Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

RISET PEMASARAN

6120906059

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




1. Ika Diyah Candra Arifah S.E., M.Com, CMA 2. Dr. Ratih Amelia S.E., MM 3. Fresha Kharisma S.E., MSM 4. Nadia Nur Thahirrah S.E., MSM




Ika Diyah Candra Arifah S.E., M.Com, CMA




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

C6. Mahasiswa mampu menyusun desain riset pemasaran yang sesuai dengan identifikasi dan pemecahan masalah pemasaran bisnis digital.

PO - 2

P5. Mahasiswa mampu melakukan riset pemasaran digital dalam lingkup terbatas dengan memanfaatkan teknologi informasi secara jujur dan bertanggung jawab.

PO - 3

P5. Mahasiswa mampu menyusun laporan riset pemasaran digital sesuai kaidah penulisan ilmiah.

PO - 4

A5. Mahasiswa mampu membuktikan hasil riset pemasaran digital yang dilakukan dalam metode ilmiah riset pemasaran.

PO - 5

P5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, teliti, beretika dan bertanggung jawab di dalam kegiatan pembelajaran riset pemasaran.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8PLO-11
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Riset pemasaran adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang metode-metode sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan pemasaran. Mata kuliah ini mendalami berbagai teknik riset, seperti survei, wawancara, eksperimen, dan analisis data statistik untuk memahami perilaku konsumen, preferensi pasar, serta tren dan kondisi pasar yang relevan. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah konstruktivis berbasis mahasiswa, dimana mahasiswa aktif dalam mencari sumber belajar dan mengkonstruksi pengetahuannya sesuai dengan tujuan belajar. Mahasiswa diberikan tugas terstruktur untuk merancang dan melaksanakan riset pemasaran sesuai dengan masalah dan pendekatan riset yang disepakati dengan dosen. Output mata kuliah ini adalah laporan riset pemasaran yang dipresentasikan dalam diskusi kelas. Mata kuliah berbasis project ini membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk melakukan riset yang berorientasi pada pasar dan konsumen, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi berharga dalam pengambilan keputusan pemasaran di berbagai jenis organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson

Pendukung :

  1. a. Baron, S., Warnaby, G., & Hunter‐Jones, P. (2014). Service (s) marketing research: developments and directions. International Journal of Management Reviews, 16(2), 150-171.
  2. b. Hair, J. F., Harrison, D., & Risher, J. J. (2018). Marketing research in the 21st century: Opportunities and challenges. Brazilian Journal of Marketing-BJMkt, Revista Brasileira de Marketing–ReMark, Special Issue, 17.
  3. c. Morosan, C., T. Bowen, J., & Atwood, M. (2014). The evolution of marketing research. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 26(5), 706-726.
  4. d. Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., ... & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International journal of information management, 59, 102168.
  5. e. Gneezy, A. (2017). Field experimentation in marketing research. Journal of Marketing Research, 54(1), 140-143.
  6. f. Luchs, M. G., Swan, K. S., & Creusen, M. E. (2016). Perspective: A review of marketing research on product design with directions for future research. Journal of Product Innovation Management, 33(3), 320-341.
  7. g. Morgan, N. A., Whitler, K. A., Feng, H., & Chari, S. (2019). Research in marketing strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 47, 4-29.
  8. h. Klarmann, M., & Feurer, S. (2018). Control variables in marketing research. Marketing: ZFP–Journal of Research and Management, 40(2), 26-40.
  9. i. Kumar, P. (2016). State of green marketing research over 25 years (1990-2014) literature survey and classification. Marketing Intelligence & Planning, 34(1), 137-158.
  10. j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31.
  11. k. de Ruyter, K., Isobel Keeling, D., & Ngo, L. V. (2018). When nothing is what it seems: A digital marketing research agenda. Australasian marketing journal, 26(3), 199-203.
  12. l. Cluley, R., Green, W., & Owen, R. (2020). The changing role of the marketing researcher in the age of digital technology: Practitioner perspectives on the digitization of marketing research. International Journal of Market Research, 62(1), 27-42.
  13. m. Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of marketing, 80(6), 146-172.
  14. n. Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2023). Social media in marketing research: Theoretical bases, methodological aspects, and thematic focus. Psychology & Marketing, 40(1), 124-145.

Dosen Pengampu

Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M.

Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif

  1. a. Mahasiswa mampu menjelaskan proses mendefinisikan masalah riset pemasaran
  2. b. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dan kegunaan desain eksploratif, penelitian deskriptif, dan penelitian kausal dalam riset pemasaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi

Materi: Riset pemasaran
Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson
10%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu membedakan ciri-ciri dan kegunaan desain eksploratoris, riset deskriptif, dan riset kausal dalam riset pemasaran

  1. 1. Mampu menjelaskan desain eksploratoris dan kegunaannya
  2. 2. Mampu menjelaskan riset deskriptif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, penugasan

Materi: Riset pemasaran
Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)

  1. 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah keputusan manajemen pemasaran
  2. 2. Mampu merumuskan masalah dan pertanyaan riset pemasaran sesuai masalah keputusan manajemen pemasaran.
  3. 3. Merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)
Kriteria:

holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, praktik

Materi: the future of social media marketing research
Pustaka: d. Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., ... & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International journal of information management, 59, 102168.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)

  1. 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah keputusan manajemen pemasaran
  2. 2. Mampu merumuskan masalah dan pertanyaan riset pemasaran sesuai masalah keputusan manajemen pemasaran.
  3. 3. Merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, praktik

Materi: marketing research of product design
Pustaka: f. Luchs, M. G., Swan, K. S., & Creusen, M. E. (2016). Perspective: A review of marketing research on product design with directions for future research. Journal of Product Innovation Management, 33(3), 320-341.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas

  1. 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah keputusan manajemen pemasaran
  2. 2. Mampu merumuskan masalah dan pertanyaan riset pemasaran sesuai masalah keputusan manajemen pemasaran.
  3. 3. Merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)
Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran

Materi: control variable in marketing research
Pustaka: h. Klarmann, M., & Feurer, S. (2018). Control variables in marketing research. Marketing: ZFP–Journal of Research and Management, 40(2), 26-40.
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun proposal riset pemasaran

Mampu menyusun proposal riset pemasaran sesuai masalah keputusan, masalah riset, memilih sumber pustaka dan mengembangkan hipotesis, memilih teknik sampling, menyusun instrumen yang akan digunakan, menentukan teknik analisis data.

Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran

Materi: field experimentation in marketing research
Pustaka: e. Gneezy, A. (2017). Field experimentation in marketing research. Journal of Marketing Research, 54(1), 140-143.
9%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun proposal riset pemasaran

Mampu menyusun proposal riset pemasaran sesuai masalah keputusan, masalah riset, memilih sumber pustaka dan mengembangkan hipotesis, memilih teknik sampling, menyusun instrumen yang akan digunakan, menentukan teknik analisis data.

Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran

Materi: field experimentation in marketing research
Pustaka: e. Gneezy, A. (2017). Field experimentation in marketing research. Journal of Marketing Research, 54(1), 140-143.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menyusun proposal riset pemasaran

Mampu menyusun proposal riset pemasaran sesuai masalah keputusan, masalah riset, memilih sumber pustaka dan mengembangkan hipotesis, memilih teknik sampling, menyusun instrumen yang akan digunakan, menentukan teknik analisis data.

Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, project penyusunan instrumen riset pemasaran

Materi: riset pemasaran
Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyusun analisis data dengan software statistik

  1. 1. Mahasiswa memahami konsep dasar statistik dan metode analisis yang relevan untuk setiap jenis analisis tersebut.
  2. 2. Mahasiswa mampu menggunakan software statistik dan analisis data seperti SPSS, atau software sejenis lainnya.
  3. 3. Mahasiswa mampu melakukan analisis regresi berganda, analisis faktor, analisis klaster, dan analisis diskriminan.
  4. 4. Mahasiswa mampu membangun, mengevaluasi, dan menginterpretasikan model prediktif menggunakan teknik seperti regresi.
  5. 5. Mahasiswa dapat menggunakan teknik validasi model seperti cross-validation dan dapat mengevaluasi kinerja model dengan metrik yang sesuai.
  6. 6. Mahasiswa mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengakses, mengolah, dan menganalisis data.
Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, praktik statistik analisis data

Materi: digital marketing research agenda
Pustaka: k. de Ruyter, K., Isobel Keeling, D., & Ngo, L. V. (2018). When nothing is what it seems: A digital marketing research agenda. Australasian marketing journal, 26(3), 199-203.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menyusun analisis data dengan software statistik

  1. 1. Mahasiswa memahami konsep dasar statistik dan metode analisis yang relevan untuk setiap jenis analisis tersebut.
  2. 2. Mahasiswa mampu menggunakan software statistik dan analisis data seperti SPSS, atau software sejenis lainnya.
  3. 3. Mahasiswa mampu melakukan analisis regresi berganda, analisis faktor, analisis klaster, dan analisis diskriminan.
  4. 4. Mahasiswa mampu membangun, mengevaluasi, dan menginterpretasikan model prediktif menggunakan teknik seperti regresi.
  5. 5. Mahasiswa dapat menggunakan teknik validasi model seperti cross-validation dan dapat mengevaluasi kinerja model dengan metrik yang sesuai.
  6. 6. Mahasiswa mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengakses, mengolah, dan menganalisis data.
Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, praktik statistik analisis data

Materi: digital marketing research agenda
Pustaka: k. de Ruyter, K., Isobel Keeling, D., & Ngo, L. V. (2018). When nothing is what it seems: A digital marketing research agenda. Australasian marketing journal, 26(3), 199-203.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyusun analisis data dengan software statistik

  1. 1. Mahasiswa memahami konsep dasar statistik dan metode analisis yang relevan untuk setiap jenis analisis tersebut.
  2. 2. Mahasiswa mampu menggunakan software statistik dan analisis data seperti SPSS, atau software sejenis lainnya.
  3. 3. Mahasiswa mampu melakukan analisis regresi berganda, analisis faktor, analisis klaster, dan analisis diskriminan.
  4. 4. Mahasiswa mampu membangun, mengevaluasi, dan menginterpretasikan model prediktif menggunakan teknik seperti regresi.
  5. 5. Mahasiswa dapat menggunakan teknik validasi model seperti cross-validation dan dapat mengevaluasi kinerja model dengan metrik yang sesuai.
  6. 6. Mahasiswa mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengakses, mengolah, dan menganalisis data.
Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, praktik statistik analisis data

Materi: riset pemasaran
Pustaka: 1. Naresh K. Malholtra. (2020), Marketing Research: An Applied Orientation, Pearson

Materi: marketing research of mobile app
Pustaka: j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31.
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital.

mampu melakukan analisis terhadap hasil pengolahan data berdasarkan penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital.

Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, proyek proposal riset pemasaran

Materi: marketing research of mobile app
Pustaka: j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital.

mampu melakukan analisis terhadap hasil pengolahan data berdasarkan penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital.

Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi, proyek proposal riset pemasaran

Materi: marketing research of mobile app
Pustaka: j. Stocchi, L., Pourazad, N., Michaelidou, N., Tanusondjaja, A., & Harrigan, P. (2022). Marketing research on Mobile apps: past, present and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-31.

Materi: marketing researcher role
Pustaka: l. Cluley, R., Green, W., & Owen, R. (2020). The changing role of the marketing researcher in the age of digital technology: Practitioner perspectives on the digitization of marketing research. International Journal of Market Research, 62(1), 27-42.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan hasil riset penelitian

  1. 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang, masalah dan tujuan penelitian
  2. 2. Mampu menjelaskan hipotesis, teknik sampling dan Teknik analisis data
  3. 3. Mampu menjelaskan hasil pengolahan data
  4. 4. Mampu mendiskripsikan dan menjelaskan hasil penelitian dan memberikan kesimpulan
Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi proposal riset pemasaran

Materi: thematic digital marketing research
Pustaka: m. Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of marketing, 80(6), 146-172.
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan hasil riset penelitian

  1. 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang, masalah dan tujuan penelitian
  2. 2. Mampu menjelaskan hipotesis, teknik sampling dan Teknik analisis data
  3. 3. Mampu menjelaskan hasil pengolahan data
  4. 4. Mampu mendiskripsikan dan menjelaskan hasil penelitian dan memberikan kesimpulan
Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi proposal riset pemasaran

Materi: thematic digital marketing research
Pustaka: m. Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of marketing, 80(6), 146-172.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan hasil riset penelitian

  1. 1. Mampu mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang, masalah dan tujuan penelitian
  2. 2. Mampu menjelaskan hipotesis, teknik sampling dan Teknik analisis data
  3. 3. Mampu menjelaskan hasil pengolahan data
  4. 4. Mampu mendiskripsikan dan menjelaskan hasil penelitian dan memberikan kesimpulan
Kriteria:

Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi proposal riset pemasaran

Materi: social media in marketing research
Pustaka: n. Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2023). Social media in marketing research: Theoretical bases, methodological aspects, and thematic focus. Psychology & Marketing, 40(1), 124-145.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26.18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 51.18%
3. Penilaian Praktikum 8.34%
4. Praktik / Unjuk Kerja 13.34%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.