Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Asesemen Proses dan Hasil Belajar

8420703019

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi

Pustaka

Utama :

  1. Gronlund, N.E. 1980. Construction Achievement Test. New Jersey: Prentice Hall Inc

    Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya

    Nitko, Anthony J. 1983. Educatioan, Test and Measurement. London. Hcourt

    Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo (Rajawali Press)

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wiwik Sri Utami, M.P.

Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T.

Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Dian Ayu Larasati, S.Pd., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami konsep dan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar

- Menjelaskan pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar - Menjelakan tujuan asesmen - Menjelaskan fungsi asesmen dalam pembelajaran - menjelaskan klasifikasi asesmen

Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami teknik asesmen

- Menjelaskan prinsip dasar asesmen - Menjelaskan ciri-ciri asesmen - Menjelaskan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar - Menjelaskan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar

Presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami teknik asesmen

- Menjelaskan prinsip dasar asesmen - Menjelaskan ciri-ciri asesmen - Menjelaskan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai obyek asesmen hasil belajar - Menjelaskan teknik-teknik dalam evaluasi hasil belajar

Presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar

- Menjelaskan pengertian tes - Menjelaskan fungsi tes - Menjelaskan pengamatan - Menjelaskan wawancara - Menjelaskan angket - Menjelaskan pemeriksaan dokumen - Menjelaskan penilaian portofolio - Penilaian produk - Penialaian sikap - Penialaian ketrampilan - Penilaian proyek - Penilaian diri

Diskusi, tugas, latihan, mencari sumber pustaka dan referensi lain
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar

- Menjelaskan pengertian tes - Menjelaskan fungsi tes - Menjelaskan pengamatan - Menjelaskan wawancara - Menjelaskan angket - Menjelaskan pemeriksaan dokumen - Menjelaskan penilaian portofolio - Penilaian produk - Penialaian sikap - Penialaian ketrampilan - Penilaian proyek - Penilaian diri

Diskusi, tugas, latihan, mencari sumber pustaka dan referensi lain
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar

- Menjelaskan ciri-ciri tes yang baik - Menjelaskan bentuk tes hasil belajar dan penyusunannya - Menjelaskan teknik pelaksanaan tes hasil belajar

Diskusi, latihan dan tugas
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar

- Menjelaskan ciri-ciri tes yang baik - Menjelaskan bentuk tes hasil belajar dan penyusunannya - Menjelaskan teknik pelaksanaan tes hasil belajar

Diskusi, latihan dan tugas
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

UTS
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami uji validitas item tes hasil belajar

- Menjelaskan teknik pengujian validitas tes hasil belajar - Menjelaskan pengujian tes secara rasional - Menjelaskan pengujian tes secara empiris - Menjelaskan pengujian tes secara rasional - Menjelaskan pengertian item hasil belajar - Menjelaskan teknik pengujian validitas item tes hasil belajar

Diskusi, tugas dan latihan
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami uji reliabilitas tes hasil belajar

- Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes belajar uraian - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes belajar obyektif - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan single test-single trial - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan test-test - Menjelaskan teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar dengan pendekatan alternatif form

Diskusi, tugas dan latihan
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu menjelaskan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar

- Menjelaskan Teknik pemeriksaan hasil tes hasil belajar - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes pembuatan - menjelaskan pemberian skor pada tes uraian - menjelaskan pemberian skor pada tes objekt - menjelaskan teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nila. - menjelaskan perbedaan antara skor dan nilai - menjelaskan pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score)

Prinsip-Prinsip Pemberian Skor dan Pengolahan Tes Hasil Belajar
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu menjelaskan pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar

- Menjelaskan Teknik pemeriksaan hasil tes hasil belajar - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan. - Menjelaskan teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes pembuatan - menjelaskan pemberian skor pada tes uraian - menjelaskan pemberian skor pada tes objekt - menjelaskan teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nila. - menjelaskan perbedaan antara skor dan nilai - menjelaskan pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score)

Prinsip-Prinsip Pemberian Skor dan Pengolahan Tes Hasil Belajar
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu menjelaskan teknk analisis item tes hasil belajar

- menjelaskan teknik derajat kesukaran item - menjelaskan teknik analisis daya pembeda - menjelaskan teknik analisis fungsi distraktor

Diskusi, latihan dan refleksi
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir, KKM, penyusunan ranking dan pemuatan profil prestasi belajar

- menjelaskan pengertian nilai akhir - menjelaskan fungsi nilai akhir - menjelaskan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir - menjelaskan teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking). - Menejlaskan pengertian rankin Jenis dan prosedur penyusunan rankin - Menjelaskan teknik pembuatan profil prestasi belajar - Menjelaskan pengertian profil prestasi belajar - Menjelaskan bentuk- bentuk profil prestasi belajar - Menjelaskan kegunaan profil prestasi belajar

Membuat peta konsep tentang asesmen secara keseluruhan
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir, KKM, penyusunan ranking dan pemuatan profil prestasi belajar

- menjelaskan pengertian nilai akhir - menjelaskan fungsi nilai akhir - menjelaskan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir - menjelaskan teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking). - Menejlaskan pengertian rankin Jenis dan prosedur penyusunan rankin - Menjelaskan teknik pembuatan profil prestasi belajar - Menjelaskan pengertian profil prestasi belajar - Menjelaskan bentuk- bentuk profil prestasi belajar - Menjelaskan kegunaan profil prestasi belajar

Membuat peta konsep tentang asesmen secara keseluruhan
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mampu menjelaskan teknik menentukan nilai akhir, KKM, penyusunan ranking dan pemuatan profil prestasi belajar

- menjelaskan pengertian nilai akhir - menjelaskan fungsi nilai akhir - menjelaskan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir - menjelaskan teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking). - Menejlaskan pengertian rankin Jenis dan prosedur penyusunan rankin - Menjelaskan teknik pembuatan profil prestasi belajar - Menjelaskan pengertian profil prestasi belajar - Menjelaskan bentuk- bentuk profil prestasi belajar - Menjelaskan kegunaan profil prestasi belajar

Membuat peta konsep tentang asesmen secara keseluruhan
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.