Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Masase Disabilitas

8920102280

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Yu ni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.




Dr. Joesoef Roepadjadi, M.Pd.




Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

memiliki keahlian dalam hubungan sosial, humaniora dengan konsep kesehatan dan rekreasi.(PLO-6)

PLO-10

Mampu berfikir kritis, logis, inovatif dan sistematis guna mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi dunia usaha dan industri di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-10)

PLO-12

Mampu mengoptimalisasi konsep efektivitas dan efisiensi gerakan manusia dalam kaitannya aktivitas dan permainan fisik serta olahraga di lingkungan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya.(PLO-2)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu bertanggung jawab untuk menerapkan manipulasi pada terapi/ masase pada pasien disabilitas secara mandiri

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-10PLO-12
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan matakuliah ini membahas pemahaman dan penerapan teori serta praktek masase/ terapi pada orang disabilitas yang meliputi Menguasai kajian tentang konsep dasar, fungsi dan cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas, meliputi pengetahuan macam-macam terapi pada orang disabilitas sesuai kondisi tubuhnya, melalui penjelasan dan diskusi agar mahasiswa dapat menjelaskan kembali cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project based learning dan problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.

Pustaka

Utama :

  1. Buku dan powerpoint dari dosen

Pendukung :

  1. Artikel jurnal, video
  2. Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
  3. Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
  4. Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291.
  5. Arifah, P. D. (2023). Hubungan Beberapa Faktor Risiko Terhadap Disabilitas Akibat Low Back Pain Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2022.
  6. Ningsih, Y. F. (2016). Pengaruh sport massage dan Terapi Bekam Terhadap Penurunan Kadar Asam Laktat dan Denyut Nadi. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2).

Dosen Pengampu

Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd.

Ika Nurmaya, S.K.M., M.Kes.

Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.

A Burhanuddin Kusuma Nugraha, S.Pd., M.Kes.

Nur Luthfiatus Solikah, S.Pd., M.Or.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50 menit
Daring / Online
2x50 menit
5%

2

Minggu ke 2

Kriteria:

Keaktifan peserta dalam praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Mahasiswa memahami Anatomi dan Fisiologi untuk Penyandang Disabilitas
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.

Materi: Etika dan Komunikasi dalam Masase Disabilitas
Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
5%

3

Minggu ke 3



Materi: Etika dan Komunikasi dalam Masase Disabilitas
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
0%

4

Minggu ke 4



Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Fisik
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
0%

5

Minggu ke 5



Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Sensorik
Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
0%

6

Minggu ke 6



Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Intelektual
Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
0%

7

Minggu ke 7



Materi: Adaptasi Alat dan Lingkungan dalam Masase Disabilitas
Pustaka: Artikel jurnal, video
0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mempraktikkan Penerapan Masase pada Anak dengan Disabilitas



0%

9

Minggu ke 9

Mahsiswa mampu mempraktikkan Masase pada Orang Tua dengan Disabilitas



0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa Mampu memahami Aspek Psikologis dalam Masase Disabilitas



0%

11

Minggu ke 11

Keaktifan peserta dalam praktik

Kriteria:

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Luring / Offline
2x50 menit
Daring / Online
2x50 menit
5%

12

Minggu ke 12



Materi: Kolaborasi dengan Profesional Lain dalam Masase Disabilitas
Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen
0%

13

Minggu ke 13



Materi: mplementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Artikel jurnal, video

Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Artikel jurnal, video
0%

14

Minggu ke 14



Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen
0%

15

Minggu ke 15



Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen
0%

16

Minggu ke 16



Materi: Ulangan Akir Semester
Pustaka: Buku dan powerpoint dari dosen
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
10%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.