Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistik Pendidikan

8410502027

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Muji Sri Prastiwi, M.Pd.




Prof. Dr. Diyah Hariani, M.Si.




Prof. Dr. Yuliani, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu melakukan telaah terhadap kebijakan, dan mengimplementasikannya di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi melalui pendekatan inter dan multidisipliner

PLO-9

Mampu mengelola pembelajaran dan memecahkan masalah bidang pendidikan Biologi dengan mengembangkan model inovatif (HOTS atau TPACK) berciri eduecopreneurship berbasis kearifan lokal.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi (C3)

PO - 2

Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data menggunakan teknik statistik yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi (C4)

PO - 3

Mampu mengevaluasi hasil analisis statistik untuk memastikan keakuratan dan relevansi terhadap masalah penelitian di bidang Pendidikan Biologi (C5)

PO - 4

Mampu menerapkan berbagai metode statistik untuk menguji hipotesis dalam penelitian terkait Biologi dan Pendidikan Biologi (C3)

PO - 5

Mampu menganalisis tren dan pola dalam data biologi pendidikan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang penelitian (C4)

PO - 6

Mampu mengevaluasi efektivitas metode statistik dalam konteks penelitian pendidikan Biologi dan mengusulkan perbaikan (C5)

PO - 7

Mampu menerapkan teknik analisis data multivariat dalam penelitian pendidikan untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data (C3)

PO - 8

Mampu menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen penelitian menggunakan teknik statistik yang tepat (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-9
PO-1 
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6 
PO-7 
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Statistik Pendidikan pada jenjang S2 program studi Pendidikan Biologi membahas tentang konsep dasar statistik yang diterapkan dalam konteks pendidikan. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai penggunaan statistik dalam analisis data pendidikan, sehingga mahasiswa dapat menginterpretasikan dan menyajikan data secara efektif. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pengenalan konsep dasar statistik, teknik analisis data, interpretasi hasil analisis, serta penerapan statistik dalam penelitian pendidikan biologi.

Pustaka

Utama :

  1. Wahjusaputri,, Shinta; Anim Purwanto. 2022. Statistika Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Bintang Semesta Media

Pendukung :

  1. Harsojuwono, Bambang Admadi; Arnata, I Wayan. 2020. Statistika Penelitian. Malang: Madani Media
  2. Mashuri. 2022. Statistika Nonparametrik. Malang: Inara Publisher

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ir. Dyah Hariani, M.Si.

Dr. Muji Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi.

  1. Pemahaman konsep statistik
  2. Kemampuan menganalisis data penelitian
  3. Kemampuan menginterpretasi hasil analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan konsep statistik dalam penelitian Pendidikan Biologi
Materi: Konsep dasar statistik, Teknik analisis data, Interpretasi hasil analisis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi dengan baik dan benar.

  1. analisis data penelitian
  2. penerapan konsep statistik
  3. kemampuan dalam Pendidikan Biologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan konsep statistik dalam analisis data penelitian di Pendidikan Biologi
Materi: Konsep Dasar Statistik, Analisis Data Penelitian Pendidikan Biologi, Penerapan Statistik dalam Pendidikan Biologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi dengan baik dan benar.

  1. Penggunaan teknik statistik yang tepat dalam analisis data
  2. Kemampuan menginterpretasikan hasil analisis data
  3. Kemampuan menyajikan temuan secara jelas dan sistematis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan statistik dalam penelitian Pendidikan Biologi
Materi: Konsep dasar statistik, Teknik analisis data statistik, Penerapan statistik dalam penelitian Pendidikan Biologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik statistik yang relevan untuk menganalisis data pembelajaran Biologi dan mampu menginterpretasikan hasil analisis tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  1. Analisis data statistik yang tepat
  2. Interpretasi data yang akurat
  3. Penerapan data statistik dalam konteks pembelajaran Biologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan teknik statistik dalam pembelajaran Biologi
Materi: Pengantar Statistik dalam Pendidikan, Teknik Analisis Data Statistik, Interpretasi Hasil Analisis Data
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan statistik dalam konteks Pendidikan Biologi untuk mengevaluasi hasil analisis statistik dengan akurat dan relevan.

  1. analisis statistik yang tepat
  2. evaluasi keakuratan data
  3. relevansi hasil analisis dengan masalah penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan analisis statistik dalam penelitian Pendidikan Biologi
Materi: Konsep dasar analisis statistik, Penerapan analisis statistik dalam Pendidikan Biologi, Evaluasi hasil analisis statistik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan analisis statistik untuk memprediksi hasil dalam konteks pendidikan Biologi.

  1. Analisis statistik yang tepat
  2. Kemampuan memprediksi hasil dengan akurat
  3. Kemampuan menginterpretasi model prediktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Pengembangan model prediktif menggunakan dataset simulasi
Materi: Konsep model prediktif, Teknik statistik untuk prediksi, Penerapan model prediktif dalam pendidikan Biologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai dan menerapkan berbagai metode statistik untuk menguji hipotesis dalam penelitian terkait Biologi dan Pendidikan Biologi.

  1. Penggunaan metode statistik yang tepat
  2. Kemampuan menginterpretasi hasil analisis statistik
  3. Kemampuan menghubungkan hasil statistik dengan hipotesis penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan metode statistik dalam penelitian Biologi
Materi: Pengenalan statistik dalam penelitian Biologi, Uji hipotesis dalam penelitian Biologi, Penerapan metode statistik dalam Pendidikan Biologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Formatif [UTS]


Bentuk Penilaian :
Tes


10%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis tren dan pola dalam data biologi pendidikan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang penelitian.

  1. analisis tren data biologi
  2. identifikasi masalah penelitian
  3. identifikasi peluang penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis data biologi pendidikan
Materi: Konsep Analisis Data Biologi, Metode Identifikasi Masalah Penelitian, Teknik Identifikasi Peluang Penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis tren dan pola dalam data biologi pendidikan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang penelitian.

  1. analisis data biologi pendidikan
  2. identifikasi masalah penelitian
  3. identifikasi peluang penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis data biologi pendidikan, Penugasan penelitian online tentang tren dan pola dalam data biologi
Materi: Konsep dasar analisis data biologi pendidikan, Metode analisis tren dan pola dalam data biologi, Studi kasus dalam biologi pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi kelemahan metode statistik yang digunakan dalam penelitian pendidikan Biologi, mengevaluasi efektivitasnya, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat.

  1. Analisis kelemahan metode statistik
  2. Evaluasi efektivitas metode statistik
  3. Rekomendasi perbaikan yang relevan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus evaluasi metode statistik dalam penelitian pendidikan Biologi
Materi: Pengenalan metode statistik dalam penelitian pendidikan Biologi, Analisis kelemahan metode statistik, Evaluasi efektivitas metode statistik, Strategi perbaikan yang dapat dilakukan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian di bidang Pendidikan Biologi dengan memahami prinsip-prinsip statistik yang relevan.

  1. Kemampuan merancang alat ukur yang valid
  2. Kemampuan merancang alat ukur yang reliabel
  3. Pemahaman prinsip-prinsip statistik dalam pengembangan alat ukur

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung dalam pengembangan alat ukur.
Penugasan online memungkinkan dan dapat dilakukan melalui pembuatan alat ukur valid dan reliabel secara virtual dengan mengikuti panduan yang diberikan.
Materi: Prinsip-prinsip statistik dalam pengembangan alat ukur, Validitas dan reliabilitas alat ukur, Langkah-langkah pengembangan alat ukur yang valid dan reliabel
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik analisis data multivariat dan dapat mengaplikasikannya dalam konteks penelitian pendidikan untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data.

  1. Pemahaman konsep analisis data multivariat
  2. Kemampuan menerapkan teknik analisis data multivariat dalam penelitian pendidikan
  3. Kemampuan menginterpretasi hasil analisis data multivariat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan analisis data multivariat dalam penelitian pendidikan
Materi: Pengantar Analisis Data Multivariat, Metode Analisis Faktor, Analisis Regresi Berganda, Analisis Klaster
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teknik analisis data multivariat dalam konteks penelitian pendidikan untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data.

  1. Analisis data multivariat diterapkan dengan benar
  2. Keputusan berbasis data didukung dengan analisis multivariat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan analisis data multivariat dalam penelitian pendidikan
Materi: Pengantar Analisis Data Multivariat, Teknik Analisis Faktor, Analisis Cluster, Analisis Diskriminan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep validitas dan reliabilitas instrumen penelitian serta mampu mengaplikasikan teknik statistik yang tepat dalam analisisnya.

  1. Kemampuan menganalisis validitas instrumen penelitian
  2. Kemampuan menganalisis reliabilitas instrumen penelitian
  3. Kemampuan menggunakan teknik statistik yang tepat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang kasus validitas dan reliabilitas instrumen penelitian
Materi: Konsep Validitas Instrumen Penelitian, Konsep Reliabilitas Instrumen Penelitian, Teknik Statistik untuk Analisis Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Sumatif [UAS]


Bentuk Penilaian :
Tes


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20%
3. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.