Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filosofi Ilmu Pendidikan Dasar

8612203625

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si




.......................................




Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dalam memahami secara meluas dan mendalam tentang hakikat ilmu pendidikan di tingkat sekolah dasar serta pendidikan dasar di perguruan tinggi berdasarkan ruang lingkup sistem pendidikan. Mahasiswa diharapkan kompeten dalam menguasai: (1) wawasan tentang filosofi ilmu pendidikan dasar, (2) konsep, model, prinsip dan prosedur pendidikan dasar, (3) filosofis dan teoritis mengenai pendidikan dasar pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan dasar dalam lingkup belajar-mengajar mikro dan makro dalam aneka pandangan filsafat pendidikan, serta (4) mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar, dan (5) mampu mengidentifikasi sistem filsafat pendidikan Indonesia dari pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, dll. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning yang dilaksanakan dalam bentuk kajian teori/konsep, penelitian dan seminar, analisis artikel jurnal mutakhir, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah.

Pustaka

Utama :

  1. Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.
  2. Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty.
  3. Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.
  4. Rasyidin, et.al. 2007. Dasar Filsafat Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
  5. Rasyidin, et.al. 2007. Filsafat Pendidikan. Bandung: UPI Press.
  6. Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
  7. Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition.
  8. Knight George R. 2008. Issues and Alternatives in Educational Philosophy 4th Edition. USA : Andrews University Press.
  9. Zhao Guoping. 2019. Levinas and the Philosophy of Education (Educational Philosophy and Theory) 1st Edition. USA : Routledge; 1st edition (December 18, 2019).
  10. Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum
  11. Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
  12. Mochamad Nursalim, dkk (2024) Filsafat Ilmu, Memahami hakekat ilmu Pengetahuan dan metode Ilmiah, Nganjuk. Dewa Publishing.
  13. Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Educational Philosophy: Reflections On The Teacher's Personality In The Story Of The Prophet Ibrahim As In The Qur'an. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (3), 23- 36

Pendukung :

  1. Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
  2. Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
  3. Rukiyati & Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. UNY Press
  4. Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Implications Of The Theory Of Coherence, Correspondence And Pragmatism Of Truth For Education. Education Achievement: Journal of Science and Research, 87- 95
  5. Nursalim, Mochamad .dkk. , 2024.Hubungan Epistemologi Dan Ontologi Terhadap Landasan Teori Bimbingan Dan Konseling. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 (3), 3391- 3395

Dosen Pengampu

Dr. Heru Subrata, M.Si.

Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd.

Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.

Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si.

Dr. Hendratno, M.Hum.

Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd.

Prof. Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu

  1. Membuat pernyataan dan argumentasi tentang kebenaran
  2. Mempertanyakan keterkaitan kebenaran dengan pengetahuan
  3. Membuat pertanyaan dan argumentasi tentang ciri-ciri ilmu pengetahuan
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan, mempelajari materi yang ditautkan di VINESA/SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty.

Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.

Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang filsafat
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
5%

2

Minggu ke 2

Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu

  1. Mempertanyakan ilmu dan metode ilmiah
  2. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek ontologi ilmu pengetahuan
  3. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek epistemologi ilmu pengetahuan
  4. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek aksiologi pengetahuan
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty.

Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.

Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
5%

3

Minggu ke 3

Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu

  1. Mempertanyakan ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
  2. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
  3. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek epistemologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
  4. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek aksiologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi pada pendidikan dan pendidikan dasar
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
7%

4

Minggu ke 4

Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu

  1. Mempertanyakan ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
  2. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek ontologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
  3. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek epistemologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
  4. Memberikan pernyataan dan argumen berkaitan dengan aspek aksiologi ilmu pendidikan dan pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tanya jawab Socrates tentang pengertian pengetahuan, kebenaran, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi pada pendidikan dan pendidikan dasar
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar ilmu pengetahuan terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
7%

5

Minggu ke 5

Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar

  1. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  2. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  3. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  4. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tanya jawab Socrates tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar filosofis terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: filsafat pendidikan
Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition.
6%

6

Minggu ke 6

Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar

  1. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  2. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  3. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  4. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tanya jawab Socrates tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar filosofis terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: filsafat pendidikan
Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition.
7%

7

Minggu ke 7

Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar

  1. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  2. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  3. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  4. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tanya jawab Socrates tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait dasar-dasar filosofis terkait pendidikan dan pendidikan dasar, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi secara daring asinkronus/sinkronus di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: filsafat pendidikan
Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition.
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
  2. Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  1. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis idealism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  2. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis realism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  3. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis perenialism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
  4. Membuat klaim dan argumentasi terkait pandangan filosofis progresivism yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UTS tes
2 x 50‘
UTS tes
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: filsafat pendidikan
Pustaka: Noddings Nel. 2015. Philosophy of Education 4th Edition. USA: Routledge; 4th edition.
5%

9

Minggu ke 9

Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar

  1. Mempertanyakan yang dididikkan dalam pendidikan dasar
  2. Mempertanyakan kecakapan akademis ataukah kecakapan kejuruan untuk pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab Socrates tentang Educating persons (Pring), kaitkan dengan UU Sisdiknas dan lainnya
The aim of education: liberal or
vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait Educating persons (Pring), UU Sisdiknas dan lainnya, The aim of education: liberal or vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain, buat PPT, unggah di SIDIA, diskusi di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: The aims of educationa
Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum
8%

10

Minggu ke 10

Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar

  1. Mempertanyakan yang dididikkan dalam pendidikan dasar
  2. Mempertanyakan kecakapan akademis ataukah kecakapan kejuruan untuk pendidikan dasar
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab Socrates tentang Educating persons (Pring), kaitkan dengan UU Sisdiknas dan lainnya
The aim of education: liberal or
vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait Educating persons (Pring), UU Sisdiknas dan lainnya, The aim of education: liberal or vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain, buat PPT, unggah di SIDIA, diskusi di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: The aims of education
Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum

Materi: Contoh yang "didikkan"
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
8%

11

Minggu ke 11

Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia

Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia: Ki Hadjar Dewantara

Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab Socrates tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, membuat PPT , mengunggah ke SIDIA, diskusi online di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
7%

12

Minggu ke 12

Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia

Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia: RA Kartini

Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab Socrates tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, membuat PPT , mengunggah ke SIDIA, diskusi online di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
7%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia

Mengevaluasi pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia: KH Achmad Dahlan dan tokoh-tokoh lainnya

Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab Socrates tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait tentang pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, membuat PPT , mengunggah ke SIDIA, diskusi online di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
7%

14

Minggu ke 14

Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar

  1. Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar: literasi, numerasi, karakter, atau kecakapan lainnya
  2. Merumuskan dassolen dan dassein untuk latar belakang penelitian tesis
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya jawab Socrates tentang mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait permasalahan pendidikan dasar di Indonesia, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi online di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: contoh dassollen dan dassein
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
8%

15

Minggu ke 15

Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar

  1. Mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar: literasi, numerasi, karakter, atau kecakapan lainnya
  2. Merumuskan dassolen dan dassein untuk latar belakang penelitian tesis
Kriteria:

Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya jawab Socrates tentang mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar
2 x 50‘
Menelusuri bahan ajar terkait permasalahan pendidikan dasar di Indonesia, membuat PPT, mengunggah di SIDIA, diskusi online di SIDIA
2 x 50‘
Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Materi: tentang pendidikan
Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Materi: tentang hakikat pendidikan
Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Materi: contoh dassollen dan dassein
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
8%

16

Minggu ke 16

    semua indikator CPMK

    Kriteria:

    Kedalaman pertanyaan, pernyataan, argumentasi, logika


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    UAS penugasan
    2 x 50‘
    UAS penugasan
    2 x 50‘
    Materi: tentang kebenaran, pengetahuan, ilmu pernetahuan, ontologi, epistemologi, aksiologi
    Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

    Materi: tentang pendidikan
    Pustaka: Burhanudin dan Tati Sumiati. 2010. Filsafat Pendidikan. Subang: RoyyaNPress.

    Materi: tentang aspek-aspek pendidikan
    Pustaka: Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

    Materi: tentang hakikat pendidikan
    Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 68.5%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8%
    3. Tes 23.5%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.