|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seni Musik Anak Usia Dini |
8620702249 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat merancang rencana pembelajaran seni yang mencakup kegiatan kreatif dan inovatif, dan merancang instrumen penilaian yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran seni.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai bentuk seni tradisional dan kontemporer.
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini.
|
PO - 7 |
MahasiswadapMahasiswa dapatmerancang danmelaksanakan proyekseni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik.
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.
|
PO - 10 |
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif
|
PO - 11 |
UAS
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 | PO-9 | PO-10 | PO-11 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Musik dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi dan metode pengembangan pembelajaran musik Anak usia dini. Fokus utama mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang pengalaman pembelajaran musik yang efektif dan berdaya guna. Strategi Pembelajaran menggunakan metode ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Barry Parker 2008. Good Vibrations The Physics of Music. The Johns Hopkins University Press Baltimore
- 2. Craig Peery Irene Weiss Peery 1986. Music and Child Development.Department of Family Sciences College of Family, Home, and Social Sciences Brigham Young University Provo, Utah 84602, USA
- 4. Frederick Vio Oivin Varkoy 2015. Philosophy of Music Education Challenged:Heideggerian Inspiration. Department of Education Aarhus University Copenhagen , Denmark
- 5. Irène Deliège and Geraint A. Wiggins 2006. Musical Creativity Multidisciplinary Research in Theory and Practice. Published with the support of the University Foundation of Belgium
- 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo
- 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide.
- 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks
|
Pendukung : |
|
- Dorita S Berger 2002. Music Therapy Integration and the Autistic Child. Jessica Kingsley Publishers 116 Pentonville RoadLondon N1 9JB, UK and 400 Market Street, Suite 400 Philadelphia, PA 19106, USA
- Pamela Ott 2011. Music for Special Kids . Jessica Kingsley Publishers 116 Pentonville Road London N1 9JB, UK and 400 Market Street, Suite 400 Philadelphia, PA 19106, USA
- Rachel Darnley-Smith and Helen M. Patey 2004. MUSIC THERAPY. Sage Publications Ltd 1 Oliver’sYard 55 City Road London EC1Y 1SP
- N Simatupang, S Widayati, KR Adhe, SA Sholihah 2022. Application of Singing Activities to Stimulate Children's Vocabulary Acquisition. Child Education Journal 4 (2), 139-158
- SA Sholichah, ND Simatupang 2022. Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD 6 (2), 239-247
- ND Simatupang, WP Saroinsong, R Rosalianisa, S Widayati, 2021. Music Enhancing Young Learner’s Creativity.International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 8 (8 …
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni |
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni |
Kriteria:
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2 x 50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2 x 50 |
|
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni |
mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni |
Kriteria:
mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni dengan baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Unsur-unsur musik Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. Materi: Memulai perjalanan musik dan gerakan Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat merancang rencana pembelajaran seni yang mencakup kegiatan kreatif dan inovatif, dan merancang instrumen penilaian yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran seni. |
Pengembangan Pembelajaran Seni, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran seni yang tidak hanya kreatif tetapi juga sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik |
Kriteria:
Kriteria: 1.ketepatan analisis 2.kerapian sajian 3.Kreatifitas ide 4.kemampuan komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipatif Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Unsur-unsur musik Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. Materi: Penilaian dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai bentuk seni tradisional dan kontemporer. |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan bentuk-bentuk seni tradisional dari berbagai budaya. |
Kriteria:
Ketepatan penggunaan tubuh sebagai mesia musik bernyanyi, tepuk, petik jadi, hentak kaki, dan bergerak mengikuti musik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Pendekatan Pendidikan Musik Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. |
Mahasiswa mampu merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini |
Kriteria:
Kriteria: 1. Mahasiswa mampu menuliskan notasi musik sesuai struktur musik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. Materi: Penilaian dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini. |
Mahasiswa dapat memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini. |
Kriteria:
Kriteria: 1.ketepatan analisis 2.kerapian sajian 3.Kreatifitas ide 4.kemampuan komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipatif |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Kegiatan Kreatif dan Perencanaan Pembelajaran Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapMahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik. |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik. |
Kriteria:
Kriteria: 1.ketepatan analisis 2.kerapian sajian 3.Kreatifitas ide 4.kemampuan komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipatif |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Lagu dan Kegiatan Bernyanyi Anak Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks Materi: Mengembangkan Keterampilan Musik dan Ekspresi Kreatif Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo Materi: Kegiatan Kreatif dan Perencanaan Pembelajaran Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
Mengerjakan ujian dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiwa dapat mengerjakan soar dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2x50 |
Luring 2x50 |
Materi: Bab 1,2,3,dan 4 Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat. |
Mahasiswa menghasilkan ide-ide kreatif yang orisinal dan relevan dengan konsep proyek yang diberikan. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menghasilkan ide-ide kreatif yang orisinal dan relevan dengan konsep proyek yang diberikan. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Musik dalam Perkembangan Anak Usia Dini, Permainan Musik Anak: Musikalitas dan Kreativitas Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat. |
Kesesuaian ide dengan karakter musik anak usia dini |
Kriteria:
Kesesuaian ide dengan karakter musik anak usia dini |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: struktur lagu anak Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. Materi: Lagu untuk anak usia 3-tahun Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif |
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif |
Kriteria:
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 4x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 4x50 |
Materi: Musik dan Otak Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks Materi: Kegiatan Kreatif dan Perencanaan Pembelajaran Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman, mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman, mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik |
Kriteria:
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman, mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
Materi: Elemen musikIrama: not,diam, pulsa(ketukan), polairama, birama,dan membirama Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. Materi: Lagu dan Kegiatan Bernyanyi Anak Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengajarkan musik Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat |
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2 x 50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2 x 50 |
Materi: Bab 1-10 Pustaka: 8. Natalie Sarrazin 2026. Music and the Child. Open SUNY Textbooks Materi: Bab 1-8 Pustaka: 6. Linda Carol Edawards 2013. Music and Movement A Way of Live for the Young Children. Pearson Boston Columbus Indianapolis New York San Francisco Upper Saddle River Amsterdam Cape Town Dubai London Madrid Milan Munich Paris Montreal Toronto Delhi Mexico City São Paulo Sydney Hong Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo Materi: Bab 1-5 Pustaka: 7. Micheal Houlahan & Philip Tacka 2015. Kodály in the First Grade Classroom Developing the Creative Brainin the 21st Century. Oxford University Press is a department of the University of Oxford. It furthers the University’s objective of excellence in research, scholarship, and education by publishing worldwide. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif |
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif |
Kriteria:
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
ceramah,project based learning,diskusi kelompok dan simulasi 2x50 |
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mengerjakan soal UAS dengan benar |
Bentuk Penilaian : Tes |
Menjawab Soal UAS 2x50 |
Menjawab Soal UAS 2x50 |
|
15% |