Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah

5720102182

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

18 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M




Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M




I KADEK DWI NURYANA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep dasar penelitian ilmiah dan metodologi penelitian.

PO - 2

Mengidentifikasi masalah penelitian dalam bidang Sistem Informasi.

PO - 3

Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian

PO - 4

Menyusun kerangka teori dan tinjauan pustaka

PO - 5

Memilih metode penelitian yang sesuai (kualitatif, kuantitatif, campuran)

PO - 6

Menyusun proposal penelitian dalam bidang Sistem Informasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji jenis-jenis penelitian, dan proses dalam melakukan penelitian di bidang Sistem Informasi, yang terdiri dari (1) pengertian dasar penelitian, (2) proses penelitian, (3) landasan teori, kerangka berpikir, variable, dan pengajuan hipotesis, (4) populasi sampel, (5) skala pengukuran dan instrumen penelitian, (6) teknik pengumpulan data, (7) analisis data, (8) interpretasi hasil, dan (9) penulisan laporan. Matakuliah ini ditujukan pada mahasiswa tingkat akhir yang akan atau sedang mengambil skripsi. Selain itu, matakuliah ini juga berguna bagi mahasiswa yang akan menulis sebuah karya ilmiah atau penelitian-penelitian lain.

Pustaka

Utama :

  1. Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI

Pendukung :

  1. Rifa’i Abubakar – Pengantar Metodologi Penelitian
  2. Wahid – Artikel Metodologi Penelitian SI

Dosen Pengampu

Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan hakikat penelitian ilmiah dan ragam penelitian

  1. Menguraikan hakikat dasar penelitian
  2. Menjelaskan jenis-jenis penelitian di bidang SI
  3. Memberikan contoh-contoh penelitian di bidang SI
Kriteria:

Diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline, ceramah
2x1
Offline, ceramah
Materi: Konsep Dasar Penelitian
Pustaka: Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI
0%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan apa saja yang termasuk dalam etika penelitian

  1. Menjelaskan konsep etika penelitian
  2. Memberikan contoh penelitian yang melanggar etika
  3. Menguraikan mengapa etika dalam penelitian penting
Kriteria:
  1. Diskusi
  2. Tugas identifikasi penelitian yang beretika dan tidak beretika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Offline, ceramah dosen dan diskusi kelas
Offline, ceramah dosen dan diskusi kelas
Materi: Etika Penelitian
Pustaka: Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi masalah dalam penelitian di bidang SI

  1. Menjelaskan fenomena sekitar yang terkait bidang SI
  2. Mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di dalam fenomena
  3. Menyusun latar belakang penelitian
Kriteria:
  1. Mengidentifikasi masalah secara jelas
  2. Menuliskan masalah ke dalam bentuk latar belakang penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline, ceramah, on hands activity
Offline, ceramah, on hands activity
Materi: Identifikasi Masalah
Pustaka: Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu merumuskan komponen awal proposal penelitian.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan fenomena di sekitar yang relevan dengan bidang Sistem Informasi sesuai topik pertemuan.
  2. Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena tersebut dengan konsep metodologi penelitian.
Kriteria:
  1. Konsisten
  2. Runtut
  3. Logis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Latihan terstruktur, diskusi
Unggah draft dan umpan balik
Materi: Penyusunan rumusan, tujuan, manfaat, dan batasan masalah
Pustaka: Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengidentifikasi sumber pustaka ilmiah yang relevan.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan fenomena di sekitar yang relevan dengan bidang Sistem Informasi sesuai topik pertemuan.
  2. Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena tersebut dengan konsep metodologi penelitian.
Kriteria:

Sumber ilmiah mutakhir dan terintegrasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Review artikel, diskusi
Annotated bibliography
Materi: Kajian Pustaka
Pustaka: Rifa’i Abubakar – Pengantar Metodologi Penelitian
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan kerangka teori yang mendasari penelitian.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi variabel dan merumuskan hipotesis penelitian.
  1. Hubungan antar variabel dijelaskan secara teoritis.
  2. Hipotesis dirumuskan secara logis dan dapat diuji.
Kriteria:

Logis dan berbasis teori


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi konsep, latihan
Penugasan konseptual
Materi: Kerangka teori, variabel, dan pengembangan hipotesis
Pustaka: Rifa’i Abubakar – Pengantar Metodologi Penelitian
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
  2. Mahasiswa mampu menentukan pendekatan penelitian yang sesuai dengan masalah penelitian.
  1. Perbandingan pendekatan dilakukan secara tepat.
  2. Pemilihan pendekatan disertai alasan yang rasional.
Kriteria:
  1. Analitis
  2. Kontekstual

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi komparatif
Forum analisis
Materi: Perbandingan pendekatan penelitian
Pustaka: Rifa’i Abubakar – Pengantar Metodologi Penelitian
0%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep utama sesuai topik pertemuan.
  2. Mahasiswa mampu mengaitkan konsep tersebut dengan konteks penelitian sederhana.
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan fenomena di sekitar yang relevan dengan bidang Sistem Informasi sesuai topik pertemuan.
  2. Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena tersebut dengan konsep metodologi penelitian.
Kriteria:

Jawaban benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Kuis (offline/online)
Kuis (offline/online)
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menentukan desain penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Desain penelitian sesuai dengan masalah dan tujuan.

Kriteria:

Alur metode penelitian dijelaskan secara sistematis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi kasus
Penugasan desain penelitian
Materi: Desain metode penelitian
Pustaka: Wahid – Artikel Metodologi Penelitian SI
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep populasi dan sampel penelitian.
  2. Mahasiswa mampu menentukan teknik sampling yang sesuai.
  1. Populasi dan sampel didefinisikan secara tepat.
  2. Teknik sampling dipilih secara rasional.
Kriteria:

Konsisten


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi contoh
Latihan analitis
Materi: Populasi dan sampel
Pustaka: Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI
2%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip pengembangan instrumen penelitian.
  2. Mahasiswa mampu menyusun draft instrumen sesuai variabel penelitian.
  1. Instrumen sesuai dengan variabel yang diukur.
  2. Pernyataan instrumen jelas dan terukur.
Kriteria:
  1. Jelas
  2. Relevan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Workshop mini
Draft instrumen
Materi: Pengembangan instrumen penelitian
Pustaka: Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memilih teknik pengumpulan data yang sesuai dengan desain penelitian.

  1. Teknik pengumpulan data sesuai metode penelitian.
  2. Alasan pemilihan teknik dijelaskan secara logis.
Kriteria:
  1. Tepat
  2. Kontekstual

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan simulasi
Studi kasus
Materi: Teknik pengumpulan data
Pustaka: Hasibuan – Metode Penelitian Ilmu Komputer & TI
8%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
  2. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data yang sesuai dengan tujuan penelitian.
  1. Teknik analisis sesuai dengan jenis data.
  2. Alur analisis dijelaskan secara sistematis.
Kriteria:
  1. Logis
  2. Sistematis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi konseptual
Tugas analisis sederhana
Materi: Teknik pengumpulan data
Pustaka: Wahid – Artikel Metodologi Penelitian SI
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
  2. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data yang sesuai dengan tujuan penelitian.
  1. Teknik analisis sesuai dengan jenis data.
  2. Alur analisis dijelaskan secara sistematis.
Kriteria:
  1. Logis
  2. Sistematis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi konseptual
Tugas analisis sederhana
Materi: Teknik pengumpulan data
Pustaka: Wahid – Artikel Metodologi Penelitian SI
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian secara lengkap dan terstruktur dalam bidang Sistem Informasi

  1. Proposal penelitian lengkap
  2. Seluruh metode yang digunakan sesuai konteks
  3. Proposal penelitian disusun secara sistematis dan terstruktur
Kriteria:
  1. Lengkap
  2. Sesuai dan relevan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penugasan penyusunan proposal
Penugasan penyusunan proposal
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian secara lengkap dan terstruktur dalam bidang Sistem Informasi

  1. Proposal penelitian lengkap
  2. Seluruh metode yang digunakan sesuai konteks
  3. Proposal penelitian disusun secara sistematis dan terstruktur
Kriteria:
  1. Lengkap
  2. Sesuai dan relevan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penugasan penyusunan proposal
Penugasan penyusunan proposal
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32%
2. Penilaian Portofolio 40%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10.5%
4. Tes 17.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.