Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Even

8722002141

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Hendry Cahyono, SE., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis konsep teoritis ekonomi secara keseluruhan

PLO-8

Mampu menerapkan teknologi informasi dalam pemecahan masalah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki pemahaman tentang manajemen even

PO - 2

Memiliki pemahaman tentang proses seleksi ide kelayakan even

PO - 3

Memiliki pemahaman tentang perencanaan penyelenggaraan even

PO - 4

Memiliki pemahaman dan dapat menyusun anggaran even

PO - 5

Memiliki pemahaman dan mampu melaksanakan kegiatan even

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5PLO-8
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa tentang pengelolaan even yang meliputi mengembangkan, memasarkan, dan mengelola even yang mencakup tujuan, teknik, merancang, implementasi dan evaluasi even.

Pustaka

Utama :

  1. Robbins, Stephen and Mary coulter.. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall. 2007
  2. Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
  3. Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami tujuan manajemen even

  1. Konsep Even
  2. Gambaran Bisnis Even Jasa
Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Konsep Manajemen Even
Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami dan menjelaskan tentang pemasaran even dan promosi interaktif

  1. Sponshorship
  2. Perbedaan Event Sponshorship dan Event Pitching
Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Pemasaran Even dan Promosi Interaktif
Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami dan membuat Desain Event

  1. 1. Dimensi pembuatan Desain Even
  2. Analisis Kebutuhan Even
  3. Contoh rangkaian even
Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pemasaran even dan promosi interaktif
3x50

Materi: Desain Event
Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami perencanaan event

  1. Cara dan teknik menyusun timeline
  2. Action Plan
  3. Perencanaan Even
Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Perencanaan Event
Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami dan menyusun anggaran event

Dapat menyusun anggaran event

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Anggaran Event
Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami dan menyusun Propoasl Even Sponsorship

Langkah-langkah menyusun proposal Even Sponsorship

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Proposal Event Sponsorship
Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memehami dan menyusun proposal Event Sponsorship

Langkah-langkah menyusun proposal Event Sponsorship

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Proposal Event Sponsorship
Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

5%

9

Minggu ke 9

Mampu memasarkan proposal sponsorship

  1. Sumber informasi sponsorship
  2. Teknik menawarkan proposal
Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Proposal Sponsorship
Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mempraktekkan penyebaran proposal event

Teknik dalam penyebaran proposal even

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Teknik Penyebaran Proposal Event
Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami dan melaksanakan pitching

  1. Teknik lobby
  2. Teknik negosiasi
Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Pitching untuk mendapatkan kesepakatan
Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami dan mempraktekkan proses pembuatan kontrak even

Legalitas/ kontrak event

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Legalitas/ Kontark Event
Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami dan mengelola risiko event

  1. Identifikasi risio event
  2. Mengelola risiko event
Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Risiko Event
Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
5%

14

Minggu ke 14

Mampu melaksanakan praktek pengelolaan event

Praktek pengelolaan even

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Praktek Pengelolaan Event
Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
5%

15

Minggu ke 15

Mampu melaksanaakan sebuah event

Praktek pengelolaan event

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran

Project Based Learning
3x50

Materi: Praktek pengelolaan event
Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
0%

16

Minggu ke 16

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3x50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.