|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
TEORI ADMINSTRASI DAN PELAYANAN PUBLIK |
6330103081 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
29 Oktober 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Gading Gamaputra, S.AP, MPA
|
Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP, M.aP
|
Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik. |
PLO-9 |
Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar administrasi publik, termasuk perkembangan teori administrasi publik klasik dan modern.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip manajemen pelayanan publik dan mengidentifikasi peran pemerintah serta sektor publik dalam menyediakan layanan bagi masyarakat.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep kualitas layanan dan indikator kepuasan masyarakat, serta menerapkan teori dalam pengukuran kinerja layanan publik.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis permasalahan dalam administrasi publik dan menyusun solusi untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi pelayanan publik.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu merancang dan melakukan survei kepuasan masyarakat, menginterpretasikan data, dan menghasilkan laporan evaluasi kinerja layanan publik.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam kelompok untuk menyusun laporan kinerja dan kualitas layanan publik yang responsif dan inklusif terhadap kebutuhan masyarakat.
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis terkait administrasi publik dan pelayanan publik, serta mengkomunikasikan rekomendasi peningkatan layanan secara profesional.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-7 | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik administrasi publik serta pelayanan publik. Fokus utama adalah pada pemahaman teori-teori klasik dan modern administrasi publik serta penerapan teori tersebut dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/10.2307/2139277.
- Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/10.4135/9781506374529
- Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press
|
Pendukung : |
|
- Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
- Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge.
- PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK
|
Dosen Pengampu
|
Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP. Yuni Lestari, S.AP., M.AP. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Gading Gamaputra, S.AP., MPA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami Teori Administrasi Publik |
Mengenal dasar teori administrasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pemaparan teori administrasi publik 2x 50 |
|
Materi: teori administrasi publik Pustaka: Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/....... |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami evolusi konsep administrasi publik dari masa ke masa |
Memahami evolusi konsep administrasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: evolusi konsep administrasi publik Pustaka: Materi: evolusi konsep administrasi publik Pustaka: Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/.... |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami definisi, ruang lingkup, dan tujuan manajemen publik dalam organisasi pemerintah |
memahami definisi, ruang lingkup, dan tujuan manajemen publik dalam organisasi pemerintah |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: manajemen publik Pustaka: Materi: manajemen publik Pustaka: Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami fungsi dan proses dalam manajemen publik, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian |
memahami fungsi dan proses dalam manajemen publik, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat memahami konsep governance dan pentingnya partisipasi dalam administrasi publik modern |
memahami konsep governance dan pentingnya partisipasi dalam administrasi publik modern |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
Materi: governance dan partisipasi warga Pustaka: Materi: governance dan partisipasi warga Pustaka: Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengenal berbagai teori dan pendekatan dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance |
mengenal berbagai teori dan pendekatan dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pemaparan paradigma dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance 2x 50 |
|
Materi: new public governance sebagai paradigma layanan publik Pustaka: Materi: new public governance sebagai paradigma layanan publik Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami konsep manajemen kinerja dalam sektor publik, termasuk pengukuran dan evaluasi kinerja |
memahami konsep manajemen kinerja dalam sektor publik, termasuk pengukuran dan evaluasi kinerja |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: manajemen kinerja organisasi publik Pustaka: Materi: manajemen kinerja organisasi publik Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press |
0% |
8
Minggu ke 8 |
evaluasi tengah semester |
penilaian berdasarkan pengetahuan dasar teori administrasi |
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: pertemuan 1-7 Pustaka: |
35% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
- mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: kualitas layanan publik Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
- memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
90 |
|
Materi: indeks kepuasan masyarakat Pustaka: Materi: indeks kepuasan masyarakat Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang praktikum evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
merancang praktikum evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: evaluasi kinerja Pustaka: Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik |
memahami studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi Pustaka: Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa bisa mendemonstrasikan cara melakukan evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
mendemonstrasikan cara melakukan evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
|
|
Materi: pengukuran kinerja layanan Pustaka: Materi: pengukuran kinerja layanan Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa bisa melakukan penyusunan draf laporan evaluasi kinerja dan kualitas layanan |
melakukan penyusunan draf laporan evaluasi kinerja dan kualitas layanan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: evaluasi layanan publik Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiwa mampu mempresentasi kelompok mengenai laporan kinerja dan kualitas layanan |
mempresentasi kelompok mengenai laporan kinerja dan kualitas layanan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: laporan kinerja organisasi publik Pustaka: Materi: laporan kinerja organisasi publik Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
20% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi akhir semester |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
Materi: pertemuan 1-16 Pustaka: |
30% |