Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seni Musik Anak Usia Dini

8620702249

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni

PO - 2

Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni

PO - 3

Mahasiswa dapat merancang rencana pembelajaran seni yang mencakup kegiatan kreatif dan inovatif, dan merancang instrumen penilaian yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran seni.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai bentuk seni tradisional dan kontemporer.

PO - 5

Mahasiswa dapat merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

PO - 6

Mahasiswa dapat memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini.

PO - 7

MahasiswadapMahasiswa dapatmerancang danmelaksanakan proyekseni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik.

PO - 8

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.

PO - 9

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.

PO - 10

Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif

PO - 11

UAS

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Musik dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi dan metode pengembangan pembelajaran musik Anak usia dini. Fokus utama mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang pengalaman pembelajaran musik yang efektif dan berdaya guna. Strategi Pembelajaran menggunakan metode ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Barry Parker 2008. Good Vibrations The Physics of Music. The Johns Hopkins University Press Baltimore
  2. 2. Craig Peery Irene Weiss Peery 1986. Music and Child Development.Department of Family Sciences College of Family, Home, and Social Sciences Brigham Young University Provo, Utah 84602, USA
  3. 4. Frederick Vio Oivin Varkoy 2015. Philosophy of Music Education Challenged:Heideggerian Inspiration. Department of Education Aarhus University Copenhagen , Denmark
  4. 5. Irène Deliège and Geraint A. Wiggins 2006. Musical Creativity Multidisciplinary Research in Theory and Practice. Published with the support of the University Foundation of Belgium
  5. 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo
  6. 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.
  7. 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks

Pendukung :

  1. Dorita S Berger 2002. Music Therapy Integration and the Autistic Child. Jessica Kingsley Publishers 116 Pentonville RoadLondon N1 9JB, UK and 400 Market Street, Suite 400 Philadelphia, PA 19106, USA
  2. Pamela Ott 2011. Music for Special Kids . Jessica Kingsley Publishers 116 Pentonville Road London N1 9JB, UK and 400 Market Street, Suite 400 Philadelphia, PA 19106, USA
  3. Rachel Darnley-Smith and Helen M. Patey 2004. MUSIC THERAPY. Sage Publications Ltd 1 Oliver’sYard 55 City Road London EC1Y 1SP
  4. N Simatupang, S Widayati, KR Adhe, SA Sholihah 2022. Application of Singing Activities to Stimulate Children's Vocabulary Acquisition. Child Education Journal 4 (2), 139-158
  5. SA Sholichah, ND Simatupang 2022. Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD 6 (2), 239-247
  6. ND Simatupang, WP Saroinsong, R Rosalianisa, S Widayati, 2021. Music Enhancing Young Learner’s Creativity.International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 8 (8 …

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni

Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni

Kriteria:

Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2 x 50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2 x 50
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni

mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni

Kriteria:

mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni dengan baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Unsur-unsur musik
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.

Materi: Memulai perjalanan musik dan gerakan
Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat merancang rencana pembelajaran seni yang mencakup kegiatan kreatif dan inovatif, dan merancang instrumen penilaian yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran seni.

Pengembangan Pembelajaran Seni, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran seni yang tidak hanya kreatif tetapi juga sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

Kriteria:

Kriteria: 1.ketepatan analisis 2.kerapian sajian 3.Kreatifitas ide 4.kemampuan komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipatif


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Unsur-unsur musik
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.

Materi: Penilaian dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai bentuk seni tradisional dan kontemporer.

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan bentuk-bentuk seni tradisional dari berbagai budaya.

Kriteria:

Ketepatan penggunaan tubuh sebagai mesia musik bernyanyi, tepuk, petik jadi, hentak kaki, dan bergerak mengikuti musik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Pendekatan Pendidikan Musik
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks

Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif
Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

Mahasiswa mampu merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini

Kriteria:

Kriteria: 1. Mahasiswa mampu menuliskan notasi musik sesuai struktur musik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif

ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.

Materi: Penilaian dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini.

Mahasiswa dapat memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini.

Kriteria:

Kriteria: 1.ketepatan analisis 2.kerapian sajian 3.Kreatifitas ide 4.kemampuan komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipatif

ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Kegiatan Kreatif dan Perencanaan Pembelajaran
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks

Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapMahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik.

Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik.

Kriteria:

Kriteria: 1.ketepatan analisis 2.kerapian sajian 3.Kreatifitas ide 4.kemampuan komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipatif

ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Lagu dan Kegiatan Bernyanyi Anak
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks

Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif
Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo

Materi: Kegiatan Kreatif dan Perencanaan Pembelajaran
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.
10%

8

Minggu ke 8

Mengerjakan ujian dengan tepat

Kriteria:

Mahasiwa dapat mengerjakan soar dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
2x50
Luring
2x50
Materi: Bab 1,2,3,dan 4
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.

Mahasiswa menghasilkan ide-ide kreatif yang orisinal dan relevan dengan konsep proyek yang diberikan.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menghasilkan ide-ide kreatif yang orisinal dan relevan dengan konsep proyek yang diberikan.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Musik dalam Perkembangan Anak Usia Dini, Permainan Musik Anak: Musikalitas dan Kreativitas
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks
2%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.

Kesesuaian ide dengan karakter musik anak usia dini

Kriteria:

Kesesuaian ide dengan karakter musik anak usia dini

ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: struktur lagu anak
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.

Materi: Lagu untuk anak usia 3-tahun
Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo
2%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif

Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif

Kriteria:

Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
4x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
4x50
Materi: Musik dan Otak
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks

Materi: Kegiatan Kreatif dan Perencanaan Pembelajaran
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman, mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik

Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman, mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik

Kriteria:

Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman, mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik

ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
Materi: Elemen musikIrama: not,diam, pulsa(ketukan), polairama, birama,dan membirama
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.

Materi: Lagu dan Kegiatan Bernyanyi Anak
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat

Kriteria:

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2 X 50
Materi: Mengajarkan musik
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat

Kriteria:

Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2 x 50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2 x 50
Materi: Bab 1-10
Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks

Materi: Bab 1-8
Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo

Materi: Bab 1-5
Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif

Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif

Kriteria:

Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi
2x50
10%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mengerjakan soal UAS dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Menjawab Soal UAS
2x50
Menjawab Soal UAS
2x50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 40%
2. Praktik / Unjuk Kerja 12%
3. Tes 30%
82%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.