|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
KEBIJAKAN PEMBANGUNAN |
6330103073 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
2 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Haryo Kunto Wibisono
|
Yuni Lestari, S.AP, M.AP
|
Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik. |
PLO-6 |
Mampu mengimplementasikan kebijakan pembangunan dengan menggunakan berbagai metode dan analisis untuk menghasilkan karya/produk administrasi negara/publik terapan yang didiseminasikan ke khalayak luas. |
PLO-7 |
Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi. |
PLO-9 |
Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik. |
PLO-10 |
Mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan dapat berinteraksi secara profesional dengan setiap individu, masyarakat, maupun para pemangku kepentingan lainnya. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dan teori dasar kebijakan pembangunan.
|
PO - 2 |
Mengidentifikasi permasalahan yang relevan dalam pembangunan.
|
PO - 3 |
Melakukan analisis terhadap kebijakan pembangunan menggunakan pendekatan praktis.
|
PO - 4 |
Menyusun policy brief sebagai bentuk rekomendasi kebijakan yang aplikatif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materi Mata kuliah Kebijakan Pembangunan meliputi konsep dasar implementasi,unsur-unsur implementasi, pendekatan implementasi kebijakan, pendekatan implementasi kebijakan, faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan, identifikasi masalah implementasi dan rekomendasi perbaikan implementasi kebijakan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia.
- Dunn, William N. 2014. Pengantar AnalisisKebijakan Publik, Cetakan ke-9. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Parson, Wayne. 2008. Public Policy:Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana.
- Abdul Wahab, Solichin. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM Press.
- Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/10.1186/1478-4505-7-S1-S13
- Oxman AD, Lavis JN, Lewin S, Fretheim A. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 1: What is evidence-informed policymaking? Health Res Policy Syst. 2009 Dec 16;7 Suppl 1(Suppl 1):S1. doi: 10.1186/1478-4505-7-S1-S1. PMID: 20018099; PMCID: PMC3271820.
- Clemons, R., & McBeth, M. K. (2020). Public policy praxis: A case approach for understanding policy and analysis. Routledge.
- Dye TR. Understanding Public Policy / Thomas R. Dye, McKenzie Professor of Government Emeritus, Florida State University. Fifteenth edition. Pearson; 2017.
- Badrach, Eugene. 2011. A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path to More Effective Problem Solving
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP. Yuni Lestari, S.AP., M.AP. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Gading Gamaputra, S.AP., MPA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar, tujuan, dan ruang lingkup kebijakan pembangunan |
Mahasiswa dapat: 1. Menguraikan latar belakang pentingnya kebijakan publik 2. Menjelaskan definisi dan ruang lingkup kebijakan publik secara kritis dan bertanggung jawab. 3. Menjelaskan kerangka kerja kebijakan publik 4. Menyebutkan karakteristik kebijakan publik 5. Mengidentifikasi jenis-jenis kebijakan publik |
Kriteria:
pengantar kebijakan publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 X 50 |
Diskusi daring tentang aplikasi konsep kebijakan pembangunan dalam konteks nyata
|
Materi: pengantar kebijakan pembangunan Pustaka: Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dasar kebijakan publik |
Mahasiswa memahami Paradigma Pembangunan |
Kriteria:
Pemahaman Paradigma Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: paradigma pembangunan Pustaka: Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Analisis Kebijakan Publik |
Mahasiswa dapat menganalisa aktor dan stakeholder dalam pembangunan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah,dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: analisa kebijakan publik Pustaka: Dunn, William N. 2014. Pengantar AnalisisKebijakan Publik, Cetakan ke-9. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami proses perumusan Formulasi Kebijakan Pembangunan |
Mahasiswa dapat melaksanakan simulasi Tahapan dan strategi formulasi kebijakan |
Kriteria:
formulasi kebijakan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi pustaka, dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: formulasi kebijakan Pustaka: Dye TR. Understanding Public Policy / Thomas R. Dye, McKenzie Professor of Government Emeritus, Florida State University. Fifteenth edition. Pearson; 2017. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami Model dan pendekatan dalam implementasi kebijakan pembangunan |
Mahasiswa dapat menjelaskan implementasi kebijakan pembangunan |
Kriteria:
implementasi kebijakan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi pustaka, dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: implementasi kebijakan Pustaka: Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami evaluasi kebijakan pembangunan |
Mahasiswa dapat memahami indikator evaluasi kebijakan pembangunan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: evaluasi kebijakan Pustaka: Clemons, R., & McBeth, M. K. (2020). Public policy praxis: A case approach for understanding policy and analysis. Routledge. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami masalah dan strategi implementasi |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah dan strategi kebijakan pembangunan |
Kriteria:
analisis masalah implementasi kebijakan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: implementasi kebijakan Pustaka: Dye TR. Understanding Public Policy / Thomas R. Dye, McKenzie Professor of Government Emeritus, Florida State University. Fifteenth edition. Pearson; 2017. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
PERTEMUAN 1-7 |
Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami policy brief sebagai kebijakan pembangunan terapan |
Mahasiswa dapat memberikan umpan balik berupa judul policy brief |
Kriteria:
judul policy brief Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: policy brief sebagai model policy analysis Pustaka: Badrach, Eugene. 2011. A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path to More Effective Problem Solving Materi: judul policy brief Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/... |
7% |
10
Minggu ke 10 |
membuat judul policy brief |
Mahasiswa dapat membuat judul policy brief yang sesuai dengan standar |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: judul policy brief Pustaka: Clemons, R., & McBeth, M. K. (2020). Public policy praxis: A case approach for understanding policy and analysis. Routledge. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
membuat ringkasan eksekutif dalam policy brief dan mapping stakeholder |
Mahasiswa dapat membuat ringkasan eksekutif policy brief |
Kriteria:
membuat ringkasan eksekutif dalam policy brief dan mapping stakeholder Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: stakeholder analysis Pustaka: Badrach, Eugene. 2011. A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path to More Effective Problem Solving Materi: pendahuluan Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/... |
7% |
12
Minggu ke 12 |
membuat pendahuluan dan menganalisis masalah kebijakan pembangunan |
Mahasiswa dapat membuat pendahuluan policy brief dan analisa problem kebijakan pembangunan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: pendahuluan Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/... |
7% |
13
Minggu ke 13 |
membuat pendahuluan dan menganalisis masalah kebijakan pembangunan |
Mahasiswa dapat membuat pendahuluan dan menganalisis masalah kebijakan pembangunan |
Kriteria:
masalah kebijakan pembangunan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: menganalisis masalah kebijakan pembangunan dalam pendahuluan policy brief Pustaka: Dwiyanto, Riant Nugroho. 2009. Public Policy. Jakarta: Kelompok Gramedia. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menyajikan data dalam policy brief |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan penyajian data dalam policy brief |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: penyajian data dalam policy brief Pustaka: Parsons, Wayne. 2005. Public Policy; An Introduction to The Theoryand Practice of Policy Analysis 1D (Pengantar Teori dan Praktik AnalisisKebijakan) Edisi I. Jakarta: Predana Media. Materi: evidence dalam policy brief Pustaka: Oxman AD, Lavis JN, Lewin S, Fretheim A. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 1: What is evidence-informed policymaking? Health Res Policy Syst. 2009 Dec 16;7 Suppl 1(Suppl 1):S1. doi: 10.1186/1478-4505-7-S1-S1. PMID: 20018099; PMCID: PMC3271820. |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun rekomendasi kebijakan dalam policy brief |
Mahasiswa dapat menyusun rekomendasi kebijakan dalam policy brief |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Pembelajaran langsung 3. Diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: rekomendasi kebijakan Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
ujian akhir semester |
evaluasi policy brief secara keseluruhan |
Kriteria:
policy brief yang sesuai standar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Luring 3x 30 menit |
|
Materi: policy brief Pustaka: Lavis, J.N., Permanand, G., Oxman, A.D. et al. SUPPORT Tools for evidence-informed health Policymaking (STP) 13: Preparing and using policy briefs to support evidence-informed policymaking. Health Res Policy Sys 7 (Suppl 1), S13 (2009). https://doi.org/... |
29% |