Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sosiologi dan Antropologi

7420102242

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Maya Mustika Kartika Sari




.......................................




Vita Mahardhika, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu bersikap adil, etis, taat hukum, dan peduli terhadap lingkungan sosial dalam merancang dan menerapkan hukum keolahragaan dan hukum pada umumnya.

PLO-9

Mampu memahami pengetahuan umum

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-9
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji tentang konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

Pustaka

Utama :

  1. Brinx, James H . 2011. 21th Century Anthropology A Reference Handbook. London: Sage.
  2. Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall.
  3. Haviland, et.al . 2008. Cultural Anthropology. The Human Challenge. Bellmont, CA: Thomson Wadsworth.
  4. Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian, et.al . 2005. Sociology to the Twenty First Century. New Jersey: Upper Saddle River.
  5. Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto, Editor . 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media.
  6. Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Heppy Hyma Puspytasari, S.H., M.H.

Nurul Hikmah, Lc., M.HI.

MIEKE YUSTIA AYU RATNA SARI

Kharizha Krishnandya, S.H., M.H.

Nabilla Desyalika Putri, S.H., M.H.

Apriliani Kusumawati, M.H.

Ahmad Nailul Author, S.H., S.I.P., M.H.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: konsep-konsep dasar antropologi
Pustaka: Brinx, James H . 2011. 21th Century Anthropology A Reference Handbook. London: Sage.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Sedang
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: konsep-konsep dasar sosiologi
Pustaka: Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall.
7%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: cabang-cabang ilmu antropologi
Pustaka: Brinx, James H . 2011. 21th Century Anthropology A Reference Handbook. London: Sage.
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Sedang
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya Jawab, diskusi

Materi: obyek material dan formal antropologi
Pustaka: Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall.
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Sedang
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: konsep-konsep dasar sosiologi
Pustaka: Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian, et.al . 2005. Sociology to the Twenty First Century. New Jersey: Upper Saddle River.
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: interaksi sosial
Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Tes
ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: Nilai dan norma sosial
Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
2%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: interaksi sosial
Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
16%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar'
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
1 jam 45 menit

Materi: evolusi dan variasi manusia
Pustaka: Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall.
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
1 jam 45 menit

Materi: konsep-konsep dasar sosiologi
Pustaka: Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto, Editor . 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: Objek kajian sosiologi
Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menajwab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
1 jam 45 menit

Materi: Nilai dan norma sosial
Pustaka: Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian, et.al . 2005. Sociology to the Twenty First Century. New Jersey: Upper Saddle River.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab

Materi: sosialisasi dan pembentukan kepribadian
Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
2%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: Objek kajian sosiologi
Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
2%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
1 jam 45 menit

Materi: interaksi sosial
Pustaka: Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto, Editor . 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media.
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
  2. Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
  3. Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: interaksi sosial
Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 91%
2. Tes 9%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.