|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Seni Tari dan Drama |
8620602120 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pagelaran Seni AUD ini merupakan gabungan dari 3 mata kuliah seni musik, tari dan rupa, dengan
menciptakan dan mengadakan pameran karya seni rupa, penciptakan musik, dan karya seni tari untuk anak usia
dini dalam pagelaran seni karya mahasiswa. Konsep dari mata kuliah ini adalah penguasaan teori kreativitas
karya seni, proses pelaksanaan secara bertahap/prosedur pagelaran, dan pengelolaan pagelaran seni dalam unit
besar/grup/ kelompok. Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (partisipasi
kelompok) |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MASENGUT SUKIDI NOORDIANA Drs. Bambang Sugito, M.Sn. Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si. Dr. Hendratno, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 X 50 |
|
|
25% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai dan menjelaskan materi Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % kerja studio 35% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung
· Ceramah
· Diskusi
· Tanyajawab 3 X 50 |
|
Materi: Pameran karya tari , musik, Rupa untuk AUD dengan berbagai desain gerak: desain atas, bawah, kelompok Pustaka: Jalaludin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan: manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Dapat menjelaskan pengertian Pameran · Dapat menyebutkan jenis-jenis Pameran · Dapat menyebutkan tujuan Pameran |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
3 X 50 |
|
|
25% |