Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pembelajaran BIPA

7920102199

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.; Dadang Rhubido, M.Hum.




Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Utilizing science and technology as a medium for solving problems and communicating ideas through appropriate Indonesian sentence structure

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-9
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membekali mahasiswa menguasai berbagai strategi pembelajaran BIPA. Topik bahasannya konsep dasar pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran, ragam strategi pembelajaran, problema penggunaan strategi pembelajaran dan pemecahannya, ragam teknik dan strategi penilaian pembelajaran BIPA

Pustaka

Utama :

  1. Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
  2. 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2.
  3. 2. Brown, H.D. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedubes USA (Person Education Inc.) pen: Noor Cholis & Yusi A. Pareanom. CLS. 2012. (Online)
  4. 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah.
  5. 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah

Pendukung :

  1. 5. Adi Suryanti, Aiwa, dan Eko Wahyuni Rahayu. 2019. “Upaya Laboratorium Remo Surabaya (Lrs) Dalam Mempertahankan Eksistensi Tari Remo.” APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan 2(12).
  2. 6. Arwansyah, Yanuar Bagas, Sarwiji Suwandi, and Sahid Teguh Widodo. 2016. “Revitalisasi Peran Budaya Lokal Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA).” Prosiding (1):915–20.
  3. 7. Astika, Gusti. Penelitian Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing: LatarBelakang, Landasan Teoritis Dan Prosedur Pengumpulan Data. Salatiga.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak perkuliahan dan menjelaskan hakikat pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Menjelaskan hakikatm Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing

Kriteria:

Aspek penilaian: 1) Aspek kognitif: penjelasan tentang strategi pembelajaran BIPA dan ruang lingkupnya. 2) Aspek keterampilan: Penguasaan dan penerapan terhadap strategi pembelajaran BIPA 3) Sikap dan perilaku: percaya diri, bertanggung jawab, mandiri, dan kreatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya Jawab Diskusi
2 X 50

Materi: Menjelaskan hakikatm Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing
Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2.
8%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan standardisasi BIPA

Dapat menjelaskan standardisasi BIPA Dapat membedakan standardisasi BIPA antara CEFR dan PPSDK.

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flipped Classroom Learning. Mahasiswa mempelajari dan membandingkan standardisasi BIPA antara dari CEFR dan PPSDK melalui tugas terstruktur.
2 X 50

Materi: 2. Pemahaman lintas budaya
Pustaka: 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah.

Materi: Dapat menjelaskan standardisasi BIPA Dapat membedakan standardisasi BIPA antara CEFR dan PPSDK.
Pustaka: 2. Brown, H.D. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedubes USA (Person Education Inc.) pen: Noor Cholis & Yusi A. Pareanom. CLS. 2012. (Online)
7%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan indikator/capaian pembelajaran bagi pemelajar BIPA

Dapat menjelaskan SKL dalam Pembelajaran BIPA versi terbaru Dapat mengelompokan SKL BIPA berdasarkan kompetensi/aspek keterampilannya

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa memfokuskan pada penjabaran SKL BIPA dari Kemendikbud. Mahasiswa mendiskusikan topik yang diberikan dosen secara daring serta mengerjakan tugastugas yang kemudian mengunggahnya
2 X 50

Materi: Dapat menjelaskan SKL dalam Pembelajaran BIPA versi terbaru Dapat mengelompokan SKL BIPA berdasarkan kompetensi/aspek keterampilannya
Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah
5%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi karakteristik kelas dan Pemelajar BIPA

Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN)

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

2 X 50

Materi: 6. Karakteristik kelas dan pemelajar bipa
Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah

Materi: Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN)
Pustaka: 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah.
5%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi karakteristik kelas dan Pemelajar BIPA

Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN)

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Modelling Inkuiri Tanya jawab
2 X 50

Materi: 6. Karakteristik kelas dan pemelajar bipa
Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah

Materi: Mengidentifikasi dan Membedakan karakteristik kelas dan pemelajar BIPA (di Dalam Negeri dan LN)
Pustaka: 4. Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: CV. Grafika Indah
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan pendekatan berbasis teks dalam pembelajaran BIPA secara integratif dari empat aspek

Menjelaskan dan merincikan pendekatan pendekatan berbasis teks dalam pembelajaran BIPA.

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya jawab Inkuiri
2 X 50

Materi: Menjelaskan dan merincikan pendekatan pendekatan berbasis teks dalam pembelajaran BIPA.
Pustaka: 3. Suyitno, I. 2004. Pengetahuan Dasar BIPA: Pandangan Teoretis Belajar Bahasa. Yogyakarta: Grafika Indah.
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan metodologi Pembelajaran BIPA sesuai dengan standardisasi kurikulum

Menyebutkan macam-macam metode dalam pembelajaran BIPA

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mahasiswa menyaksikan video tentang pembelajaran BIPA di luar negeri – Australia- kemudian berdiskusi secara daring mengenai metode dalam pembelajaran BIPA serta mengerjakann tugas
2 X 50

Materi: Menyebutkan macam-macam metode dalam pembelajaran BIPA
Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2.
20%

9

Minggu ke 9

Penilaian dalam pembelajaran BIPA untuk empat aspek beserta instrumen penilaiannya

Menjelaskan penilaian dalam pembelajaran BIPA Aspek penilaian pembelajaran BIPA

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya jawab Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: Menjelaskan penilaian dalam pembelajaran BIPA Aspek penilaian pembelajaran BIPA
Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA

Menyebutkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri

Kriteria:

Menyebutkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flipped Classroom Learning. Mahasiswa mempelajari konsep dan mengerjakan soal latihan tentang problem-problem pembelajaran BIPA yang dijumpai di dalam maupun di luar negeri
2 X 50

Materi: Menyebutkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri
Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA

Mengidentifikasi problem-problem pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri

Kriteria:

Mengidentifikasi problem-problem pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengidentifikasi problematika pembelajaran BIPA
2 X 50

Materi: Mengidentifikasi problem-problem pembelajaran BIPA di dalam dan luar negeri
Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Solusi pemecahan terhadap problemproblem pembelajaran BIPA

Menemukan solusi terkait permasalahan dalam pembelajaran BIPA

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Kelompok belajar untuk memecahkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA, di dalam dan luar negeri. - Inkuir
2 X 50

Materi: Menemukan solusi terkait permasalahan dalam pembelajaran BIPA
Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2.
5%

13

Minggu ke 13

Solusi pemecahan terhadap problemproblem pembelajaran BIPA

Menemukan solusi terkait permasalahan dalam pembelajaran BIPA Menjelaskan inovasi-inovasi solusi lain yang dapat dikembangkan dari kemungkinan adanya problemproblem lain yang ditemukan.

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kelompok belajar untuk memecahkan problem-problem dalam pembelajaran BIPA, di dalam dan luar negeri. - Inkuir
2 X 50

Materi: Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Pustaka: 1. Pangesti, Fida dan Budi, Arif. 2018. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal pendidikan bahasa, VOL7, No 2.
5%

14

Minggu ke 14

Contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif (sit in class di kelas BIPA)

Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa berdiskusi secara daring berdasarkan hasil pengamatan terhadap contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang realistis
2 X 50

Materi: Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA
Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Contoh desain strategi pembelajaran BIPA dari level, aspek, metode, dan penilaian

Mempraktikkan strategi pembelajaran BIPA dalam forum kecil di kelas

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengalaman Belajar Kontruktivisme Inkuiri
2 X 50

Materi: Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA
Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Contoh desain strategi pembelajaran BIPA dari level, aspek, metode, dan penilaian

Mempraktikkan strategi pembelajaran BIPA dalam forum kecil di kelas

Kriteria:

Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5 Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3 Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2 Menjawab tetapi salah, nilainya 1


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengalaman Belajar Kontruktivisme Inkuiri
2 X 50

Materi: Mengomentari contoh desain strategi pembelajaran BIPA yang efektif Menjelaskan keefektifan strategi pembelajaran di kelas BIPA
Pustaka: Iskandarwassid dan Dadang Sunenar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Istanti, Wati. 2015. Metode Suku Kata: Cara Praktis Belajar Membaca bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tanggal 25 April 2015 ___________. 2015. Strategi Pembelajaran BIPA di Luar Negeri. Makalah disajikan dalam SEMAR BIPA1 Tanggal 15 Oktober 2015 di Universitas Negeri Semarang. Semarang. Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media. Magnan, Sally Sieloff dan Walz, Joel. 2002. Pedagogical Norms: Devel- opment of Concept and Illustrations from Frenc Susan M, dkk (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Ben- jamins Publishing Company. Stern, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38.34%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50.84%
3. Praktik / Unjuk Kerja 1.67%
4. Tes 9.17%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.