|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Asesemen Proses dan Hasil Belajar |
8420703019 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Gronlund, N.E. 1980. Construction Achievement Test. New Jersey: Prentice Hall Inc Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya Nitko, Anthony J. 1983. Educatioan, Test and Measurement. London. Hcourt Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo (Rajawali Press)
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wiwik Sri Utami, M.P. Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. Dian Ayu Larasati, S.Pd., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami konsep dan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar |
- Menjelaskan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar - Menjelakan tujuan asesmen - Menjelaskan fungsi asesmen dalam pembelajaran - menjelaskan klasifikasi asesmen |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami teknik asesmen |
- Menjelaskan prinsip dasar asesmen - Menjelaskan ciri-ciri asesmen - Menjelaskan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar - Menjelaskan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar |
|
Presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami teknik asesmen |
- Menjelaskan prinsip dasar asesmen - Menjelaskan ciri-ciri asesmen - Menjelaskan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar - Menjelaskan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar |
|
Presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar |
- Menjelaskan pengertian tes - Menjelaskan fungsi tes - Menjelaskan pengamatan - Menjelaskan wawancara - Menjelaskan angket - Menjelaskan pemeriksaan dokumen - Menjelaskan penilaian portofolio - Penilaian produk - Penialaian sikap - Penialaian ketrampilan - Penilaian proyek - Penilaian diri |
|
Diskusi, tugas, latihan, mencari sumber pustaka dan referensi lain 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar |
- Menjelaskan pengertian tes - Menjelaskan fungsi tes - Menjelaskan pengamatan - Menjelaskan wawancara - Menjelaskan angket - Menjelaskan pemeriksaan dokumen - Menjelaskan penilaian portofolio - Penilaian produk - Penialaian sikap - Penialaian ketrampilan - Penilaian proyek - Penilaian diri |
|
Diskusi, tugas, latihan, mencari sumber pustaka dan referensi lain 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar |
- Menjelaskan ciri-ciri tes yang baik - Menjelaskan bentuk tes hasil belajar dan penyusunannya - Menjelaskan teknik pelaksanaan tes hasil belajar |
|
Diskusi, latihan dan tugas 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar |
- Menjelaskan ciri-ciri tes yang baik - Menjelaskan bentuk tes hasil belajar dan penyusunannya - Menjelaskan teknik pelaksanaan tes hasil belajar |
|
Diskusi, latihan dan tugas 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
|
UTS 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami uji validitas item tes hasil belajar |
- Menjelaskan teknik pengujian validitas tes hasil belajar - Menjelaskan pengujian tes secara rasional - Menjelaskan pengujian tes secara empiris - Menjelaskan pengujian tes secara rasional - Menjelaskan pengertian item hasil belajar - Menjelaskan teknik pengujian validitas item tes hasil belajar |
|
Diskusi, tugas dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami uji reliabilitas tes hasil belajar |
- Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes belajar uraian - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes belajar obyektif - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan single test-single trial - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan test-test - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan alternatif form |
|
Diskusi, tugas dan latihan 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menjelaskan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar |
- Menjelaskan Teknik pemeriksaan hasil tes hasil belajar - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes pembuatan - menjelaskan pemberian skor pada tes uraian - menjelaskan pemberian skor pada tes objekt - menjelaskan teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nila. - menjelaskan perbedaan antara skor dan nilai - menjelaskan pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score) |
|
Prinsip-Prinsip Pemberian Skor dan Pengolahan Tes Hasil Belajar 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menjelaskan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar |
- Menjelaskan Teknik pemeriksaan hasil tes hasil belajar - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes pembuatan - menjelaskan pemberian skor pada tes uraian - menjelaskan pemberian skor pada tes objekt - menjelaskan teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nila. - menjelaskan perbedaan antara skor dan nilai - menjelaskan pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score) |
|
Prinsip-Prinsip Pemberian Skor dan Pengolahan Tes Hasil Belajar 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menjelaskan teknk analisis item tes hasil belajar |
- menjelaskan teknik derajat kesukaran item - menjelaskan teknik analisis daya pembeda - menjelaskan teknik analisis fungsi distraktor |
|
Diskusi, latihan dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir, KKM, penyusunan ranking dan pemuatan profil prestasi belajar |
- menjelaskan pengertian nilai akhir - menjelaskan fungsi nilai akhir - menjelaskan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir - menjelaskan teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking). - Menejlaskan pengertian rankin Jenis dan prosedur penyusunan rankin - Menjelaskan teknik pembuatan profil prestasi belajar - Menjelaskan pengertian profil prestasi belajar - Menjelaskan bentuk- bentuk profil prestasi belajar - Menjelaskan kegunaan profil prestasi belajar |
|
Membuat peta konsep tentang asesmen secara keseluruhan 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir, KKM, penyusunan ranking dan pemuatan profil prestasi belajar |
- menjelaskan pengertian nilai akhir - menjelaskan fungsi nilai akhir - menjelaskan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir - menjelaskan teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking). - Menejlaskan pengertian rankin Jenis dan prosedur penyusunan rankin - Menjelaskan teknik pembuatan profil prestasi belajar - Menjelaskan pengertian profil prestasi belajar - Menjelaskan bentuk- bentuk profil prestasi belajar - Menjelaskan kegunaan profil prestasi belajar |
|
Membuat peta konsep tentang asesmen secara keseluruhan 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir, KKM, penyusunan ranking dan pemuatan profil prestasi belajar |
- menjelaskan pengertian nilai akhir - menjelaskan fungsi nilai akhir - menjelaskan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir - menjelaskan teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking). - Menejlaskan pengertian rankin Jenis dan prosedur penyusunan rankin - Menjelaskan teknik pembuatan profil prestasi belajar - Menjelaskan pengertian profil prestasi belajar - Menjelaskan bentuk- bentuk profil prestasi belajar - Menjelaskan kegunaan profil prestasi belajar |
|
Membuat peta konsep tentang asesmen secara keseluruhan 3 X 50 |
|
|
0% |