Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KEBIJAKAN PEMBANGUNAN

6330103073

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

2 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Haryo Kunto Wibisono




Yuni Lestari, S.AP, M.AP




Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik.

PLO-6

Mampu mengimplementasikan kebijakan pembangunan dengan menggunakan berbagai metode dan analisis untuk menghasilkan karya/produk administrasi negara/publik terapan yang didiseminasikan ke khalayak luas.

PLO-7

Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi.

PLO-9

Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik.

PLO-10

Mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan dapat berinteraksi secara profesional dengan setiap individu, masyarakat, maupun para pemangku kepentingan lainnya.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dan teori dasar kebijakan pembangunan.

PO - 2

Mengidentifikasi permasalahan yang relevan dalam pembangunan.

PO - 3

Melakukan analisis terhadap kebijakan pembangunan menggunakan pendekatan praktis.

PO - 4

Menyusun policy brief sebagai bentuk rekomendasi kebijakan yang aplikatif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9PLO-10
PO-1     
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Materi Mata kuliah Kebijakan Pembangunan meliputi konsep dasar implementasi,unsur-unsur implementasi, pendekatan implementasi kebijakan, pendekatan implementasi kebijakan, faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan, identifikasi masalah implementasi dan rekomendasi perbaikan implementasi kebijakan.

Pustaka

Utama :

  1. Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia.
  2. Dunn, William N. 2014. Pengantar AnalisisKebijakan Publik, Cetakan ke-9. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  3. Parson, Wayne. 2008. Public Policy:Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana.
  4. Abdul Wahab, Solichin. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM Press.
  5. Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/10.1186/1478-4505-7-S1-S13
  6. Oxman AD, Lavis JN, Lewin S, Fretheim A. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 1: What is evidence-informed policymaking? Health Res Policy Syst. 2009 Dec 16;7 Suppl 1(Suppl 1):S1. doi: 10.1186/1478-4505-7-S1-S1. PMID: 20018099; PMCID: PMC3271820.
  7. Clemons, R., & McBeth, M. K. (2020). Public policy praxis: A case approach for understanding policy and analysis. Routledge.
  8. Dye TR. Understanding Public Policy / Thomas R. Dye, McKenzie Professor of Government Emeritus, Florida State University. Fifteenth edition. Pearson; 2017.
  9. Badrach, Eugene. 2011. A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path to More Effective Problem Solving

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Yuni Lestari, S.AP., M.AP.

Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP.

Gading Gamaputra, S.AP., MPA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar, tujuan, dan ruang lingkup kebijakan pembangunan

Mahasiswa dapat: 1. Menguraikan latar belakang pentingnya kebijakan publik 2. Menjelaskan definisi dan ruang lingkup kebijakan publik secara kritis dan bertanggung jawab. 3. Menjelaskan kerangka kerja kebijakan publik 4. Menyebutkan karakteristik kebijakan publik 5. Mengidentifikasi jenis-jenis kebijakan publik

Kriteria:

pengantar kebijakan publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 X 50
Diskusi daring tentang aplikasi konsep kebijakan pembangunan dalam konteks nyata
Materi: pengantar kebijakan pembangunan
Pustaka: Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.
3%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar kebijakan publik

Mahasiswa memahami Paradigma Pembangunan

Kriteria:

Pemahaman Paradigma Pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: paradigma pembangunan
Pustaka: Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia.
3%

3

Minggu ke 3

Memahami Analisis Kebijakan Publik

Mahasiswa dapat menganalisa aktor dan stakeholder dalam pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,dan tanya jawab
3 X 50

Materi: analisa kebijakan publik
Pustaka: Dunn, William N. 2014. Pengantar AnalisisKebijakan Publik, Cetakan ke-9. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
3%

4

Minggu ke 4

Memahami proses perumusan Formulasi Kebijakan Pembangunan

Mahasiswa dapat melaksanakan simulasi Tahapan dan strategi formulasi kebijakan

Kriteria:

formulasi kebijakan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi pustaka, dan tanya jawab
3 X 50

Materi: formulasi kebijakan
Pustaka: Dye TR. Understanding Public Policy / Thomas R. Dye, McKenzie Professor of Government Emeritus, Florida State University. Fifteenth edition. Pearson; 2017.
3%

5

Minggu ke 5

Memahami Model dan pendekatan dalam implementasi kebijakan pembangunan

Mahasiswa dapat menjelaskan implementasi kebijakan pembangunan

Kriteria:

implementasi kebijakan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi pustaka, dan tanya jawab
3 X 50

Materi: implementasi kebijakan
Pustaka: Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia.
3%

6

Minggu ke 6

Memahami evaluasi kebijakan pembangunan

Mahasiswa dapat memahami indikator evaluasi kebijakan pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab
3 X 50

Materi: evaluasi kebijakan
Pustaka: Clemons, R., & McBeth, M. K. (2020). Public policy praxis: A case approach for understanding policy and analysis. Routledge.
3%

7

Minggu ke 7

Memahami masalah dan strategi implementasi

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah dan strategi kebijakan pembangunan

Kriteria:

analisis masalah implementasi kebijakan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan tanya jawab
3 X 50

Materi: implementasi kebijakan
Pustaka: Dye TR. Understanding Public Policy / Thomas R. Dye, McKenzie Professor of Government Emeritus, Florida State University. Fifteenth edition. Pearson; 2017.
3%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

PERTEMUAN 1-7


Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50

10%

9

Minggu ke 9

Memahami policy brief sebagai kebijakan pembangunan terapan

Mahasiswa dapat memberikan umpan balik berupa judul policy brief

Kriteria:

judul policy brief


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: policy brief sebagai model policy analysis
Pustaka: Badrach, Eugene. 2011. A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path to More Effective Problem Solving

Materi: judul policy brief
Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/...
7%

10

Minggu ke 10

membuat judul policy brief

Mahasiswa dapat membuat judul policy brief yang sesuai dengan standar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: judul policy brief
Pustaka: Clemons, R., & McBeth, M. K. (2020). Public policy praxis: A case approach for understanding policy and analysis. Routledge.
0%

11

Minggu ke 11

membuat ringkasan eksekutif dalam policy brief dan mapping stakeholder

Mahasiswa dapat membuat ringkasan eksekutif policy brief

Kriteria:

membuat ringkasan eksekutif dalam policy brief dan mapping stakeholder


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan tanya jawab
3 X 50

Materi: stakeholder analysis
Pustaka: Badrach, Eugene. 2011. A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path to More Effective Problem Solving

Materi: pendahuluan
Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/...
7%

12

Minggu ke 12

membuat pendahuluan dan menganalisis masalah kebijakan pembangunan

Mahasiswa dapat membuat pendahuluan policy brief dan analisa problem kebijakan pembangunan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan tanya jawab
3 X 50

Materi: pendahuluan
Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/...
7%

13

Minggu ke 13

membuat pendahuluan dan menganalisis masalah kebijakan pembangunan

Mahasiswa dapat membuat pendahuluan dan menganalisis masalah kebijakan pembangunan

Kriteria:

masalah kebijakan pembangunan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan tanya jawab
3 X 50

Materi: menganalisis masalah kebijakan pembangunan dalam pendahuluan policy brief
Pustaka: Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia.
7%

14

Minggu ke 14

Menyajikan data dalam policy brief

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan penyajian data dalam policy brief


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: penyajian data dalam policy brief
Pustaka: Parsons, Wayne. 2005. Public Policy; An Introduction to The Theoryand Practice of Policy Analysis 1D (Pengantar Teori dan Praktik AnalisisKebijakan) Edisi I. Jakarta: Predana Media.

Materi: evidence dalam policy brief
Pustaka: Oxman AD, Lavis JN, Lewin S, Fretheim A. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 1: What is evidence-informed policymaking? Health Res Policy Syst. 2009 Dec 16;7 Suppl 1(Suppl 1):S1. doi: 10.1186/1478-4505-7-S1-S1. PMID: 20018099; PMCID: PMC3271820.
7%

15

Minggu ke 15

Menyusun rekomendasi kebijakan dalam policy brief

Mahasiswa dapat menyusun rekomendasi kebijakan dalam policy brief


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: rekomendasi kebijakan
Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/...
5%

16

Minggu ke 16

ujian akhir semester

evaluasi policy brief secara keseluruhan

Kriteria:

policy brief yang sesuai standar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Luring
3x 30 menit

Materi: policy brief
Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/...
29%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 16.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 56%
3. Penilaian Praktikum 14.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 3%
5. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.