Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Ekonomi Islam

6020203120

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




1. Irfan Ramis, S.E., M.E. 2. M. Widyarta Wijaya S.EI., M.SEI.




.......................................




Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-8

Mampu mendesain dan mengimplementasikan perencanaan bisnis yang sesuai dengan konsep Islam.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan nilai-nilai etika akademik dan berkolaborasi selama perkuliahan ekonomi Islam pengantar

PO - 2

Menguasai konsep-konsep ekonomi dasar dengan mengintegrasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam

PO - 3

Mampu menerapkan pengetahuan dasar ekonomi Islam, dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengantar Ekonomi Islam memberikan pemahaman dasar tentang prinsip-prinsip ekonomi dalam perspektif Islam. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memperkenalkan konsep-konsep ekonomi Islam, prinsip-prinsip distribusi kekayaan, sistem keuangan Islam, serta aplikasi prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang akar pemikiran ekonomi Islam, sistem ekonomi Islam, muamalah, zakat, wakaf, dan asuransi dalam konteks ekonomi Islam.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Lubis, D. S., & Aliman Syahuri Zein, M. E. I. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Merdeka Kreasi Group. 2. Chapra, M. Umer. Ethics and economics: an islamic perspective. Islamic6. Choudhury, Masudul Alam. (1999). Comparative Economic Theory Occidental and Islamic Perspectives. Massachutts -USA: Kluwer Academic Publishers. 7. Waleed A.J Addas. Methodology of Economics: Secular vs Islamic. Kualalumpur: IIUM Press. 2010. (WA) 8. Habib Ahmed (ed). (2002). Theoritical Foundations Of Islamic Economics, Book of Readings No.3, Jeddah : The Islamic Development Bank – IRTI. Economic Studies. Vol. 16 No. 1 & 2, Aug. 2008 & Jan. 2009 3. Nurzaman, Sholeh. (2019). Pengantar Ekonomi Islam: Sebuah Pendekatan Metodologi. Jakarta: Salemba Empat 4. Sanrego, Yulizar & Ismail (2014). Falsafah Ekonomi Islam. Jakarta: Karya 5. Rivai, Veithzal; Buchari, Andi. (2009). Islamic Economics: Ekonomi Syariah Bukan Opsi, Tetapi Solusi. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Amelia, E. (2021). Pengantar Ekonomi Islam.
  3. Iswanto, B. (2022). Pengantar Ekonomi Islam
  4. Mardianto, D., Wafia, N. U., Toyyibi, A. M., Lala, A. A. T., Radiansyah, A., Idayanti, R., ... & Agustina, A. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Sada Kurnia Pustaka.
  5. Anwar, M. K., Suryaningsih, S. A., & Fahrullah, A. (2018). Religious aspect of sharia bank employees. Economics and Finance, 9(1), 24-27.
  6. Paramitha, P., & Suryaningsih, S. A. (2021). Analisis Label Halal pada Makanan Cepat Saji dalam Pengembangan Wisata Halal di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 108-122.

Pendukung :

  1. 1. Zaid Ahmad. (2003). The Epistemology of Ibnu Khaldun, London: Routledge 2. Herianingrum, S., Supriani, I., Sukmana, R., Effendie, E., Widiastuti, T., Fauzi, Q. and Shofawati, A. (2024),
  2. Fahrullah, A. et al. (2023). Halal is Green: The Synergy of Sustainability and Islamic Principles.Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 3, 247-256. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/aicieb.v3i0.432

Dosen Pengampu

Dr. Sri Abidah Suryaningsih, S.Ag., M.Pd.

Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Irfan Ramis, S.E., M.E.

Dr. Moh Farih Fahmi, S.Pd., M.Pd.

MUHAMMAD WIDYARTA WIJAYA

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami konsep dasar ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Nilai pre-test

Kriteria:

Bentuk NonTest: Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar - Pre-test


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Ceramah
• Focus Group Discussion (FGD)





Diskusi, pembelajaran langsung, ceramah, case study
prensentasi, FGD
Materi: Paradigma Ekonomi Islam 1. Cara pandang hidup Islam. 2. Islam sebagai jalan hidup. 3. Pendekatan Islam terhadap masalah ekonomi.
Pustaka:
4%

2

Minggu ke 2

Memahami filosopi Islam sebagai landasan ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Nilai presentasi mind map

Kriteria:

Bentuk NonTest: -Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Presentasi hasil FGD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Definisi, Konsep, dan Ruang Lingkup Ekonomi Islam 1. Membangun Kriteria Objek Ilmu Ekonomi Islam. 2. Definisi ilmu ekonomi Islam. 3. Posisi ilmu ekonomi Islam dibandingkan ilmu ekonomi konvensional. 4. Arti penting ilmu ekonomi Islam.
Pustaka:
4%

3

Minggu ke 3

Menerangkan definisi, konsep, dan ruang lingkup metodologi ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Quiz

Kriteria:

Bentuk NonTest: -Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
-Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
Materi: Metodologi ekonomi Islam 1. Filosofi Ilmu Pengetahuan. 2. Definisi dan Konsep Metodologi. 3. Ruang Lingkup Metodologi Ilmu Ekonomi Islam
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan kertas kerja 3. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Poster -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
-Discovery atau pencarian
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
-Discovery atau pencarian
Materi: Ekonomi Islam dalam lintas sejarah 1. Overview great gap sejarah pemikiran ekonomi barat VS Islam. 2. Lintas sejarah hasil pemikiran ekonomi ilmuwan muslim.
Pustaka:
3%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan mind map 3. Kemampuan Presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kelengkapan mind map -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
Materi: Analisis kritis terhadap sistem ekonomi konvensional 1. Pilar sistem ekonomi kapitalisme. 2. Kritik atas sistem ekonomi kapitalisme. 3. Pandangan Islam terhadap sistem ekonomi kapitalis
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan mind map 3. Kemampuan Presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kelengkapan mind map -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
Materi: Analisis kritis terhadap sistem ekonomi konvensional 1. Pilar sistem ekonomi sosialisme. 2. Kritik Sosialisme terhadap kapitalisme. 3. Pandangan Islam terhadap sistem ekonomi sosialis.
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Mampu menjelaskan karakter ekonomi Islam

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kelengkapan dalam membuat resume kebijakan

Kriteria:

Ceramah -Focus Group Discussion (FGD)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
-Tanya jawab
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
-Tanya jawab
Materi: 1. Karakteristik ekonomi Islam. 2. Masalah pokok ekonomi Islam. 3. Tujuan ekonomi Islam. 4. Nilai- nilai dalam ekonomi Islam. 5. Prinsip–prinsip ekonomi Islam. 6. Kebijakan dasar dalam ekonomi Islam dan Konsep
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan konsep maqashid al-syariah sebagai sebuah tujuan yang ditentukan dalam aturan syariah (Islam) sehingga menjadi satu tujuan dalam ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan kertas kerja 3. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kreativitas dalam membuat mindmap -Presentasi mind map


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Maqashid al-Syari’ah Sebagai Tujuan Ekonomi Islam 1. Konsep Huquq, Maqashid Al-Syariah, dan Maslahah. 2. Definisi dan Ruang Lingkup Maqashid Syariah. 3. Peran dan Signifikansi Maqashid al-Syariah dalam Ekonomi Islam. 4. Beberapa Contoh Penerapan Maqashid al-Syariah dalam Aktivitas Ekonomi
Pustaka:
3%

10

Minggu ke 10

  1. Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi
  2. Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar Essay 2. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Teknik tes: - Tes tulis - Tes kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Perilaku ekonomi dalam perspektif Islam 1. Hubungan Manusia Dengan ekonomi. 2. Dari homo economicus ke homo ethicus. 3. Sifat manusia dalam Islam. 4. Karakteristik keinginan dan kebutuhan. 5. Konsumsi dan produksi dalam perspektif Islam.
Pustaka:

Materi: 6. Konsep maslahah dalam konsumsi dan produksi.
Pustaka:

Materi: Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi
Pustaka: Fahrullah, A. et al. (2023). Halal is Green: The Synergy of Sustainability and Islamic Principles.Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 3, 247-256. https://doi.org/...
6%

11

Minggu ke 11

Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Skor Quiz

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Konsep harta dalam Islam 1. Harta dalam perspektif Ekonomi Islam. 2. Jenis-jenis harta 3. Kepemilikan harta dalam Islam.
Pustaka:
6%

12

Minggu ke 12

Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kerjasama tim 3. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kerjasama tim -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Larangan Islam dalam Transaksi 1. Konsep Maysir dan contoh prakteknya. 2. Konsep Gharar dan contoh prakteknya. 3. Konsep riba dan contoh prakteknya. 4. Bentuk-bentuk transaksi lainnya yang dilarang
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Skor Quiz

Kriteria:

Keaktifan dalam memberikan komentar -Penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Peran pemerintah dalam kerangka ekonomi Islam 1. Peran dan fungsi pemerintah. 2. Rasionalitas peran pemerintah dalam perekonomian. 3. Ruang lingkup peran pemerintah dalam kerangka ekonomi Islam
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan dan kreativitas 3. Poster 4. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Poster -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Instrumen peran pemerintah dalam kerangka ekonomi Islam 1. Kebijakan dalam Islam. 2. Kebijakan moneter dalam Islam.
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kerjasama tim 3. Kelengkapan laporan 4. Kemampuan pressentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Laporan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Peran masyarakat dalam ekonomi Islam. 1. Perhatian terhadap sektor keuangan Islam. 2. Instrumen sektor keuangan Islam (Zakat, wakaf dan keuangan mikro Islam). 3. Kontribusi dan partisipasi masyarakat pada sektor keuangan sosial Islam. 4. Peran sektor keuangan sosial Islam bagi pembangunanekonomi yang berkelanjutan.
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
uas

Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka:
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.