|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
RISET PEMASARAN |
6120906059 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
1. Ika Diyah Candra Arifah S.E., M.Com, CMA 2. Dr. Ratih Amelia S.E., MM 3. Fresha Kharisma S.E., MSM 4. Nadia Nur Thahirrah S.E., MSM
|
Ika Diyah Candra Arifah S.E., M.Com, CMA
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
C6. Mahasiswa mampu menyusun desain riset pemasaran yang sesuai dengan identifikasi dan pemecahan masalah pemasaran bisnis digital.
|
PO - 2 |
P5. Mahasiswa mampu melakukan riset pemasaran digital dalam lingkup terbatas dengan memanfaatkan teknologi informasi secara jujur dan bertanggung jawab.
|
PO - 3 |
P5. Mahasiswa mampu menyusun laporan riset pemasaran digital sesuai kaidah penulisan ilmiah.
|
PO - 4 |
A5. Mahasiswa mampu membuktikan hasil riset pemasaran digital yang dilakukan dalam metode ilmiah riset pemasaran.
|
PO - 5 |
P5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, teliti, beretika dan bertanggung jawab di dalam kegiatan pembelajaran riset pemasaran.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Riset pemasaran adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang metode-metode sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan pemasaran. Mata kuliah ini mendalami berbagai teknik riset, seperti survei, wawancara, eksperimen, dan analisis data statistik untuk memahami perilaku konsumen, preferensi pasar, serta tren dan kondisi pasar yang relevan. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah konstruktivis berbasis mahasiswa, dimana mahasiswa aktif dalam mencari sumber belajar dan mengkonstruksi pengetahuannya sesuai dengan tujuan belajar. Mahasiswa diberikan tugas terstruktur untuk merancang dan melaksanakan riset pemasaran sesuai dengan masalah dan pendekatan riset yang disepakati dengan dosen. Output mata kuliah ini adalah laporan riset pemasaran yang dipresentasikan dalam diskusi kelas. Mata kuliah berbasis project ini membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk melakukan riset yang berorientasi pada pasar dan konsumen, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi berharga dalam pengambilan keputusan pemasaran di berbagai jenis organisasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson
|
Pendukung : |
|
- a. Baron, S., Warnaby, G., & Hunter‐Jones, P. (2014). Service (s) marketing research: developments and directions. International Journal of Management Reviews, 16(2), 150-171.
- b. Hair, J. F., Harrison, D., & Risher, J. J. (2018). Marketing research in the 21st century: Opportunities and challenges. Brazilian Journal of Marketing-BJMkt, Revista Brasileira de Marketing–ReMark, Special Issue, 17.
- c. Morosan, C., T. Bowen, J., & Atwood, M. (2014). The evolution of marketing research. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 26(5), 706-726.
- d. Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., ... & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International journal of information management, 59, 102168.
- e. Gneezy, A. (2017). Field experimentation in marketing research. Journal of Marketing Research, 54(1), 140-143.
- f. Luchs, M. G., Swan, K. S., & Creusen, M. E. (2016). Perspective: A review of marketing research on product design with directions for future research. Journal of Product Innovation Management, 33(3), 320-341.
- g. Morgan, N. A., Whitler, K. A., Feng, H., & Chari, S. (2019). Research in marketing strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 47, 4-29.
- h. Klarmann, M., & Feurer, S. (2018). Control variables in marketing research. Marketing: ZFP–Journal of Research and Management, 40(2), 26-40.
- i. Kumar, P. (2016). State of green marketing research over 25 years (1990-2014) literature survey and classification. Marketing Intelligence & Planning, 34(1), 137-158.
- j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31.
- k. de Ruyter, K., Isobel Keeling, D., & Ngo, L. V. (2018). When nothing is what it seems: A digital marketing research agenda. Australasian marketing journal, 26(3), 199-203.
- l. Cluley, R., Green, W., & Owen, R. (2020). The changing role of the marketing researcher in the age of digital technology: Practitioner perspectives on the digitization of marketing research. International Journal of Market Research, 62(1), 27-42.
- m. Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of marketing, 80(6), 146-172.
- n. Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2023). Social media in marketing research: Theoretical bases, methodological aspects, and thematic focus. Psychology & Marketing, 40(1), 124-145.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif |
- a. Mahasiswa mampu menjelaskan proses mendefinisikan masalah riset pemasaran
- b. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dan kegunaan desain eksploratif, penelitian deskriptif, dan penelitian kausal dalam riset pemasaran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi
|
|
Materi: Riset pemasaran Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu membedakan ciri-ciri dan kegunaan desain eksploratoris, riset deskriptif, dan riset kausal dalam riset pemasaran |
- 1. Mampu menjelaskan desain eksploratoris dan kegunaannya
- 2. Mampu menjelaskan riset deskriptif
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, penugasan
|
|
Materi: Riset pemasaran Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas) |
- 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah keputusan manajemen pemasaran
- 2. Mampu merumuskan masalah dan pertanyaan riset pemasaran sesuai masalah keputusan manajemen pemasaran.
- 3. Merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)
|
Kriteria:
holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, praktik
|
|
Materi: the future of social media marketing research Pustaka: d. Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., ... & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International journal of information management, 59, 102168. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas) |
- 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah keputusan manajemen pemasaran
- 2. Mampu merumuskan masalah dan pertanyaan riset pemasaran sesuai masalah keputusan manajemen pemasaran.
- 3. Merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, praktik
|
|
Materi: marketing research of product design Pustaka: f. Luchs, M. G., Swan, K. S., & Creusen, M. E. (2016). Perspective: A review of marketing research on product design with directions for future research. Journal of Product Innovation Management, 33(3), 320-341. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas |
- 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah keputusan manajemen pemasaran
- 2. Mampu merumuskan masalah dan pertanyaan riset pemasaran sesuai masalah keputusan manajemen pemasaran.
- 3. Merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)
|
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran
|
|
Materi: control variable in marketing research Pustaka: h. Klarmann, M., & Feurer, S. (2018). Control variables in marketing research. Marketing: ZFP–Journal of Research and Management, 40(2), 26-40. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal riset pemasaran |
Mampu menyusun proposal riset pemasaran sesuai masalah keputusan, masalah riset, memilih sumber pustaka dan mengembangkan hipotesis, memilih teknik sampling, menyusun instrumen yang akan digunakan, menentukan teknik analisis data. |
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran
|
|
Materi: field experimentation in marketing research Pustaka: e. Gneezy, A. (2017). Field experimentation in marketing research. Journal of Marketing Research, 54(1), 140-143. |
9% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal riset pemasaran |
Mampu menyusun proposal riset pemasaran sesuai masalah keputusan, masalah riset, memilih sumber pustaka dan mengembangkan hipotesis, memilih teknik sampling, menyusun instrumen yang akan digunakan, menentukan teknik analisis data. |
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran
|
|
Materi: field experimentation in marketing research Pustaka: e. Gneezy, A. (2017). Field experimentation in marketing research. Journal of Marketing Research, 54(1), 140-143. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal riset pemasaran |
Mampu menyusun proposal riset pemasaran sesuai masalah keputusan, masalah riset, memilih sumber pustaka dan mengembangkan hipotesis, memilih teknik sampling, menyusun instrumen yang akan digunakan, menentukan teknik analisis data. |
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran
|
|
Materi: riset pemasaran Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun analisis data dengan software statistik |
- 1. Mahasiswa memahami konsep dasar statistik dan metode analisis yang relevan untuk setiap jenis analisis tersebut.
- 2. Mahasiswa mampu menggunakan software statistik dan analisis data seperti SPSS, atau software sejenis lainnya.
- 3. Mahasiswa mampu melakukan analisis regresi berganda, analisis faktor, analisis klaster, dan analisis diskriminan.
- 4. Mahasiswa mampu membangun, mengevaluasi, dan menginterpretasikan model prediktif menggunakan teknik seperti regresi.
- 5. Mahasiswa dapat menggunakan teknik validasi model seperti cross-validation dan dapat mengevaluasi kinerja model dengan metrik yang sesuai.
- 6. Mahasiswa mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengakses, mengolah, dan menganalisis data.
|
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Ceramah, diskusi, praktik statistik analisis data
|
|
Materi: digital marketing research agenda Pustaka: k. de Ruyter, K., Isobel Keeling, D., & Ngo, L. V. (2018). When nothing is what it seems: A digital marketing research agenda. Australasian marketing journal, 26(3), 199-203. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun analisis data dengan software statistik |
- 1. Mahasiswa memahami konsep dasar statistik dan metode analisis yang relevan untuk setiap jenis analisis tersebut.
- 2. Mahasiswa mampu menggunakan software statistik dan analisis data seperti SPSS, atau software sejenis lainnya.
- 3. Mahasiswa mampu melakukan analisis regresi berganda, analisis faktor, analisis klaster, dan analisis diskriminan.
- 4. Mahasiswa mampu membangun, mengevaluasi, dan menginterpretasikan model prediktif menggunakan teknik seperti regresi.
- 5. Mahasiswa dapat menggunakan teknik validasi model seperti cross-validation dan dapat mengevaluasi kinerja model dengan metrik yang sesuai.
- 6. Mahasiswa mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengakses, mengolah, dan menganalisis data.
|
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Ceramah, diskusi, praktik statistik analisis data
|
|
Materi: digital marketing research agenda Pustaka: k. de Ruyter, K., Isobel Keeling, D., & Ngo, L. V. (2018). When nothing is what it seems: A digital marketing research agenda. Australasian marketing journal, 26(3), 199-203. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun analisis data dengan software statistik |
- 1. Mahasiswa memahami konsep dasar statistik dan metode analisis yang relevan untuk setiap jenis analisis tersebut.
- 2. Mahasiswa mampu menggunakan software statistik dan analisis data seperti SPSS, atau software sejenis lainnya.
- 3. Mahasiswa mampu melakukan analisis regresi berganda, analisis faktor, analisis klaster, dan analisis diskriminan.
- 4. Mahasiswa mampu membangun, mengevaluasi, dan menginterpretasikan model prediktif menggunakan teknik seperti regresi.
- 5. Mahasiswa dapat menggunakan teknik validasi model seperti cross-validation dan dapat mengevaluasi kinerja model dengan metrik yang sesuai.
- 6. Mahasiswa mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengakses, mengolah, dan menganalisis data.
|
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Ceramah, diskusi, praktik statistik analisis data
|
|
Materi: riset pemasaran Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson Materi: marketing research of mobile app Pustaka: j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31. |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital. |
mampu melakukan analisis terhadap hasil pengolahan data berdasarkan penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital. |
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Ceramah, diskusi, proyek proposal riset pemasaran
|
|
Materi: marketing research of mobile app Pustaka: j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital. |
mampu melakukan analisis terhadap hasil pengolahan data berdasarkan penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital. |
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Ceramah, diskusi, proyek proposal riset pemasaran
|
|
Materi: marketing research of mobile app Pustaka: j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31. Materi: marketing researcher role Pustaka: l. Cluley, R., Green, W., & Owen, R. (2020). The changing role of the marketing researcher in the age of digital technology: Practitioner perspectives on the digitization of marketing research. International Journal of Market Research, 62(1), 27-42. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan hasil riset penelitian |
- 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang, masalah dan tujuan penelitian
- 2. Mampu menjelaskan hipotesis, teknik sampling dan Teknik analisis data
- 3. Mampu menjelaskan hasil pengolahan data
- 4. Mampu mendiskripsikan dan menjelaskan hasil penelitian dan memberikan kesimpulan
|
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi proposal riset pemasaran
|
|
Materi: thematic digital marketing research Pustaka: m. Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of marketing, 80(6), 146-172. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan hasil riset penelitian |
- 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang, masalah dan tujuan penelitian
- 2. Mampu menjelaskan hipotesis, teknik sampling dan Teknik analisis data
- 3. Mampu menjelaskan hasil pengolahan data
- 4. Mampu mendiskripsikan dan menjelaskan hasil penelitian dan memberikan kesimpulan
|
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi proposal riset pemasaran
|
|
Materi: thematic digital marketing research Pustaka: m. Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of marketing, 80(6), 146-172. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan hasil riset penelitian |
- 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang, masalah dan tujuan penelitian
- 2. Mampu menjelaskan hipotesis, teknik sampling dan Teknik analisis data
- 3. Mampu menjelaskan hasil pengolahan data
- 4. Mampu mendiskripsikan dan menjelaskan hasil penelitian dan memberikan kesimpulan
|
Kriteria:
Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi proposal riset pemasaran
|
|
Materi: social media in marketing research Pustaka: n. Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2023). Social media in marketing research: Theoretical bases, methodological aspects, and thematic focus. Psychology & Marketing, 40(1), 124-145. |
5% |