|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filosofi Ilmu Pendidikan Dasar |
8612203625 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si
|
.......................................
|
Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dalam memahami secara meluas dan mendalam tentang hakikat ilmu pendidikan di tingkat sekolah dasar serta pendidikan dasar di perguruan tinggi berdasarkan ruang lingkup sistem pendidikan. Mahasiswa diharapkan kompeten dalam menguasai: (1) wawasan tentang filosofi ilmu pendidikan dasar, (2) konsep, model, prinsip dan prosedur pendidikan dasar, (3) filosofis dan teoritis mengenai pendidikan dasar pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan dasar dalam lingkup belajar-mengajar mikro dan makro dalam aneka pandangan filsafat pendidikan, serta (4) mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar, dan (5) mampu mengidentifikasi sistem filsafat pendidikan Indonesia dari pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, dll. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning yang dilaksanakan dalam bentuk kajian teori/konsep, penelitian dan seminar, analisis artikel jurnal mutakhir, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.
- Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty.
- Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.
- Rasyidin, et.al. 2007. Dasar Filsafat Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
- Rasyidin, et.al. 2007. Filsafat Pendidikan. Bandung: UPI Press.
- Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
- Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition.
- Knight George R. 2008. Issues and Alternatives in Educational Philosophy 4th Edition. USA : Andrews University Press.
- Zhao Guoping. 2019. Levinas and the Philosophy of Education (Educational Philosophy and Theory) 1st Edition. USA : Routledge; 1st edition (December 18, 2019).
- Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum
- Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
- Mochamad Nursalim, dkk (2024) Filsafat Ilmu, Memahami hakekat ilmu Pengetahuan dan metode Ilmiah, Nganjuk. Dewa Publishing.
- Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Educational Philosophy: Reflections On The Teacher's Personality In The Story Of The Prophet Ibrahim As In The Qur'an. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (3), 23- 36
|
Pendukung : |
|
- Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
- Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
- Rukiyati & Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. UNY Press
- Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Implications Of The Theory Of Coherence, Correspondence And Pragmatism Of Truth For Education. Education Achievement: Journal of Science and Research, 87- 95
- Nursalim, Mochamad .dkk. , 2024.Hubungan Epistemologi Dan Ontologi Terhadap Landasan Teori Bimbingan Dan Konseling. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 (3), 3391- 3395
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Heru Subrata, M.Si. Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si. Dr. Hendratno, M.Hum. Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd. Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd. Prof. Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu |
- Membuat pernyataan dan argumentasi tentang kebenaran
- Mempertanyakan keterkaitan kebenaran dengan pengetahuan
- Membuat pertanyaan dan argumentasi tentang ciri-ciri ilmu pengetahuan
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan, mempelajari materi yang ditautkan di VINESA/SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty. Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung. Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang filsafat Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu |
- Mempertanyakan ilmu dan metode ilmiah
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek ontologi ilmu pengetahuan
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek epistemologi ilmu pengetahuan
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek aksiologi pengetahuan
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty. Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung. Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu |
- Mempertanyakan ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek epistemologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek aksiologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi pada pendidikan dan pendidikan dasar 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu |
- Mempertanyakan ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek epistemologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
- Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek aksiologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi pada pendidikan dan pendidikan dasar 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar |
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab Socrates tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar filosofis terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar |
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab Socrates tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar filosofis terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition. |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar |
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab Socrates tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar filosofis terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
- Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
|
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
- Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UTS tes 2 x 50‘ |
UTS tes 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar |
- Mempertanyakan yang dididikkan dalam pendidikan dasar
- Mempertanyakan kecakapan akademis ataukah kecakapan kejuruan untuk pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab Socrates tentang Educating persons (Pring), kaitkan dengan UU Sisdiknas dan lainnya
The aim of education: liberal or
vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait Educating persons (Pring), UU Sisdiknas dan lainnya, The aim of education: liberal or vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain, buat PPT, unggah di SIDIA, diskusi di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: The aims of educationa Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum |
8% |
10
Minggu ke 10 |
Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar |
- Mempertanyakan yang dididikkan dalam pendidikan dasar
- Mempertanyakan kecakapan akademis ataukah kecakapan kejuruan untuk pendidikan dasar
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab Socrates tentang Educating persons (Pring), kaitkan dengan UU Sisdiknas dan lainnya
The aim of education: liberal or
vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait Educating persons (Pring), UU Sisdiknas dan lainnya, The aim of education: liberal or vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain, buat PPT, unggah di SIDIA, diskusi di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: The aims of education Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum Materi: Contoh yang "didikkan" Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
8% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia |
Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia: Ki Hadjar Dewantara |
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab Socrates tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, membuat PPT , mengunggah ke SIDIA, diskusi online di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia |
Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia: RA Kartini |
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab Socrates tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, membuat PPT , mengunggah ke SIDIA, diskusi online di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia |
Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia: KH Achmad Dahlan dan tokoh-tokoh lainnya |
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab Socrates tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, membuat PPT , mengunggah ke SIDIA, diskusi online di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar |
- Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar: literasi, numerasi, karakter, atau kecakapan lainnya
- Merumuskan dassolen dan dassein untuk latar belakang penelitian tesis
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya jawab Socrates tentang mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait permasalahan pendidikan dasar di Indonesia, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi online di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: contoh dassollen dan dassein Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar |
- Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar: literasi, numerasi, karakter, atau kecakapan lainnya
- Merumuskan dassolen dan dassein untuk latar belakang penelitian tesis
|
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya jawab Socrates tentang mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar 2 x 50‘ |
Menelusuri bahan ajar terkait permasalahan pendidikan dasar di Indonesia, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi online di SIDIA 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Materi: contoh dassollen dan dassein Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
8% |
16
Minggu ke 16 |
|
semua indikator CPMK |
Kriteria:
Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UAS penugasan 2 x 50‘ |
UAS penugasan 2 x 50‘ |
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: tentang pendidikan Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress. Materi: tentang aspek-aspek pendidikan Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional. Materi: tentang hakikat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. |
0% |