Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Neurosains

8620702255

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

19 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-8

Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka secara keseluruhan. Mata kuliah ini juga akan mengkaji peran lingkungan, interaksi sosial, dan pengalaman dalam membentuk otak dan kemampuan kognitif anak. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep utama dalam neurosains, seperti neuroplastisitas, perkembangan kognitif, emosi, memori, fungsi eksekutif, dan dampak faktor lingkungan seperti stres dan teknologi terhadap otak anak. Dengan memahami prinsip-prinsip neurosain, mahasiswa diharapkan dapat merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.

Pustaka

Utama :

  1. Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.
  2. Brierley, J. (1987). Give me a child until he is seven: brain studies and early childhood education. United Kingdom: Falmer Press.
  3. Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic.
  4. Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks.
  5. Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.

Pendukung :

  1. Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(1), 53-60.

Dosen Pengampu

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Melia Dwi Widayanti, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengenal Otak Manusia

  1. Mahasiswa memahami bagaimana otak terbentuk
  2. Mahasiswa mengetahui faktor pembentuk otak
  3. Mahasiswa mengetahui struktur otak dan fungsinya
  4. Mahasiswa mengetahui nutrisi dan korelasinya terhadap perkembangan otak anak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

Materi: Bagaimana Otak terbentuk
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: faktor pembentukan otak
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: struktur otak dan fungsinya
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: nutrisi dan perkembangan otak anak
Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.

Materi: mekanisme kerja otak
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.
2%

2

Minggu ke 2

Mengenal Otak Manusia

  1. Mahasiswa memahami bagaimana otak terbentuk
  2. Mahasiswa mengetahui faktor pembentuk otak
  3. Mahasiswa mengetahui struktur otak dan fungsinya
  4. Mahasiswa mengetahui nutrisi dan korelasinya terhadap perkembangan otak anak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

Materi: Bagaimana Otak terbentuk
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: faktor pembentukan otak
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: struktur otak dan fungsinya
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: nutrisi dan perkembangan otak anak
Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.

Materi: mekanisme kerja otak
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.
3%

3

Minggu ke 3

Mengenal Otak Manusia

  1. Mahasiswa memahami bagaimana otak terbentuk
  2. Mahasiswa mengetahui faktor pembentuk otak
  3. Mahasiswa mengetahui struktur otak dan fungsinya
  4. Mahasiswa mengetahui nutrisi dan korelasinya terhadap perkembangan otak anak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

Materi: Bagaimana Otak terbentuk
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: faktor pembentukan otak
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: struktur otak dan fungsinya
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.

Materi: nutrisi dan perkembangan otak anak
Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.

Materi: mekanisme kerja otak
Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.
3%

4

Minggu ke 4

Mempersiapkan otak untuk belajar

  1. Mahasiswa memahami neuroplastisitas dan implikasinya dalam pembelajaran AUD
  2. Mahasiswa mengetahui memori dan pembelajaran AUD
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini
Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic.
5%

5

Minggu ke 5

Pendekatan Pembelajaran berbasis Neurosains

  1. Mahasiswa memahami gaya belajar manusia
  2. Mahasiswa mengetahui pembelajaran untuk mendukung gaya belajar manusia
  3. Mahasiswa mengetahui pembelajaran yang mendukung memori dan perhatian
  4. Mahasiswa mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis neurosains
  5. Mahasiswa mengetahui Perancangan lingkungan belajar yang sesuai dengan perkembangan otak
  6. Mahasiswa mengetahui Mendukung pembelajaran mandiri untuk anak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini
Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic.
5%

6

Minggu ke 6

Pendekatan Pembelajaran berbasis Neurosains

  1. Mahasiswa memahami gaya belajar manusia
  2. Mahasiswa mengetahui pembelajaran untuk mendukung gaya belajar manusia
  3. Mahasiswa mengetahui pembelajaran yang mendukung memori dan perhatian
  4. Mahasiswa mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis neurosains
  5. Mahasiswa mengetahui Perancangan lingkungan belajar yang sesuai dengan perkembangan otak
  6. Mahasiswa mengetahui Mendukung pembelajaran mandiri untuk anak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini
Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic.
6%

7

Minggu ke 7

Pendekatan Pembelajaran berbasis Neurosains

  1. Mahasiswa memahami gaya belajar manusia
  2. Mahasiswa mengetahui pembelajaran untuk mendukung gaya belajar manusia
  3. Mahasiswa mengetahui pembelajaran yang mendukung memori dan perhatian
  4. Mahasiswa mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis neurosains
  5. Mahasiswa mengetahui Perancangan lingkungan belajar yang sesuai dengan perkembangan otak
  6. Mahasiswa mengetahui Mendukung pembelajaran mandiri untuk anak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini
Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes

15%

9

Minggu ke 9

Neuropedagogi dalam PAUD

  1. Mahasiswa mengetahui prinsip dasar neuropedagogi
  2. Mahasiswa mengetahui strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan otak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Ceramah, dan Presentasi

Materi: Neuropedagogi
Pustaka: Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks.

Materi: Neuropedagogi
Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.
8%

10

Minggu ke 10

Neuropedagogi dalam PAUD

  1. Mahasiswa mengetahui prinsip dasar neuropedagogi
  2. Mahasiswa mengetahui strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan otak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Ceramah, dan Presentasi

Materi: Neuropedagogi
Pustaka: Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks.

Materi: Neuropedagogi
Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.
5%

11

Minggu ke 11

Neuropedagogi dalam PAUD

  1. Mahasiswa mengetahui prinsip dasar neuropedagogi
  2. Mahasiswa mengetahui strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan otak
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Ceramah, dan Presentasi

Materi: Neuropedagogi
Pustaka: Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks.

Materi: Neuropedagogi
Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.
8%

12

Minggu ke 12

Analisis pengasuhan terhadap perkembangan otak

Hasil analisis video dalam essay

Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Case Based

5%

13

Minggu ke 13

Analisis pengasuhan terhadap perkembangan otak

Hasil analisis video dalam essay

Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Case Based

5%

14

Minggu ke 14

Gangguan Otak yang berkaitan dengan proses belajar

  1. Mahasiswa memahami mengenai diseleksia
  2. Mahasiswa memahami mengenai disgrafia
  3. Mahasiswa memahami mengenai diskalkulia
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

5%

15

Minggu ke 15

Gangguan Otak yang berkaitan dengan proses belajar

  1. Mahasiswa memahami mengenai diseleksia
  2. Mahasiswa memahami mengenai disgrafia
  3. Mahasiswa memahami mengenai diskalkulia
Kriteria:
  1. menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
  2. menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
  3. Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
  4. Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah

5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 46%
2. Penilaian Portofolio 24%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.