
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran BIPA |
7920102199 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.; Dadang Rhubido, M.Hum.
|
Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Utilizing science and technology as a medium for solving problems and communicating ideas through appropriate Indonesian sentence structure
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membekali mahasiswa menguasai berbagai strategi pembelajaran BIPA. Topik bahasannya konsep dasar pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran, ragam strategi pembelajaran, problema penggunaan strategi pembelajaran dan pemecahannya, ragam teknik dan strategi penilaian pembelajaran BIPA |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
- 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2.
- 2. Brown, H.D. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedubes USA (Person Education Inc.) pen: Noor Cholis & Yusi A. Pareanom. CLS. 2012. (Online)
- 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah.
- 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah
|
Pendukung : |
|
- 5. Adi Suryanti, Aiwa, dan Eko Wahyuni Rahayu. 2019. “Upaya Laboratorium Remo Surabaya (Lrs) Dalam Mempertahankan Eksistensi Tari Remo.” APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan 2(12).
- 6. Arwansyah, Yanuar Bagas, Sarwiji Suwandi, and Sahid Teguh Widodo. 2016. “Revitalisasi Peran Budaya Lokal Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA).” Prosiding (1):915–20.
- 7. Astika, Gusti. Penelitian Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing: LatarBelakang, Landasan Teoritis Dan Prosedur Pengumpulan Data. Salatiga.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kontrak perkuliahan dan menjelaskan hakikat pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing |
Menjelaskan hakikatm Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing |
Kriteria:
Aspek penilaian: 1) Aspek kognitif: penjelasan tentang strategi pembelajaran BIPA dan ruang lingkupnya. 2) Aspek keterampilan: Penguasaan dan penerapan terhadap strategi pembelajaran BIPA 3) Sikap dan perilaku: percaya diri, bertanggung jawab, mandiri, dan kreatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya Jawab Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan hakikatm Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2. |
8% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan standardisasi BIPA |
Dapat menjelaskan standardisasi BIPA Dapat membedakan standardisasi BIPA antara CEFR dan PPSDK. |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flipped Classroom Learning. Mahasiswa mempelajari dan membandingkan standardisasi BIPA antara dari CEFR dan PPSDK melalui tugas terstruktur. 2 X 50 |
|
Materi: 2. Pemahaman lintas budaya Pustaka: 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah. Materi: Dapat menjelaskan standardisasi BIPA Dapat membedakan standardisasi BIPA antara CEFR dan PPSDK. Pustaka: 2. Brown, H.D. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedubes USA (Person Education Inc.) pen: Noor Cholis & Yusi A. Pareanom. CLS. 2012. (Online) |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan indikator/capaian pembelajaran bagi pemelajar BIPA |
Dapat menjelaskan SKL dalam Pembelajaran BIPA versi terbaru Dapat mengelompokan SKL BIPA berdasarkan kompetensi/aspek keterampilannya |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa memfokuskan pada penjabaran SKL BIPA dari Kemendikbud. Mahasiswa mendiskusikan topik yang diberikan dosen secara daring serta mengerjakan tugastugas yang kemudian mengunggahnya 2 X 50 |
|
Materi: Dapat menjelaskan SKL dalam Pembelajaran BIPA versi terbaru Dapat mengelompokan SKL BIPA berdasarkan kompetensi/aspek keterampilannya Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi karakteristik kelas dan Pemelajar BIPA |
Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN) |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
2 X 50 |
|
Materi: 6. Karakteristik kelas dan pemelajar bipa Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah Materi: Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN) Pustaka: 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengidentifikasi karakteristik kelas dan Pemelajar BIPA |
Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN) |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Modelling Inkuiri Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: 6. Karakteristik kelas dan pemelajar bipa Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah Materi: Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN) Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan pendekatan berbasis teks dalam pembelajaran BIPA secara integratif dari empat aspek |
Menjelaskan dan merincikan pendekatan pendekatan berbasis teks dalam pembelajaran BIPA. |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya jawab Inkuiri 2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan dan merincikan pendekatan pendekatan berbasis teks dalam pembelajaran BIPA. Pustaka: 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan metodologi Pembelajaran BIPA sesuai dengan standardisasi kurikulum |
Menyebutkan macam-macam metode dalam pembelajaran BIPA |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa menyaksikan video tentang pembelajaran BIPA di luar negeri – Australia- kemudian berdiskusi secara daring mengenai metode dalam pembelajaran BIPA serta mengerjakann tugas 2 X 50 |
|
Materi: Menyebutkan macam-macam metode dalam pembelajaran BIPA Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Penilaian dalam pembelajaran BIPA untuk empat aspek beserta instrumen penilaiannya |
Menjelaskan penilaian dalam pembelajaran BIPA Aspek penilaian pembelajaran BIPA |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya jawab Diskusi Kelompok 2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan penilaian dalam pembelajaran BIPA Aspek penilaian pembelajaran BIPA Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA |
Menyebutkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri |
Kriteria:
Menyebutkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flipped Classroom Learning. Mahasiswa mempelajari konsep dan mengerjakan soal latihan tentang problem-problem pembelajaran BIPA yang dijumpai di dalam maupun di luar negeri 2 X 50 |
|
Materi: Menyebutkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA |
Mengidentifikasi problem-problem pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri |
Kriteria:
Mengidentifikasi problem-problem pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA 2 X 50 |
|
Materi: Mengidentifikasi problem-problem pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Solusi pemecahan terhadap problemproblem pembelajaran BIPA |
Menemukan solusi terkait permasalahan dalam pembelajaran BIPA |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kelompok belajar untuk memecahkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA, di dalam dan luar negeri. - Inkuir 2 X 50 |
|
Materi: Menemukan solusi terkait permasalahan dalam pembelajaran BIPA Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Solusi pemecahan terhadap problemproblem pembelajaran BIPA |
Menemukan solusi terkait permasalahan dalam pembelajaran BIPA Menjelaskan inovasi-inovasi solusi lain yang dapat dikembangkan dari kemungkinan adanya problemproblem lain yang ditemukan. |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kelompok belajar untuk memecahkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA, di dalam dan luar negeri. - Inkuir 2 X 50 |
|
Materi: Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif (sit in class di kelas BIPA) |
Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa berdiskusi secara daring berdasarkan hasil pengamatan terhadap contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang realistis 2 X 50 |
|
Materi: Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Contoh desain strategi pembelajaran BIPA dari level, aspek, metode, dan penilaian |
Mempraktikkan strategi pembelajaran BIPA dalam forum kecil di kelas |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengalaman Belajar Kontruktivisme Inkuiri 2 X 50 |
|
Materi: Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Contoh desain strategi pembelajaran BIPA dari level, aspek, metode, dan penilaian |
Mempraktikkan strategi pembelajaran BIPA dalam forum kecil di kelas |
Kriteria:
Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengalaman Belajar Kontruktivisme Inkuiri 2 X 50 |
|
Materi: Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press. |
5% |