|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Masase Disabilitas |
8920102280 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Yu ni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Joesoef Roepadjadi, M.Pd.
|
Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
memiliki keahlian dalam hubungan sosial, humaniora dengan konsep kesehatan dan rekreasi.(PLO-6) |
PLO-10 |
Mampu berfikir kritis, logis, inovatif dan sistematis guna mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi dunia usaha dan industri di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-10) |
PLO-12 |
Mampu mengoptimalisasi konsep efektivitas dan efisiensi gerakan manusia dalam kaitannya aktivitas dan permainan fisik serta olahraga di lingkungan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya.(PLO-2) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu bertanggung jawab untuk menerapkan manipulasi pada terapi/ masase pada pasien disabilitas secara mandiri
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan matakuliah ini membahas pemahaman dan penerapan teori serta praktek masase/ terapi pada orang disabilitas yang meliputi Menguasai kajian tentang konsep dasar, fungsi dan cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas, meliputi pengetahuan macam-macam terapi pada orang disabilitas sesuai kondisi tubuhnya, melalui penjelasan dan diskusi agar mahasiswa dapat menjelaskan kembali cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project based learning dan problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buku dan powerpoint dari dosen
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal, video
- Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
- Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
- Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291.
- Arifah, P. D. (2023). Hubungan Beberapa Faktor Risiko Terhadap Disabilitas Akibat Low Back Pain Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2022.
- Ningsih, Y. F. (2016). Pengaruh sport massage dan Terapi Bekam Terhadap Penurunan Kadar Asam Laktat dan Denyut Nadi. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2).
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd. Ika Nurmaya, S.K.M., M.Kes. Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd. A Burhanuddin Kusuma Nugraha, S.Pd., M.Kes. Nur Luthfiatus Solikah, S.Pd., M.Or. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 menit |
Daring / Online 2x50 menit |
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
Kriteria:
Keaktifan peserta dalam praktik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Mahasiswa memahami Anatomi dan Fisiologi untuk Penyandang Disabilitas Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. Materi: Etika dan Komunikasi dalam Masase Disabilitas Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
Materi: Etika dan Komunikasi dalam Masase Disabilitas Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Fisik Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Sensorik Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press. |
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Intelektual Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
Materi: Adaptasi Alat dan Lingkungan dalam Masase Disabilitas Pustaka: Artikel jurnal, video |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan Penerapan Masase pada Anak dengan Disabilitas |
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahsiswa mampu mempraktikkan Masase pada Orang Tua dengan Disabilitas |
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa Mampu memahami Aspek Psikologis dalam Masase Disabilitas |
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
Keaktifan peserta dalam praktik |
Kriteria:
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan |
Luring / Offline 2x50 menit |
Daring / Online 2x50 menit |
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
Materi: Kolaborasi dengan Profesional Lain dalam Masase Disabilitas Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen |
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
Materi: mplementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Artikel jurnal, video Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Artikel jurnal, video |
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen |
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
Materi: Ulangan Akir Semester Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen |
0% |