Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Seni Tari dan Drama

8620602120

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pagelaran Seni AUD ini merupakan gabungan dari 3 mata kuliah seni musik, tari dan rupa, dengan menciptakan dan mengadakan pameran karya seni rupa, penciptakan musik, dan karya seni tari untuk anak usia dini dalam pagelaran seni karya mahasiswa. Konsep dari mata kuliah ini adalah penguasaan teori kreativitas karya seni, proses pelaksanaan secara bertahap/prosedur pagelaran, dan pengelolaan pagelaran seni dalam unit besar/grup/ kelompok. Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (partisipasi kelompok)

Pustaka

Utama :

  1. Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Pendukung :

Dosen Pengampu

MASENGUT SUKIDI

NOORDIANA

Drs. Bambang Sugito, M.Sn.

Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si.

Dr. Hendratno, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

2

Minggu ke 2

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

3

Minggu ke 3

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

4

Minggu ke 4

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

5

Minggu ke 5

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

6

Minggu ke 6

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

7

Minggu ke 7

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

8

Minggu ke 8

UTS

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

3 X 50

25%

9

Minggu ke 9

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

10

Minggu ke 10

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

11

Minggu ke 11

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

12

Minggu ke 12

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

13

Minggu ke 13

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

14

Minggu ke 14

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

15

Minggu ke 15

Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab
3 X 50

Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok
Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
10%

16

Minggu ke 16

UAS

Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

3 X 50

25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 177.5%
2. Tes 12.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.