|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kepemimpinan & Manajemen Satuan PAUD |
8610703024 |
|
T=2 |
P=1 |
ECTS=6.72 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Sri Setyowati, M.Pd
|
Dr. Sri Setyowati, M.Pd
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Sikap Mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang menunjukkan kepribadianya tentang Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh melalui perkuliahan manajemen PAUD.
|
PO - 2 |
Keterampilan Umum Mahasiswa mampu menganalisis konsep-konsep dan mampu menerapkan pengelolaan PAUD dalam organisasi lembaga pendidikan
|
PO - 3 |
Keterampilan Khusus Mahasiswa mampu berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat dalam mengaplikasikan keilmuan manajemen PAUD
|
PO - 4 |
Pengetahuan Mahasiswa mampu menganalisis konsep-konsep kepemipinan dan Manajemen Pendidikan hingga mampu memahami konsep manajemen penyelenggaraannya di Lembaga PAUD berdasarkan pada karakteristik aspek pengembangan anak usia dini yang diaplikasikan dalam pengelolaan organisasi lembaga pendidikan
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji pengalaman dan pengembangan dari MK Dasar-Dasar kepemimpinan dan manajemen Pendidikan, untuk kemudian dapat memahami dan menganalisis penyelenggaraannya di Lembaga Pendidikan anak Usia Dini.
Konsep dari mata kuliah ini adalah teori Manajemen Pendidikan terkhusus penyelenggaraannya di PAUD.
Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (obsservasi mandiri di lapangan / Lembaga PAUD) |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Permendikbud Ristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan PAUD
- Permendikbud Ristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada PAUD
- Permendikbud Ristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada PAUD
|
Pendukung : |
|
- 1. Arikunto, S. dan Yuliana, L. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
- 2. Asmawati, L., dkk. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka
- 3. Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press
- 4. Fridani, L., dkk. 2010. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
- 5. Weikart, D. P. 2000. Early Childhood Education: Need and Opportunity. Paris: UNESCO
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Sri Setyowati, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Ruang lingkup pengelolaan di lembaga PAUD |
Memahami tentang Latar belakang kepentingan pengelolaan kegiatan di lembaga PAUD |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Klarifikasi materi dan identifikasi kebutuhan.
Diskusi
Jelajah internet
Presentasi studi kasus
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Latar belakang kepentingan pengelolaan kegiatan di Kelompok Bermain Dan di Taman Penitipan Anak Pustaka: |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Rambu-rambu pendirian lembaga PAUD |
Memahami Dasar legalitas PAUD di Indonesia |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pendirian lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
Diskusi
Refleksi/evaluasi. 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pendirian lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Diskusi Refleksi /evaluasi. Pustaka: |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Rambu-rambu pendirian lembaga PAUD |
Memahami Dasar legalitas PAUD di Indonesia |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengajuan rintisan program Pendidikan Anak Usia Dini
diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengajuan rintisan program Pendidikan Anak Usia Dini diskusi Refleksi /evaluasi. Pustaka: |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Pengelolaan lingkungan belajar indoor di lembaga PAUD |
Teknik penataan ruangan dan lingkungan belajar di Kelompok bermain (Play-Group) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di Kelompok bermain (Play-Group)
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di Kelompok bermain (Play-Group) Diskusi Refleksi /evaluasi Pustaka: |
8% |
5
Minggu ke 5 |
Pengelolaan lingkungan belajar indoor di lembaga PAUD |
Teknik penataan ruangan dan lingkungan belajar di TPA |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di TPA (Taman Penitipan Anak)
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus penataan ruangan dan lingkungan belajar di TPA (Taman Penitipan Anak) Diskusi Refleksi/ evaluasi Pustaka: |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD |
Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Kelompok Bermain (PG/KB) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Kelompok Bermain
Diskusi
Refleksi/evaluasi. 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Kelompok Bermain Diskusi Refleksi /evaluasi Pustaka: |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD |
Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Taman Penitipan Anak |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Taman Penitipan Anak
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di lembaga PAUD untuk Taman Penitipan Anak Diskusi Refleksi /evaluasi Pustaka: |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS) |
Ruang lingkup, tujuan, pendekatan, prosedur dan Penilaian Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi studi kasus Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS)
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS) Diskusi Refleksi /evaluasi. Pustaka: |
18% |
9
Minggu ke 9 |
Pengelolaan Circle Time di TPA dan di Kelompok Bermain |
Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di TPA (Taman Penitipan Anak) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di TPA (Taman Penitipan Anak)
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di TPA (Taman Penitipan Anak) Diskusi Refleksi/ evaluasi. Pustaka: |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Pengelolaan Circle Time di TPA dan di Kelompok Bermain |
Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di Kelompok Bermain (PG/KB) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di Kelompok Bermain (PG/KB)
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Circle Time bagi pengembangan di Kelompok Bermain (PG/KB) Diskusi Refleksi /evaluasi Pustaka: |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA |
Pengertian, manfaat, jenis, prinsip, pendekatan, dan rambu-rambu Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengertian, manfaat, jenis, prinsip, pendekatan, dan rambu-rambu Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengertian, manfaat, jenis, prinsip, pendekatan, dan rambu-rambu Pengelolaan kegiatan Berbasis Sentra di KB dan TPA Diskusi Refleksi/evaluasi Pustaka: |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Pengelolaan Sentra persiapan di KB dan TPA |
tahap perkembangan anak pada sentra persiapan Penataan ruang dan media, serta rambu-rambu pelaksanaan sentra persiapan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra persiapan di KB dan TPA
Penataan ruang dan media, serta rambu-rambu pelaksanaannya.
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra persiapan di KB dan TPA Penataan ruang dan media, serta rambu-rambu pelaksanaannya. Diskusi Refleksi /evaluasi Pustaka: |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB |
Pengelolaan Sentra Main Peran di TPA dan KB Pengelolaan Sentra Sains di TPA dan KB |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB Diskusi Refleksi /evaluasi Pustaka: |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Pengelolaan Sentra Pembangunan di Lembaga PAUD |
Sentra Balok dan Sentra Seni |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Pembangunan di Lembaga PAUD
Diskusi
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Pengelolaan Sentra Pembangunan di Lembaga PAUD Diskusi Refleksi/evaluasi. Pustaka: |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Penilaian kegiatan di Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak |
Penilaian kegiatan di KB dan TPA Prosedur penilaian Circle Time berdasarkan metode BCCT |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi studi kasus Penilaian kegiatan di Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak
Diskusi100 menit luring
Refleksi/evaluasi 100 menit |
|
Materi: Presentasi studi kasus Penilaian kegiatan di Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak Diskusi Refleksi/ evaluasi Pustaka: |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UAS 100 menit |
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |