Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Linguistik Komputasi

7920102206

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agusniar Dian Savitri; Dr. Dianita Indrawati, M.Hum.; Dadang Rhubido, M.Hum.




Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat

Program Objectives (PO)

PO - 1

• Mampu mengkaji, mengembangkan, mengaplikasikan, dan memanfaatkan linguistik dalam upaya menyelesaikan berbagai masalah kebahasaan dalam bidang kesehatan, kebudayaan, sosial, hukum, atau politik;

PO - 2

• Mampu mengkaji, mengaplikasikan, dan memanfaatkan linguistik dan kebahasaan untuk kepentingan penelitian dalam memecahkan berbagai masalah kebahasaan dalam bidang kesehatan, kebudayaan, sosial, hukum, atau politik;

PO - 3

• Mampu menerapkan dan memanfaatkan teori-teori kebahasaan dalam memecahkan berbagai masalah kebahasaan dalam bidang kesehatan, kebudayaan, sosial, hukum, atau politik di lingkungan pihak pengguna.

PO - 4

• Mahasiswa mampu memanfaatkan linguistik untuk melakukan penelitian dasar di berbagai tataran linguistik.

PO - 5

• Mahasiswa mampu mengklasifikasi data kebahasaan secara tepat sesuai dengan tataran penelitian yang dilakukannya.

PO - 6

• Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian linguistik dan bahasa hubungan antara linguistik dan bahasa bahasa sebagai sesuatu yang sistemis dan sistematis serta linguistik mikro dan linguistik makro.

PO - 7

• Mahasiswa mampu mencurahkan perhatian dan menyimak penjelas tentang bentuk-bentuk kajian dalam berbagai tataran linguistik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Linguistik terapan memberikan pengenalan dasar tentang linguistik komputasi, termasuk konsep-konsep utama dalam linguistik, seperti fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang bahasa sebagai objek kajian linguistik komputasi dan bagaimana bahasa digunakan dalam komunikasi manusia, serta tataran-tataran yang terkandung di dalamnya. Mata kuliah ini juga akan mengenalkan metode analisis dalam linguistik komputasi.

Pustaka

Utama :

  1. Mark Aronof dan Janie Rees-Miller. 2003. The Handbook of Linguistics. Blackwell Publishing.
  2. Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press.
  3. Adrian Akmajian, Richard A. Demers, Ann K. Farmer, Robert M. Harnish. 2010. LINGUISTICS An Introduction to Language and Communication. The MIT Press.
  4. Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga.
  5. Dadang Suganda dan Riki Nasrullah. 2022. Filsafat Makna: Menguak Hal Ihwal Makna dan Pemaknaan. Unpad Press.
  6. De Lacy, Paul. 2016. The Cambridge Handbook of Phonology. Cambridge University Press
  7. Andrew Spencer, Arnold M. Zwicky. 2017. The Handbook of Morphology. John Wiley & Sons, Inc.
  8. Charles Boberg, John Nerbonne, Dominic Watt. 2017. The Handbook of Dialectology. John Wiley & Sons, Inc.
  9. Greig I. de Zubicaray, Niels O. Schiller. 2019. The Oxford Handbook of Neurolinguistics Get access Arrow. Oxford Academic

Pendukung :

Dosen Pengampu

Arie Yuanita, S.S., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami dan menjelaskan konsep linguistik sebagai sebuah ilmu dan Sejarah perkembangan linguistik

Ketepatan memahami konsep tentang linguistik sebagai sebuah ilmu dan sejarah perkembangan linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan ketepatan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
2x50
Ceramah dan discuss
2x50
Materi: Pengantar Linguistik
Pustaka: Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press.

Materi: Bidang-Bidang Linguistik
Pustaka: Mark Aronof dan Janie Rees-Miller. 2003. The Handbook of Linguistics. Blackwell Publishing.

Materi: Sejarah Perkembangan Linguistik
Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami dan menjelaskan dasar-dasar fonologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep tentang linguistik sebagai sebuah ilmu dan sejarah perkembangan linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: Definisi fonologi dan kaitannya dengan linguistik; Cakupan kajian fonologi; dan Objek dan kajian dalam fonologi
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dasar-dasar morfologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep morfologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: Definisi morfologi dan kaitannya dengan linguistik; Cakupan kajian morfologi; dan Objek dan kajian dalam morfomologi
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar sintaksis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep morfologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi sintaksis dan kaitannya dengan linguistik - Cakupan kajian sintaksis - Objek dan kajian dalam sintaksis
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar semantik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep semantik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi semantik dan kaitannya dengan linguistik - Cakupan kajian semantik - Objek dan kajian dalam semantik
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar analisis wacana dan pragmatik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal analisis wacana dan pragmatik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi analisis wacana dan pragmatik serta kaitannya dengan linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian analisis wacana dan pragmatic - Objek dan kajian dalam analisis wacana dan pragmatik
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar linguistik terapan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik terapan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi linguistik terapan dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian linguistik terapan - Objek dan kajian dalam linguistik terapan
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semestar

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
2x50
Tes Tulis
2x50
Materi: UTS
Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga.

Materi: UTS
Pustaka: Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar linguistik pendidikan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik pendidikan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi linguistik pendidikan dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian linguistik pendidikan - Objek dan kajian dalam linguistik pendidikan
Pustaka:
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar linguistik klinis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik klinis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik klinis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusiv
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi linguistik klinisdan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian linguistik klinis - Objek dan kajian dalam linguistik klinis
Pustaka: Greig I. de Zubicaray, Niels O. Schiller. 2019. The Oxford Handbook of Neurolinguistics Get access Arrow. Oxford Academic
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar dialektologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal dialektologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi dialektologi dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian dialektologi - Objek dan kajian dalam dialektologi
Pustaka: Charles Boberg, John Nerbonne, Dominic Watt. 2017. The Handbook of Dialectology. John Wiley & Sons, Inc.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar Psikolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal psikolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi psikolinguistik dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian psikolinguistik - Objek dan kajian dalam psikolinguistik
Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar sosiolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal sosiolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi sosiolinguistik dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian sosiolinguistik - Objek dan kajian dalam sosiolinguistik
Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga.
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar Perencanaan dan Kebijakan Bahasa sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal Perencanaan dan Kebijakan Bahasa sebagai subkajian dalam ilmu linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi Perencanaan dan Kebijakan Bahasa serta kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian Perencanaan dan Kebijakan Bahasa - Objek dan kajian dalam Perencanaan dan Kebijakan Bahasa
Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Metode Penelitian Linguistik

Ketepatan memahami konsep ihwal Metode Penelitian Linguistik

Kriteria:

Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: - Definisi metode dan Teknik dalam penelitian linguistik - Objek dalam penelitian linguistik - Analisis dalam penelitian linguistik
Pustaka: Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
2x50
Tes Tulis
2x50
Materi: UAS
Pustaka: Dadang Suganda dan Riki Nasrullah. 2022. Filsafat Makna: Menguak Hal Ihwal Makna dan Pemaknaan. Unpad Press.

Materi: UAS
Pustaka: Adrian Akmajian, Richard A. Demers, Ann K. Farmer, Robert M. Harnish. 2010. LINGUISTICS An Introduction to Language and Communication. The MIT Press.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Penilaian Portofolio 10%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.