|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Neurosains |
8620702255 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
19 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka secara keseluruhan. Mata kuliah ini juga akan mengkaji peran lingkungan, interaksi sosial, dan pengalaman dalam membentuk otak dan kemampuan kognitif anak. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep utama dalam neurosains, seperti neuroplastisitas, perkembangan kognitif, emosi, memori, fungsi eksekutif, dan dampak faktor lingkungan seperti stres dan teknologi terhadap otak anak. Dengan memahami prinsip-prinsip neurosain, mahasiswa diharapkan dapat merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development.
- Brierley, J. (1987). Give me a child until he is seven: brain studies and early childhood education. United Kingdom: Falmer Press.
- Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic.
- Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks.
- Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational.
|
Pendukung : |
|
- Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(1), 53-60.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. Melia Dwi Widayanti, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengenal Otak Manusia |
- Mahasiswa memahami bagaimana otak terbentuk
- Mahasiswa mengetahui faktor pembentuk otak
- Mahasiswa mengetahui struktur otak dan fungsinya
- Mahasiswa mengetahui nutrisi dan korelasinya terhadap perkembangan otak anak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
Materi: Bagaimana Otak terbentuk Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: faktor pembentukan otak Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: struktur otak dan fungsinya Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: nutrisi dan perkembangan otak anak Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational. Materi: mekanisme kerja otak Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mengenal Otak Manusia |
- Mahasiswa memahami bagaimana otak terbentuk
- Mahasiswa mengetahui faktor pembentuk otak
- Mahasiswa mengetahui struktur otak dan fungsinya
- Mahasiswa mengetahui nutrisi dan korelasinya terhadap perkembangan otak anak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
Materi: Bagaimana Otak terbentuk Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: faktor pembentukan otak Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: struktur otak dan fungsinya Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: nutrisi dan perkembangan otak anak Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational. Materi: mekanisme kerja otak Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mengenal Otak Manusia |
- Mahasiswa memahami bagaimana otak terbentuk
- Mahasiswa mengetahui faktor pembentuk otak
- Mahasiswa mengetahui struktur otak dan fungsinya
- Mahasiswa mengetahui nutrisi dan korelasinya terhadap perkembangan otak anak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
Materi: Bagaimana Otak terbentuk Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: faktor pembentukan otak Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: struktur otak dan fungsinya Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. Materi: nutrisi dan perkembangan otak anak Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational. Materi: mekanisme kerja otak Pustaka: Given, B. K. (2002). Teaching to the Brain's Natural Learning Systems. United States: Association for Supervision and Curriculum Development. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mempersiapkan otak untuk belajar |
- Mahasiswa memahami neuroplastisitas dan implikasinya dalam pembelajaran AUD
- Mahasiswa mengetahui memori dan pembelajaran AUD
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pendekatan Pembelajaran berbasis Neurosains |
- Mahasiswa memahami gaya belajar manusia
- Mahasiswa mengetahui pembelajaran untuk mendukung gaya belajar manusia
- Mahasiswa mengetahui pembelajaran yang mendukung memori dan perhatian
- Mahasiswa mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis neurosains
- Mahasiswa mengetahui Perancangan lingkungan belajar yang sesuai dengan perkembangan otak
- Mahasiswa mengetahui Mendukung pembelajaran mandiri untuk anak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pendekatan Pembelajaran berbasis Neurosains |
- Mahasiswa memahami gaya belajar manusia
- Mahasiswa mengetahui pembelajaran untuk mendukung gaya belajar manusia
- Mahasiswa mengetahui pembelajaran yang mendukung memori dan perhatian
- Mahasiswa mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis neurosains
- Mahasiswa mengetahui Perancangan lingkungan belajar yang sesuai dengan perkembangan otak
- Mahasiswa mengetahui Mendukung pembelajaran mandiri untuk anak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Pendekatan Pembelajaran berbasis Neurosains |
- Mahasiswa memahami gaya belajar manusia
- Mahasiswa mengetahui pembelajaran untuk mendukung gaya belajar manusia
- Mahasiswa mengetahui pembelajaran yang mendukung memori dan perhatian
- Mahasiswa mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis neurosains
- Mahasiswa mengetahui Perancangan lingkungan belajar yang sesuai dengan perkembangan otak
- Mahasiswa mengetahui Mendukung pembelajaran mandiri untuk anak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
Materi: Memori dan pembelajaran anak usia dini Pustaka: Connell, J. D. (2005). Brain-Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Checklists That Help You Identify Students' Strengths-Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities. United States: Scholastic. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Neuropedagogi dalam PAUD |
- Mahasiswa mengetahui prinsip dasar neuropedagogi
- Mahasiswa mengetahui strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan otak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Ceramah, dan Presentasi
|
|
Materi: Neuropedagogi Pustaka: Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks. Materi: Neuropedagogi Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational. |
8% |
10
Minggu ke 10 |
Neuropedagogi dalam PAUD |
- Mahasiswa mengetahui prinsip dasar neuropedagogi
- Mahasiswa mengetahui strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan otak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Ceramah, dan Presentasi
|
|
Materi: Neuropedagogi Pustaka: Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks. Materi: Neuropedagogi Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Neuropedagogi dalam PAUD |
- Mahasiswa mengetahui prinsip dasar neuropedagogi
- Mahasiswa mengetahui strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan otak
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Ceramah, dan Presentasi
|
|
Materi: Neuropedagogi Pustaka: Willis, J. (2008). How Your Child Learns Best: Brain-Friendly Strategies You Can Use to Ignite Your Child's Learning and Increase School Success. United States: Sourcebooks. Materi: Neuropedagogi Pustaka: Call, N., Featherstone, S. (2003). The Thinking Child: Brain-based Learning for the Foundation Stage. United Kingdom: Network Educational. |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Analisis pengasuhan terhadap perkembangan otak |
Hasil analisis video dalam essay |
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Case Based
|
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Analisis pengasuhan terhadap perkembangan otak |
Hasil analisis video dalam essay |
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Case Based
|
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Gangguan Otak yang berkaitan dengan proses belajar |
- Mahasiswa memahami mengenai diseleksia
- Mahasiswa memahami mengenai disgrafia
- Mahasiswa memahami mengenai diskalkulia
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Gangguan Otak yang berkaitan dengan proses belajar |
- Mahasiswa memahami mengenai diseleksia
- Mahasiswa memahami mengenai disgrafia
- Mahasiswa memahami mengenai diskalkulia
|
Kriteria:
- menunjukkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang konsep-konsep yang dibahas dan analisis yang komprehensif
- menunjukkan pemahaman yang baik, dengan sebagian besar terminologi dan konsep dijelaskan dengan benar dengan analisis yang baik
- Pemahaman konsep ada, tetapi masih ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam penggunaan terminologi serta analisis kurang mendalam
- Pemahaman konsep terbatas, dengan kesalahan signifikan dalam penggunaan terminologi dan penjelasan konsep serta analisis yang dangkal
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi, Diskusi, dan Ceramah
|
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
15% |