Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

TEORI ADMINSTRASI DAN PELAYANAN PUBLIK

6330103081

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

29 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Gading Gamaputra, S.AP, MPA




Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP, M.aP




Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik.

PLO-9

Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar administrasi publik, termasuk perkembangan teori administrasi publik klasik dan modern.

PO - 2

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip manajemen pelayanan publik dan mengidentifikasi peran pemerintah serta sektor publik dalam menyediakan layanan bagi masyarakat.

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis konsep kualitas layanan dan indikator kepuasan masyarakat, serta menerapkan teori dalam pengukuran kinerja layanan publik.

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan analisis permasalahan dalam administrasi publik dan menyusun solusi untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi pelayanan publik.

PO - 5

Mahasiswa mampu merancang dan melakukan survei kepuasan masyarakat, menginterpretasikan data, dan menghasilkan laporan evaluasi kinerja layanan publik.

PO - 6

Mahasiswa mampu bekerja dalam kelompok untuk menyusun laporan kinerja dan kualitas layanan publik yang responsif dan inklusif terhadap kebutuhan masyarakat.

PO - 7

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis terkait administrasi publik dan pelayanan publik, serta mengkomunikasikan rekomendasi peningkatan layanan secara profesional.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3 
PO-4
PO-5 
PO-6 
PO-7 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik administrasi publik serta pelayanan publik. Fokus utama adalah pada pemahaman teori-teori klasik dan modern administrasi publik serta penerapan teori tersebut dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pustaka

Utama :

  1. Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/10.2307/2139277.
  2. Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/10.4135/9781506374529
  3. Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press

Pendukung :

  1. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
  2. Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge.
  3. PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK

Dosen Pengampu

Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP.

Yuni Lestari, S.AP., M.AP.

Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP.

Gading Gamaputra, S.AP., MPA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami Teori Administrasi Publik

Mengenal dasar teori administrasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pemaparan teori administrasi publik
2x 50

Materi: teori administrasi publik
Pustaka: Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/.......
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami evolusi konsep administrasi publik dari masa ke masa

Memahami evolusi konsep administrasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: evolusi konsep administrasi publik
Pustaka:

Materi: evolusi konsep administrasi publik
Pustaka: Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/....
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami definisi, ruang lingkup, dan tujuan manajemen publik dalam organisasi pemerintah

memahami definisi, ruang lingkup, dan tujuan manajemen publik dalam organisasi pemerintah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: manajemen publik
Pustaka:

Materi: manajemen publik
Pustaka: Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami fungsi dan proses dalam manajemen publik, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian

memahami fungsi dan proses dalam manajemen publik, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat memahami konsep governance dan pentingnya partisipasi dalam administrasi publik modern

memahami konsep governance dan pentingnya partisipasi dalam administrasi publik modern


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Materi: governance dan partisipasi warga
Pustaka:

Materi: governance dan partisipasi warga
Pustaka: Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/...
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mengenal berbagai teori dan pendekatan dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance

mengenal berbagai teori dan pendekatan dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pemaparan paradigma dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance
2x 50

Materi: new public governance sebagai paradigma layanan publik
Pustaka:

Materi: new public governance sebagai paradigma layanan publik
Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami konsep manajemen kinerja dalam sektor publik, termasuk pengukuran dan evaluasi kinerja

memahami konsep manajemen kinerja dalam sektor publik, termasuk pengukuran dan evaluasi kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: manajemen kinerja organisasi publik
Pustaka:

Materi: manajemen kinerja organisasi publik
Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press
0%

8

Minggu ke 8

evaluasi tengah semester

penilaian berdasarkan pengetahuan dasar teori administrasi


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: pertemuan 1-7
Pustaka:
35%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
  2. Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
  1. mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
  2. mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: kualitas layanan publik
Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge.
0%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
  2. Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
  1. memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
  2. menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

90

Materi: indeks kepuasan masyarakat
Pustaka:

Materi: indeks kepuasan masyarakat
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu merancang praktikum evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari

merancang praktikum evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


Materi: evaluasi kinerja
Pustaka:

Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik

memahami studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio


Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi
Pustaka:

Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi
Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge.
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa bisa mendemonstrasikan cara melakukan evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari

mendemonstrasikan cara melakukan evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum


Materi: pengukuran kinerja layanan
Pustaka:

Materi: pengukuran kinerja layanan
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa bisa melakukan penyusunan draf laporan evaluasi kinerja dan kualitas layanan

melakukan penyusunan draf laporan evaluasi kinerja dan kualitas layanan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


Materi: evaluasi layanan publik
Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge.
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiwa mampu mempresentasi kelompok mengenai laporan kinerja dan kualitas layanan

mempresentasi kelompok mengenai laporan kinerja dan kualitas layanan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


Materi: laporan kinerja organisasi publik
Pustaka:

Materi: laporan kinerja organisasi publik
Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge.
20%

16

Minggu ke 16

Evaluasi akhir semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja


Materi: pertemuan 1-16
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 28.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 6%
3. Penilaian Portofolio 16%
4. Penilaian Praktikum 6%
5. Praktik / Unjuk Kerja 8.5%
6. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.