Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Pembelajaran

8420502290

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

27 April 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.




Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mendemonstrasikan kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan isu-isu lingkungan dengan teknologi yang relevan dalam pengelolaan sumber daya alam

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi

PLO-8

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi

PLO-11

Mampu merancang penyelesaian masalah dengan mengimplementasikan transferable skill dalam bidang biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco-innovation,eco-oppurtunity, eco-commitment).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi;

PO - 2

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT (PLO 5);

PO - 3

Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan (PLO 9)

PO - 4

Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah yang inovatif dalam pembelajaran biologi, kegiatan laboratorium, dan tugas profesionalnya (PLO 11).

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-6PLO-7PLO-8PLO-11
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengaji tentang hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, KD, KI, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode/pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, penilaian belajar) melalui tugas individu dan kelompok dengan kegiatan diskusi dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge
  2. Ananda Rusydi, 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI Medan.

Pendukung :

  1. Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
  2. Ananda Rusydi, 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI Medan.
  3. Agile eLearning Development with SAM. Allen Instructions. (n.d.) Retrieved September 27, 2015.
  4. Hanida, J.R., Rahmadiarti, F., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaranekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. Vol 4 (1): 22-38.
  5. Veygid, A., Setyawati, H. (2022). Pengembangan Microblog Berbantuan Instagram Pada Materi Sel Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Bio Edu: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 (2): 87-99.
  6. Yusuf, SuhirmaN, Efendi, M.H., & Wahyu, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Tinjauan Proses Dan Hasil Belajar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi. Vol.8 (2):381-396.
  7. Padugupati,S., Joshi,K.P., Chacko, T.V., & Jamadar, D. (2021). Designing flipped classroom using Kemp’s instructional model to enhance deep learning and self‑directed collaborative learning of basic science concepts. Journal of Education and Health Promotion. Vol. 10 (1): 1-7.
  8. Sardi, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teknik Laboratorium Biologi Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Jurnal Biotek. Vol. 6 (2): 37-50.
  9. IGA Km. Nita Indah Pramita., A. A, Gede Agung., I Kadek Suartama. (2016). Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMPN 5 Mendoyo. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2).
  10. Jung, H., Kim, Y.R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced Instructional Design for Successive E-Learning: Based on the Successive Approximation Model (SAM). International Jl. on E-Learning. Vol. 18(2): 191-204.
  11. Wolverton, C & Hollier, B.G. (2022). Guidelines for Incorporating Active Learning Into the Design of Online Management Courses Utilizing the Successive Approximation Model (SAM). International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), Vol. 18, Issue 1, pp. 264-274.
  12. Fadlilati, D., Hidayat, S., & Akmalia, H.A. (2023). Developing e-laboratory instructions based on the unity of sciences paradigm in producing tempeh. Research and De-velopment in Education (RaDEn), 3(1), 16-25.
  13. Azizah, V.N., Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 2 (2): 40-51.
  14. Putri,I.D.T., Savitri, S.D., Puspitasari, I. D., Aisyah, R.N., Firmansyah, F.E., & Ambarwati, R. (2020). Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan AnimalPedia. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 1 (1): 1-9.
  15. Al-KhattaT, S.H.K., Habeeb, R.R., & Mohammed, A.R. (2019). An ASSURE-Model Instructional Design Based on Active Learning Strategies and its Effect for 1st Intermediate Student's Higher Order Thinking Skills in Teaching Science Text Book. Psihologija. Vol. 52, Issue 5, Pages: 339-349.
  16. Arshavskiy, M. (2013). Instructional Design for Elearning: Essential guide to creating successful eLearning Courses.

Dosen Pengampu

Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Dr. Sifak Indana, M.Pd.

Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami hakikat perencanaan pembelajaran;
  2. Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam materi pembelajaran hakikat perencanaan pembelajaran.
  1. Menjelaskan pengertian, prinsip, karakteristik. Perencaan pembelajaran.
  2. Menjelaskan Manfaat, fungsi, Kriteria perencaan pembelajaran
  3. Menjelaskan penyusunan dan pendekatan Sistem perencanaan pembelajaran.
Kriteria:

Penilaian Otentik dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, dan diskusi dengan Small Group Discussion dan Diskusi kelas
2 X 50

Materi: Hakikat perencanaan pembelajaran
Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

Materi: Perencanaan pembelajaran
Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
0%

2

Minggu ke 2

  1. Menganalis model perencanaan Pembelajaran Dick and Carey.
  2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Model Dick & Carey)
  1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey
  2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran Dick & Carey
  3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran Model Dick & Carey.
Kriteria:

Penilaian Otentik dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
2 X 50

Materi: Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey
Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

Materi: Model perencanaan pembelajaran
Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

Materi: Model Dick and Carey
Pustaka: Sardi, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teknik Laboratorium Biologi Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Jurnal Biotek. Vol. 6 (2): 37-50.

Materi: Model Dick and Carey
Pustaka: IGA Km. Nita Indah Pramita., A. A, Gede Agung., I Kadek Suartama. (2016). Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMPN 5 Mendoyo. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2).
5%

3

Minggu ke 3

  1. Menganalis model perencanaan Pembelajaran Dick and Carey.
  2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Model Dick & Carey)
  1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey
  2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran Dick & Carey
  3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran Model Dick & Carey.
Kriteria:

Penilaian Otentik dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
2 X 50

Materi: Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey
Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

Materi: Model perencanaan pembelajaran
Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

Materi: Model Dick and Carey
Pustaka: Sardi, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teknik Laboratorium Biologi Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Jurnal Biotek. Vol. 6 (2): 37-50.

Materi: Model Dick and Carey
Pustaka: IGA Km. Nita Indah Pramita., A. A, Gede Agung., I Kadek Suartama. (2016). Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMPN 5 Mendoyo. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2).
5%

4

Minggu ke 4

  1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
  2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
  1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
  2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
  3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan.
Kriteria:

Penilaian Otentik dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tahapan Case Study:
1) Presentasi, dan diskusi dengan Small Group Discussion dan Diskusi kelas1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
2 X 50

Materi: Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan
Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

Materi: Model perencanaan pembelajaran
Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

Materi: Model pembelajaran
Pustaka: Yusuf, SuhirmaN, Efendi, M.H., & Wahyu, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Tinjauan Proses Dan Hasil Belajar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi. Vol.8 (2):381-396.

Materi: Kemp's instructional model
Pustaka: Padugupati,S., Joshi,K.P., Chacko, T.V., & Jamadar, D. (2021). Designing flipped classroom using Kemp’s instructional model to enhance deep learning and self‑directed collaborative learning of basic science concepts. Journal of Education and Health Promotion. Vol. 10 (1): 1-7.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
  2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
  1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
  2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
  3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan.
Kriteria:

Penilaian Otentik dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tahapan Case Study:
1) Presentasi, dan diskusi dengan Small Group Discussion dan Diskusi kelas1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
2 X 50

Materi: Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan
Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

Materi: Model perencanaan pembelajaran
Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

Materi: Model pembelajaran
Pustaka: Yusuf, SuhirmaN, Efendi, M.H., & Wahyu, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Tinjauan Proses Dan Hasil Belajar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi. Vol.8 (2):381-396.

Materi: Kemp's instructional model
Pustaka: Padugupati,S., Joshi,K.P., Chacko, T.V., & Jamadar, D. (2021). Designing flipped classroom using Kemp’s instructional model to enhance deep learning and self‑directed collaborative learning of basic science concepts. Journal of Education and Health Promotion. Vol. 10 (1): 1-7.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ADDIE);
  2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ADDIE).
  1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ADDIE;
  2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ADDIE;
  3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model ADDIE.
Kriteria:

Penilaian Otentik dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model ADDIE: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
2 X 50

Materi: ADDIE Model
Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

Materi: Perencanaan pembelajaran
Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

Materi: Modul berbasis masalah
Pustaka: Hanida, J.R., Rahmadiarti, F., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaranekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. Vol 4 (1): 22-38.

Materi: Microblog instagram
Pustaka: Veygid, A., Setyawati, H. (2022). Pengembangan Microblog Berbantuan Instagram Pada Materi Sel Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Bio Edu: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 (2): 87-99.

Materi: e-laboratory instruction
Pustaka: Fadlilati, D., Hidayat, S., & Akmalia, H.A. (2023). Developing e-laboratory instructions based on the unity of sciences paradigm in producing tempeh. Research and De-velopment in Education (RaDEn), 3(1), 16-25.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ADDIE);
  2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ADDIE).
  1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ADDIE;
  2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ADDIE;
  3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model ADDIE.
Kriteria:

Penilaian Otentik dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model ADDIE: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
2 X 50

Materi: ADDIE Model
Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

Materi: Perencanaan pembelajaran
Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

Materi: Modul berbasis masalah
Pustaka: Hanida, J.R., Rahmadiarti, F., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaranekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. Vol 4 (1): 22-38.

Materi: Microblog instagram
Pustaka: Veygid, A., Setyawati, H. (2022). Pengembangan Microblog Berbantuan Instagram Pada Materi Sel Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Bio Edu: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 (2): 87-99.

Materi: e-laboratory instruction
Pustaka: Fadlilati, D., Hidayat, S., & Akmalia, H.A. (2023). Developing e-laboratory instructions based on the unity of sciences paradigm in producing tempeh. Research and De-velopment in Education (RaDEn), 3(1), 16-25.
5%

8

Minggu ke 8

    UTS

    Kriteria:

    Bobot penilaian 20%


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    UTS
    2 X 50

    10%

    9

    Minggu ke 9

    1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model));
    2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model)).
    1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
    2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
    3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model).
    Kriteria:

    Penilaian Otentik dan Tes


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tahapan case study:
    1) Orientasi kepada mahasiswa tentang SAM (Successive Approximation Model) : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
    2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
    3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
    4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
    5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
    2 X 50

    Materi: SAM
    Pustaka: Agile eLearning Development with SAM. Allen Instructions. (n.d.) Retrieved September 27, 2015.

    Materi: SAM Model
    Pustaka: Jung, H., Kim, Y.R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced Instructional Design for Successive E-Learning: Based on the Successive Approximation Model (SAM). International Jl. on E-Learning. Vol. 18(2): 191-204.

    Materi: SAM Model
    Pustaka: Wolverton, C & Hollier, B.G. (2022). Guidelines for Incorporating Active Learning Into the Design of Online Management Courses Utilizing the Successive Approximation Model (SAM). International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), Vol. 18, Issue 1, pp. 264-274.

    Materi: Instructional design
    Pustaka: Arshavskiy, M. (2013). Instructional Design for Elearning: Essential guide to creating successful eLearning Courses.
    0%

    10

    Minggu ke 10

    1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model));
    2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model)).
    1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
    2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
    3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model).
    Kriteria:

    Penilaian Otentik dan Tes


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tahapan case study:
    1) Orientasi kepada mahasiswa tentang SAM (Successive Approximation Model) : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
    2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
    3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
    4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
    5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
    2 X 50

    Materi: SAM
    Pustaka: Agile eLearning Development with SAM. Allen Instructions. (n.d.) Retrieved September 27, 2015.

    Materi: SAM Model
    Pustaka: Jung, H., Kim, Y.R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced Instructional Design for Successive E-Learning: Based on the Successive Approximation Model (SAM). International Jl. on E-Learning. Vol. 18(2): 191-204.

    Materi: SAM Model
    Pustaka: Wolverton, C & Hollier, B.G. (2022). Guidelines for Incorporating Active Learning Into the Design of Online Management Courses Utilizing the Successive Approximation Model (SAM). International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), Vol. 18, Issue 1, pp. 264-274.

    Materi: Instructional design
    Pustaka: Arshavskiy, M. (2013). Instructional Design for Elearning: Essential guide to creating successful eLearning Courses.
    0%

    11

    Minggu ke 11

    1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ASSURE);
    2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ASSURE).
    1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ASSURE;
    2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ASSURE;
    3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran ASSURE.
    Kriteria:

    Penilaian Otentik dan Tes


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tahapan case study:
    1) Orientasi kepada mahasiswa tentang ASSURE : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
    2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
    3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
    4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
    5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
    2 X 50

    Materi: ASSURE model
    Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

    Materi: Perancangan pembelajaran
    Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

    Materi: E-Book Flipbook
    Pustaka: Azizah, V.N., Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 2 (2): 40-51.

    Materi: Animalpedia
    Pustaka: Putri,I.D.T., Savitri, S.D., Puspitasari, I. D., Aisyah, R.N., Firmansyah, F.E., & Ambarwati, R. (2020). Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan AnimalPedia. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 1 (1): 1-9.

    Materi: ASSURE model
    Pustaka: Al-KhattaT, S.H.K., Habeeb, R.R., & Mohammed, A.R. (2019). An ASSURE-Model Instructional Design Based on Active Learning Strategies and its Effect for 1st Intermediate Student's Higher Order Thinking Skills in Teaching Science Text Book. Psihologija. Vol. 52, Issue 5, Pages: 339-349.
    10%

    12

    Minggu ke 12

    1. Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ASSURE);
    2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ASSURE).
    1. Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ASSURE;
    2. Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ASSURE;
    3. Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran ASSURE.
    Kriteria:

    Penilaian Otentik dan Tes


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tahapan case study:
    1) Orientasi kepada mahasiswa tentang ASSURE : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
    2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
    3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
    4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
    5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
    2 X 50

    Materi: ASSURE model
    Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

    Materi: Perancangan pembelajaran
    Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.

    Materi: E-Book Flipbook
    Pustaka: Azizah, V.N., Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 2 (2): 40-51.

    Materi: Animalpedia
    Pustaka: Putri,I.D.T., Savitri, S.D., Puspitasari, I. D., Aisyah, R.N., Firmansyah, F.E., & Ambarwati, R. (2020). Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan AnimalPedia. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 1 (1): 1-9.

    Materi: ASSURE model
    Pustaka: Al-KhattaT, S.H.K., Habeeb, R.R., & Mohammed, A.R. (2019). An ASSURE-Model Instructional Design Based on Active Learning Strategies and its Effect for 1st Intermediate Student's Higher Order Thinking Skills in Teaching Science Text Book. Psihologija. Vol. 52, Issue 5, Pages: 339-349.
    10%

    13

    Minggu ke 13

    1. Merancang Proyek RPP dengan model perencanaan pembelajaran sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan;
    2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam proyek pembuatan RPP.

    Menyusun RPP dengan model perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan.

    Kriteria:

    15%


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tahapan case study:
    1) Orientasi kepada mahasiswa tentang Proyek pembuatan RPP : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
    2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
    3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan terkait model perencanaan pembelajaran yang dipilih, kemudian memilih salah satu CP pada Fase E atau F.
    4) Mengembangkan dan menyajikan karya: a) Mengembangkan RPP berdasarkan model perencannan pembelajaran dan CP yg dipilih, b) menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai proyek pembuatan RPP yang sesuai dengan model perencanaan pembelajaran,
    5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
    2 X 50

    Materi: Model-model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

    Materi: Model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
    10%

    14

    Minggu ke 14

    1. Merancang Proyek RPP dengan model perencanaan pembelajaran sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan;
    2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam proyek pembuatan RPP.

    Menyusun RPP dengan model perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan.

    Kriteria:

    15%


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tahapan case study:
    1) Orientasi kepada mahasiswa tentang Proyek pembuatan RPP : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
    2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
    3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan terkait model perencanaan pembelajaran yang dipilih, kemudian memilih salah satu CP pada Fase E atau F.
    4) Mengembangkan dan menyajikan karya: a) Mengembangkan RPP berdasarkan model perencannan pembelajaran dan CP yg dipilih, b) menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai proyek pembuatan RPP yang sesuai dengan model perencanaan pembelajaran,
    5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
    2 X 50

    Materi: Model-model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

    Materi: Model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
    10%

    15

    Minggu ke 15

    1. Merancang Proyek RPP dengan model perencanaan pembelajaran sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan;
    2. Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam proyek pembuatan RPP.

    Menyusun RPP dengan model perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan.

    Kriteria:

    15%


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tahapan case study:
    1) Orientasi kepada mahasiswa tentang Proyek pembuatan RPP : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
    2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
    3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan terkait model perencanaan pembelajaran yang dipilih, kemudian memilih salah satu CP pada Fase E atau F.
    4) Mengembangkan dan menyajikan karya: a) Mengembangkan RPP berdasarkan model perencannan pembelajaran dan CP yg dipilih, b) menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai proyek pembuatan RPP yang sesuai dengan model perencanaan pembelajaran,
    5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan.
    2 X 50

    Materi: Model-model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge

    Materi: Model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
    10%

    16

    Minggu ke 16


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      UAS

      10%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 75%
      2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.