|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Pembelajaran |
8420502290 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
27 April 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.
|
Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mendemonstrasikan kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan isu-isu lingkungan dengan teknologi yang relevan dalam pengelolaan sumber daya alam |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi |
PLO-8 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi |
PLO-11 |
Mampu merancang penyelesaian masalah dengan mengimplementasikan transferable skill dalam bidang biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco-innovation,eco-oppurtunity, eco-commitment). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi;
|
PO - 2 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT (PLO 5);
|
PO - 3 |
Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan (PLO 9)
|
PO - 4 |
Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah yang inovatif dalam pembelajaran biologi, kegiatan laboratorium, dan tugas profesionalnya (PLO 11).
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | | | | | | | PO-2 | | | | | | | PO-3 | | | | | | | PO-4 | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengaji tentang hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, KD, KI, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode/pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, penilaian belajar) melalui tugas individu dan kelompok dengan kegiatan diskusi dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge
- Ananda Rusydi, 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI Medan.
|
Pendukung : |
|
- Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
- Ananda Rusydi, 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI Medan.
- Agile eLearning Development with SAM. Allen Instructions. (n.d.) Retrieved September 27, 2015.
- Hanida, J.R., Rahmadiarti, F., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaranekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. Vol 4 (1): 22-38.
- Veygid, A., Setyawati, H. (2022). Pengembangan Microblog Berbantuan Instagram Pada Materi Sel Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Bio Edu: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 (2): 87-99.
- Yusuf, SuhirmaN, Efendi, M.H., & Wahyu, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Tinjauan Proses Dan Hasil Belajar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi. Vol.8 (2):381-396.
- Padugupati,S., Joshi,K.P., Chacko, T.V., & Jamadar, D. (2021). Designing flipped classroom using Kemp’s instructional model to enhance deep learning and self‑directed collaborative learning of basic science concepts. Journal of Education and Health Promotion. Vol. 10 (1): 1-7.
- Sardi, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teknik Laboratorium Biologi Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Jurnal Biotek. Vol. 6 (2): 37-50.
- IGA Km. Nita Indah Pramita., A. A, Gede Agung., I Kadek Suartama. (2016). Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMPN 5 Mendoyo. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2).
- Jung, H., Kim, Y.R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced Instructional Design for Successive E-Learning: Based on the Successive Approximation Model (SAM). International Jl. on E-Learning. Vol. 18(2): 191-204.
- Wolverton, C & Hollier, B.G. (2022). Guidelines for Incorporating Active Learning Into the Design of Online Management Courses Utilizing the Successive Approximation Model (SAM). International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), Vol. 18, Issue 1, pp. 264-274.
- Fadlilati, D., Hidayat, S., & Akmalia, H.A. (2023). Developing e-laboratory instructions based on the unity of sciences paradigm in producing tempeh. Research and De-velopment in Education (RaDEn), 3(1), 16-25.
- Azizah, V.N., Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 2 (2): 40-51.
- Putri,I.D.T., Savitri, S.D., Puspitasari, I. D., Aisyah, R.N., Firmansyah, F.E., & Ambarwati, R. (2020). Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan AnimalPedia. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 1 (1): 1-9.
- Al-KhattaT, S.H.K., Habeeb, R.R., & Mohammed, A.R. (2019). An ASSURE-Model Instructional Design Based on Active Learning Strategies and its Effect for 1st Intermediate Student's Higher Order Thinking Skills in Teaching Science Text Book. Psihologija. Vol. 52, Issue 5, Pages: 339-349.
- Arshavskiy, M. (2013). Instructional Design for Elearning: Essential guide to creating successful eLearning Courses.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St. Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Dr. Sifak Indana, M.Pd. Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami hakikat perencanaan pembelajaran;
- Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam materi pembelajaran hakikat perencanaan pembelajaran.
|
- Menjelaskan pengertian, prinsip, karakteristik. Perencaan pembelajaran.
- Menjelaskan Manfaat, fungsi, Kriteria perencaan pembelajaran
- Menjelaskan penyusunan dan pendekatan Sistem perencanaan pembelajaran.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, dan diskusi dengan Small Group Discussion dan Diskusi kelas 2 X 50 |
|
Materi: Hakikat perencanaan pembelajaran Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- Menganalis model perencanaan Pembelajaran Dick and Carey.
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Model Dick & Carey)
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran Dick & Carey
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran Model Dick & Carey.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Model perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: Model Dick and Carey Pustaka: Sardi, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teknik Laboratorium Biologi Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Jurnal Biotek. Vol. 6 (2): 37-50. Materi: Model Dick and Carey Pustaka: IGA Km. Nita Indah Pramita., A. A, Gede Agung., I Kadek Suartama. (2016). Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMPN 5 Mendoyo. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2). |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Menganalis model perencanaan Pembelajaran Dick and Carey.
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Model Dick & Carey)
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran Dick & Carey
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran Model Dick & Carey.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Model perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: Model Dick and Carey Pustaka: Sardi, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teknik Laboratorium Biologi Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Jurnal Biotek. Vol. 6 (2): 37-50. Materi: Model Dick and Carey Pustaka: IGA Km. Nita Indah Pramita., A. A, Gede Agung., I Kadek Suartama. (2016). Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMPN 5 Mendoyo. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 5 No: 2). |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tahapan Case Study:
1) Presentasi, dan diskusi dengan Small Group Discussion dan Diskusi kelas1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Model perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: Model pembelajaran Pustaka: Yusuf, SuhirmaN, Efendi, M.H., & Wahyu, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Tinjauan Proses Dan Hasil Belajar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi. Vol.8 (2):381-396. Materi: Kemp's instructional model Pustaka: Padugupati,S., Joshi,K.P., Chacko, T.V., & Jamadar, D. (2021). Designing flipped classroom using Kemp’s instructional model to enhance deep learning and self‑directed collaborative learning of basic science concepts. Journal of Education and Health Promotion. Vol. 10 (1): 1-7. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan;
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tahapan Case Study:
1) Presentasi, dan diskusi dengan Small Group Discussion dan Diskusi kelas1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model Dick and Carey: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran Dick and Carey,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: Model perencanaan pembelajaran Kemp, Morrison, and Ross’s Instructional Design Plan Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Model perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: Model pembelajaran Pustaka: Yusuf, SuhirmaN, Efendi, M.H., & Wahyu, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Tinjauan Proses Dan Hasil Belajar. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi. Vol.8 (2):381-396. Materi: Kemp's instructional model Pustaka: Padugupati,S., Joshi,K.P., Chacko, T.V., & Jamadar, D. (2021). Designing flipped classroom using Kemp’s instructional model to enhance deep learning and self‑directed collaborative learning of basic science concepts. Journal of Education and Health Promotion. Vol. 10 (1): 1-7. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ADDIE);
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ADDIE).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ADDIE;
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ADDIE;
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model ADDIE.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model ADDIE: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: ADDIE Model Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: Modul berbasis masalah Pustaka: Hanida, J.R., Rahmadiarti, F., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaranekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. Vol 4 (1): 22-38. Materi: Microblog instagram Pustaka: Veygid, A., Setyawati, H. (2022). Pengembangan Microblog Berbantuan Instagram Pada Materi Sel Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Bio Edu: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 (2): 87-99. Materi: e-laboratory instruction Pustaka: Fadlilati, D., Hidayat, S., & Akmalia, H.A. (2023). Developing e-laboratory instructions based on the unity of sciences paradigm in producing tempeh. Research and De-velopment in Education (RaDEn), 3(1), 16-25. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ADDIE);
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ADDIE).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ADDIE;
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ADDIE;
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran model ADDIE.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang membuat model ADDIE: memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ADDIE,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: ADDIE Model Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: Modul berbasis masalah Pustaka: Hanida, J.R., Rahmadiarti, F., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaranekosistem Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. Vol 4 (1): 22-38. Materi: Microblog instagram Pustaka: Veygid, A., Setyawati, H. (2022). Pengembangan Microblog Berbantuan Instagram Pada Materi Sel Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Bio Edu: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 (2): 87-99. Materi: e-laboratory instruction Pustaka: Fadlilati, D., Hidayat, S., & Akmalia, H.A. (2023). Developing e-laboratory instructions based on the unity of sciences paradigm in producing tempeh. Research and De-velopment in Education (RaDEn), 3(1), 16-25. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
UTS |
Kriteria:
Bobot penilaian 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 2 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model));
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model)).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model).
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang SAM (Successive Approximation Model) : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: SAM Pustaka: Agile eLearning Development with SAM. Allen Instructions. (n.d.) Retrieved September 27, 2015. Materi: SAM Model Pustaka: Jung, H., Kim, Y.R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced Instructional Design for Successive E-Learning: Based on the Successive Approximation Model (SAM). International Jl. on E-Learning. Vol. 18(2): 191-204. Materi: SAM Model Pustaka: Wolverton, C & Hollier, B.G. (2022). Guidelines for Incorporating Active Learning Into the Design of Online Management Courses Utilizing the Successive Approximation Model (SAM). International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), Vol. 18, Issue 1, pp. 264-274. Materi: Instructional design Pustaka: Arshavskiy, M. (2013). Instructional Design for Elearning: Essential guide to creating successful eLearning Courses. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model));
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (SAM (Successive Approximation Model)).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model);
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model).
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang SAM (Successive Approximation Model) : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran SAM (Successive Approximation Model),
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: SAM Pustaka: Agile eLearning Development with SAM. Allen Instructions. (n.d.) Retrieved September 27, 2015. Materi: SAM Model Pustaka: Jung, H., Kim, Y.R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced Instructional Design for Successive E-Learning: Based on the Successive Approximation Model (SAM). International Jl. on E-Learning. Vol. 18(2): 191-204. Materi: SAM Model Pustaka: Wolverton, C & Hollier, B.G. (2022). Guidelines for Incorporating Active Learning Into the Design of Online Management Courses Utilizing the Successive Approximation Model (SAM). International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), Vol. 18, Issue 1, pp. 264-274. Materi: Instructional design Pustaka: Arshavskiy, M. (2013). Instructional Design for Elearning: Essential guide to creating successful eLearning Courses. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ASSURE);
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ASSURE).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ASSURE;
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ASSURE;
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran ASSURE.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang ASSURE : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: ASSURE model Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Perancangan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: E-Book Flipbook Pustaka: Azizah, V.N., Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 2 (2): 40-51. Materi: Animalpedia Pustaka: Putri,I.D.T., Savitri, S.D., Puspitasari, I. D., Aisyah, R.N., Firmansyah, F.E., & Ambarwati, R. (2020). Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan AnimalPedia. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 1 (1): 1-9. Materi: ASSURE model Pustaka: Al-KhattaT, S.H.K., Habeeb, R.R., & Mohammed, A.R. (2019). An ASSURE-Model Instructional Design Based on Active Learning Strategies and its Effect for 1st Intermediate Student's Higher Order Thinking Skills in Teaching Science Text Book. Psihologija. Vol. 52, Issue 5, Pages: 339-349. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
- Menganalisis komponen- komponen perencanaan pembelajaran (ASSURE);
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam materi pembelajaran model perencanaan pembelajaran (ASSURE).
|
- Menjelaskan Pengertian Model perencanaan pembelajaran ASSURE;
- Menganalisis mengenai karakteristik komponen-komponen perencanaan pembelajaran model ASSURE;
- Menganalisis masalah terkait isu/ studi kasus perencanaan pembelajaran ASSURE.
|
Kriteria:
Penilaian Otentik dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang ASSURE : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan model yang sesuai dari sebuah artikel jurnal bidang kajian Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai Model perencanaan pembelajaran ASSURE,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: ASSURE model Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Perancangan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. Materi: E-Book Flipbook Pustaka: Azizah, V.N., Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 2 (2): 40-51. Materi: Animalpedia Pustaka: Putri,I.D.T., Savitri, S.D., Puspitasari, I. D., Aisyah, R.N., Firmansyah, F.E., & Ambarwati, R. (2020). Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Menggunakan AnimalPedia. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi. Vol. 1 (1): 1-9. Materi: ASSURE model Pustaka: Al-KhattaT, S.H.K., Habeeb, R.R., & Mohammed, A.R. (2019). An ASSURE-Model Instructional Design Based on Active Learning Strategies and its Effect for 1st Intermediate Student's Higher Order Thinking Skills in Teaching Science Text Book. Psihologija. Vol. 52, Issue 5, Pages: 339-349. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
- Merancang Proyek RPP dengan model perencanaan pembelajaran sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan;
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam proyek pembuatan RPP.
|
Menyusun RPP dengan model perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan. |
Kriteria:
15% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang Proyek pembuatan RPP : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan terkait model perencanaan pembelajaran yang dipilih, kemudian memilih salah satu CP pada Fase E atau F.
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: a) Mengembangkan RPP berdasarkan model perencannan pembelajaran dan CP yg dipilih, b) menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai proyek pembuatan RPP yang sesuai dengan model perencanaan pembelajaran,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: Model-model perencanaan pembelajaran Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Model perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- Merancang Proyek RPP dengan model perencanaan pembelajaran sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan;
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam proyek pembuatan RPP.
|
Menyusun RPP dengan model perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan. |
Kriteria:
15% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang Proyek pembuatan RPP : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan terkait model perencanaan pembelajaran yang dipilih, kemudian memilih salah satu CP pada Fase E atau F.
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: a) Mengembangkan RPP berdasarkan model perencannan pembelajaran dan CP yg dipilih, b) menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai proyek pembuatan RPP yang sesuai dengan model perencanaan pembelajaran,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: Model-model perencanaan pembelajaran Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Model perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
- Merancang Proyek RPP dengan model perencanaan pembelajaran sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan;
- Mampu menunjukkan sikap mandiri, jujur, dan menyelesaikan masalah dalam proyek pembuatan RPP.
|
Menyusun RPP dengan model perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditingkatkan. |
Kriteria:
15% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tahapan case study:
1) Orientasi kepada mahasiswa tentang Proyek pembuatan RPP : memberi contoh dan tugas yang harus diselesaikan,
2) Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan,
3) Membimbing penyelidikan kelompok: mengumpulkan informasi dan mendiskusikan terkait model perencanaan pembelajaran yang dipilih, kemudian memilih salah satu CP pada Fase E atau F.
4) Mengembangkan dan menyajikan karya: a) Mengembangkan RPP berdasarkan model perencannan pembelajaran dan CP yg dipilih, b) menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai proyek pembuatan RPP yang sesuai dengan model perencanaan pembelajaran,
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemodelan: memonitor dan memberi masukan pada setiap tahapan pemodelan. 2 X 50 |
|
Materi: Model-model perencanaan pembelajaran Pustaka: Abbie H. Brown, and Timothy D. Green, 2010. The Essentials of Instructional Design. New York: Routladge Materi: Model perencanaan pembelajaran Pustaka: Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UAS
|
|
|
10% |