
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Even |
8722002141 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Hendry Cahyono, SE., M.E.
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menganalisis konsep teoritis ekonomi secara keseluruhan |
PLO-8 |
Mampu menerapkan teknologi informasi dalam pemecahan masalah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki pemahaman tentang manajemen even
|
PO - 2 |
Memiliki pemahaman tentang proses seleksi ide kelayakan even
|
PO - 3 |
Memiliki pemahaman tentang perencanaan penyelenggaraan even
|
PO - 4 |
Memiliki pemahaman dan dapat menyusun anggaran even
|
PO - 5 |
Memiliki pemahaman dan mampu melaksanakan kegiatan even
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa tentang pengelolaan even yang meliputi mengembangkan, memasarkan, dan mengelola even yang mencakup tujuan, teknik, merancang, implementasi dan evaluasi even. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Robbins, Stephen and Mary coulter.. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall. 2007
- Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013
- Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami tujuan manajemen even |
- Konsep Even
- Gambaran Bisnis Even Jasa
|
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Konsep Manajemen Even Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013 |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami dan menjelaskan tentang pemasaran even dan promosi interaktif |
- Sponshorship
- Perbedaan Event Sponshorship dan Event Pitching
|
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Pemasaran Even dan Promosi Interaktif Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami dan membuat Desain Event |
- 1. Dimensi pembuatan Desain Even
- Analisis Kebutuhan Even
- Contoh rangkaian even
|
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pemasaran even dan promosi interaktif 3x50 |
|
Materi: Desain Event Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami perencanaan event |
- Cara dan teknik menyusun timeline
- Action Plan
- Perencanaan Even
|
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Perencanaan Event Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami dan menyusun anggaran event |
Dapat menyusun anggaran event |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Anggaran Event Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami dan menyusun Propoasl Even Sponsorship |
Langkah-langkah menyusun proposal Even Sponsorship |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Proposal Event Sponsorship Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memehami dan menyusun proposal Event Sponsorship |
Langkah-langkah menyusun proposal Event Sponsorship |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Proposal Event Sponsorship Pustaka: Any Noor. Managemen Event. Alfabeta. Bandung. 2013 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memasarkan proposal sponsorship |
- Sumber informasi sponsorship
- Teknik menawarkan proposal
|
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Proposal Sponsorship Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mempraktekkan penyebaran proposal event |
Teknik dalam penyebaran proposal even |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Teknik Penyebaran Proposal Event Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan melaksanakan pitching |
- Teknik lobby
- Teknik negosiasi
|
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Pitching untuk mendapatkan kesepakatan Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan mempraktekkan proses pembuatan kontrak even |
Legalitas/ kontrak event |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Legalitas/ Kontark Event Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan mengelola risiko event |
- Identifikasi risio event
- Mengelola risiko event
|
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Risiko Event Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu melaksanakan praktek pengelolaan event |
Praktek pengelolaan even |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Praktek Pengelolaan Event Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu melaksanaakan sebuah event |
Praktek pengelolaan event |
Kriteria:
Sesuai pedoman Penskoran |
Project Based Learning 3x50 |
|
Materi: Praktek pengelolaan event Pustaka: Natoradjo, S. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2011 |
0% |
16
Minggu ke 16 |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya |
mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 3x50 |
|
|
30% |