|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Linguistik Komputasi |
7920102206 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agusniar Dian Savitri; Dr. Dianita Indrawati, M.Hum.; Dadang Rhubido, M.Hum.
|
Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
• Mampu mengkaji, mengembangkan, mengaplikasikan, dan memanfaatkan linguistik dalam upaya menyelesaikan berbagai masalah kebahasaan dalam bidang kesehatan, kebudayaan, sosial, hukum, atau politik;
|
PO - 2 |
• Mampu mengkaji, mengaplikasikan, dan memanfaatkan linguistik dan kebahasaan untuk kepentingan penelitian dalam memecahkan berbagai masalah kebahasaan dalam bidang kesehatan, kebudayaan, sosial, hukum, atau politik;
|
PO - 3 |
• Mampu menerapkan dan memanfaatkan teori-teori kebahasaan dalam memecahkan berbagai masalah kebahasaan dalam bidang kesehatan, kebudayaan, sosial, hukum, atau politik di lingkungan pihak pengguna.
|
PO - 4 |
• Mahasiswa mampu memanfaatkan linguistik untuk melakukan penelitian dasar di berbagai tataran linguistik.
|
PO - 5 |
• Mahasiswa mampu mengklasifikasi data kebahasaan secara tepat sesuai dengan tataran penelitian yang dilakukannya.
|
PO - 6 |
• Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian linguistik dan bahasa hubungan antara linguistik dan bahasa bahasa sebagai sesuatu yang sistemis dan sistematis serta linguistik mikro dan linguistik makro.
|
PO - 7 |
• Mahasiswa mampu mencurahkan perhatian dan menyimak penjelas tentang bentuk-bentuk kajian dalam berbagai tataran linguistik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Linguistik terapan memberikan pengenalan dasar tentang linguistik komputasi, termasuk konsep-konsep utama dalam linguistik, seperti fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang bahasa sebagai objek kajian linguistik komputasi dan bagaimana bahasa digunakan dalam komunikasi manusia, serta tataran-tataran yang terkandung di dalamnya. Mata kuliah ini juga akan mengenalkan metode analisis dalam linguistik komputasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mark Aronof dan Janie Rees-Miller. 2003. The Handbook of Linguistics. Blackwell Publishing.
- Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press.
- Adrian Akmajian, Richard A. Demers, Ann K. Farmer, Robert M. Harnish. 2010. LINGUISTICS An Introduction to Language and Communication. The MIT Press.
- Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga.
- Dadang Suganda dan Riki Nasrullah. 2022. Filsafat Makna: Menguak Hal Ihwal Makna dan Pemaknaan. Unpad Press.
- De Lacy, Paul. 2016. The Cambridge Handbook of Phonology. Cambridge University Press
- Andrew Spencer, Arnold M. Zwicky. 2017. The Handbook of Morphology. John Wiley & Sons, Inc.
- Charles Boberg, John Nerbonne, Dominic Watt. 2017. The Handbook of Dialectology. John Wiley & Sons, Inc.
- Greig I. de Zubicaray, Niels O. Schiller. 2019. The Oxford Handbook of Neurolinguistics Get access Arrow. Oxford Academic
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Arie Yuanita, S.S., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep linguistik sebagai sebuah ilmu dan Sejarah perkembangan linguistik |
Ketepatan memahami konsep tentang linguistik sebagai sebuah ilmu dan sejarah perkembangan linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan ketepatan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 2x50 |
Ceramah dan discuss 2x50 |
Materi: Pengantar Linguistik Pustaka: Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press. Materi: Bidang-Bidang Linguistik Pustaka: Mark Aronof dan Janie Rees-Miller. 2003. The Handbook of Linguistics. Blackwell Publishing. Materi: Sejarah Perkembangan Linguistik Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami dan menjelaskan dasar-dasar fonologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep tentang linguistik sebagai sebuah ilmu dan sejarah perkembangan linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: Definisi fonologi dan kaitannya dengan linguistik; Cakupan kajian fonologi; dan Objek dan kajian dalam fonologi Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dasar-dasar morfologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep morfologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: Definisi morfologi dan kaitannya dengan linguistik; Cakupan kajian morfologi; dan Objek dan kajian dalam morfomologi Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar sintaksis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep morfologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi sintaksis dan kaitannya dengan linguistik - Cakupan kajian sintaksis - Objek dan kajian dalam sintaksis Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar semantik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep semantik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi semantik dan kaitannya dengan linguistik - Cakupan kajian semantik - Objek dan kajian dalam semantik Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar analisis wacana dan pragmatik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal analisis wacana dan pragmatik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi analisis wacana dan pragmatik serta kaitannya dengan linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian analisis wacana dan pragmatic - Objek dan kajian dalam analisis wacana dan pragmatik Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar linguistik terapan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik terapan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi linguistik terapan dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian linguistik terapan - Objek dan kajian dalam linguistik terapan Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semestar |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 2x50 |
Tes Tulis 2x50 |
Materi: UTS Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga. Materi: UTS Pustaka: Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar linguistik pendidikan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik pendidikan sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi linguistik pendidikan dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian linguistik pendidikan - Objek dan kajian dalam linguistik pendidikan Pustaka: |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar linguistik klinis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik klinis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Ketepatan memahami konsep ihwal linguistik klinis sebagai subkajian dalam ilmu linguistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusiv 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi linguistik klinisdan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian linguistik klinis - Objek dan kajian dalam linguistik klinis Pustaka: Greig I. de Zubicaray, Niels O. Schiller. 2019. The Oxford Handbook of Neurolinguistics Get access Arrow. Oxford Academic |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar dialektologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal dialektologi sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi dialektologi dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian dialektologi - Objek dan kajian dalam dialektologi Pustaka: Charles Boberg, John Nerbonne, Dominic Watt. 2017. The Handbook of Dialectology. John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar Psikolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal psikolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi psikolinguistik dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian psikolinguistik - Objek dan kajian dalam psikolinguistik Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar sosiolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal sosiolinguistik sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi sosiolinguistik dan kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian sosiolinguistik - Objek dan kajian dalam sosiolinguistik Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis dasar-dasar Perencanaan dan Kebijakan Bahasa sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal Perencanaan dan Kebijakan Bahasa sebagai subkajian dalam ilmu linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi Perencanaan dan Kebijakan Bahasa serta kaitannya dengan ilmu linguistik secara keseluruhan - Cakupan kajian Perencanaan dan Kebijakan Bahasa - Objek dan kajian dalam Perencanaan dan Kebijakan Bahasa Pustaka: Alek. 2018. Linguistik Umum. Penerbit Erlangga. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Metode Penelitian Linguistik |
Ketepatan memahami konsep ihwal Metode Penelitian Linguistik |
Kriteria:
Penguasaan dan Ketepatan konsep dan penerapannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: - Definisi metode dan Teknik dalam penelitian linguistik - Objek dalam penelitian linguistik - Analisis dalam penelitian linguistik Pustaka: Ralph W. Fasold dan Jeff Connor-Linton. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. Cambridge University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 2x50 |
Tes Tulis 2x50 |
Materi: UAS Pustaka: Dadang Suganda dan Riki Nasrullah. 2022. Filsafat Makna: Menguak Hal Ihwal Makna dan Pemaknaan. Unpad Press. Materi: UAS Pustaka: Adrian Akmajian, Richard A. Demers, Ann K. Farmer, Robert M. Harnish. 2010. LINGUISTICS An Introduction to Language and Communication. The MIT Press. |
5% |