|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Karakter |
8624302052 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
29 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim Penyusun RPS
|
Hendrik Pandu Paksi,S.Pd.,M.Pd.
|
Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK - 1 Mahasiswa memahami Definisi Karakter, Proses Terbentuknya Karakter, macam-macam karakter dan fungsinya dalam kehidupan Manusia
|
PO - 2 |
CPMK - 2 Mahasiswa memahami living values, morality dan cara mendidik untuk membentuk karakter
|
PO - 3 |
CPMK - 3 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi karakter yang berkeadilan ditengah masyarakat yang multikultur
|
PO - 4 |
CPMK - 4 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik manusia Indonesia
|
PO - 5 |
CPMK - 5 Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter anti perundungan dan imlementasinya di sekolah dasar
|
PO - 6 |
CPMK - 6 Mahasiswa mampu mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui aksi nyata
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pendidikan karakter mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara mendidik karakter, implementasi karakter yang berkeadilan di tengah masyarakat multikultur, implementasi karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Indonesia dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar. Output dari mata kuliah ini adalah aksi nyata untuk mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
- 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.
- 3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.
|
Pendukung : |
|
- 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya
- 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
- 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
- 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.
- 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
- 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
- 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082
- 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
|
Dosen Pengampu
|
Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd. Helda Kusuma Wardani, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Mata Kuliah |
Mahasiswa memahami capaian pembelajaran mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan |
Kriteria:
- Kehadiran
- Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak kuliah 2x50 |
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak perkuliahan 2x50 |
Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Definisi dan faktor pembentuk karakter |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan faktor pembentuk karakter secara lisan dan tertulis |
Kriteria:
- Penilaian kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik 2x50 |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di SIDIA 2x50 |
Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Macam-macam karakter |
Mahasiswa mampu menganalisis macam-macam karakter disertasi contoh |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik 2x50 |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di SIDIA 2x50 |
Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Fungsi karakter dalam kehidupan manusia |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi karakter dalam kehidupan manusia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik 2x50 |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di SIDIA 2x50 |
Materi: Fungsi karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Fungsi karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Fungsi Karakter dalam kehidupan manusia Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Living Values dan penguatan karakter |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep Living Values dan penguatan karakte |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik 2x50 |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas-tugas di SIDIA 2x50 |
Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Living Values dan penguatan karakter Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan antara Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik 2x50 |
Diskusi kelompok kecil sesuai kuis/pemantik dan melengkapi tugas di SIDIA 2x50 |
Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mendidik untuk membentuk karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan cara mendidik untuk membentuk Karakter di sekolah dasar |
Kriteria:
Penilaian keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Wawancara dengan guru tentang cara guru mendidik karakter 2x50 |
Wawancara dengan guru tentang cara guru mendidik karakter 2x50 |
Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Mendidik untuk membentuk Karakter Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Mahasiswa menguasai setengah capaian pembelajaran mata kuliah yang dipersyaratkan |
Kriteria:
Penilaian Sub Sumatif Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Soal 2x50 |
Mengerjakan Soal 2x50 |
Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Keberagaman karakter dan dampaknya |
Mahasiswa mampu menunjukkan keberagaman karakter dan dampaknya bagi kehidupan manusia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari permasalahan dan membuat ppt 2x50 |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan |
Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Karakter yang berkeadilan di masyarakat secara kritis dan ilmiah |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari permasalahan dan membuat ppt 2x50 |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Studi Implementasi Karakter yang berkeadilan Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari permasalahan dan membuat ppt 2x50 |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Karakteristik manusia Indonesia |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis kelamin, ras, suku, Agama, dan budaya |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Karakteristik manusia Indonesia Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Pendidikan Karakter Anti Perundungan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD |
Mahasiswa mampu mengkaji dan membuat ide Program Anti Perundungan di SD |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Mencari permasalahan, membuat ppt, presentasi kelompok, dan diskusi pemecahan masalah 2x50 |
Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Iklan layanan masyarakat di sekolha dasar |
Mahasiswa mampu mengkampanyekan ide tentang pendidikan karakter melalui Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar |
Kriteria:
Penilaian Proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membuat iklan layanan masyarakat/ajakan berperilaku karakter di sekolah dasar 2x50 |
Membuat iklan layanan masyarakat/ajakan berperilaku karakter di sekolah dasar 2x50 |
Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
16% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Seemester |
Mahasiswa menguasai seluruh capaian pembelajaran mata kuliah yang dipersyaratkan |
Kriteria:
Penilaian Sumatif Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan soal 2x50 |
Mengerjakan soal 2x50 |
Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
20% |