Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Einfuehrung in die Kommunikation

7920602062

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian teori mengenai hakekat dan konsep dasar komunikasi, fungsi dan prinsip komunikasi, model komunikasi (komunikasi verbal dan nonverbal) dan pengaplikasian ilmu komunikasi dalam kehidupan nyata khususnya di ranah pariwisata

Pustaka

Utama :

  1. Arifin, Anwar. 2003. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  2. Bayerlein, Oliver. 2015. Landeskunde aktiv. München: Verlag für Deutsch.
  3. Beck, Klaus. 2010. Kommunikationswissenschaft. München: Wilhelm Fink.
  4. Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta RajaGrafindo Persada.
  5. Effendy, Onong Ochjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami ranah ilmu komunikasi.

Dapat menyebutkan contoh-contoh konkret yang tercakup dalam komunikasi.

Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan praktek
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami definisi komunikasi.

  1. Dapat menjelaskan definisi komunikasi.
  2. Dapat menjelaskan unsur-unsur yang menjadi prasyarat adanya komunikasi.
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami karakteristik umum komunikasi manusia, latar belakang perlunya komunikasi, dan hambatan komunikasi.

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik umum komunikasi manusia.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan latar belakang perlunya komunikasi
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan hambatan komunikasi.
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami bentuk-bentuk komunikasi.

  1. Dapat menjelaskan komunikasi intrapersonal.
  2. Dapat menjelaskan komunikasi interpersonal.
  3. Dapat menjelaskan komunikasi transendental.
  4. Dapat menjelaskan komunikasi kelompok dan massa
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
Tugas MandiriTugas Kelompok
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami komponen-komponen komunikasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses komunikasi.

  1. Dapat menjelaskan tentang komunikator.
  2. Dapat menjelaskan tentang pesan.
  3. Dapat menjelaskan tentang saluran.
  4. Dapat menjelaskan tentang komunikan.
  5. Dapat menejlaskan tentang efek dan umpan balik.
  6. dapat menjelaskan tentang faktor individual (internal) yang dapat mempengaruhi proses komunikasi
  7. dapat menjelaskan faktor sosial (eksternal) yang dapat mempengaruhi proses komunikasi
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami proses komunikasi.

  1. Dapat menjelaskan tentang prinsip dasar komunikasi
  2. Dapat menjelaskan tentang tingkatan proses komunikasi.
  3. Dapat menjelaskan tentang tujuan, fungsi, dan tahap proses komunikasi.
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
Tugas MandiriTugas Kelompok
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami model-model dalam proses komunikasi.

  1. Dapat menjelaskan model komunikasi.
  2. Dapat menjelaskan fungsi dan manfaat model komunikasi.
  3. dapat menjelaskan model-model komunikasi.
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mampu memahami soal-soal UTS

Dapat mengerjakan soal UTS

Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
Metode Inkuiri
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami bidang-bidang komunikasi.

  1. Dapat menjelaskan perbedaan komunikasi pembangunan, komunikasi organisasi dan komunikasi bisnis.
  2. Dapat menjelaskan tentang psikologi komunikasi
  3. Dapat menjelaskan perbedaan komunikasi antarbudaya dan komunikasi sosial.
  4. Dapat menjelaskan perbedaan komunikasi persuasif dan komunikasi
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami komunikasi Pariwisata

  1. Dapat menjelaskan tentang komunikasi pariwisata
  2. Dapat menjelaskan tentang strategi komunikasi untuk promosi wisata
  3. Dapat menjelaskan tentang perkembangan pariwisata saat ini
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
simulasi dan praktek
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami komunikasi dan public relations

  1. Dapat menjelaskan pengertian Public Relations (PR)
  2. Dapat menjelaskan aspek-aspek Public Relations (PR)
  3. Dapat menjelaskan prinsip PR
  4. Dapat menjelaskan tujuan dan fungsi PR
  5. Dapat menjelaskan faktor penunjang keberhasilan PR
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami komunikasi dan periklanan.

  1. Dapat menjelaskan definisi periklanan.
  2. Dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar iklan.
  3. Dapat menjelaskan tujuan dan fungsi iklan.
  4. Dapat menjelaskan jenis-jenis iklan
  5. Dapat menjelaskan media dan pendekatan
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami komunikasi dan retorika.

  1. Dapat menjelaskan tentang pengertian retorika.
  2. Dapat menjelaskan tentang dialektika, retorika modern.
  3. Dapat menjelaskan tentang retorika sebagai proses komunikasi
  4. Dapat menjelaskan tentang orator
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami komunikasi pemasaran.

  1. Dapat menjelaskan tentang definisi komunikasi pemasaran.
  2. Dapat menjelaskan tentang bentuk komunikasi pemasaran.
  3. Dapat menjelaskan tentang tujuan dan fungsi komunikasi pemasaran.
  4. Dapat menjelaskan tentang proses komunikasi pemasaran.
  5. Dapat menjelaskan tentang komunikasi pemasaran terpadu.
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami komunikasi internasional.

  1. Dapat menjelaskan tentang pengertian komunikasi internasional.
  2. Dapat menjelaskan sarana komunikasi internasional.
  3. Dapat menjelaskan kriteria komunikasi internasional.
  4. Dapat menjelaskan saluran komunikasi internasional.
Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
CeramahTanya JawabDiskusiSimulasi dan Praktek
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mampu memahami pertanyaan dalam soal UAS.

Dapat menjawab pertanyaan dalam UAS

Kriteria:
  1. Nilai 100 jika 100% jawaban benar
  2. Nilai 85 jika 85% jawaban benar
  3. Nilai 70 jika 70% jawaban benar
  4. Nilai 55 jika 55% jawaban benar
  5. Nilai 40 jika 40% jawaban benar
Model inkuiri
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.