan lembaga PAUD sesuai standar nasional pendidikan dan regulasi yang berlak
Pustaka: 3. Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and Instructional Leadership. Pearson.

Materi: pelaksanaan supervisi manajerial dalam aspek perencanaan, organisasi, keuangan, sarana prasarana, dan SDM PAUD
Pustaka:

Materi: model supervisi manajerial yang inovatif dan partisipatif untuk mendukung peningkatan mutu manajemen dan kinerja lembaga PAU
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester/ UAS

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik

Kriteria:

kesesuaian produk yang dihasilkan dengan indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS projek membuat instrumen supervisi
100 menit

Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 46.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 51.67%
3. Penilaian Portofolio 1.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.